Lisensi Office Kamu Habis? Jangan Buru-Buru Crack Ya!

Lisensi Office Kamu Habis Jangan Buru-Buru Crack Ya

Lisensi Office – Apakah kamu pernah mengalami ketika sedang ingin mengetik artikel atau sesuatu di Microsoft Office tiba-tiba tidak bisa mengetiknya dikarenakan ada peringatan jika lisensi Microsoft Office kamu habis? Tentunya ada kan momen seperti itu? itu pertanda jika lisensi Microsoft Office kamu telah habis. Namun, apakah kamu berpikiran untuk melakukan cracking? Tentu saja itu adalah hal yang harus kamu hindari!

Ada baiknya, jika lisensi Microsoft Office mu telah habis, solusinya adalah dengan cara membelinya secara resmi, bukan dengan melakukan crack yang tentu saja itu adalah tindakan illegal! Karena dengan kamu melakukan cracking sebuah software, kamu telah melanggar kebijakan yang ada pada software tersebut. Bisa-bisa kamu malah terkena kasus yang melanggar hukum sehingga terkena denda atau yang lebih parahnya adalah hukuman pidana!

Maka dari itu, lebih baik kamu membeli lisensi Microsoft Office saja ketika lisensimu telah habis.

Namun, apa itu lisensi? Apa kegunaannya? Dan apa saja yang perlu diketahui untuk membeli lisensi Microsoft Office? Mari kita bahas!

Apa Itu Lisensi? Dan Apa Kegunaan Lisensi Office?

sebelum kamu membeli lisensi Microsoft Office, ada baiknya kamu mengerti terlebih dahulu pengertian secara umum untuk lisensi.

Pengertian Lisensi

Jika dijabarkan secara umum, lisensi berarti izin untuk melakukan sesuatu, terutama izin formal dari pemerintah atau otoritas lain. Kata tersebut sering mengacu pada bukti izin itu, seperti kartu atau sertifikat.

Singkatnya, ini adalah tanda dimana kamu sah untuk melakukan hal yang harus terlebih dahulu diketahui apakah kamu berkompeten untuk mendapatkannya atau tidak.

Pengertian Lisensi Office

Lisensi software menjelaskan hak hukum yang berkaitan dengan penggunaan materi digital yang sah. Kegagalan untuk mematuhi persyaratan perjanjian lisensi perangkat lunak sering menimbulkan tuntutan pidana terkait dengan intellectual property (IP) berlisensi dan materi berhak cipta.

Lisensi Office adalah bentuk untuk menggunakan berbagai macam software dari Microsoft Office seperti Word, Power Point, Excel, dan masih banyak lagi secara legal dan juga perangkat yang menggunakannya bisa terlindungi secara optimal langsung dari pihak Microsoft.

Apa Saja Kegunaan Lisensi Office 

Ada beberapa kegunaan dari Lisensi dari Office, dan yang paling penting adalah gunanya untuk kamu bisa menggunakan berbagai macam aplikasi dari Microsoft Office secara menyeluruh dan juga mendapatkan berbagai keuntungan yang sangat banyak jika kamu membeli lisensi Microsoft Office secara legal bukan crack.

Tentunya ini adalah hal yang wajib baik untuk kegunaan komputer pribadi maupun untuk kebutuhan instansi atau perusahaan. Ada banyak sekali bundling yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan atau kebutuhan.

Macam Macam Jenis Pembajakan Lisensi Office

Mari kita bahas tentang berbagai macam pembajakan lisensi Office. Siapa tahu kamu pernah berniat untuk melakukannya atau mungkin kamu sudah melakukannya namun masih belum tahu jika itu adalah pembajakan.

Counterfeiting

Counterfeiting atau pemalsuan adalah pencurian untuk kekayaan barang hak orang lain. Pemalsuan adalah kejahatan federal dan negara bagian, yang melibatkan pembuatan atau distribusi barang atas nama orang lain, dan tanpa izin mereka. Barang palsu umumnya dibuat dari komponen berkualitas rendah, sebagai upaya untuk menjual tiruan murah barang serupa yang diproduksi oleh merek yang dikenal dan dipercaya konsumen.

Mungkin untuk hal ini adalah kamu membeli CD untul lisensi Microsoft Office yang tidak kamu ketahui CD tersebut adalah CD aktivasi illegal.

Internet Piracy

Internet Piracy atau pembajakan internet adalah penggunaan internet untuk menyalin konten secara ilegal, melanggar hak cipta pemilik konten.

Pembajakan internet memiliki banyak bentuk, dan mencakup berbagai macam konten yang dilindungi secara hukum. Ini termasuk musik, film, software, dan bahkan buku digital.

Ini adalah yang sering kamu temui untuk mendonwload Microsoft Office beserta software untuk melakukan crackingnya.

Mischanneling

Tipe pembajakan software yang tergolong pada Mischanneling yakni pembajakan software yang umumnya dilakukan oleh suatu institusi yang memasarkannya produknya ke insitusi lain dengan harga yang relatif lebih murah, dengan harapan insitusi mendapatkan profit lebih (revanue) dari hasil penjualan software tersebut.

Hard Disk Loading

Hard disk loading adalah pembajakan software komersial. Pihak ketiga membeli salinan perangkat lunak yang sah, tetapi kemudian memperbanyak, menyalin, atau menginstal perangkat lunak tersebut ke dalam hard disk komputer. Kemudian, komputer dijual dengan hard disk yang berisi perangkat lunak pra-instal. Metode pembajakan ini dikenal sebagai hard disk loader.

End User Copying

Ini terjadi ketika seseorang mereproduksi salinan perangkat lunak tanpa izin. Ini termasuk:

  • Menggunakan satu salinan berlisensi untuk menginstal program di banyak komputer
  • Menyalin disk untuk instalasi atau distribusi
  • Mengambil keuntungan dari penawaran peningkatan tanpa memiliki salinan resmi dari versi yang akan ditingkatkan
  • Memperoleh perangkat lunak akademik atau perangkat lunak lain yang dibatasi atau non-ritel tanpa lisensi yang sesuai
  • Menukar disk di dalam atau di luar tempat kerja

Daftar Lisensi Microsoft

Daripada Anda kamu melakukan crack lisensi Microsoft, ada baiknya kamu membelinya secara resmi. Ada banyak pilihan lisensi Microsoft Office yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, diantaranya adalah:

Lisensi Jenis FPP (Full Packaged Product)

Lisensi menempel pada pembeli atau pemilik adalah diri kita sendiri.

  • COA (Certificate of Authenticity) berada di box, dan pembuktian licensenya lewat box hal yang demikian (BOX JANGAN SAMPAI HILANG).
  • Produk Key dan aktivasi per masing-masing komputer.
  • Lisensi 1 banding 1.
  • Transferable (seandainya komputer lama rusak, lisensi Microsoft bisa dipindahkan ke komputer yang baru).

Lisensi Jenis OLP (Open License Program)

Lisensi menempel atas nama Perusahaan/Organisasi yang bersangkutan dan dapat ditransfer antar PC dalam Perusahaan/Organisasi yang sama. Lisensi ini umum dipakai untuk perusahaan yang berskala menengah dengan jumlah komputer kurang dari 250 unit PC.

  • Pembelian minimal 5 lisensi
  • Satu buah Volume License Key untuk segala PC dalam Perusahaan / Organisasi yang sama
  • Pelanggan boleh menggunakan versi yang lebih rendah dari versi yang dimiliki (down grade rights)
  • Bersifat Upgrade untuk Desktop Operating Client. (Windows Vista, XP, 2000 Pro)
  • Progres mungkin memakan waktu (sekitar 1-2 pekan)

Ada beberapa data yang harus diisi untuk mengurus lisensi jenis OLP ini. antara lain:

  1. Nama Perusahaan / Organisasi
  2. Alamat Perusahaan / Organisasi (lengkap dengan kode pos)
  3. No. Tlp dan No Fax
  4. Alamat email
  5. Nama Contact Person di Perusahaan / Organisasi tersebut

Lisensi Jenis OEM (Original Equipment Manufacturer)

Lisensi merekat pada hardware dan tidak dapat ditransfer ke PC lain, sehingga sekiranya hardware itu rusak, maka lisensi itu akan hangus. Jenis hardware disini yakni Procesor & Motherboard atau salah satunya.

  • Disaat kita melakukan aktivasi ada 10 variasi hardware yang akan diditeksi antara lain: Display Adapter, SCSI Adapter, IDE Adapter, Network Adapter MAC Address, kisaran ukuran RAM (0-64mb, 64-128mb, dan sebagainya), Processor Type, Processor Serial Number, Hard Drive, Hard Drive Volume Serial Number, CD-ROM/CD-RW/DVD-ROM.
  • Product Key dan aktivasi per masing-masing komputer
  • COA (Certificate of Authencity = Bukti kepemilikan lisensi) harus menempel di CPU.
  • 1 lisensi berlaku untuk satu hardware.

2 Cara Melihat Lisensi Office

Jika kamu sudah membeli lisensi Office, apakah kamu tahu bagaimana caranya untuk mengehtahui lisensi tersebut? atau mungkin kamu sudah menggunakannya tapi kamu tidak tahu apakah Microsoft Office kamu benar-benar asli atau tidak. Mari kit acari tahu bagaimana cara melihat lisensi Office.

Ada 2 cara yang sekiranya sangat mudah. Mari kita bahas.

Menggunakan Product Key

Cara pertama untuk melihat lisensi Office adalah dengan menggunakan Product Key. Bagaimana kah caranya?

  1. Kamu harus Donwload terlebih dahulu apps nya, bisa kunjungi halaman berikut: https://www.nirsoft.net/utils/product_cd_key_viewer.html
    Scroll sampai paling bawah dan klik Download ProduKey seperti pada gambar dibawah ini.1
  2. Karena filenya berupa .zip ekstrak terlebih dahulu, dan buka file dengan tipe .exe2
  3. Lihatlah pada bagian Product Name Microsoft Office. Dan pada kolom Product key tersebut merupakan beberapa kode unik dari product key Microsoft Office Anda.3

Menggunakan Belarc Advisor

Cara kedua adalah dengan menggunakan Belarc Advisor.

  1. Download terlebih dahulu Belac Advisor pada halaman berikut ini: https://www.belarc.com/products_belarc_advisor
  2. Langsung download saja dengan klik yang ada pada tombol merah.4

     

  3. Isikan terlebih dahulu data diri Anda, nantinya akan ada email untuk download Belac Advisor.5

     

  4. Install saja jika sudah selesai di download6

     

    Tunggu sampai proses instalasi selesai.

  5. Kemudian muncul Belarc License Agreement, baca perjanjian lisensi dengan seksama. Salah satu hal penting dalam perjanjian lisensi adalah Anda dapat menginstal dan menggunakan program Belarc Advisor hanya untuk penggunaan pribadi. Klik tombol ‘I Agree’ jika Anda setuju dengan License Agreement yang disertakan dengan program Belarc Advisor dan melanjutkan proses instalasi.7

     

    Belarc Advisor kemudian mulai menganalisis sistem komputer Anda dan kemudian membuat profil komputer Anda.

  6. Kemudian browser web akan muncul dan menunjukkan ringkasan profil komputer Anda saat ini. Gambar di bawah ini menunjukkan contoh Belarc Advisor Current Profile yang ditampilkan di jendela Microsoft Internet Explorer.8
    Mudah bukan?

Butuh Lisensi Office ? Temukan Disini

Lisensi Office kamu sudah habis? Sekarang kamu tidak perlu lagi bingung dimana tempat yang tepat untuk membeli lisensi Office dengan cara yang legal dan pastinya terjamin aman. Adalah dengan Anda mempercayakannya kepada NETDATA!

NETDATA memberikan Anda penawaran lisensi Microsoft dengan lengkap yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan! Pastinya dengan harga yang sangat terjangkau!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup