Meteran Listrik Canggih? Cuma di NetData

Advanced Electricity Meter

Meteran Listrik Canggih – Sekarang ini, semakin maju saja perkembangan teknologi, termasuk untuk meteran listrik. ya, meteran listrik yang ada di rumah Anda atau yang terdapat pada kantor Anda mungkin bentuknya sudah berbeda dan lebih modern. Meteran listrik sekarang semakin canggih juga dengan adanya cara pembayaran yang lebih mudah dan juga dengan harga yang lebih terjangkau dari NetData.

Berbicara meteran listrik yang semakin canggih, tentunya ada banyak hal yang perlu dibahas apa yang disebut dengan meteran listrik, fungsi dari meteran listrik, dan juga terdapat dua jenis meteran listrik yang perlu Anda ketahui.

Apa yang Dimaksud Meteran Listrik

Meteran listrik adalah alat yang digunakan untuk mengukur penggunaan energi listrik rumah, gedung, atau perangkat bertenaga listrik lainnya. Mereka digunakan untuk memberikan penagihan yang akurat kepada pelanggan.

Meteran listrik analog, menggunakan berbagai kumparan dan roda gigi, namun pengoperasiannya dapat disederhanakan seperti motor listrik. Arus listrik yang bergerak melalui kumparan menghasilkan medan magnet yang berubah di mana cakram logam merespons. Dengan bantuan magnet permanen, piringan berputar sebanding dengan berapa banyak listrik yang digunakan. Gerakannya memutar roda gigi yang akhirnya menunjukkan pembacaan pada dial seperti jam.

Meter digital cukup menyatakan jumlah kWh listrik yang telah digunakan. Penting untuk dicatat bahwa baik meter digital maupun analog tidak direset pada awal bulan, perusahaan listrik mengurangi awal dari akhir untuk mengetahui berapa banyak tagihan rumah tangga. Pengukur digital sering kali dapat berkomunikasi langsung dengan perusahaan listrik, sehingga mengurangi kebutuhan orang-orang untuk berjalan di sekitar lingkungan untuk melihat meteran setiap orang.

Fungsi Meteran Listrik

Kebanyakan meteran listrik yang dipasang adalah meter analog, yang menampilkan unit yang dimaksudkan untuk dibaca secara visual.

Baru-baru ini, meter telah dikembangkan untuk pelacakan energi granular dan cloud-connected.

Tren ini membantu mencapai kinerja operasional yang lebih baik di gedung-gedung. Pertama, dengan memantau penggunaan energi gedung, peralatan, dan ruang penyewa secara real time, operator dapat segera mengenali ketika ada masalah di gedung. 

Kedua, dalam hal memaksimalkan efisiensi energi, audit energi hanyalah gambaran efisiensi; meter yang melacak penggunaan energi secara real time memberikan visibilitas berkelanjutan ke properti.

Fungsi dari meteran listrik canggih ini tentu sangat berguna selain hanya berguna untuk mengehtahui konsumsi daya listrik yang ada pada sebuah bangunan.

Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar

Perbedaan listrik prabayar dan pascabayar utamanya berlokasi pada cara pembayaran. Sesuai dengan namanya, pascabayar berarti dibayar setelah pengaplikasian. Sedangkan untuk prabayar, dibayar atau dibeli sebelum dipakai.

Listrik Prabayar

Layanan listrik prabayar dianggap dapat membantu menghemat pengeluaran masyarakat.

Layanan ini dikerjakan dengan cara pulsa. Pelanggan dipersilakan membeli pulsa cocok kesanggupan masing-masing, untuk kemudian dapat memakai listrik.

Pulsa umumnya akan berupa nomor token yang dimasukkan ke dalam alat meteran listrik. Sekiranya sukses, pulsa bertambah dan listrik malahan dapat dipakai.

Dengan cara ini, pelanggan dianggap dapat mengontrol pengaplikasian listrik. Pelanggan dapat memperhatikan sisa pulsa listrik yang tersisa untuk kemudian mulai berhemat.

Selain itu, jikalau pelanggan tidak akurat dan rajin mengecek sisa pulsa, listrik dapat saja tiba-tiba padam sebab habis. Untuk itu, pelanggan disarankan agar rutin mengecek sisa pulsa untuk berjaga-jaga.

Listrik Pascabayar

Pada layanan listrik pascabayar, pelanggan dipersilakan menggunakan listrik sepuasnya selama satu bulan. Pelanggan kemudian wajib membayar total tagihan listrik yang dihitung menurut pemakaian selama sebulan.

Karena tidak adanya batasan, cara pascabayar terkadang membuat pemakaian listrik jadi membengkak. Alhasil, tiba-tiba tagihan di akhir bulan melonjak karena pemakaian yang tidak terkontrol.

Beruntungnya, pengguna layanan pascabayar dapat terhindar dari risiko listrik yang tiba-tiba padam. Pemadaman listrik cuma dapat terjadi dikala ada gangguan.

Saat ini, pengguna layanan pascabayar dapat mengubahnya menjadi prabayar dengan mencontoh prosedur-prosedur yang diatur.

Keuntungan Menggunakan Meteran Listrik Canggih

Keuntungan terbesar dari listrik prabayar ialah penggunaan listrik yang bisa disesuaikan dengan anggaran belanja. Seumpama, jika Anda sudah menetapkan anggaran Rp 300 ribu untuk biaya listrik bulan ini, maka Anda tinggal membeli token listrik prabayar senilai harga tersebut. Dengan demikian, tidak akan ada biaya listrik tidak terkendali yang mengejutkan di akhir bulan.

Selain itu, terdapat berbagai kelebihan lagi dari meteran listrik canggih, diantaranya adalah:

  • Penggunaan listrik lebih terkendali
  • Tanpa ada hukuman denda pemutusan dan keterlambatan
  • Pembelian disesuaikan kesanggupan dan tanpa pencatatan meter
  • Tak ada batas masa aktif (selama kWh masih tersisa
  • Privasi tak terganggu

Cara Bayar Meteran Listrik

Listrik prabayar dan juga pascabayar memiliki cara membayar meteran listrik yang berbeda, apa perbedaannya?

Prabayar

  1. Download dulu aplikasi PLN Mobile di telpon seluler Anda.
  2. Pilih menu isu pada tab menu.
  3. Pilih menu isu tagihan dan token listrik.
  4. Masukan ID Pelanggan atau nomor meteran Anda.
  5. Klik cari.
  6. Aplikasi akan memperlihatkan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominalnya.

Selanjutnya adalah cara membayarnya, terdapat banyak cara Anda bisa membayarnya seperti:

  • Melalui Kantor Pos.
  • Melalui loket pembayaran PPOB (Payment Point Online Banking) Mitra Perbankan, ATM, Internet Banking dan SMS Banking.
  • Lewat e-Commerce.

Pascabayar

Cara yang harus Anda lakukan pertama adalah melakukan pengecekan tagihan, cara yang bisa Anda lakukan sama dengan mengecek listrik prabayar. Selanjutnya adalah cara bayarnya, berikut ini cara untuk membayar listrik pascabayar melalui ATM.

  • Siapkan kuitansi atau nomor IDPEL.
  • Pilih menu pembayaran.
  • Pilih Listrik/PLN.
  • Pilih Listrik pascabayar.
  • Masukkan 12 digit nomor ID pelanggan/IDPEL.

Beli Meteran Listrik

Jika Anda ingin beli meteran listrik canggih dengan berbagai keuntungan yang pasti, Anda bisa mempercayakannya kepada NetData. Anda bisa mendapatkan harga yang terjangkau dengan berbagai keuntungan lainnya salah satunya adalah promo berupa potongan harga. Sangat menguntungkan bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup