Kupas Tuntas Produk HPE ProLiant DL380 Gen10

HPE ProLiant DL380 Gen10

HPE ProLiant DL380 Gen10 – Di pertengahan tahun 2017 HPE ProLiant seri ini menjadi salah satu produk server yang paling populer di dunia.

Mari Membahas Server

HPE ProLiant DL380 Gen10 merupakan salah satu server terbaik yang ada sekarang ini. Menggunakan server ini untuk jaringan komputer yang Anda miliki tentunya adalah sebuah benefit dan juga investasi yang sangat menguntungkan bagi jaringan komputer Anda. membahas tentang server memang tidak akan ada habisnya.

Karena pada dasarnya, server akan semakin hari akan semakin berkembang dengan berbagai fiturnya. 

Yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah apa itu server? Apa fungsi server? Bagaimana cara kerjanya? Dan apa saja jenis server yang perlu Anda ketahui? Mari kita bahas!

Apa itu Server?

Server bisa dibedakan menjadi dua yaitu server dengan bentuk hardware dan juga server dengan bentuk software.

  • Server (hardware): Server berbasis perangkat keras adalah perangkat fisik yang terhubung ke jaringan komputer di mana satu atau lebih server berbasis perangkat lunak berjalan bersama sistem operasi. Istilah alternatif untuk server berbasis perangkat keras adalah host. Pada prinsipnya, setiap komputer dapat digunakan sebagai host dengan perangkat lunak server.
  • Server (software): Server berbasis perangkat lunak adalah program yang menawarkan layanan khusus untuk digunakan oleh program lain (dikenal sebagai client) secara lokal atau melalui jaringan. Layanan yang ditawarkan tergantung pada jenis software server. Model client-server adalah dasar dari komunikasi. Dalam hal pertukaran data, protokol komunikasi khusus layanan digunakan.

Fungsi Server

HPE ProLiant DL380 Gen10 adalah salah satu hardweare server dari HPE dengan berbagai kegunaan atau fungsi, antara lain adalah:

Penyimpanan Data Digital

Server bisa dijadikan sebuah penyimpanan atau storage. Storage yaitu media penyimpanan data server dalam kapasitas besar. Storage (server) ini umum diterapkan oleh berbagai perusahaan besar yang mempunyai database pelanggan, penjualan, produk dan data lainnya dalam jumlah yang sangat besar.

Storage server juga bisa menjadi media untuk melaksanakan fungsi server lain, seperti Database, Elektronik Server, Server, FTP Server, Application Server atau Multimedia Server yang membutuhkan kapasitas penyimpanan bersama dan terfokus (shared & centralized data storage). 

Sebagai Layanan Komputer Klien

Memahami ini tentunya sangat mudah, tapi kita bahas komputer klient terlebih dahulu. Komputer klien dalam jaringan yang mengaplikasikan sumber tenaga yang disediakan oleh server. Lebih jelasnya Client ialah Pemakai layanan. Pada prinsipnya Client dan server ialah suatu system yang ialah aplikasi jaringan komputer yang saling terhubung.

Atau definisi client ialah sebuah komputer yang diaplikasikan untuk mengakses layanan yang sudah disediakan oleh komputer server. Kecuali disebut sebagai komputer client, juga banyak yang menyebutnya dengan istilah Workstation. Dalam sebuah jaringan komputer, jumlah komputer client umumnya lebih dari satu komputer dan umumnya disesuaikan dengan jumlah pengguna yang terdapat dalam sebuah perusahaan atau instansi.

Server memiliki kendali penuh untuk semua komputer klien.

Mengatur Traffic Data

Server bisa berfungsi sebagai pengatur traffic data. Anda bisa membayangkan bagaimana sibuknya server ketika banyak client mengajukan request. Tidak heran jika perangkat server umumnya mempunyai kapasitas hard disk dan RAM yang tinggi.

Bentuk Perlindungan Dari Serangan Hacking

Mengamankan komputer dari serangan hacker adalah salah satu fungsi dari server yang sekarang ini bisa Anda ketahui. Tiap ada permintaan dari client, server akan mengecek domisili IP dan kabar lainnya. Jadi, jika ditemukan hal-hal mencurigakan, server akan mencegah jalan masuk domisili IP tersebut, sehingga data pada komputer atau web dapat konsisten aman.

Jenis Server

Server memiliki berbagai macam jenis yang berbeda-beda. Untuk setiap jenis, terdapat berbagai fungsi yang berbeda dan penggunaan yang berbeda juga.

Apa saja jenis dari server untuk sekarang ini yang sudah ada?

Web Server 

Tugas utama server web adalah menyimpan, memproses, dan mengirimkan situs web ke klien, seperti peramban web dan perayap mesin telusur. Komunikasi antara server (perangkat lunak) dan klien dilakukan melalui Hypertext Transfer Protocol (HTTP) atau versi terenkripsinya, HTTPS.

Application Server

Server jenis application atau aplikasi ini adalah salah satu jenis server yang memiliki tugas untuk menginstal, mengoperasikan, dan menghosting layanan dan aplikasi terkait untuk layanan TI, pengguna akhir, dan organisasi.

Communications Server

Jenis server ini merupakan platform sistem komputasi yang digunakan untuk berbagai aplikasi komunikasi jaringan dan memungkinkan vendor untuk menambahkan beberapa nilai pada berbagai tingkat arsitektur.

Proxy Server

Jenis server yang meryupakan interface server untuk komunikasi dalam jaringan komputer. Bertindak sebagai perantara, proxy server menerima permintaan dari jaringan dan meneruskannya melalui alamat IP-nya sendiri.

Name Server

Server jenis ini memang jarang yang tahu. Sebenarnya, server ini memiliki tugas menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP, menghubungkan informasi yang mudah dipahami manusia dengan informasi yang mudah dipahami komputer. Anda dapat memikirkan prosesnya seperti peta.

Mail Server

Server jenis ini terdiri dari beberapa modul perangkat lunak yang bekerja sama untuk memungkinkan email dikirim, diterima, diteruskan, dan diambil.

Virtual Server

Apakah Anda pernah dengan virtual server? menciptakan kembali fungsionalitas server fisik khusus. Itu ada secara transparan bagi pengguna sebagai ruang yang dipartisi di dalam server fisik. Virtualisasi server memudahkan untuk mengalokasikan kembali sumber daya dan beradaptasi dengan beban kerja dinamis.

Blade Server

Mungkin server ini juga masih jarang Anda mendegarkannya. Kadang-kadang disebut sebagai server kepadatan tinggi, adalah perangkat kompak yang berisi komputer yang digunakan untuk mengelola dan mendistribusikan data dalam kumpulan komputer dan sistem, yang disebut jaringan. Perannya adalah untuk bertindak sebagai saluran antara komputer, program, aplikasi dan sistem.

File Server

Server file merawat penyimpanan pusat data yang dapat diakses untuk sejumlah klien yang berbeda melalui jaringan. Perusahaan mengandalkan manajemen file ini untuk menyediakan akses beberapa kelompok kerja ke file yang sama.

API Server

Server jenis ini merupakan aplikasi Web ringan yang memungkinkan pengguna membuat dan mengekspos API data dari data, tanpa perlu pengembangan khusus.

Policy Server

Seperti namanya, server jenis ini merupakan komponen keamanan jaringan berbasis kebijakan yang menyediakan layanan otorisasi dan memfasilitasi pelacakan dan kontrol file.

Database Server

Database server adalah program komputer yang memberikan akses program lain ke satu atau beberapa sistem database melalui jaringan.

Game Server

Ini merupakan jenis server berbentuk software yang khusus untuk game multiplayer berbasis online. Mereka mengelola data dari game online dan memungkinkan interaksi tersinkronisasi dengan dunia virtual. Perangkat keras untuk server game dapat berasal dari pusat data penyedia khusus atau secara lokal melalui jaringan rumah.

Print Server

Jenis print server merupakan sebuah software, perangkat jaringan, atau komputer yang mengelola permintaan cetak dan membuat informasi status antrean printer tersedia bagi pengguna akhir dan administrator jaringan. Server cetak digunakan di jaringan perusahaan besar dan kecil atau kantor rumah (SOHO).

System Services

System service adalah jenis server yang merupakan konfigurasi teknologi dan jaringan organisasi yang dirancang untuk memberikan layanan yang memuaskan kebutuhan, keinginan, atau aspirasi pelanggan.

Cara Kerja Server

Server bekerja secara kompleks, namun bukan berarti cara kerja dari server tidak bisa dipahami atau sulit dipahami.

Bagaimana cara kerja server?

Memperoleh Alamat IP Dari Nama Domain

Sistem Nama Domain, atau DNS, menerjemahkan nama domain yang Anda ketahui menjadi alamat protokol internet numerik (IP).

Browser Meminta URL Lengkap

Setelah mesin Anda dan server Web terhubung, browser Anda mengirimkan permintaan ke server yang meminta file tertentu. Ini adalah halaman tertentu dalam situs web yang Anda sertakan dalam URL yang Anda ketikkan di browser Anda.

Server Web Merespons Permintaan

Ketika browser Anda telah terhubung ke server di alamat IP yang benar, server mengirimkan semua teks HTML untuk halaman Web yang Anda minta ke browser Anda.

Browser Menampilkan Halaman Web

Setelah semua itu selesai secara runtut, browser akan mengubah data menjadi halaman Web yang muncul di layar Anda.

Setelah satu tahun rak server ini menjadi jajaran server generasi ke 10 yang ditawarkan dengan harga terjangkau dengan diskon hingga 20% dibandingan dengan rak server merk lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa Anda jadikan referensi HPE ProLiant DL380 Gen10:

HPE ProLiant DL380 Gen10

Produk HPE ProLiant DL380 Gen10 adalah rak server andalan dari HPE yang mana mengusung perubahan besar yakni dengan generasi 10 yang didampingi dengan menampilkan CPU intel Xeon Scalable.

Apa itu HPE ProLiant DL380 Gen10?

Seperti yang dikatakan sebelumnya HPE ProLiant seri ini merupakan salah satu rak server generasi 10 yang populer di dunia yang mana terus menjadi urutans teratas dalam penjualan rak server terbaik di dunia.

Bukan tanpa alasan, HPE ProLiant menyediakan dukungan untuk keluarga CPU intel XEON yang terkenal akan jumlah core yang banyak sehingga dapat mengangani banyak proses sekaligus tanpa menurunkan kinerja server.

Serta fitur penyimpanan yang didesain dengan modular teknologi terbaru. Pengontrol RAID Smart Array HPE juga telah ditingkatkan untuk menawarkan lebih banyak penyimpnan dan pilihan antarmuka.

Spesifikasi HPE ProLiant DL380 Gen10

  • Sasis: rak 2U
  • CPU: 2 x 12-core 2.3GHz Intel Xeon Gold 5118
  • Memori: 64GB ECC DDR4 2.400MHz (maks 3TB)
  • Tempat drive: 8 x hot-plug SFF (maks 30)
  • Penyimpanan: Tidak ada HDD yang disertakan sebagai standar
  • RAID: HPE Smart Array S100i dan P408i-a SAS3/2GB dengan FBWC/BBU
  • Dukungan susunan: RAID0, 1, 5, 6, 10, 50, 60, 1 ADM, 10 ADM
  • Ekspansi: 6 x slot PCI-e Gen3 (maks 8)
  • Jaringan: 4 x Gigabit tertanam
  • Lainnya: FlexibleLOM, USB internal 2 (2), slot kartu microSD
  • Daya: PSU colokan panas 2 x 800W
  • Manajemen: Standar HPE iLO5 dengan Gigabit
  • Garansi: Tiga tahun baru dari pabrikan atau tiga tahun dengan model Techbuyer yang diperbaharui

Mengapa Pilih HPE ProLiant DL380 Gen10?

Mengapa lebih memilih rak server HPE DL380 Gen10? Jawabannya adalah HPE ProLiant ini memiliki kelebihan antara lain 

Manajemen iLO 5 yang berkualitas, desain yang lebih cerdas, sangat dapat diperluas, opsi yang dapat disesuaikan secara luas, CPU Xeon yang dapat diskalakan, keamanan yang kuat.

Kesimpulannya HPE ProLiant ini dapat melaksanakan berbagai proses dengan beban kerja yang lebih beragam, server ini memberikan kinerja kelas dunia dengan keseimbangan antara perluasan dan skalabilitas.

Dirancang untuk keserbagunaan dan ketahanan tertinggi serta garansi yang sangat komprehensif sehingga meningkatkan pengalaman penggunaan.

Dengan suku cadang yang mudah ditemukan. CPU HPE ProLiant dapat dibagi menjadi beberapa kategori seperti Platinum, Emas, Perak dan Perunggu daripada sistem angka rumit yang harus kami gunakan dengan generasi sebelumnya.

Prosesor intel XEON yang dapat diskalakan, HPE mengurangi jumlah modul memori yang kompatibel dengan server. Jumlah modul yang digunakan dipangkas yang tadinya berjumlah 13 di generasi 9, menjadi 7 untuk generasi 10.

Tujuan pemangkasan modul memori adalah memudahkan staff IT untuk membangun server yang sesuai dengan lingkungan mereka. Anda juga dapat menaruh memori DIMM hingga 128 GB yang memberi Anda lebih banyak skalabilitas.

Tips Membeli Produk HPE ProLiant DL380 Gen10

HPE ProLiant DL380 Gen10 menawarkan segudang fitur dan kinerja yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

namun pengguna perlu unutuk mengupgrade firmware ke v3.1 untuk dapat mendukung perangkat server generasi 10 ini. 

Dengan begitu HPE ProLiant  dapat memperluas penggunaannya seeprti pilihan penyimpanan dan pengontrol iLO 5 yang terbaru serta peningkatan keamanan dan manajemen jarak jauh yang lebih baik ke banyak platform.

Perusahaan dan Usaha kecil menengah yang sedang mencari rak server yang kuat dan handal maka memilih HPE ProLiant merupakan hal yang sangat direkomendasikan.

Cek Keaslian HPE DL380 Gen10

Untuk mengecek apakah HPE DL380 Gen10 original atau tidak mungkin agak sulit jika dilihat secara fisik.

Namun Anda dapat membedakannya dengan dukungan HPE ProLiant yang mengusung port display dan 2xUSB 2.0, serta tambahan dukungan untuk drive depan 2x SFF atau 2 drive depan NVME (826687-B21, diperlukan riser) dan dukungan ODD (Tidak termasuk), dan hanya dapat ditemukan di Box1 dalam model 8 SFF atau 8+8 SFF.

Beli di Toko Terpercaya

Pastikan Anda membeli server HPE DL380 Gen10 di toko yang terpercaya ataupun di mitra HPE resmi di Indonesia yang menyediakan garansi resmi untuk kenyamanan Anda menggunakan produk HPE.

Garansi HPE ProLiant DL380 Gen10

Untuk garansi HPE menyediakan garansi resmi HPE ProLiant DL380 Gen10 selama 1 tahun penuh dan layanan dukungan teknis selama 24 jam 7 hari. Sehingga memudahkan Anda untuk tetap menggunakan produk HPE dengan lebih baik.

Dimana Membeli HPE ProLiant DL380 Gen10?

Setelah melihat review HPE ProLiant diatas mungkin Anda tertarik dengan produk server ini.

Produk HPE ProLiant ini tersedia di beberapa marketplace di Indonesia dengan banyak seller yang menjualnya. Namun untuk lebih amannya Anda membeli di mitra HPE resmi di Indonesia seperti NetData.

Harga HPE ProLiant DL380 Gen10

Berapa harga HPE ProLiant DL380 Gen10? Untuk harga selengkapnya Anda bisa melihat langsung di laman website NetData di bagian produk HPE server yang akan menyebutkan secara lengkap berapa harga produk ini jika dibeli satuan maupun secara borongan.

Jika Anda memerlukan produk HPE ProLiant dengan jumlah banyak maka Anda dapat menghubungi contact service nds.id untuk info lebih lanjut.

Beli HPE ProLiant DL380 Gen10

Produk HPE ProLiant DL380 Gen10 memang merupakan rak server yang kompak namun memiliki fitur yang sangat lengkap setara dengan rak server kelas atas.

Jika Anda sedang ingin membangun jaringan server untuk perusahaan ataupun UKM dan sedang mencari rak server yang berkualitas dengan fitur yang lengkap maka HPE ProLiant adalah pilihan yang tepat.

NetData menyediakan produk HPE termasuk HPE ProLiant seri ini original dengan garansi resmi selama 1 tahun penuh dengan dukungan teknik penuh selama 24 jam x 7 hari dalam seminggu.

NetData juga menyediakan managed service demi membantu Anda dalam membangun jaringan dengan server HPE ProLiant seri ini dengan kuantitas yang besar.

Tak perlu diragukan lagi bahwa NetData adalah mitra HPE terpercaya yang menyediakan HPE ProLiant DL380 Gen10 dengan harga distributor resmi yang cocok menjadi pilihan terbaik untuk bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup