Kupas Tuntas Apa Itu Vlan dan Fungsi Vlan

VLAN

Fungsi Vlan – Teknologi di dunia jaringan dan networking mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari pembaruan fungsi. Salah satu jaringan yang perlu kita ketahui adalah Vlan. Kehadiran Vlan sendiri mampu membuat kita untuk bisa melakukan manajemen kontrol terhadap lalu lintas data.

Fugsi Vlan berbeda dengan LAN biasa yang mana jaringan Vlan sendiri merupakan jaringan versi virtual yang memberikan kemudahan dan fleksibilitas untuk menunjang proses adaptasi dan perubahan yang disederhanakan.

Apa Itu Vlan?

Apa itu Vlan ? apa kegunaan vlan? Mari kita simak penjelasan berikut ini:

Vlan adalah

VLAN adalah singkatan dari virtual local area network yakni sekumpulan perangkat yang ada pada satu atau lebih jaringan LAN yang dibuat atau dikonfigurasi perangkat lunak sehingga dapat saling berkomunikasi sehinggga seolah-olah berada dalam satu saluran yang sama.

Vlan ini dapat dibuat dan dikonfigurasi melalui perangkat lunak atau software. Dengan begitu keuntungan yang didapat adalah tidak perlu repot jika perangkat dipindah-pindah tanpa perlu melakukan konfigurasi lagi.

Kegunaan Vlan adalah

Fungsi VLAN adalah menyediakan konfigurasi pada jaringan komputer fisik menjadi beberapa saluran domain.

Walaupun memiliki saluran yang berbeda jalur yang dihasilkan oleh VLAN ini masih melewati perangkat penghubung yang sama seperti misalnya menggunakan mikrotik.

Teknologi VLAN dapat memungkinkan beberapa VLAN mampu berdampingan dalam jaringan LAN fisik.

VLAN biasanya menggunakan switch bukan router seperti konfigurasi LAN pada umumnya.

Vlan bertujuan untuk

Penggunaan VLAN biasanya dimanfaatkan untuk mempertimbangkan apakah masih masih ingin menggunakan jaringan LAN tradisional atau tidak. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat dari VLAN :

1. Menambah Keamanan

LAN adalah jaringan private yang tidak dapat diakses oleh pengguna yang tidak sah. Dalam segi keamanan LAN memang sangat maksimal karena setiap akses harus mendapat permission atau izin dari administrator jaringan.

VLAN dalam hal ini memiliki keamanan sendiri yang memungkinkan bisnis atau perusahaan karena ada berbagai data sensitif yang perlu dijaga kerahasiaannya. 

2. Efisiensi Biaya

VLAN ini merupakan fasilitas dan fitur dari LAN yang bersifat virtual sehingga tidak perlu mempersiapkan kabel ataupun perangkat keras lainnya seperti router ataupun switch.

3.Tidak Perlu Mengatur Ulang Jaringan Komputer

Supaya dapat terkoneksi ke jaringan LAN maka setiap komputer perlu dikonfigurasi ulang dan dimulai dari awal.

VLAN Anda dapat memindahkan komputer ke manapun Anda inginkan tanpa perlu mengatur ulang setingan LAN dari awal.

Pada dasarnya komputer yang dipindahkan masih tetap terhubung ke jaringan VLAN.

4. Peningkatan Kinerja yang Lebih Baik

VLAN memiliki kinerja dengan membuat layer datar 2 jaringan menjadi beberapa grup kerja logis sehingga dapat mengurangi lalu lintas dari jaringan.

Hal ini bertujuan agar memisahkan antara jaringan non esensial dan jaringan penting yang membuatnya menjadi semakin optimal. 

5.Memudahkan Administrasi

Manfaat VLAN berikutnya yakni menyederhanakan proses administrasi. Semua konfigurasi dan koneksi komputer server memudahkan administrator dalam melakukan pengaturan dan kontrol terhadap jaringan yang jauh lebih aman.

Jenis Vlan

Berdasarkan fungsinya VLAN dapat dibedakan dari beberapa jenis antara lain :

1. VLAN default

VLAN default yakni sebutan untuk menamai konfigurasi sejak switch pertama kali dinyalakan. Jenis VLAN masih standar dengan semua port switch yang tersediadan terhubung dalam fungsi dasar.

2. Data VLAN

Jenis VLAN ini memiliki fungsi utama dalam mengatur lalu lintas data yang terjadi dalam sebuah jaringan VLAN.

Jenis VLAN yang satu ini memiliki fungsi utama untuk mengatur lalu lintas data yang terjadi dalam sebuah jaringan VLAN.

3. VLAN Suara

Secara garis besar VLAN suara adalah jaringan yang sudah mendukung layanan VoIP dan sudah dirancang khusus untuk menunjang kebutuhan komunikasi yang berbasis suara.

4. Management VLAN

Sesuai namanya VLAN Ini adalah sistem jaringan virtual LAN yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan.

5. VLAN asli

VLAN asli yakni jaringan VLAN yang dikembalikan ke port jika tidak memiliki tag atau tidak ada di switch.

Konfigurasi Vlan yang Benar

Membuat Topologi VLAN

Dalam menggunakan teknologi VLAN pastikan sudah menentukan topologi terlebih dahulu. 

Konfigurasi IP Address Pada Masing-Masing PC

Setiap ke perangkat yang terkoneksi perlu di konfigurasi IP addressnya agar dapat saling terhubung satu sama lain.

Setelah semuanya sudah terkoneksi maka bisa dilakukan tes terhadap topologi yang sudah Anda buat.

Cara Membuat Vlan di Mikrotik

Untuk membuat VLAN di mikrotik dapat melakukan :

Setting Vlan Mikrotik

  1. Pertama-tama Anda perlu membuat topologinya seperti gambar dibawah ini.
  2. Untuk mengakses mikrotik menggunakan aplikasi Winbox dengan bantuan wine.
  • Pertama kita jalankan terutama dahulu konfigurasi terhadap Mikrotik1 bersama dengan mengaksesnya memanfaatkan winbox melalui Laptop1. Pada tab neighbor di winbox, klik terhadap MAC Address mikrotik yang terdeteksi dan klik connect untuk mengaksesnya.
  • Aturlah pertolongan identias pada mikrotik kamu supaya nantinya terkecuali terkandung mikrotik yang terdeteksi, kami tidak akan bingung pas memilihnya. Caranya bersama dengan klik pada System kemudian Identity.

 

  • Beri identitas pada Mikrotik anda, misalnya dinamai dengan nama “Mikrotik-1”. Kemudian klik “Apply” dan “OK”.
  • Pada topologi diatas tadi konfigurasi yang harus kita melakukan pada port-portnya adalah membawa dampak eth1 dan eth2 sebagai access port dan membawa dampak eth5 sebagai port Trunk. Kemudian untuk pembuatan VLANnya, kita buat 2 VLAN tersebut yakni VLAN10 dan VLAN 20 pada Ether 5 (master VLANnya Ether5) gara-gara VLAN 5 inilah yang kita jadikan Port Trunk. Untuk membawa dampak sebuah interface baru, klik pada “interface” lalu klik “+” (add).

1. Pilihlah “VLAN” kita akan membuat interface VLAN baru.

  • Untuk pembuatan VLAN yang pertama ini aku membuat bersama dengan nama vlan-10 dan VLAN IDnya 10, lalu untuk interfacenya, kita menggunakan ether5 sebagai master interfacenya / interface induk. Klik “Apply” dan “OK”.

 

  • Buat kembali interface VLAN yang baru bersama VLAN namenya “vlan-20” dan VLAN IDnya 20. Lalu untuk interfacenya, kami manfaatkan ether5 sebagai master interfacenya / interface induk. Klik “Apply” dan “OK”. 
  • Setelah pembuatan VLAN selesai, sesudah itu yang perlu kami melakukan adalah sebabkan 2 buah interface bridge baru yaitu bridge-vlan10 dan bridge-vlan20. yang bridge-vlan10 nantinya akan digunakan untuk menjembatani pada vlan 10 dengan ether1 agar vlan10 bisa diakses lewat port ether1, sedang yang bridge-vlan20 nantinya akan digunakan untuk men jembatani pada vlan 20 dengan ether2 agar vlan20 bisa diakses lewat port ether2. Untuk melakukan menambahkan interface bridge bisa kamu melakukan dengan klik terhadap interface kemudian sesudah itu klik terhadap lambang “+” (add).

 

2. Pilih “Bridge” untuk membuat sebuah interface bridge baru.

  • Pada antarmuka brige baru masukan nama bridge di kolom name contohnya “bridge-vlan10”, kemudian klik “Apply” dan “OK”.

 

  • Lalu buat lagi bridge baru dengan nama “bridge-vlan20”, kemudian klik “Apply” dan “OK”.
  • Supaya VLAN dapat diakses lewat port fisik maka harus didaftarkan ke bridge tertentu. Dengan cara klik menu “Bridge”  pindah ke tab “port” kemudian klik simbol “+” (add).

 

  • Kemudian pada jendela Bridge Port, Anda perlu memasukan vlan-10 ke bridge-vlan10. Kemudian klik “Apply” dan “OK”.

 

  • Buat bridge port baru lagi kemudian masukkan interface ether1 ke bridge-vlan10. Pilih “Apply” dan “OK”, setelah langkah ini seharusnya port ether sudah dapat digunakan sebagai akses dari vlan 100
  • Buat kembali bridge port baru lalu masukkan interface vlan-20 ke bridge-vlan20. Lalu klik “Apply” dan “OK”.
  • Buatlah Bridge port baru lagi, lantas masukkan interface ether2 ke bridge-vlan20. Klik “Apply” dan “OK”, sehabis langkah ini selesai semestinya port ether2 udah dapat digunakan sebagai akses dari vlan 20. 

3. Setelah konfigurasi terhadap Mikrotik-1 udah selesai, seterusnya kami beralih ke konfigurasi terhadap Mikrotik-2. Secara umum konfigurasi yang dilaksanakan terhadap Mikrotik-2 ini sama dengan konfigurasi Mikrotik-1. Pertama kami beri identitas terhadap Mikrotik-2 dengan klik terhadap “System” lalu”Identity”.

  

4. Beri identitas pada Mikrotik anda, contohnya disini saya memberi identitasnya bersama dengan “Mikrotik-2”. Kemudian klik “Apply” dan “OK”.

5. Untuk konfigurasi-konfigurasi lainnya, samakan saja dengan konfigurasi yang sudah kita melaksanakan di Mikrotik-1.

6. Setelah seluruh konfigurasi terhadap ke-2 mikrotik udah selesai, sesudah itu kita melaksanakan pengaturan IP terhadap masing-masing laptop. Untuk pemberian IPnya mengatur saja bersama yang tersedia terhadap topologi yang udah di bikin yaitu :

  • Laptop1 = 192.168.1.1/24
  • Laptop2 = 192.168.2.1/24
  • Laptop3 = 192.168.1.2/24
  • Laptop4 = 192.168.2.2/24
  1. Dalam menguji konfigurasi vlan yang sudah di konfigurasi sebelumnya, Anda perlu melakukan ping dari Laptop3 ke Laptop1 dan Laptop4 ke Laptop2 yang memiliki VLAN ID sama, jika berhasil maka konfigurasinya sudah benar.
  2. Coba jalankan ping ke VLAN ID yang berbeda, yakni dari Laptop4 ke Laptop3 dan dari Laptop3 ke Laptop2.

Ping dari Laptop4 ke Laptop3

Ping dari Laptop3 ke Laptop2

Hasil ping diatas ternyata gagal dikarenakan laptop dengan laptop lainnya berbeda vlan ID, berbeda subnet, dan belum ada jalur routing untuk menghubungkan laptop yang beda subnet.

Dimana Mendapatkan Vlan?

Dimana Anda bisa mendapatkan VLAN? Tentunya Anda bisa mendapatkannya diprodusen yang menyediakan perangkat lunak tersebut misalnya mikrotik. Namun untuk kebutuhan bisnis digital VLAN yang digunakan dalam kelas perusahaan Anda bisa menghubungi NetData di website nds.id.

Kesimpulan

Dari bahasan tentang fungsi VLAN diatas dapat disimpulkan bahwa virtual LAN ini mampu menjadi alternatif pengganti dari jaringan LAN konvensional.

Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh VLAN seperti mudah untuk dikonfigurasi, hemat biaya, dan dapat memenuhi kebutuhan jaringan perusahaan seperti jaringan LAN biasa. Demikian ulasan tentang VLAN kali ini semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup