5 Solusi Jaringan Cisco Enterprise Terpopuler

Cisco Enterprise

Cisco Enterprise – Membentuk jaringan perusahaan atau enterprise network adalah hal yang sangat menguntungkan. Memiliki jaringan yang khusus untuk perusahaan Anda tentu adalah sebuah kewajiban. Jaringan yang lebih terorganisir adalah hal wajib, memiliki hardware yang tertata dengan rapih memiliki banyak sekali keuntungan.

Memilih hardware yang bagus untuk enterprise network? Tentu saja kita pasti melirik terlebih dahulu Cisco. Cisco merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jaringan yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Cisco juga merupakan solusi jaringan enterprise yang sangat bisa diandalkan.

Apa itu Cisco Enterprise?

Cisco Systems, perusahaan teknologi Amerika, beroperasi di seluruh dunia, yang terkenal dengan produk jaringan komputernya. Sebagai perusahaan yang menjual produknya sebagian besar ke bisnis lain, Cisco tidak menjadi nama rumah tangga, tetapi pada dekade kedua abad ke-21 itu adalah salah satu perusahaan terbesar di Amerika Serikat. Cisco didirikan pada tahun 1984 dan memiliki kantor pusat di San Jose, California.

Pendiri Cisco Systems adalah Leonard Bosack dan Sandra Lerner, pasangan suami istri (kemudian bercerai) yang bertemu saat menjadi mahasiswa di Universitas Stanford.

Jaringan enterprise terdiri dari jaringan dan protokol fisik dan virtual yang melayani tujuan ganda untuk menghubungkan semua pengguna dan sistem di jaringan area lokal (LAN) ke aplikasi di pusat data dan cloud serta memfasilitasi akses ke data jaringan dan analitik.

Dalam LAN, beberapa perangkat komputasi lokal terhubung bersama melalui switch, router, dan koneksi ethernet atau WIFI untuk berbagi aplikasi dan data. Pengguna biasanya perlu membuat akun untuk akses aman. Perusahaan sering menjalankan perangkat lunak VPN yang mengenkripsi data pengguna saat menghubungkan ke situs web atau server di luar LAN. 

Selain itu, perangkat lunak firewall digunakan untuk memeriksa dan mengontrol lalu lintas jaringan, baik antara LAN dan dunia yang lebih luas (utara-selatan) dan, semakin meningkat, di dalam jaringan itu sendiri (timur-barat). 

Mengapa Cisco Enterprise?

Cisco enterprise menyediakan konektivitas yang cepat dan andal bagi pengguna akhir serta aplikasi. Aplikasi semakin terdistribusi di jaringan modern dan jaringan serta keamanan yang disederhanakan di seluruh infrastruktur kabel dan nirkabel merupakan keharusan bisnis. Administrator jaringan memerlukan solusi jaringan perusahaan yang menyediakan satu panel kaca di seluruh pusat data dan cloud, dan kerangka kerja otomatisasi jaringan yang menyederhanakan operasi jaringan hari ke-1 dan ke-2.

Keamanan adalah tanggung jawab utama lainnya dari administrator jaringan perusahaan. Firewall perimeter dan firewall internal dirancang untuk mengamankan aplikasi dan data dari serangan luar, dan oleh karena itu konfigurasi firewall merupakan bagian penting dari jaringan perusahaan. Untuk meningkatkan keamanan jaringan perusahaan, administrator keamanan mencari metode lanjutan untuk memindai paket data dari virus dan malware guna mencegah infeksi yang dapat menyebar dari serangan phishing dan ransomware.

Beberapa alasan mengapa harus memilih Cisco enterprise untuk perusahaan Anda adalah sebagai berikut:

  • Konektivitas selalu aktif
  • Pengalaman pengguna yang dioptimalkan
  • Kesiapan untuk transformasi digital
  • Manajemen jaringan yang lebih mudah
  • Keamanan yang ditingkatkan
  • Langganan perangkat lunak yang fleksibel
  • Integrasi cloud yang mulus

5 Macam Solusi Jaringan Cisco Enterprise

Jika Anda memiliki ruangan kantor, mungkin Anda masih bingung solusi jaringan Cisco enterprise yang mana yang sekiranya cocok untuk Anda. yang menjadi masalah adalah dalam memilih hardwarenya. Hardware dari Cisco memang sangat banyak, namun harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan bukan?

Berikut ini adalah pilihan hardware untuk Cisco enterprise yang dikelompokkan sesuai dengan jumlah user:

  1. 1-25 orang
Model Deskripsi
C921-4P Cisco 921 Gigabit Ethernet security router dengan internal power supply
SF350-24 24 10/100 ports, 2 Gigabit copper/SFP combo + 2 SFP ports
AIR-AP1815I-E-K9 Cisco Aironet 1815i Series, Reg Domain E
  1. 50 orang
Model Deskrpisi
C1111-4PLTEEA ISR 1100 4P Dual GE Ethernet w/ LTE Adv SMS/GPS EMEA & NA
C921-4P Cisco 921 Gigabit Ethernet security router dengan internal power supply
SG350-52 48 10/100/1000 ports, 2 Gigabit copper/SFP combo + 2 SFP ports
  1. 100 orang
Model Deskripsi
AIR-AP1832I-H-K9 Cisco AIR-AP1832I-H-K9, 802.11a/g/n/ac Wave 2, Controller based, 3 x 3 MU-MIMO, 1.733Gbps thoughput, Dual-band
ISR4221/K9 35Mbps-75Mbps system throughput, 2 WAN/LAN ports, 1 SFP port, multi-Core CPU,2 NIM
SG350-28 24 10/100/1000 ports, 2 Gigabit copper/SFP combo + 2 SFP ports
SG250-26P Cisco SG250-26P 26-Port Gigabit PoE Smart Switch
SG350-52 48 10/100/1000 ports, 2 Gigabit copper/SFP combo + 2 SFP ports
  1. 200 orang
Model Deskripsi
WS-C3650-24TS-L Cisco Catalyst 3650 24 Port Data 4x1G Uplink LAN Base
ISR4221/K9 35Mbps-75Mbps system throughput, 2 WAN/LAN ports, 1 SFP port, multi-Core CPU,2 NIM
WS-C2960L-48PS-LL Catalyst 2960L 48 port GigE with PoE, 4 x 1G SFP, LAN Lite (Asia Pacific Part Number: WS-C2960L-48PS-AP)
WS-C2960L-24PS-LL Catalyst 2960L 24 port GigE dengan PoE, 4 x 1G SFP, LAN Lite (Asia Pacific Part Number: WS-C2960L-24PS-AP)
  1. Cisco Enterprise untuk ruang konferensi atau ruang rapat
Model Deskrpisi
CP-7832-K9 Cisco 7832 IP Conference Station
AIR-AP1832I-H-K9 Cisco AIR-AP1832I-H-K9, 802.11a/g/n/ac Wave 2, Controller based, 3 x 3 MU-MIMO, 1.733Gbps thoughput, Dual-band

Memilih Solusi Jaringan Cisco Enterprise

Jaringan perusahaan sekarang ini terus berkembang, memilih solusi jaringan Cisco enterprise tentunya ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan.

Perusahaan yang semakin berkembang membutuhkan network enterprise yang terkontrol dengan baik, salah satunya adalah dengan menggunakan Cisco Enterprise.

Memberikan Landasan Bagi Perusahaan Digital Modern

Semakin banyak jaringan diharapkan dapat meningkatkan keamanan, meningkatkan pengalaman pengguna, dan mendukung banyak perangkat yang melakukan tugas bisnis penting. Jaringan perusahaan yang dirancang dengan baik mendukung berbagai pengguna, perangkat, hal-hal cerdas, dan aplikasi untuk memberikan layanan terjamin yang konsisten.

Menggunakan Pengontrol Jaringan

Sebagai pusat komando dan kontrol jaringan perusahaan modern, pengontrol mengatur semua fungsi jaringan. Mereka melakukan tugas-tugas seperti menerjemahkan tujuan bisnis ke dalam kebijakan, mengotomatisasi operasi perangkat jaringan, pemantauan kinerja, dan pemecahan masalah.

Memperluas Cakupan

Karena jumlah transaksi jaringan yang berasal atau berakhir di luar batas perusahaan tradisional meningkat. Karena tren seperti ekspansi ke beberapa cloud publik, mobilitas, dan bekerja dari rumah, jaringan perlu memperluas visibilitas, kontrol, dan keamanan ke mana pun pengguna, benda, dan aplikasi berada.

Mengintegrasikan Seluruh Perusahaan

Perusahaan sekarang mengadopsi strategi jaringan terbuka holistik yang terintegrasi di seluruh domain jaringan konstituen dan dengan aplikasi dan sistem TI. Integrasi tersebut memungkinkan kinerja yang konsisten, operasi yang disederhanakan, kepatuhan yang lebih baik, dan penegakan keamanan di seluruh organisasi.

Dimana Beli Cisco Enterprise

Mungkin Anda masih bingung, bagaimana bisa jaringan saja bisa sangat mempengaruhi performa dari sebuah perusahaan. Itulah yang akan dibawa Cisco untuk bisa membuktikan bahwa Cisco enterprise adalah solusi yang sangat tepat untuk membentuk jaringan pada perusahaan Anda menjadi lebih stabil dan pekerjaan bisa terus berjalan tanpa adanya kendala yang berarti.

Apakah Anda masih berpikir dimana pihak yang dapat mengaplikasikan Cisco enterprise di Indonesia, Anda bisa mempercayakannya kepada NetData.

NetData adalah salah satu partner Cisco resmi di Indonesia. Dengan teknisi yang sudah terlatih dan berpengalaman, Anda dijamin bisa mendapatkan solusi jaringan Cisco enterprise yang dapat membantu perusahaan Anda untuk berkembang lebih maju.

Kesimpulan

“Enterprise network” menunjukkan infrastruktur IT yang digunakan oleh organisasi menengah dan besar untuk menyediakan konektivitas di antara pengguna, perangkat, dan aplikasi. 

Tujuannya adalah untuk mendukung tujuan organisasi dengan secara konsisten memberikan layanan digital yang terhubung secara andal dan aman kepada pekerja, mitra, pelanggan, dan, semakin, juga berbagai hal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup