Alat Monitoring Emisi untuk Memantau Kualitas Udara

Emission Monitoring Tool

Alat Monitoring Emisi – Sekarang ini, banyak industri manufaktur yang diharuskan untuk pengamat lingkungan untuk tetap mengawasi dan melacak tingkat emisi polutan dengan menggunakan alat monitoring emisi. Sebagaimana yang Anda tahu, jika tingkat polutan yang dihasilkan pada industri manufaktur terkadang menyebabkan kerusakan lingkungan yang parah, termasuk penyebab pencemaran udara.

Pemantauan adalah istilah umum untuk pengumpulan dan penggunaan data pengukuran atau informasi lain yang sedang berlangsung untuk menilai kinerja terhadap standar atau status sehubungan dengan persyaratan tertentu.

Jadi, sebenarnya apa itu alat monitoring emisi dan apa saja manfaatnya? Mari kita bahas secara lengkap! 

Mengenal Alat Monitoring Emisi?

Pertama, kita akan membahas apa pengertian dari alat ini. Adalah peralatan tradisional yang digunakan untuk pemantauan emisi secara terus menerus dan disetujui/diperlukan oleh sebagian besar otoritas. Sebagai alternatif, otoritas di banyak negara mengizinkan penggunaan sistem pemantauan emisi prediktif untuk aplikasi tertentu sebagai pengganti CEMS (continuous emission monitoring systems) yang terpasang.

Sebenarnya, pemantauan emisi ini berdasarkan pada persyaratan kualitas udara yang disetujui dan disepakati oleh pengamat lingkungan. Umumnya, terdapat dua tipe dasar pemantauan dengan dua fungsi yang berbeda pula.

  1. Pemantauan kualitas udara ambien mengumpulkan dan mengukur sampel polutan udara ambien untuk mengevaluasi status atmosfer dibandingkan dengan standar udara bersih dan informasi historis; dan
  2. Pemantauan emisi sumber stasioner mengumpulkan dan menggunakan data pengukuran (atau informasi lain) pada masing-masing sumber emisi stasioner (yaitu, fasilitas, pabrik, proses, kinerja perangkat kontrol emisi, atau untuk memverifikasi praktik kerja).

Tingkat emisi dan pemantauan yang dilakukan oleh sumber tidak bergerak (dan jenis sumber lainnya, misalnya, sumber bergerak seperti mobil) secara langsung berdampak pada kualitas udara ambien suatu wilayah dan tingkat emisi yang terdeteksi oleh pemantauan ambien.

Apa Saja yang Bisa Dimonitor dengan Menggunakan Alat Monitoring Emisi?

Ada sistem yang tersedia untuk memantau parameter seperti:

  • Materi Partikulat (PM),
  • HCl: Asam klorida
  • HF: sebagai Total fluorida
  • NH3: sebagai Amonia
  • SO2: Sulfur di-oksida
  • CO: Karbon monoksida
  • O2: Oksigen
  • CO2: Karbon dioksida
  • NOx: Oksida Nitrogen sebagai NO2. dll.

Manfaat Alat Monitoring Emisi

Seiring pertumbuhan ekonomi dan industri secara global, jumlah pabrik industri meningkat secara bersamaan. Hal ini, pada gilirannya, membutuhkan pengembangan yang konstan dalam undang-undang dan izin lingkungan. 

Juga wajar bahwa seiring waktu, metode saat ini perlu diperbarui dan cara baru yang disempurnakan untuk memantau tindakan industri sedang diterapkan. Salah satu cara yang membantu pabrik industri dan otoritas lokal memperkirakan dan beradaptasi dengan keadaan yang berubah adalah dengan pemantauan emisi secara terus-menerus.

Secara keseluruhan, manfaat pemantauan emisi ada dua:

  • Ini menciptakan kerangka kerja umum untuk standar dan menjaga emisi pada tingkat yang ditetapkan. Pengukuran terus menerus juga dapat mempengaruhi penelitian di masa depan dan dalam perjalanan waktu mengalihkan fokus ke komponen baru atau yang meningkat.
  • Dapat menurunkan tingkat emisi berbahaya dan membuat udara lebih bersih. Ini juga dapat memiliki efek positif pada pabrik industri, karena pemantauan emisi dapat menunjukkan titik lemah dalam proses dan membantu mengoptimalkannya.

Keunggulan Alat Monitoring Emisi

Terdapat beberapa keunggulan penting bagaimana alat monitoring emisi ini bermanfaat bagi industri manufaktur, adalah:

  • Karena sensor sangat dekat dengan proses, waktu respons lebih cepat.
  • Instalasi sederhana, tindakan khusus untuk ekstraksi gas sampel tidak diperlukan.
  • Hemat waktu dan upaya manual yang tidak perlu dengan mengganti alat pemantauan yang redundan & tertutup.
  • Pemantauan otomatis bebas stres tanpa konfigurasi.
  • Memantau aliran gas yang dihasilkan dari pembakaran dalam proses industri.

Beli Alat Monitoring Emisi

Mengehtahui tingkat emisi memang sangat penting, terlebih ini adalah salah satu hal yang bisa dilakukan bersama demi menyelamatkan lingkungan dari polusi udara. Tentunya Anda tidak ingin bukan jika menghirup udara yang kotor dan sudah tercemar dengan polusi?

Maka dari itu, jika Anda sekiranya membutuhkan alat monitoring emisi, Anda bisa mempercayakannya kepada NetData.

NetData adalah tempat beli alat monitoring emisi dengan berbagai penawaran yang menarik. Harga yang dijamin termurah daripada yang lain, beragam merk dan beragam jenis yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan pastinya dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup