Lisensi Cisco : Pengertian dan Cara Kerja

Lisensi Cisco

Setiap produk perangkat jaringan apapun brandnya pasti memiliki yang namanya lisensi cisco. Untuk menggunakan sebuah perangkat jaringan yang akan dipasang ke sistem jaringan, pastikan Anda sudah menggunakan lisensi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Lisensi ini adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa perangkat jaringan Anda dapat bekerja dengan optimal dan menyediakan berbagai fitur yang Anda butuhkan.

Dalam hal produk Cisco seperti router dan switch, banyaknya lisensi yang tersedia untuk diunduh di website Cisco mungkin dapat membingungkan para penggunanya.

Bagaimana cara kerja dari lisensi ini? Dan yang lebih penting lagi lisensi mana yang Anda butuhkan untuk dipasang kedalam perangkat Cisco Anda?

Dibawah ini kita akan membahas apa itu lisensi Cisco, untuk apa dipakai, dan dimana kita bisa membelinya.

Apa Itu Lisensi Cisco?

Dinamakan dengan Cisco IOS license atau Internetwork Operating System, adalah perangkat lunak yang akan Anda temukan digunakan di sebagian besar produk switch dan router Cisco. 

Sebelumnya Cisco menggunakan sistem CatOS, namun saat ini IOS sudah banyak digunakan pada perangkat Cisco yang terbaru.

Cisco IOS memiliki arsitektur monolitik dimana sumber daya dari perangkat router dan switch masih sangat terbatas pada tahun 1980 an. Hal ini berarti semua proses memiliki akses langsung ke perangkat keras untuk menghemat waktu pemrosesan pada CPU.

Hingga tidak ada perlindungan memori antara proses dan IOS yang memiliki penjadwal run to finish, yang berarti kernel tidak mendahului proses yang sedang berjalan.

IOS menganggap setiap proses sebagai satu kesatuan yang mana menetapkannya sebagai nilai prioritas. Sehingga proses berprioritas tinggi akan dijalankan CPU sebelum antri di proses berprioritas rendah, namun proses prioritas tinggi tidak dapat mengganggu menjalankan proses prioritas rendah.

Kernel monolitik Cisco IOS tidak menerapkan perlindungan memori pada data dari proses yang berbeda.

Pada semua memori fisik dipetakan ke dalam satu ruang alamat virtual. Kernel Cisco IOS tidak melakukan paging dan swapping memori.

Maka dari itu memori yang dapat dialamatkan terbatas pada memori fisik perangkat jaringan tepatnya pada sistem operasi tersebut diinstal.

Tetapi IOS mendukung aliasing konten memori virtual yang digandakan ke memori fisik yang sama. Arsitektur IOS ini diimplementasikan Cisco untuk meningkatkan kinerja sistem dan meminimalisir biaya operasional sistem operasi.

Keterbatasan dari IOS adalah meningkatkan kompleksitas sistem operasi, mungkinnya terjadi data yang rusak karena satu proses dapat menimpa data yang lain, dan satu proses dapat membuat sistem tidak stabil atau malah menyebabkan kerusakan fatal pada perangkat lunak.

Apabila terjadi gangguan pada IOS, sistem operasi secara otomatis melakukan boot ulang dan memuat ulang konfigurasi yang disimpan sebelumnya.

Untuk Apa Lisensi Cisco Itu?

Pada semua versi Cisco IOS, routing dan packet forwarding atau switching memiliki fungsi yang berbeda. 

Routing dan protokol lain yang dijalankan sebagai proses Cisco IOS dan berkontribusi pada basis informasi routing atau (RIB).

Penjelasan singkatnya lisensi Cisco ini digunakan untuk mengoptimalkan sistem operasi kinerja sebuah perangkat router atau switch dan membuka berbagai fitur yang Anda butuhkan.

Setiap lisensi Cisco memiliki harga dan juga fitur yang berbeda tergantung dari tipe perangkat dan juga tipe dari yang Anda beli.

Tipe lisensi yang banyak dikenal Cisco adalah :

Lisensi Permanen

Lisensi permanen ini bersifat selama nya, dengan kata lain tidak ada periode penggunaan selama Anda menggunakan perangkat Cisco tersebut.

Pada saat lisensi permanen ini dipasang maka semua izin pemakaian fitur akan terbuka sesuai fitur yang tersedia. Kemudian Anda tinggal melakukan pembaharuan dengan seri lisensi yang terbaru.

Lisensi Sementara

Lisensi sementara dibatasi untuk jangka waktu penggunaan tertentu (misalnya, 60 hari). Anda harus menerima perjanjian penggunaan lisensi sebelum lisensi sementara dapat diaktifkan.

Ada tiga jenis lisensi sementara yang disediakan Cisco yakni :

  1. Built-in Licenses for Emergencies
  2. Evaluation Licenses
  3. Extension Licenses

Bagaimana Cara Menggunakannya

Lalu bagaimana cara menggunakan lisensi Cisco setelah membelinya?. 

Sebelum kesitu perlu Anda ketahui bahwa setiap perangkat Cisco baik router maupun switch biasanya sebelum membeli Anda diberikan pilihan untuk lisensi apa yang Anda butuhkan kemudian dilakukan pemasangan secara otomatis ke perangkat yang Anda beli. 

Sehingga tidak ada upaya penggunanya dalam memasang lisensi tersebut secara mandiri ke perangkat Cisco.

Namun jika Anda membeli IOS secara terpisah atau untuk melakukan upgrade lisensi maka Anda melakukan pemasangan lisensi IOS sendiri.

Pemasangan lisensi IOS ini cukup mudah, Anda perlu mengunduh terlebih dahulu IOS image nya di website Cisco.

Jika sudah maka Anda tinggal menyalinnya ke perangkat router atau switch, setelah itu lakukan restart untuk melakukan penginstalan lisensi IOS tersebut.

Biasanya setelah proses instal sudah selesai maka akan tersedia pembaruan sistem dengan rilis yang terbaru.

Tempat Beli Lisensi Cisco

Muncul pertanyaan dimana tempat membeli lisensi Cisco?. Dalam membeli sebuah lisensi produk pasti tempat yang paling aman adalah membelinya di website resminya dalam hal ini di website Cisco.

Namun jika Anda di Indonesia tentu membeli lisensi ini cukup membingungkan apalagi jika Anda hanya ingin membeli satuan saja.

Tidak perlu bingung karena Anda bisa membeli di NETDATA. Ya NETDATA sebagai perusahaan IT yang menyediakan lengkap dengan dukungan pemasangan ke perangkat Cisco Anda jika dibutuhkan.

Selain lisensi Cisco, NETDATA juga menyediakan perangkat router Cisco dan switch Cisco sekaligus dengan lisensinya baik lisensi permanen maupun lisensi sementara.

Ada beberapa catatan dalam pembelian IOS ini, misalnya dalam kasus satu lisensi satu perangkat, dimana perangkat tersebut mengalami kerusakan maka lisensi dapat dipindah ke perangkat lainnya tanpa membeli lisensi lagi.

Namun khusus untuk perangkat RMA jika memenuhi syarat Anda bisa memindahkan lisensi ke perangkat keras baru hanya sekali saja.

Dan juga ada beberapa lisensi yang dijual secara terpisah seperti lisensi untuk fitur IPS atau (Intrusion Prevention System) untuk firewall, Anda memerlukan lisensi atau hak perangkat lunak.

Lisensi ini mengarah ke situasi dimana satu perangkat memiliki dua lisensi dukungan yang terkait. Yakni satu untuk gangguan pada perangkat dan sistem operasi yang digunakan kemudian yang satu lagi untuk dukungan dan pembaruan perangkat lunak khusus untuk fitur IPS.

Cara Memperpanjang Lisensi Cisco

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa lisensi ada yang permanen dan juga ada lisensi yang sementara atau temporer.

Untuk lisensi temporary biasanya memiliki masa aktif yang sudah ditentukan misalnya saja 60 hari sejak lisensi ini digunakan.

Setelah 60 hari maka lisensi akan kadaluarsa dan harus diperpanjang kembali atau memilih membeli lisensi permanen.

Untuk dukungan pembaharuan lisensi sementara ini bisa Anda lakukan di NETDATA yang siap membantu. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi akan penggunaan fitur pada router dan switch Cisco Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup