Mengenal Apa Itu CEMS Analyzer dan Fungsinya

CEMS Analyzer

Mengenal CEMS analyzer adalah upaya kita dalam memahami pengertian serta fungsi dari CEMS analyzer tersebut.

Dalam era bisnis digital saat ini banyak sekali industri offline beralih ke industri online. Dengan begitu industri yang berbasis pabrik biasanya memulai usahanya dengan menggunakan berbagai peralatan canggih serta peralatan yang berbasis digital seperti misalnya CEMS.

Apa itu CEMS? Maka dari itu dalam artikel kali ini kita akan lebih berfokus dalam pembahasan CEMS analyzer, harga alat ini, serta dimana tempat yang jual alat berkualitas di Indonesia.

Apa Itu CEMS Analyzer?

CEMS atau Continuous Emission Monitoring Systems adalah alat pemantau aliran gas buangan, polusi, atau partikel yang dihasilkan oleh pembakaran dari proses industri.

Alat ini ini mampu mengukur gas buangan seperti oksigen, karbon monoksida dan karbon dioksida untuk memberikan informasi untuk kontrol pembakaran dalam konfigurasi industri. 

Selain konfigurasi industri berbasis produksi logistik, ada juga industri yang berbasis pembangkit listrik yang bertenaga bahan bakar batu bara dan juga tenaga uap yang paling banyak menghasilkan polusi udara dari pembakaran proses industrinya.

Dengan menggunakan produk ini maka dapat melakukan pemantauan dan pengawasan sumber emisi sendiri yang dapat dipasang pada saluran pembuangan emisi seperti cerobong asap, pengolahan limbah serta proses industri.

Berikut adalah beberapa industri yang wajib menggunakan produk ini:

  1. Peleburan besi dan baja 
  2. Pulp dan/atau Kertas 
  3. Rayon 
  4. Carbon Black 
  5. Minyak dan Gas Bumi 
  6. Pertambangan 
  7. Pengolahan Sampah secara Termal 
  8. Semen 
  9. Pembangkit Listrik Tenaga Termal 
  10. Pupuk dan Amonium Nitrat.

CEMS analyzer memiliki kemampuan dalam memantau jumlah polutan udara dari sumber tetap seperti cerobong asap, pembangkit listrik, SO2, NO,NO2, O2,HCL, HF, H2O dan lain sebagainya.

Hasil pelaporan dari pengukuran gas emisi juga dapat dikirim secara online melalui jaringan seperti PSTN, GPRS, CDMA atau lainnya ke perusahaan melalui pemantauan jarak jauh.

Fungsi CEMS Analyzer

Berikut ini adalah fungsi CEMS analyzer :

  • Melakukan pemantauan gas buangan, polutan, proses pembakaran dan proses emisi.
  • Sebagai sistem keamanan, pengambilan sampel nyata, menghasilkan analisis yang presisi, konfigurasi, dan pemilihan yang terbaik.
  • Melakukan pelaporan total polutan secara realtime dan online.
  • Memiliki tingkat fungsi yang tinggi dalam melakukan analisis perawatan sistem.

Harga CEMS Analyzer

Dalam penjualan alat CEMS analyzer ini dapat dilakukan dalam satu set ataupun eceran yang penting adalah dalam satu brand yang sama.

Pada satu brand memiliki fitur dan kualitasnya masing-masing tergantung dari fungsi serta perannya.

Untuk Anda yang membutuhkan produk dengan brand tertentu atau hanya ingin melihat berapa harga dipasaran Anda bisa melihatnya di NetData.id.

Mengapa Menggunakan CEMS Analyzer?

Lalu sebenarnya apa gunanya CEMS analyzer ini untuk industri selain sebagai pengukur emisi gas buangan? Mari kita simak beberapa penjelasan berikut ini :

Dengan adanya CEMS maka kan secara otomatis mampu menghilangkan debu, mengkalibrasi, mendiagnosis terjadinya kesalahan dan juga terdapat alarm yang dapat memberitahukan kepada seluruh orang di dalam lingkungan industri.

Bentuk produk ini juga termasuk kategori modular yang dapat mempermudah sistem kabinet serta pengoperasian yang sederhana sehingga hemat biaya perawatan.

Terdapat filter atau penyaring emisi yang berukuran besar serta filter yang mudah untuk diganti.

produk ini juga efektif tahan air, tahan debu, anti korosi, serta anti penyumbatan.

Memiliki PLC dengan stabilitas dan keandalan sistem lebih tinggi. 

Dilengkapi dengan sensor dengan teknologi NDIR mikro dan teknologi UV yang mampu melakukan pengukuran dengan tingkat akurasi resolusi dan presisi yang lebih tinggi.

CEMS juga memiliki sistem analisis gas laser akurat yang mampu mengukur zat HCL, HF, H20.COMPONENTS

Dimana Beli CEMS Analyzer?

Sebelumnya kita sudah membahas bahwa produk ini bisa dibeli di salah satu perusahaan IT yakni NetData.id.

NetData sendiri selain menyediakan berbagai perangkat IT berkualitas juga bekerja sama dengan para mitra pengembang produk ini terkenal di dunia yang memiliki kualitas serta layanan terbaik.

NetData menawarkan berbagai solusi monitoring emisi polutan yang memanfaatkan teknologi informasi serta gabungan teknologi analyzer terbaru yang dapat diandalkan.

Pentingnya CEMS analyzer bagi industri ternyata juga diperhatikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Lingkungan yang mana mewajibkan adanya pengadan Sistem Informasi Pemantauan Emisi Industri Kontinyu atau bisa disebut dengan SISPEK.

Untuk mendukung program pemerintah SISPEK ini maka NetData menyediakan berbagai solusi produk ini sudah memenuhi standar KLHK serta memberikan dukungan selama penggunaannya.

Kesimpulan

Itulah bahasan kita tentang CEMS analyzer yang bisa kita ambil kesimpulan bahwa pentingnya melakukan pemantauan polutan emisi gas buangan hasil pembakaran dari proses industri untuk mengendalikan tingkat polutan demi menjaga lingkungan.

Jika Anda berminat memasang CEMS analyzer Anda bisa menghubungi NetData.id sebagai penyedia solusi pemantauan gas emisi sekaligus memenuhu standar KLHK dengan sistem SISPEK terpadu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup