Memilih Router Wi-Fi Terbaik:TP-Link vs. D-Link

TP-Link dan D-Link

TP-Link dan D-Link merupakan dua merk produk router Wifi yang terkenal dipasaran saat ini, semuanya memiliki karakteristik Router Wi-Fi Terbaik yang dikembangkan dengan teknologi terbaru.

Semisal TP-Link baru-baru ini sedang meningkatkan teknologi Wi-Fi 6 (IEEE 802.11ax), yang baru-baru ini muncul di pasaran. Dari perangkat ini streaming 4K di perangkat pintar dan tugas intensif lainnya. 

Sedangkan pada router D-Link juga di tidak kalah kualitasnya yang mana koneksi yang stabil di area yang luas. Kami akan menganalisis TP-Link dan D-Link untuk mengetahui mana dari kedua produk ini yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

TP-Link

Wifi router TP-Link adalah perangkat wifi router yang dikeluarkan oleh perusahaan TP-Link. Seperti produk wifi router pada umumnya, alat ini biasanya digunakan untuk memancarkan sinyal wifi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat nirkabel seperti komputer, smartphone, dan lain sebagainya tanpa menggunakan kabel.

Apa itu TP-Link?

TP-Link adalah merk perangkat jaringan yang berasal dari China dengan produknya yang berkaitan dengan perangkat komputer serta jaringan internet.

Produknya juga terkenal memiliki keunggulan di berbagai sektor seperti performa, stabilitas, dan nilai yang tinggi.

Maka dari itu TP-Link sering digunakan oleh kebutuhan individu ataupun perusahaan yang profesional.

Macam Produk TP-Link

Berikut adalah beberapa rekomendasi lini TP-Link Router Wi-Fi Terbaik:

  • TL-WR840N 300 Mbps Wireless N Router

Router wifi terbaik seri ini tersedia dalam berbagai pilihan seperti range extender, access point, dan mode WISP.

  • TL-WR940N Wireless N Router.

Router seri ini hadir dengan tiga antena yang mampu meningkatkan stabilitas koneksi internet yang dibekali dengan teknologi IEEE 802.11b/g/n yang mampu mentransmisikan data hingga 450 Mbps.

  • Archer AX50 AX3000 WiFi 6 Router

Sesuai namanya bahwa router ini memiliki teknologi Wifi 6 dengan router wifi terbaik saat ini. Tentu dengan harga yang tidak murah, router ini menghadirkan teknologi yang terbaru dalam hal kecepatan, kestabilan, dan keandalan yang terbaik untuk Anda.

Mengapa TP-Link?

TP-Link memang sudah terkenal di dunia bahkan di Indonesia yang mana menawarkan harga produk router wifi terbaik yang termurah dengan varian yang lengkap.

D-Link

Router D-Link merupakan merek dagang D-Link yang memproduksi berbagai perangkat nirkabel khususnya router dengan pasar individu hingga perusahaan.

Apa itu D-Link?

D-Link link merupakan perangkat perangkat jaringan yang di dirikan sejak tahun 1986. D-Link berfokus dalam mengembangkan perangkat jaringan broadband, suara, digital, dan komunikasi data yang canggih.

Salah satu contoh produk D-Link yang paling terkenal adalah routernya. Router merek D-Link juga dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga, usaha kecil, hingga lingkungan usaha profesional.

Macam Produk D-Link

Adapun beberapa contoh produk D-Link yang mungkin dapat memenuhi kebutuhan Anda sebagai berikut:

  • D-Link DIR 612

Router ini merupakan jenis router yang terbilang cukup murah dari segi harganya yang hanya 170 ribu rupiah saja.

Walaupun memiliki harga yang murah router ini dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi 4 atau 11.802n dengan kecepatan maksimal 300 Mbps. 

  • D-Link DWR-920

Fitur utama dari D-Link DWR 920 adalah dukungannya terhadap koneksi 4G LTE yang memiliki kecepatan maksimal hingga 150 Mbps untuk download sedangkan untuk upload 50 Mbps.

  • D-Link DIR-822 AC1200 Dual-Band

Dari segi desain router ini memiliki 4 antena yang terbilang sangat banyak jumlahnya ketimbang router pada umumnya yang memiliki 2 antena.

Dengan antena yang banyak ini tentu memiliki keunggulan dari segi penyebaran sinyal yang lebih luas, stabil, serta lebih cepat.

Mengapa D-Link?

Hal yang perlu di pertimbangkan dari produk D-Link adalah kualitasnya yang tak kalah dari produk router lainnya tak terkecuali merk TP-Link sekalipun.

D-Link sudah memiliki lebih dari 90 cabang kantor global yang sudah melayani berbagai negara di benua Amerika, Asia, serta Eropa.

Perbedaan TP-Link vs D-Link

Dari kedua merk router wifi terbaik ini memang sulit untuk ditemukan perbedaannnya, maka dari itu dibawah ini adalah beberapa perbedaan TP-Link vs D-Link yang mungkin bisa dijadikan referensi.

Kecepatan

TP-Link adalah router dengan kecepatan yang tinggi misalnya pada seri TP-Link AC1750 mendukung kecepatan hingga 1750Mbps dengan frekuensi 2.4 GHz pertama yang mencapai hingga 450Mbps serta pita frekuensi 5Ghz hingga 1300Mbps.

Sedangkan D-Link dengan pita frekuensi 2.4 GHz memiliki kecepatan hingga 500Mbps sedangkan pada 5Ghz dapat mendukung 867Mbps, dengan kecepatan total hingga 1.367Mbps. Ini cukup untuk memastikan transmisi aliran Wi-Fi secara simultan untuk beberapa perangkat yang terhubung secara bersamaan.

Cakupan

TP-Link, seperti AC1750, memberikan cakupan yang sangat baik. Router ini hanya membutuhkan tiga antena gain tinggi dan dapat mencakup hingga 2.500 kaki persegi. Tergantung pada ukuran rumah, router ini dapat menyediakan koneksi yang stabil ke semua lantai. Penguat tambahan dapat memastikan bahwa setiap perangkat yang terhubung dapat menerima koneksi tidak peduli seberapa jauh dari router .

D-Link juga dipuji karena cakupannya yang luas. Pabrikan mengatakan bahwa router dapat dengan mudah menyediakan jangkauan untuk rumah berukuran sedang. Karena teknologi MU-MIMO, ia juga dapat melakukan ini dengan redaman sinyal dan lag yang minimal.

Aksesoris tambahan

Untuk TP-Link, menyederhanakan banyak proses melalui aplikasi Tether. Misalnya, Anda dapat dengan mudah mengelola jaringan Wi-Fi Anda dari jarak jauh di ponsel cerdas atau tablet Anda. Mereka juga menyediakan fitur kontrol orang tua dan opsi akses tamu. 

Melalui aplikasi TP-Link, Anda dapat memantau aktivitas anak Anda dan menetapkan batas waktu online. Anda juga dapat dengan mudah menjeda dan memulai ulang Wi-Fi sesuai dengan preferensi Anda.

Untuk D-Link, ia juga dilengkapi dengan aplikasi D-Link, yang dapat memberi Anda berbagai pengaturan khusus. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat dengan mudah masuk dari jarak jauh untuk manajemen cloud dan menyelesaikan seluruh proses instalasi. 

D-Link juga memiliki opsi kontrol orang tua. Misalnya, Anda dapat memblokir konten tertentu yang tidak diinginkan dan menjadwalkan jeda untuk router. Ini memungkinkan Anda untuk mengontrol anak-anak Anda dan melindungi mereka dari konten yang tidak sesuai usia di Internet.

Kapasitas

TP-Links juga dikenal dengan kapasitasnya yang tinggi. Misalnya, AC1750 dapat dengan mudah menangani lebih dari 50 perangkat yang terhubung ke sistem Wi-Fi-nya. Hal ini dicapai melalui prosesor quad-core yang kuat, yang dapat mengikuti tugas-tugas intensif sumber daya. Dan terlepas dari jumlah perangkat yang terhubung, TP-Link menggunakan fungsi perangkat keras dan perangkat lunaknya untuk memastikan kecepatan tinggi.

Di sisi lain, D-Link juga dapat menangani banyak kebutuhan dengan baik. Kecepatan 1367Mbpsnya cukup cepat, dan dilengkapi dengan port Ethernet untuk memastikan kinerja Wi-Fi yang stabil pada perangkat berkabel. Oleh karena itu, Anda dapat menghubungkan TV pintar, konsol game, dan perangkat penyimpanan jaringan lainnya tanpa penundaan yang tidak perlu.

Keamanan

Untuk memastikan keamanan sistem Anda dan pengguna yang terhubung, router ini memiliki langkahnya sendiri. Untuk perangkat TP-Link, koneksi aman adalah prioritas utama. Menggunakan standar enkripsi nirkabel WPA/WPA2 canggih, Anda dapat yakin bahwa seluruh keluarga Anda aman.

Untuk D-Link, router Anda dapat dengan mudah dilindungi melalui aplikasi. Misalnya, Anda dapat membuat jaringan tamu khusus untuk menyediakan akses Internet bagi pengunjung. Dalam jangka panjang, ini pada gilirannya dapat melindungi Anda dari banyak ancaman dunia maya.

Tips Memilih Router Wi-Fi Terbaik

Dalam memilih router wifi terbaik tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda, perhatikan beberapa tips berikut ini :

  1. Kecepatan wifi yang dibutuhkan

Pertama Anda perlu mengetahui kecepatan wifi yang Anda butuhkan misalnya 350 Mbps hinga 1.900 Mbps. 

Jika untuk pemakaian pribadi hingga keluarga yang mungkin tidak terlalu padat maka 350 sudah sangat cukup untuk kebutuhan Anda. Serta penempatan router juga perlu diperhatikan sangat perlu diperhatikan agar dapat menangkap sinyal dengan baik

  1. Teknologi Dual Band dan Network Standar

Teknologi dual band adalah router dengan pita frekuensi 2,4 GHz dan 5.0 GHz. Dengan kedua pita frekuensi ini maka dapat menunjang kebutuhan kecepatan internet Anda.

  1. Periksa Antena Router Wifi Rumah

Pastikan router wifi Anda memiliki antena eksternal yang mana membuat router dapat membuat sinyal yang lebih kuat serta stabil.

  1. Port USB Sesuai dengan Perangkat

Setelah memeriksa antena router maka Anda perlu memeriksa port USBnya. Port ini digunakan untuk menghubungkan koneksi router ke perangkat serta digunakan sebagai pembaca data yang dapat digunakan sebagai Network Attached Storage (NAS).

  1. Cek Keamanannya

Tingkat keamanan jaringan memang sangat penting. Tujuannya agar Anda terhindar dari pemakaian secara ilegal oleh orang lain yang menggunakan jaringan wifi Anda. Keamanan router yang harus ada yakni seperti WPA, WEP, dan juga WPA2. 

Beli Router Wi-Fi Terbaik

Untuk Anda yang ingin membeli router wifi terbaik baik itu produk TP-Link ataupun D-Link Anda dapat membelinya di NetData atau langsung ke websitenya di nds.id.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah kedua merk router ini baik TP-Link dan D-Link memang memilik kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Pada urusan kecepatan yang lebih cepat baik jarak jauh maupun pendek  TP-Link yang menang. Namun juga memiliki penyebaran sinyal yang cukup luas serta harganya yang masuk akal. 

Kesimpulan yang bisa diambil adalah kedua merek router ini sama bagusnya sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda yang tersedia di NetData.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup