Apa Itu Cisco Eap – Fast Module

CISCO EAP MODULE

Banyak kasus para pengguna yang mendownload aplikasi Cisco di unduh ke PC tanpa disadari menginstal beberapa modul seperti modul Cisco EAP – FAST, module Cisco PEAP, dan modul Cisco LEAP.

Dalam kasus ini program Cisco EAP-FAST tersebut kemungkinan akan dianggap berbahaya oleh anti virus atau Windows Firewall bawaan OS Windows Anda, sehingga banyak orang yang ingin menghapusnya modul Cisco.

Oleh karena itu artikel ini khusus untuk membahas modul Cisco EAP-FAST mulai dari apa itu modul EAP-FAST, penggunaannya, dan masalah keamanannya.

Apa itu Cisco EAP – FAST Module?

Apa itu Cisco EAP-FAST? “EAP-Fast” adalah singkatan dari “Extensible Authentication Protocol-Flexible Authentication via Secure Tunneling”. 

Dimana fungsi modul Cisco EAP-FAST ini untuk jaringan nirkabel, adalah tipe IEEE 802.1X EAP yang dapat diakses publik yang dikembangkan oleh Cisco Systems. Dan EAP-FAST melindungi sistem dari berbagai serangan jaringan.

Pada umumnya modul Cisco EAP-FAST akan masuk ke perangkat Anda karena dua alasan. Salah satunya sebelumnya Anda sudah pernah menggunakan produk Cisco, sehingga modul Cisco EAP-FAST akan terinstal secara otomatis.

dan alasan yang kedua adalah perangkat Anda telah terhubung ke jaringan domain yang kata sandinya tidak begitu kuat sehingga tidak dapat mencegah peretas atau program pihak ketiga yang tidak memiliki persyaratan kebijakan privasi.

Untuk memastikan keamanan PC Anda, modul Cisco EAP-Fast juga akan diperoleh.

Catatan: Apa itu modul Cisco PEAP dan modul Cisco LEAP?

Modul Cisco PEAP dan modul Cisco LEAP ini juga hampir mirip dengan modul Cisco EAP-FAST.

Modul Cisco PEAP, “PEAP” adalah singkatan dari “Protected Extensible Authentication Protocol”, yang merupakan usaha patungan antara Microsoft, Cisco, dan RSA untuk membuat proyek tunneling TLS yang aman dengan sertifikat PKI sebagai autentikasi.

Sedangkan modul Cisco LEAP, “LEAP” berarti “Lightweight Extensible Authentication Protocol”, yang memberdayakan perputaran kunci WEP untuk enkripsi nirkabel.

Apakah harus menghapus Cisco EAP – FAST Module?

Hal ini bisa tergantung dari setiap kasus Anda, apabila Anda menggunakan produk Cisco, maka modul Cisco EAP-FAST ini mungkin Anda perlukan. Atau juga Anda terhubung ke jaringan domain, modul ini juga diperlukan untuk mendapatkan modul EAP-Fast untuk Windows 10, 8, 7.

Namun jika Anda belum pernah menggunakan produk Cisco ini sebelumnya atau tidak perlu menggunakan modul Cisco EAP-FASt untuk menjamin keamanan jaringan domain, tetapi program Cisco ini muncul di sistem, Anda dapat menghapusnya.

Atau untuk beberapa pengguna modul ini dapat menyebabkan terjadinya error pada sistem operasi Windows sehingga dapat dihapus.

Cara menghapus Cisco EAP-FAST Module?

Jika Anda melihat bahwa modul EAP-fast ini tidak ada fungsinya untuk sistem karena tidak ada produk Cisco yang berjalan dan juga PC tidak terhubung ke jaringan domain maka Anda perlu mempelajari cara menghapus modul Cisco EAP-FAST ini.

Cara menghapusnya Anda juga dapat membuka Panel Kontrol dan melakukan hal berikut :

  1. Buka Control Panel.
  2. Pilih Program > Hapus instalan program.
  3. Pada jendela berikutnya Anda cari dan klik kanan program “Cisco EAP-FAST Module” kemudian Uninstall.
  4. Jika muncul notifikasi “Apakah Anda ingin Tidak Dikenal untuk membuat perubahan pada hard drive Anda”, cukup konfirmasi dengan mengklik “Ya” untuk menyelesaikan penghapusan instalasi.

Dengan demikian, Modul EAP-FAST akan dihapus. Sedangkan untuk program Cisco lain seperti modul Cisco PEAP dan modul Cisco LEAP yang juga menyebabkan masalah pada Windows 10, 8, 7, atau Anda tidak membutuhkannya, Anda dapat mencoba menghapusnya sepenuhnya menggunakan langkah-langkah di atas.

Bonus Tip

Untuk memastikan apakah modul Cisco EAP-Fast atau modul Cisco PEAP atau modul Cisco LEAP aman di Windows 10, 8,7. Anda diharapkan memulai pemindaian penuh untuk semua file, register, program, dan sebagainya. 

Untuk melakukan pemindaian secara penuh Anda perlu menginstal program yang bernama System Care. Aplikasi dapat secara otomatis memindai dan memperbaiki masalah pada Windows 7, 8, 10, termasuk dapat digunakan untuk memeriksa kondisi program Cisco.

  1. Unduh, instal, dan jalankan Advanced SystemCare di sistem Anda.
  2. Di bawah Clean & Optimize, centang semua kotak, lalu tekan SCAN.
  3. Setelah proses pemindaian selesai, klik Perbarui untuk memperbaiki modul Cisco EAP-Fast atau modul Cisco PEAP atau modul Cisco LEAP. 
  4. Jika sudah Anda bisa memeriksa apakah Cisco masih menyebabkan masalah.

Sebagai kesimpulan, Anda dapat mempelajari modul Cisco seperti modul Cisco EAP-Fast serta apakah atau bagaimana cara menghapusnya dari Windows 7, 8, 10. Jika masih ada yang merasa kebingungan Anda bisa bertanya kepada kami.

Apakah anda tertarik dengan cisco EAP – Fast Module ? Anda bisa hubungi kami untuk pertanyaan lebih lanjut, karena PT. NETWORK DATA SISTEM merupakan partner dari Cisco.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup