Meraki Cisco Untuk Solusi IT Berbasis Cloud

Meraki Cisco

Meraki Cisco kembali membawa berbagai manfaat ke dalam sistem cloud dari dunia networking. Cisco meraki menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam mengelola solusi wireless, switching, dan keamanan. Dengan itu, pelanggan dapat dengan mudah menangkap peluang bisnis baru dengan mengurangi biaya operasional.

Cisco meraki ini berdiri diatas jaringan cloud, yang mana menawarkan berbagai layanan cloud management yang cukup lengkap mulai dari wireless LAN, switch Ethernet, Security Appliances, dan manajemen perangkat mobile.

Dengan kemudahannya ini cukup diminati oleh banyak orang hingga 10.000 pelanggan di seluruh dunia.

Sejarah Meraki Cisco

Cisco meraki didirikan oleh Sanjit Biswas dan John Bicket, bersama dengan Hans Robertson. Perusahaan ini sebagian didasarkan pada proyek MIT Roofnet, jaringan mesh 802.11b / g eksperimental yang dikembangkan oleh Laboratorium Ilmu Komputer dan Kecerdasan Buatan di Institut Teknologi Massachusetts.

Meraki didanai oleh Google dan Sequoia Capital. Organisasi ini dimulai di Mountain View, California, pada tahun 2006, sebelum pindah ke San Francisco. Meraki mempekerjakan orang-orang yang bekerja pada proyek MIT Roofnet.

Pada tahun 2007, Meraki memilih San Francisco untuk kampanye Bebaskan Net berbasis komunitas mereka. 

Mereka mulai menempatkan perangkat gateway di lingkungan Lower Haight untuk menyediakan akses Internet dan memberikan repeater. 

Pada tahun pertama proyek, pertumbuhan jaringan terutama terjadi di Distrik Misi. Pada Oktober 2007, mereka memperkirakan 20.000 pengguna berbeda terhubung dan sekitar 5 terabyte data ditransfer di jaringan ini. 

Pada Juli 2008, Meraki mengatakan 100.000 orang di San Francisco menggunakan layanan “Bebaskan Jaringan”. Sejak itu, Meraki menghentikan layanan publik ini, meskipun banyak titik akses tetap aktif, tetapi tidak ada koneksi ke Internet.

Pada 18 November 2012, Cisco Systems mengumumkan akan mengakuisisi Meraki dengan harga sekitar $ 1,2 miliar. 

Keuntungan Menggunakan Produk Cloud

Layanan cloud memang merubah teknologi komputasi di dunia IT. Hal ini dirasakan oleh berbagai perusahaan yang memakai layanan cloud ini terutama di bidang finansial.

Teknologi canggih ini dapat memanfaatkan jaringan internet dengan komputerisasi, agar mampu memudahkan pekerjaan finansial, perkantoran, hingga di sektor pendidikan.

Cloud merupakan teknologi yang memadukan sarana internet dengan jaringan komputer untuk mengakses information secara dengan di dalam satu server.

Data pada komputer akan disimpan di dalam tempat penyimpanan yang terdapat di cloud atau internet.  

Keuntungan dalam memanfaatkan cloud adalah Anda dapat lebih praktis, hemat waktu, biaya, dan tenaga.

Pengguna tidak perlu terus menerus merapikan detail sistem akses data tersebut namun data yang sudah tersimpan dijamin aman dan rapi. Anda juga dapat mengaksesnya data dimana saja dan kapan saja.

Solusi manajemen IT berbasis cloud menggunakan Cisco Meraki

Ada banyak keuntungan jika Anda menggunakan produk cloud untuk solusi manajemen IT dengan menggunakan Cisco meraki.

Salah satu keuntungan menggunakannya dengan komputasi cloud adalah Anda bisa lebih fokus dalam berbisnis. 

Anda perlu menggunakan lisensi Cisco meraki agar dapat menggunakan seluruh menu dari dashboard sehingga dapat memberikan solusi IT yang Anda inginkan.

Cara Login Meraki Cisco

Setiap perangkat meraki Cisco baik router maupun switch Anda harus melakukan login ke perangkat tersebut terlebih dahulu agar dapat melakukan konfigurasi lebih lanjut.

Lalu bagaimana cara login meraki Cisco tersebut? Berikut penjelasannya.

Meraki Login

Pada router Meraki Cisco Anda perlu menghubungkan router ke jaringan lokal Anda terlebih dahulu.

Jika sudah maka Anda bisa membuka internet browser baik itu IE, Firefox, Chrome, Opera, ataupun Safari.

Kemudian ketik 10.128.128.128 pada kotak alamat di browser lalu tekan enter.

Lalu akan muncul halaman login pada meraki router dengan memasukan id username dan password yang tertera dibawah perangkat router Anda.

Meraki Dashboard

Jika Anda sudah masuk ke sistem operasi Meraki Dashboard maka Anda bisa menggunakan meraki dashboard.

Meraki dashboard adalah sistem operasi dari perangkat Meraki Cisco yang mana memiliki fungsi untuk memberikan kemudahan dalam manajemen pada perusahaan Anda.

Tempat Beli dan Jual Produk Meraki Cisco

Dari berbagai lini produk, mulai dari  Wireless LAN, Security dan SD-WAN, Switching, Security Camera, Endpoint Management dan lain sebagainya. 

Jika Anda bingung mencari dimana produk meraki Cisco ini dijual, maka Anda sebaiknya menghubungi NETDATA untuk mendapatkan berbagai informasi tentang seri produk yang lengkap.

Contoh Produk Meraki Cisco

Jika Anda ingin menggunakan produk Cisco meraki berikut adalah beberapa contoh produk yang mungkin bisa menjadi referensi Anda jika ingin membelinya.:

Meraki Mx64

Produk meraki mx64 ini merupakan perangkat cloud computing yang dapat digunakan sebagai cloud managed dan SD Wan yang kaya fitur.

Meraki MX64 dan MX65 adalah peralatan keamanan perusahaan yang dirancang untuk penerapan terdistribusi yang memerlukan administrasi jarak jauh. Ini sangat ideal untuk administrator jaringan yang menginginkan kemudahan penyebaran dan seperangkat fitur yang canggih. 

Dashboard Meraki memungkinkan penerapan MX64 atau MX65 yang sederhana dan mudah dengan konfigurasi awal minimal di hampir semua lokasi.

MX64 dan MX65 juga tersedia dalam model Nirkabel (MX64W / MX65W) yang dapat menyediakan cakupan 802.11ac untuk klien nirkabel.

Meraki Mx100

Meraki MX100 adalah alat keamanan perusahaan yang dirancang untuk penerapan terdistribusi yang memerlukan administrasi jarak jauh. Ini sangat ideal untuk administrator jaringan yang menginginkan kemudahan penyebaran dan seperangkat fitur yang canggih. Alat keamanan ini menyediakan fitur baru berikut:

  • Dua koneksi GbE SFP (memerlukan transceiver Meraki SFP-1GB-SX opsional).
  • Port USB, untuk mendukung kartu 3G / 4G yang disetujui untuk failover ke jaringan seluler.
  • Penyimpanan cache 1TByte untuk akselerasi WAN.
  • Port LAN 2 dapat dikonfigurasi menjadi koneksi LAN atau WAN, memungkinkan dukungan hingga 2 koneksi WAN.
  • Port manajemen khusus.
  • Dudukan rak panel depan.

Itulah beberapa produk meraki cisco, anda bisa menanyakan perihal produk – produk tersebut kepada kami, anda bisa menghubungi kami disini. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup