7 Pertimbangan Upgrade Jaringan Wireless

jaringan wireless

Performa jaringan wireless tidak sesuai dengan yang diharapkan dan Anda berfikir untuk meng-upgradenya? Infrastruktur jaringan wireless sekarang menjadi salah satu cara terpenting untuk menjaga produktivitas tetap tinggi. Ketika performa memburuk atau rusak, dampaknya akan terasa dengan cepat.

Keterlibatan karyawan juga akan terpengaruhi. Majalah Forbes baru-baru ini mencatat bahwa akses ke data yang dapat ditindaklanjuti adalah salah satu dari tiga cara teknologi mengubah budaya perusahaan dan keterlibatan karyawan. Ini difasilitasi secara real-time oleh kekuatan jaringan wireless. Ekspektasi karyawan terhadap performa wireless sangat tinggi dan hanya akan meningkat jika lebih banyak Wi-Fi 6 diterapkan di tempat kerja.

Management yang mempertimbangkan peningkatan atau upgrade jaringan wireless harus mempersiapkan dan mempertimbangkan banyak faktor yang mempengaruhi performa langsung dari infrastruktur wireless yang ditingkatkan, tetapi juga memastikan kemampuan untuk beradaptasi seiring kemajuan teknologi.

Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat akan meng-upgrade infrastruktur wireless di lingkungan kerja:

  1. Tenaga kerja

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda melakukan upgrade wireless kantor adalah tenaga kerja. Apakah tenaga kerja Anda bertambah atau menyusut? Jumlah orang yang mengakses jaringan wireless Anda adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan. Jumlah karyawan perusahaan yang direncanakan harus ditinjau dan dibangun ke dalam rencana infrastruktur wireless.

Selanjutnya, COVID-19 secara dramatis mempengaruhi cara bekerja. Jika lebih sedikit orang yang akan berada di kantor secara permanen, itu mengurangi potensi kapasitas yang dibutuhkan. Jumlah pengunjung dan tamu di lokasi juga harus dipertimbangkan karena mereka akan sering kali perlu bergabung dengan jaringan tamu.

Intinya adalah semakin banyak orang yang akan menggunakan WiFi maka kapasitas infrastruktur wireless yang dibutuhkan akan semakin besar. Pertanyaan selanjutnya adalah berapa banyak device yang bisa ditampung oleh 1 access point? Berdasarkan artikel fuseconnect tentang How to Identify and Correct Limited WiFi Connections wireless router dan access point  rata-rata dapat mensupport hingga 250 perangkat. Jika tenaga kerja di kantor Anda ada 10.000 bisa langsung diperkirakan berapa banyak access point yang dibutuhkan.

 

  1. Perangkat yang digunakan karyawan

Mengapa perangkat yang digunakan karyawan perlu dipertimbangkan sebelum melakukan upgrade wireless perusahaan? Jumlah dan jenis perangkat yang digunakan karyawan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk perangkat milik perusahaan dan Bring Your Own Device (BYOD) yang mengakses jaringan wireless. Secara eksponensial ini akan meningkatkan konsumsi data di jaringan wireless. Perangkat BYOD secara inheren meningkatkan peluang terjadinya interference mengingat perkembangan perangkat BYOD yang semakin kompleks.

Lebih jauh lagi, perangkat-perangkat yang digunakan saat ini menjadi lebih cerdas dan menggunakan lebih banyak data daripada sebelumnya akibat kemampuan dan kinerja yang ditingkatkan. Perangkat video misalnya, akan terus memperluas penggunaan data secara dramatis. Sangat umum bagi individu untuk memiliki laptop, jam tangan pintar, tablet, dan perangkat seluler – ini termasuk individu. Cisco memperkirakan jumlah rata-rata perangkat per kapita di AS akan mencapai 13,4 pada 2023. Selengkapnya mengenai Cisco Annual Internet Report bisa dilihat disini ya. 

  1. Environment

Ketiga adalah Environment. Apakah semua ruangan Anda mendapatkan jangkauan sinyal wireless yang sesuai? Banyak perubahan umum pada lingkungan kerja yang dapat mengubah infrastruktur wireless. Perombakan bangunan adalah contoh umum.

Ruang luar ruangan di mana orang dapat bekerja, bersantai, makan – dan berharap berada di jaringan wireless perlu direncanakan. Kafetaria, pusat latihan, dan area medis adalah semua ruang yang harus mendapat perhatian khusus untuk memastikan area tersebut memiliki akses wireless yang tepat.

Penyedia solusi dapat menguji jangkauan sinyal wireless Anda yang ada di lingkungan Anda saat ini menggunakan Survei Pasif. Setelah Anda menentukan lingkungan baru yang Anda inginkan, Anda dapat memasangkan survei pasif Anda dengan Predictive Planner yang memberikan simulasi lingkungan baru dengan mempertimbangkan desain, tata letak, dan arsitektur.

  1. Speed 

Kecepatan WiFi tercepat akan datang dari WiFi 6 terbaru dengan kecepatan hingga 40% lebih cepat dari WiFi 5 dan bekerja dengan lebih efisien. Jika WiFi 6 menetapkan standar baru untuk kecepatan. Kecepatan adalah salah satu faktor penting yang dipertimbangkan organisasi saat memperbarui jaringan wireless mereka. Kecepatan mengukur seberapa banyak data yang ditransfer melalui gelombang dan karena lebih banyak data dibuat dan dibagikan antar perangkat dan dari internet (seperti video 4k misalnya), kecepatan sangat penting. Jika saat ini kecepatan WiFi perusahaan Anda lambat sehingga mengganggu aktivitas kerja, artinya ini adalah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan upgrade wireless kantormu dengan teknologi terbaru dan tentunya setelah melakukan assessment ya.

  1. Security

Pelanggaran dan serangan akan terus berlanjut, dan perusahaan terus menambahkan langkah-langkah keamanan. Pertimbangan ketika meningkatkan jaringan wireless harus mencakup perangkat keras yang diperbarui, rencana pembaruan dan perbaikan, serta bagaimana jaringan wireless diakses. Tentukan apakah Anda memerlukan Certified WPA3 saat Anda membangun infrastruktur yang merupakan generasi berikutnya untuk keamanan WiFi guna memastikan metode keamanan terbaru. WPA3 untuk perusahaan memiliki lebih banyak peningkatan dan opsi keamanan termasuk enkripsi yang diautentikasi. Jika kamu membutuhkan Certified WPA3 bisa baca informasi ini ya.

  1. Kapasitas

Apa kaitannya kapasitas WiFi dengan upgrade wireless? Jika Anda memiliki lokasi bisnis yang berada di area padat pengguna, maka kemungkinan Anda akan mengalami masalah kapasitas. Pernah menarik jaringan WiFi dan melihat lusinan opsi? Sementara manajemen wireless yang lebih baik dan QoS membantu sampai batas tertentu, WiFi 6 adalah peningkatan langkah yang membantu masalah kapasitas. Wi-Fi 6 memungkinkan kecepatan data yang lebih tinggi, peningkatan kapasitas, dan peningkatan efisiensi daya. Protokol baru memungkinkan lebih banyak perangkat untuk ‘berbicara’, dan dipahami, pada saat yang bersamaan.

  1. Network Interference

Waspadai gangguan jaringan yang dapat memblokir sinyal atau memperlambat kinerja jaringan wireless Anda. Anda ingin membatasi ini. Contohnya termasuk perangkat microwave, printer wireless, perangkat nakal, atau apa pun yang menggunakan sinyal wireless. Gangguan jaringan dapat diuji di lingkungan Anda saat ini menggunakan Analisis Spektrum RF. Salah satu aspek yang paling menarik dari WiFi 6 adalah mitigasi inferensi saluran pada 2.4GHz yang banyak digunakan di fasilitas produksi, manufaktur, dan penyimpanan.

Bonus, untuk menjaga koneksi jaringan wireless agar tetap berjalan dengan baik perlu diperhatikan juga dari segi monitoring dan management perangkat wireless baru yang sudah di-upgrade, karena penting untuk memiliki tools yang tepat termasuk tools untuk diagnosis jarak jauh, juga sumber daya teknis yang tersedia di semua lokasi untuk mendukung tugas di lokasi jika akses jarak jauh diretas. Mendiagnosis masalah jaringan wireless yang kompleks dapat memakan waktu. Pastikan Anda memiliki alat dan sumber daya yang tepat untuk mengelola jaringan wireless Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup