Apa Itu CDN? Kita Simak Pembahasan Mengenai Content Delivery Network

Content Delivery Network

Apakah Anda pernah membayangkan bagaimana sebuah website bisa mengeload semua isi yang ada di halamannya? Tentunya itu disimpan pada sebuah server bukan? Mungkin jika membahas sebuah website, tidak akan bisa lepas dengan yang namanya content delivery network atau biasa disebut dengan CDN.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Namun, sebenarnya apa itu CDN? Mungkin masih banyak yang belum mengehtahui ini bukan? Maka dari itu, mari kita bahas!

Pembahasan Content Delivery Network

Jika membahas CDN, memang kata yang paling bersinggungan adalah “cache”. Ya, CDN ini biasa disebut dengan cache. Mungkin jika di HP Anda atau komputer, cache merupakan sebuah sampah yang membuat penyimpanan menjadi penuh. Namun inilah bentuk asli dari CDN yaitu membuat cache yang dapat meng-load berbagai macam content yang ada pada sebuah website.

Content delivery network pada dasarnya adalah sebuah konten. Tapi apa itu konten? Dan apa yang disebut dengan content delivery network atau CDN?

Apa Itu Konten?

Kita akan membatasi konten yang ada pada sebuah website. Konten web mengacu pada konten tekstual, aural, atau visual yang dipublikasikan di situs web. Konten berarti elemen kreatif apa pun, misalnya, teks, aplikasi, gambar, pesan email yang diarsipkan, data, layanan elektronik, file audio dan video, dan sebagainya.

Konten web adalah kunci di balik generasi lalu lintas ke situs web. Membuat konten yang menarik dan mengaturnya ke dalam berbagai kategori untuk navigasi yang mudah adalah yang paling penting untuk situs web yang sukses. Juga, penting untuk mengoptimalkan konten web untuk mesin pencari sehingga merespon kata kunci yang digunakan untuk pencarian.

Pengertian Content Delivevry Network

CDN mengacu pada sekelompok server yang terdistribusi secara geografis yang bekerja sama untuk menyediakan pengiriman konten Internet yang cepat.

CDN memungkinkan transfer cepat aset yang diperlukan untuk memuat konten Internet termasuk halaman HTML, file javascript, stylesheet, gambar, dan video. Popularitas layanan CDN terus berkembang, dan saat ini sebagian besar lalu lintas web dilayani melalui CDN, termasuk lalu lintas dari situs-situs besar seperti Twitter, Youtube, Netflix, dan juga Amazon.

Bagaimana Cara Kerja CDN?

Memahami bagaimana CDN bekerja mungkin akan sangat mudah. Jadi pada dasarnya CDN adalah jaringan server yang terhubung bersama dengan tujuan mengirimkan konten secepat, murah, andal, dan seaman mungkin. Untuk meningkatkan kecepatan dan konektivitas, CDN akan menempatkan server di titik pertukaran antara jaringan yang berbeda.

Internet exchange points (IXPs) ini adalah lokasi utama di mana penyedia internet yang berbeda terhubung untuk memberikan akses satu sama lain ke lalu lintas yang berasal dari jaringan mereka yang berbeda. Dengan memiliki koneksi ke lokasi berkecepatan tinggi dan sangat saling berhubungan ini, penyedia CDN dapat mengurangi biaya dan waktu transit dalam pengiriman data berkecepatan tinggi.

Selain itu, CDN membuat sejumlah optimasi pada transfer data client atau server standar. CDN menempatkan lokasi yang paling strategis di seluruh dunia.

Kegunaan CDN

CDN tidak dibuat tanpa adanya alasan. Tentu saja jika menggunakan CDN pada sebuah website mungkin jika Anda tertarik dengan semua yang berkaitan dengan website yang memiliki kecepatan yang bagus dan berkualitas, CDN akan sangat cocok. 

Namun, sebenarnya apa saja kegunaan dari CDN?

      1. Mengurangi Bandwidth

CDN dapat mengurangi biaya bandwidth. Jadi, CDN bisa mengurangi biaya transfer data karena berada di antara pengguna dan server hosting situs web, atau server asal, mengurangi lalu lintas antara server hosting dan seluruh internet.

      2. Menaikkan Kecepatan

Ketika mengunjungi ke website yang memuat konten, pengguna akan dengan cepat meninggalkan saat situs melambat. Layanan CDN dapat membantu mengurangi waktu muat dengan cara berikut:

  • Sifat CDN yang terdistribusi secara global berarti mengurangi jarak antara pengguna dan sumber daya situs web.
  • Optimalisasi perangkat keras dan perangkat lunak seperti penyeimbangan beban yang efisien dan hard drive solid-state dapat membantu data menjangkau pengguna lebih cepat.
  • CDN dapat mengurangi jumlah data yang ditransfer dengan mengurangi ukuran file menggunakan taktik seperti minifikasi dan kompresi file.
  • CDN juga dapat mempercepat situs yang menggunakan sertifikat TLS/SSL dengan mengoptimalkan penggunaan kembali koneksi dan mengaktifkan TLS false start.

      3. Meningkatkan Keamanan

Keamanan informasi merupakan bagian integral dari CDN. CDN dapat menjaga keamanan situs dengan sertifikat TLS/SSL baru yang akan memastikan standar otentikasi, enkripsi, dan integritas yang tinggi. 

      4. Memperbaiki Distribusi Konten

Yang paling jelas, CDN dapat memperbaiki distribusi konten ke website Anda. Distribusi konten yang buruk membuat berbagai konten menjadi tidak di load dengan baik. Akibatnya, tentu saja adalah konten tidak berjalan dengan lancar dan loadingnya lambat dan menyebabkan downtime.

CDN dapat memperbaiki distribusi konten. Downtime adalah hal yang tidak diinginkan oleh banyak pemiliki website, tentunya semua ingin websitenya tetap online. Uptime adalah komponen penting bagi siapa saja yang memiliki properti internet. Kegagalan perangkat keras dan lonjakan lalu lintas, sebagai akibat dari serangan jahat atau hanya peningkatan popularitas, berpotensi menurunkan server web dan mencegah pengguna mengakses situs atau layanan. 

Siapa Saja yang Membutuhkkan Content Delivery Network?

Pertanyaan terbesar adalah, apakah Anda membutuhkan content delivery network? CDN memang sangat penting untuk sebuah website, namun untuk keperluan yang lebih kompleks. CDN sangat penting untuk berbagai jenis website, namun tidak semua jenis website membutuhkan dengan penting CDN.

CDN sendiri jika dilihat lagi, tentu saja untuk kebutuhan website yang professional dan sangat berkaitan dengan user.

E-commerce

Keandalan sederhana adalah daya tarik lain dalam menggunakan CDN e-Commerce untuk situs web Anda. Saat Anda menggunakan server tradisional, situs Anda rentan terhadap gangguan. Jaringan pengiriman konten jarang mati dan bahkan ketika itu terjadi, begitu banyak pedagang terpengaruh sehingga biasanya diselesaikan dengan cepat. 

Advertising

Untuk website yang berguna untuk advertising, tentunya CDN adalah hal yang paling penting. Website jenis advertising sangat penting karena jika terjadi downtime, tentunya akan membuat banyak user yang seharusnya tertarik kepada produk yang ditawarkan menjadi tidak bisa mengehtahui apa yang ditawarkan.

Server website advertising yang bagus dan juga distribusi konten yang bagus akan membuat banyak orang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan karena website terkesan professional. Ingat, website adalah portofolio yang penting.

Entertainment

Website berjenis entertainment misalkan saja yang menawarkan video streaming sangat membutuhkan CDN. Dengan menghubungkan ke server di seluruh dunia, CDN dapat membuat rute yang lebih pendek untuk streaming video dari platform ke komputer atau ponsel pemirsa. Menggunakan jaringan server yang besar ini memungkinkan skalabilitas menjadi mungkin jika jumlah penayangan meningkat. Berikut adalah beberapa manfaat lain menggunakan penyedia CDN:

      1. Kecepatan

Jaringan pengiriman konten mengirimkan konten dengan latensi rendah. Saat jaringan lokal tertinggal, CDN berada di jalur yang lewat, melewati jaringan lokal dan mempercepat untuk sampai ke pemirsa tepat waktu.

      2. Kualitas

Video berkualitas tinggi, dengan jeda waktu minimal. Persis seperti yang diinginkan pemirsa.

      3. Keamanan

Bisnis penuh dengan informasi rahasia. CDN memberikan lapisan keamanan ekstra karena itu. Menggunakan CDN akan mencegah serangan keamanan yang terjadi saat situs atau sumber daya dibanjiri oleh upaya untuk menerobosnya.

CDN terbaik menawarkan kecepatan yang konsisten, pengiriman video berkualitas tinggi, dan keamanan.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan pelayanan dan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup