Perkembangan Cloud Solution di Indonesia

Perkembangan Cloud Solution di Indonesia

Cloud Solution Indonesia saat ini merupakan trend yang sangat eksis di Indonesia sekarang. Cloud computing merupakan sebuah system yang lekat dengan proses bisnis di tanah air. 

Mengapa cloud computing sekarang penting untuk meningkatkan bisnis digital di Indonesia?.  Mari kita simak perkembangan cloud solustion Indonesia di artikel kali ini. 

Penjelasan Cloud Solution

Cloud solution berkaitan dengan system komputasi awan merupakan beberapa teknologi computer yang digabung atau komputasi merupakan jaringan dengan basis jaringan internet yang kompleks.

Fungsi dari penggunaan cloud solution yakni menjalankan aplikasi dan program dengan menggunakan beberapa perangkat computer dengan koneksi yang sama dalam waktu bersamaan.

Untuk setiap perangkat computer yang terhubung ke jaringan cloud maka menganggap server cloud adalah pusat dari server yang digunakan dalam mengelola semua aplikasi dan data dari pengguna.

Sehingga pengguna tidak perlu lagi menginstal program di computer mereka dan memungkinkan pengguna untuk tetap menggunakan program dimanapun dan kapanpun lewat internet seperti menggunakna computer pribadi seperti biasa.

Sejarah Cloud Solution

Cloud solution Indonesia berawal dari fenomena virtualisasi, grid computing, ASP / application service provision dan software as a serfice atau SaaS. 

Di tahun 60 an muncul konsep penyatuan beberapa computer dengan menggunakan jaringan global.

Pada waktu itu system ini dinamakan dengan “Intergalactic Computer Network” yang diciptakan oleh J.C.R. Licklider yang kemudian menjadi penanggung jawab atas pembangunan Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET) tepatnya pada tahun 1969. 

Ia memiliki keinginan bahwa setiap orang di dunia dapat bergabung dalam satu jaringan untuk mengakses data dan program secara online dimanapun dan kapanpun.

Penambahan Konsep Oleh Para Pakar

Menurut Licklider perkembangan cloud solution menjadi semakin canggih. Beberapa ahli kemudian mengembangkan konsep licklider salah satunya yakni John McCarthy yang memiliki gagasan jaringan computing yang menjadi infrastruktur untuk public.

Kemudian cloud computing mulai berkembang seiring dengan perkembangan teknologi internet. Namun pada tahun 1990an perubahaan bandwidth yang terjadi mulai cukup besar sehingga membuat internet yang menjadi lebih dahulu berkembang dari perkembangan cloud computing.

Seiring perkembangan internet menjadi pendorong utama system cloud computing yang semakin canggih.

Batu Loncatan pada Tahun 1999

Di tahun 1999 storage.salesforce.com seakan menjadi batu loncatan perkembangan cloud computing. 

Mengapa? Mungkin dikarenakan situs tersebut pelopor utama untuk aplikasi perusahaan yang dijalankan melalui internet.

Kemudian perkembangan cloud computing disusul dengan web amazon di tahun 2006 yang menggunakan teknologi  Elastic Compute Cloud.

Teknologi ini memungkinkan perusahaan kecil dan besar atau individu yang dapat menyewa computer dan server untuk kemudian dapat menjalankan aplikasi yang mereka miliki.

Batu loncatan pada tahun 2009 Google dan perusahaan besar lainnya mulai menawarkan aplikasi dengan browser sebagai dasarnya seperti misalnya Google Apps.

Karateristik Cloud

Cloud computing memiliki karakteristik yang dapat membantu pemahaman anda terhadap cloud solution Indonesia sebagai berikut:

  1. On-Demand Self-Services, merupakan sebuah layanan mandiri pada saat penggunaan langsung tersedia sesuai kebutuhan. Dengan kata lain campur tangan penyedia layanan sangatlah minim sehingga anda perlu mengkonfigurasi secara mandiri.
  2. Broad Network Access, sebuah layanan cloud computing memang harus mampu melayani akses dimanapun, kapanpun, dan menggunakan perangkat apapun dengan syarat terhubung ke koneksi jaringan yang sama.
  3. Resource Pooling, Sebuah layanan cloud computing perlu memiliki sumber daya yang terpusat dan efisien.
  4. Rapid Elasticity, cloud computing harus memiliki fitur menaikan dan menurunkan kapasitas sesuai kebutuhan.
  5. Measured service, dimana cloud computing harus memiliki layanan yang terukur misalnya anda membayar layanan sesuai yang anda gunakan saja.

Perkembangan Cloud Solution di Indonesia Saat ini

Perkembangan perusahaan dalam investasi cloud solution Indonesia memang sangat pesat. Hal ini dikarenakan pemakaian atau pengguna cloud computing di Indonesia semakin meningkat.

Menurut data dari internasional data corporation, layanan infrastruktur cloud public sudah mencapai $2.9 miliar.

Cloud Computing Hybrid Cloud

Komputasi cloud bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan bisnis sebuah perusahaan. Selain untuk bisnis, cloud juga dapat digunakan untuk berbagai sektor kehidupan. 

Dapat kita lihat bahwa setiap tahun, peminat teknologi komputasi cloud hybrid semakin tinggi yang mengalami perkembangan teknologi yang lebih baik.

Sistem Pembelajaran Online Berbasis Cloud Computing

Sistem pembelajaran cloud atau bisa disebut cloud educational system (CES) yang terbagi menjadi 3 yakni :

  1. Sistem pendidikan cloud terpusat atau centralized cloud educational system, sistem pendidikan ini berhubungan antara pusat data di institusi pendidikan yang terlihat seperti tersebar namun sebenarnya dalam kesatuan pada sebuah pusat data sebuah provider.
  2. Sistem pendidikan cloud terdistribusi atau distributed cloud educational system, banyak pusat data di institusi pendidikan terhubung secara langsung satu yang lainnya namun tetapi dalam satu pusat data sebuah provider.
  3. Sistem pendidikan cloud hybrid, pusat data institusi pendidikan dan beberapa pusat data penyedia layanan cloud saling berhubungan satu sama lain guna membagikan sumber informasi dengan yang lain dengan menggunakan pusat server provider berbeda.

Kesimpulan

Teknologi cloud computing dapat dikembangkan untuk mendapatkan sistem pembelajaran serta dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan dalam penyelenggaraan pendidikan. Kunjungi website NetData untuk mengetahui beragam informasi menarik lainnya.

NetData juga menyediakan Teknologi cloud solution indonesia, yang merupakan salah satu teknologi yang dikembangkan untuk mendukung kebutuhan bisnis perusahaan di Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup