Inilah Beberapa Keuntungan Penyimpanan Menggunakan Cloud Daripada Penyimpanan Konvensional

Using Cloud Storage

Penyimpanan Menggunakan Cloud – Sekarang ini, teknologi cloud sedang banyak digandrungi, salah satunya adalah untuk penyimpanan berbagai macam file seperti foto, video, dokumen, dan juga berbagai hal lainnya. Cloud bisa dikatakan sebagai pengganti penyimpanan konvensional yang seringkali memiliki pengalaman yang tidak mengenakkan, dan pastinya, lebih secure dan juga aman cloud.

Mengapa lebih aman? Apa saja keuntungan dari penyimpanan menggunakan cloud

Pengertian Media Penyimpanan Data

Pengertian dari media penyimpanan data yaitu media yang digunakan untuk merekam dan menyimpan data berskala besar dari sistem komputer. Contohnya termasuk cakram optik dan pita magnetik.

Manajemen penyimpanan media penyimpanan data menyediakan kontrol terpusat dari backup, database yang berisi rincian semua sesi backup, fasilitas manajemen media, dan built-in, sistem rotasi tape berbasis aturan. Komponen berbasis server dan berbasis workstation digunakan dengan media penyimpanan data untuk manajemen penyimpanan.

Macam-Macam Media Penyimpanan Data

Penyimpanan data bisa dibedakan menjadi dua, sepeti yang sudah disinggung diatas yaitu penyimpanan magnetik dan juga penyimpanan optical. Kedua penyimpanan ini memiliki perbedaan yang dimana untuk kegunaannya sendiri tergantung kepada bagaimana Anda membutuhkan media tersebut untuk disimpan.

Penyimpanan Magnetik

Yang pertama, media penyimpanan data, seperti pita magnetik, terdiri dari lapisan magnet oksida pada strip plastik tipis yang biasa digunakan untuk cadangan dan pengarsipan.

Disket

Disket atau floppy disk adalah salah satu media penyimpanan magnetic jaman dahulu sekali. Ini merupakan jenis penyimpanan disk yang terdiri dari disk tipis dan fleksibel dari media penyimpanan magnetik dalam kotak plastik atau hampir persegi yang dilapisi dengan kain yang menghilangkan partikel debu dari disk yang berputar.

Hard disk

Selanjutnya adalah hard disk yang merupakan media penyimpanan magnetik untuk komputer. Hard disk adalah piringan bundar datar yang terbuat dari aluminium atau kaca dan dilapisi dengan bahan magnetis. Hard disk untuk komputer pribadi dapat menyimpan terabyte (triliun byte) informasi.

Flashdisk

Versi lebih simple lagi, adalah flashdisk. Ini adalah media penyimpanan yang dihubungkan ke port USB di komputer Anda. Drive USB atau flashdisk biasanya digunakan untuk penyimpanan, pencadangan data, dan mentransfer file antar perangkat.

Memory Card

Kartu memori atau memory card adalah perangkat penyimpanan data elektronik yang digunakan untuk menyimpan informasi digital, biasanya menggunakan memori flash. Ini biasanya digunakan dalam perangkat elektronik portabel digital.

Zip Drive

Masih berkaitan dengan disket atau floppy disk, Zip drive adalah sistem penyimpanan floppy disk yang dapat dilepas yang diperkenalkan oleh Iomega pada akhir 1994.

Penyimpanan Optical

Disk optik adalah jenis media penyimpanan data yang terbuat dari polikarbonat, yang memungkinkan data dibaca oleh sinar laser yang menyinari polikarbonat yang mengenai lapisan data. Penyimpanan pada media optik digital memiliki keunggulan kapasitas yang besar. Media optik digunakan untuk menyimpan suara, gambar, dan data digital.

CD

CD (Compact disc) merupakan cakram plastik cetakan berisi data digital yang dipindai oleh sinar laser untuk reproduksi suara yang direkam dan informasi lainnya.

CD-ROM

CD-ROM adalah cakram padat optik pra-tekan yang berisi data. Komputer dapat membaca—tetapi tidak dapat menulis atau menghapus—CD-ROM, yaitu jenis memori read-only.

WORM

Media pita WORM diformat untuk memberikan setiap blok pada kartrid WORM perlindungan tulis-sekali, baca-banyak. Selain itu, cartridge memory (CM) memiliki byte indikator WORM di bidang jenis kartrid. Kedua kondisi ini harus benar agar drive dapat bekerja dengan kartrid WORM.

CD-RW

CD-RW (Compact Disc-Rewritable), dapat ditulis, dibaca, dihapus, dan ditulis ulang berbeda dengan CD-ROM.

DVD

DVD adalah generasi baru optik. teknologi penyimpanan disk. DVD pada dasarnya adalah CD yang lebih besar dan lebih cepat yang dapat menampung video seperti bioskop, audio yang lebih baik dari CD, foto, dan data komputer.

Penyimpanan Awan (Cloud)

Terakhir adalah penyimpanan awan atau cloud. Penyimpanan cloud adalah model layanan di mana data ditransmisikan dan disimpan pada sistem penyimpanan jarak jauh, di mana data tersebut dipelihara, dikelola, dicadangkan, dan tersedia bagi pengguna melalui jaringan yang biasanya disebut internet. Pengguna umumnya membayar penyimpanan data cloud mereka dengan tarif bulanan per konsumsi.

Penyimpanan cloud didasarkan pada infrastruktur penyimpanan tervirtualisasi dengan antarmuka yang dapat diakses, elastisitas dan skalabilitas yang hampir instan, multi-penyewaan, dan sumber daya terukur. Data berbasis cloud disimpan dalam kumpulan logis di berbagai server penyimpanan komoditas yang terletak di lokasi atau di pusat data yang dikelola oleh penyedia cloud pihak ketiga.

Keuntungan Penyimpanan Menggunakan Cloud Daripada Penyimpanan Konvensional

Memilih untuk menyimpan berbagai macam data Anda menggunakan cloud adalah pilihan yang tepat. Daripada menggunakan penyimpanan konvensional yang terbilang sudah cukup ketinggalan jaman dan mulai tidak kompetibel untuk sehari-hari aktivitas sekarang ini.

Backup Data Tanpa Khawatir File Hilang Selamanya

Pencadangan cloud, juga dikenal sebagai pencadangan online atau pencadangan jarak jauh, adalah strategi untuk mengirim salinan file atau basis data fisik atau virtual ke lokasi sekunder di luar lokasi untuk pelestarian jika terjadi kegagalan peralatan atau bencana. 

Jadi, misalnya saja Anda masih memiliki data di hard disk Anda dan Anda sudah membackup semua data itu di cloud, jika suatu hari hard disk Anda rusak, Anda tidak kewalahan datanya hilang, karena sudah Anda backup di cloud.

Perbarui dan Sinkronkan Data Anda dari Jarak Jauh

Ini adalah salah satu keuntungan dari cloud. Sinkronisasi file cloud adalah aplikasi yang membuat file di lokasi berbeda tetap terbarui melalui cloud. Untuk sinkronisasi file cloud, pengguna menyiapkan folder berbasis cloud, tempat file yang diinginkan disalin. Folder ini membuat file dapat diakses melalui antarmuka web untuk banyak pengguna, di perangkat apa pun yang mereka gunakan dan dalam waktu yang bersamaan.

Pekerjaan Jarak Jauh Menjadi Mudah

Teknologi cloud adalah gagasan yang sangat pas untuk pekerjaan jarak jauh yang dilakukan secara team. Teknologi cloud semuanya terfokus pada gagasan bahwa orang dapat mengakses informasi di internet. Ini membantu karyawan jarak jauh karena mereka dapat berbagi file, berkolaborasi dalam proyek, berkomunikasi dengan cepat menggunakan platform obrolan atau video, dan mengakses program perangkat lunak yang mereka butuhkan di rumah mereka sendiri.

Tidak Perlu Membawa Harddisk Fisik

Keuntungan yang satu ini adalah berbicara tentang ringkasnya penyimpanan dengan menggunakan cloud. Penyimpanan yang satu ini tidak akan membuat Anda khawatir jika data penting Anda tertinggal di rumah, jika Anda sudah menguploadnya di cloud, Anda tinggal mengambil data itu saja selama ada koneksi internet.

Bagikan Data dengan Mudah

Penyimpanan cloud memang sering kali tidak hanya digunakan untuk diri sendiri saja, namun juga orang lain membutuhkannya. Anda dapat menggunakannya untuk berbagi file dengan mudah tanpa kerumitan. Berbagi file bolak-balik dengan teman dan kolega Anda, atau membuatnya tersedia untuk seluruh Internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup