Mengapa Harus Menggunakan KWH Meter?

Use a KWH Meter

Menggunakan KWH Meter –  meteran listrik, meteran energi, atau meter kilowatt-jam adalah perangkat yang mengukur jumlah energi listrik yang dikonsumsi oleh tempat tinggal, bisnis, atau perangkat bertenaga listrik. KWH meter adalah satuan yang biasa digunakan untuk mengukur jumlah listrik pada sebuah bangunan.

Meteran listrik atau meteran energi mengukur total daya yang dikonsumsi selama interval waktu.

Mengapa Anda harus menggunakan KWH meter untuk rumah Anda? mari kita bahas!

KWH Meter Adalah

Utilitas listrik menggunakan meteran listrik yang dipasang di tempat pelanggan untuk tujuan penagihan dan pemantauan. Mereka biasanya dikalibrasi dalam unit penagihan, yang paling umum adalah kilowatt hour (kWh). Mereka biasanya dibaca sekali setiap periode penagihan.

Sebuah KWH meter berisi cakram aluminium, yang didukung oleh poros dengan roda gigi cacing. Roda gigi cacing menggerakkan register, atau rangkaian dial yang digunakan untuk mencatat berapa banyak energi yang digunakan. Pengukur kilowatt-jam juga berisi kumparan, yang bekerja bersama dengan cakram, dan magnet permanen.

Mungkin sekarang ini sudah banyak lagi KwH meter dengan bentuk yang tidak menggunakan cakram. Tapi memang pada dasarnya KwH meter yang sekarang ini sudah lebih modern.

Fungsi KWH Meter

Kilowatt-hour meter menghitung konsumsi energi listrik dalam siklus penagihan, yang diukur dalam kilowatt-jam, atau unit energi yang setara dengan 1.000 watt-jam. Pembacaan berkala yang dilakukan oleh kwh meter membentuk siklus penagihan yang digunakan oleh perusahaan utilitas.

Adapun beberapa fungsi kwh meter yang lainnya antara lain:

  • Menjadi pembatas daya listrik yang digunakan oleh pelanggan menurut kontrak pemasangannya
  • Menjadi saklar untuk memutus aliran listrik yang dapat disebabkan oleh pelanggan terdeteksi menjalankan penerapan di luar batas wajar, terjadinya korsleting atau ketika akan dijalankan pembetulan saluran listrik sehingga memang arusnya semestinya dimatikan.
  • Merubah sinyal analog dari token listrik yang Anda usul lewat keypad karet menjadi angka digital yang ditampilkan pada layar.
  • Mendeteksi tabungan pulsa listrik secara real-time sehingga sekiranya sudah habis dan Anda belum mengisi ulang, karenanya aliran listrik akan diputus secara otomatis.

Cara Kerja KWH Meter

Cara kerja KWH meter ini mungkin bisa terdengar sepele, namun ternyata tidak serumit itu.

Jika Anda mengamati disk yang ada di KWH meter, Anda dapat melihat bahwa disk bergerak lebih lambat pada saat konsumsi listrik rendah, seperti pada malam hari, dan lebih cepat selama waktu penggunaan puncak.

KWH meter menggunakan dua kumparan konduktor yang menciptakan medan magnet. Satu kumparan dipengaruhi oleh arus yang melintasi konduktor; kumparan lainnya dipengaruhi oleh tegangan yang melintasi konduktor. 

Bersamaan dengan itu, medan magnet yang diciptakan oleh kumparan memutar piringan aluminium tipis dengan kecepatan yang terkendali. (Aluminium tidak bersifat magnetis tetapi dalam hal ini digerakkan melalui prinsip yang dikenal sebagai arus eddy). Disk memutar serangkaian roda gigi yang menggerakkan lima tombol yang merekam listrik dalam kilowatt-jam. Mekanisme ini disebut indikator.

Konsumsi listrik Anda dibaca secara manual oleh petugas layanan utilitas yang mengunjungi rumah untuk membaca nomor pada dial. Meteran listrik mekanis tidak dapat dibaca dari jarak jauh. Konsumsi listrik gedung atau rumah Anda dihitung dengan mengurangkan angka bulan lalu dari pembacaan bulan ini.

Konsumen yang cerdas dapat belajar membaca tombol ini untuk mengukur penggunaan listrik mereka sendiri dan memverifikasi bahwa biaya utilitas akurat.

Alasan Harus Menggunakan KWH Meter

Alasan yang pasti mengapa harus menggunakan kwh meter adalah untuk mengatur daya listrik yang ada di bangunan yang Anda miliki. Anda bisa memilih sendiri mana sekiranya daya listrik yang Anda inginkan.

Selain itu di Indonesia juga memiliki program penggantian kwh meter dari yang lama menjadi lebih baru.

PLN menjelaskan jika kwh meter yang tua juga mendapatkan pergantian dikarenakan kwh meter yang sudah tua kerap terjadi masalah, dan salah satunya adalah akurasi yang terkadang tidak tepat yang terkadang merugikan.

Selain itu, sistem kwh meter yang sekarang ini juga lebih meringankan. Yaitu dengan menggunakan sistem token yang mirip sekali dengan pulsa pada handphone.

Beli KWH Meter Terbaik

Jika Anda ingin beralih dari KWH meter yang lama ke yang baru dan bisa membayarnya dengan menggunakan token, Anda bisa mempercayakannya kepada NetData untuk membeli token listrik yang sangat banyak keuntungannya.

Anda bisa mendapatkan harga token listrik yang murah, banyak sekali promonya, dan pastinya dijamin terpercaya dengan cara pembelian yang sangat mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup