Network Gateway : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kelebihan, dan Cara Kerja

Network Gateway

Dunia sudah semakin modern seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, bagi Anda yang ingin memahami teknologi jaringan komputer perlu mengetahui salah satu teknologi Network gateway.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Mungkin bagi Anda yang masih awam belum familiar dengan gateway ini yang sering digunakan untuk sistem yang menghubungkan antar jaringan yang berbeda. Gateway ini sangat penting dalam pengiriman data ataupun mengakses internet. Untuk lebih memahami tentang gateway Anda bisa menyimak artikel dibawah ini.

Penjelasan Network Gateway

Mungkin ada beberapa dari kita yang pernah mendengar Network gateway namun belum begitu memahami apa maknanya. Gateway dalam bahasa inggris yakni gate yang berarti gerbang dan way artinya jalan.

Gateway adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan antara satu perangkat komputer dengan lainnya. Hal ini dikarenakan pada masing-masing perangkat memiliki protokol komunikasi yang berbeda sehingga akan dihubungkan melalui gateway ini.

Gateway ini adalah penghubung antar jaringan walaupun memiliki struktur dan pola topologi yang berbeda. Selain itu gateway ini dapat menghubungkan jaringan komputer server dengan server dan juga server ke client.

Contoh gateway adalah router dan ISP atau internet service provider yang memberikan akses ke seluruhan jaringan WWW.

Sejarah Gateway

Sejarah gateway sebenarnya dimulai dari pembuatan jaringan yang dapat menghubungkan berbagai komputer dalam satu jaringan. Maka ilmuwan memikirkan bagaimana cara menghubungkan jaringan ini dengan jaringan lainnya. Maka diciptakanlah sebuah protokol yang dapat menjadi gerbang masuk ke jaringan lainnya. Maka perangkat gateway diciptakan dalam bentuk router.

Tipe-tipe Gateway

Gateway memiliki berbagai jenis yang perlu Anda ketahui antara lain:

Network gateway

Gateway ini adalah yang paling umum dalam menyediakan interface antara dua jaringan yang beroperasi dalam protokol yang berbeda. Gateway menghubungkan jaringan tanpa menentukan jenisnya yang biasa merujuk ke Network.

Cloud storage gateway

Gateway cloud ini adalah node jaringan atau server yang dapat menenjemahkan permintaan penyimpanan dengan panggilan API layanan penyimpanan cloud yang berbeda, misalnya REST, dan SOAP (Simple Object Access Protocol).

IoT gateway

IoT (internet of things) gateway merupakan perangkat yang menerjemahkan data sensor antar protokol sebelum mengehubungkannya dan mengirimkannya ke jaringan cloud.

VoiP Trunk gateway

Jenis gateway ini memiliki tugas untuk memfasilitasi transmisi data antara perangkat yang layanan telepon lama biasa atau POTS seperti mesin faks maupun telepon biasa dengan jaringan VoIP.

Unidirectional gateway

Gateway jenis ini memungkinkan aliran semua data dalam satu arah. Perubahan yang ada pada node sumber direplikasi ke node tujuan namun tidak sebaliknya. Unidirectional gateway dipakai sebagai alat pengarsipan.

Bidirectional gateway

Bidirectional memungkinkan data untuk mengalir pada dua arah. Jenis aliran ini digunakan sebagai alat sinkronisasi. 

Fungsi Gateway

Jika sudah memahami jenis-jenis gateway diatas, kita perlu mengetahui fungsi dari gateway tersebut. Memang gateway memiliki bannyak fungsi sebagai konversi protokol dan lain sebagainya, namun ada beberapa penjelasan singkat tentang beberapa fungsi gateway antara lain:

  • Sebagai Konversi Protokol

Dalam fungsi gateway yang pertama adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan walaupun memiliki protokol yang berbeda.

Tugas gateway di sini adalah untuk memastikan bahwa semua jaringan dan perangkat yang memiliki protokol yang berbeda-beda yang dapat terhubung dengan baik. 

Jaringan gateway ini bahkan dapat diimplementasikan pada setiap tingkat yang berbeda di model jaringan OSI atau open system interconnection.

  • Memudahkan Akses Informasi

Tanpa menggunakan gateway, Anda dapat mengakses dan membuka informasi di internet dengan mudah. Gateway ini dapat memudahkan pertukaran informasi dan data secara daring.

Misalnya pada sat Anda ingin mencari artikel atau informasi lainnya, pastikan Anda akan menuju ke mesin pencarian seperti Google untuk membaca artikel-artikel yang ada pada halaman pencarian Google.

Pada saat melakukan pencarian perangkat Anda akan terhubung ke jaringan internet dan Google akan melalui beberapa gateway mulai dari Network, internet, dan lain sebagainya.

  • Memudahkan Pengaturan Data

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi yang bergantung pada sistem komputer, penggunaan gateway sangat petning dalam memastikan proses bisnis yang lancar. 

Gateway akan membantu administrator dalam mengelola dan mengatur data-data antar jaringan dengan lebih mudah dikarenakan semua perangkat akan saling terhubung. 

  • Meningkatkan Kinerja Komputasi

Gateway dapat meningkatkan performas serta stabilitas komputer dalam sebuah penggunaan perusahaan dan organisasi. Gateway memberikan dan membagi tugas komputeasi lebih pada suatu perangkat ke komputer lain yang ada pada sistem jaringan tertentu.

Cara Kerja Gateway

Cara kerja gatewway sebenarnya cukup sederhana, sesuai dengan namanya bahwa cara kerja gateway ini layaknya gerbang masuk pada suatu jaringan untuk melakukan koneksi.

Setiap jaringan komputer setidaknya memiliki dua jenis gateweay yang nantinya akan menghubungkan kedua jaringan tersebut melakukan proses transfer data. Contohnya pada saat kita membuka alamat website pada web browser Anda akan melewati gateway yang nantinya mengarahkan paket tersebut hingga sampai ke tujuan.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan pelayanan dan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup