Apasih MAN (Metropolitan Area Network) itu? Yuk Kita Simak Artikel Selengkapnya

Metropolitan Area Network

Metropolitan Area Network – Dalam bidang teknologi jaringan IT ada beberapa jenis jaringan yang sering digunakan yakni LAN, MAN, WAN, dan internet. Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer, mungkin ini adalah pertanyaan sebagian dari kita yang ingin memahami tentang teknologi jaringan itu sendiri. nah di artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam jaringan yang bernama MAN. Apa itu MAN, apa tujuan menggunakan jaringan MAN di artikel berikut ini.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Penjelasan MAN

Jaringan MAN atau metropolitan area Network adalah jenis jaringan komputer yang memiliki cakupan wilayah yang luas daripada jaringan komputer LAN. Seperti namanya bahwa jaringan ini mencakup wilayah metropolitan alias menghubungkan jaringan komputer antar Kota.

Penggunana jaringan MAN biasanya operator jaringan akan menghubungkan jaringan komputer bersama dengan jaringan komputer lainnya. Misalnya saja, jaringan Depdiknas antar wilayah atau kota bahkan pula jaringan mall-mall supaya dapat saling berhubungan bersama dengan antar kota yang ada. 

Jaringan tersebut akan sampai ke Kota lain dengan kecepatan transfer data yang sangat tinggi. Dapat dikatakan kalau jaringan MAN merupakan kombinasi berasal dari sebagian jaringan LAN.

Jangkauan untuk jaringan MAN sendiri berkisar sampai 10-50 km. Jaringan MAN cuma membawa satu atau dua kabel tetapi tidak dilengkapi bersama dengan elemen switching yang dapat bermanfaat untuk menyebabkan rancangan jadi lebih simpel. Kabel tersebut terhitung bermanfaat untuk mengatur paket daya bersama dengan lewat kabel output. 

Namun ada alasan utama mengapa MAN dipisahkan sebagai kategori khusus. Hal ini karena telah ditentukannya standar untuk jaringan MAN. Bahkan standar tersebut kini tengah diimplementasikan. Standar yang dimaksud adalah DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau yang dikenal 802.6 cocok bersama dengan standar IEEE. DQDB terdiri berasal dari 2 buah kabel yakni unidirectional yang mana semua komputer terhubungkan.

Sejarah MAN

Awal mula adanya jaringan MAN ini dimulai dari tahun 1940an dengan diadakannnya penelitian di negara Amerika Serikat yang memanfaatkan banyak komputer secara bersama.

Pada tahun 1950an ketika sudah adanya super komputer yang notabene memiliki hargay ang sangat mahal untuk melayani beberapa terminal.

Maka dikenalkanlah konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS atau Time Sharing System, yang mana bentuk pertama kali jaringan komputer tersebut digunakan. Di sistem TSS ada beberapa terminal yang terhubung secara seri ke host komputer.

Fungsi MAN

Fungsi Metropolitan Area Network adalah untuk membangun infrastruktur jaringan yang mengkombinasikan antara server dengan tujuan agar dapat memenuhi semua kebutuhan internal perusahaan dan pemerintahan yang ada agar dapat memanfaatkan berbagai layanan komunikasi dengan bandwidth lokal.

Contoh Penggunaan MAN

Dalam penggunaan jaringan MAN ini sebenarnya mudah untuk dipahami karena tidak adanya kabel yang terlalu banyak dalam membuatnya. Sehingga cocok untuk menghubungkan jaringan koneksi antara Kota sekaligus. Ada banyak beberapa contoh penggunaan MAN di Indonesia yakni:

  • Jaringan bank

Jaringan bank adalah contoh sederhana dari MAN yang ada di Kota-Kota besar di Indonesia. Ada beberapa cabang dalam Kota yang dihubungkan satu yang lainnya. Misalya bank BCA yang dihubungan yang dihubungkan dengan koneksi jaringan MAN yang di wilayah Jakarta, semarang, Medan, dan lain sebagainya.

  • Jaringan internet antar gedung di kampus

Jaringan MAN juga dapat menghubungkan gedung-gedung kampus yang banyak kita temui di Kota besar. Misalnya kampus UNDIP semarang menghubungkan berbagai gedung lainnya walaupun jaraknya sangat jauh dengan kecepatan transfer data yang sangat cepat untuk mendukung aktifitas akademik.

  • Perkantoran

Untuk orang yang bekerja dan tinggal di Kota besar terutama Jakarta pasti sudah sangat familiar dengan berbagai gedung perkantoran yang memiliki beberapa cabang di Kota.

Jaringan gedung kantor cabang ini dihubungkan dengan MAN. Adapun beberapa kelebihan jaringan MAN ini adalah pertukaran yang dapat dilakukan edngan cepat dan akurat.

Bukan hanya itu karena MAN juga dapat mendorong pengetahuan dan informasi di dalam perguruan tinggi ataupun sekolah.

Untuk melakukan backup data juga mudah dilakukan.

Jaringan Metropolitan Area Network memiliki proses diskusi antar perguruan yang lebih mudah dilakukan. Adapun beberapa kekurangan jaringan MAN. Misalnya biaya operasional yang jauh lebih mahal ketimbang jaringan LAN. 

Proses backup data yang dilakukan juga lebih mudah untuk dilakukan.

Dengan jaringan MAN, proses diskusi antar perguruan juga lebih mudah untuk dilakukan. Meskipun demikian, ada juga beberapa kekurangan jaringan MAN.

Contoh, biaya operasionalnya yang lebih mahal dibanding LAN. Bukan hanya itu, biaya untuk perawatan jaringannya juga cenderung mahal.

Apabila terjadi kerusakan pada jaringan MAN maka dengan mudah untuk di retas untuk keuntungan pribadi. 

Apabila terjadi kerusakan maka proses perbaikan akan memakan waktu lama karena infrastruktur yang terbilang rumit.

Teknologi yang Digunakan MAN

Berikut ini adalah beberapa teknologi yang digunakan MAN antara lain:

Asynchronous Transfer Mode (ATM )

ATM adalah standar internasional dalam cell relay yang memiliki multiple jenis layanan yakni suara, video, dan data disampaikan hingga fixed length (53-byte) cells. Fixed-length cells terlalu mungkin sistem sel berjalan di dalam hardware, bersama demikian dapat mereduksi keterlambatan ATM dirancang untuk transmisi sarana berkecepatan tinggi seperti E3, SONET, dan T3. ATM tidak serupa di dalam beberapa hal berasal dari teknologi data link lain yang lebih umum seperti Ethernet.

Fiber Distributed Data Interface ( FDDI )

FDDI Adalah protokol yang mengfungsikan topologi lingkaran fiber optik ganda yang disebut lingkaran primary dan lingkaran secondary. Kedua lingkaran selanjutnya dapat di mengfungsikan untuk pengiriman data tetapi hanya lingkaran primary yang biasanya di mengfungsikan sebagai jaringan utama. Lingkaran secondary baru berguna kecuali lingkaran primary mengalami kerusakan.

Switched Multi-megabit Data Service ( SMDS )

SMDS Adalah fasilitas connectionless yang digunakan untuk menghubungkan LAN, MAN dan WAN untuk pertukaran data. Pada awal 1990an, di Eropa fasilitas ini dikenal sebagai Broadband Connectionless Broadband Data Service (CBDS).  Maksud dari connectionless adalah tidak ada kebutuhan untuk sesuaikan koneksi lewat jaringan sebelum akan mengirim data.

Karakteristik MAN

Karakteristik MAN atau ciri-ciri dari jaringan MAN ini adalah:

MAN mencakup jaringan hingga 5 dan 50 kisaran km. ada banyak MAN yang mencakup area perkotaan. 

Sebuah MAN (seperti WAN) kebanyakan tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN, komunikasi linknya dan peralatan, kebanyakan dimiliki oleh keliru satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia fasilitas jaringan yang menjajakan service kepada pengguna.

MAN ini bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi yang memungkinkan berbagai sumber daya daerah yang mana digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan yang lain dan menggunakan link ke WAN.

MAN ini memiliki ukuran yang besar yang mana memakai teknologi yang sama dengan LAN. 

Hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang tidak memiliki switch yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data melalui output kabel. Namun elemen switching membuat struktur jaringan menjadi lebih sederhana.

Perangkat Jaringan MAN

Dalam menggunakan jaringan MAN akan membutuhkan perangkat jaringan yang dibutuhkan antara lain:

  • Router yang merupakan perangkat jaringan untuk menghubungkan antar jaringan dan port interface MAN.
  • Switch, ini dapat memberikan koneksi berdasarkan bandwidth WAN dan komunikasi data, suara, dan video.
  • Modem ini dapat memberikan layanan interface suara.
  • Sistme komunikasi yang menggunakan model layer OSI.

Kelebihan dari Jaringan MAN

Adapun kelebihan dari jaringan MAN yakni mencaku kawasan yang sangat luas dibandingkan dengan LAN. Jaringan MAN ini sering digunakan di bandara-bandara, gabungan beberapa sekolah pada suatu wilayah. 

Dengan menggunakan operasi yang memiliki koneksi yang besar, informasi yang disebarkan lebih luas, cepat dan akurat. Memiliki perpustakaan umum dan agen-agen pemerintahan biasa yang manfaatkan sebuah jaringan MAN.

Jika Anda tertarik dengan penawaran produk ataupun jasa dari kami silahkan Anda menghubungi kami melalui link ini atau bisa juga melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup