Apa itu SSL? Pentingkah untuk Website Perusahaan?

SSL

SSL – Sebuah perusahaan yang besar tentunya perlu adanya website sebagai bentuk portofolio mereka atau berguna juga untuk memasarkan produk mereka. Namun, membuat website bukanlah sebuah perkara yang mudah. Harus diperhatikan juga dari segi keamanannya juga bukan hanya dari segi tampilannya saja. Maka dari itu, ada gunanya jika perusahaan harus mengenal dan menerapkan SSL pada website yang dimilikinya.

Pemilik situs web di seluruh dunia telah dipompa dengan informasi tentang layanan ini selama beberapa bulan terakhir. SSL (Secure Sockets Layer), adalah protokol keamanan internet yang digunakan untuk mengamankan data situs web. Karena perubahan di Google, ini pada akhirnya beralih dari kemewahan menjadi kebutuhan untuk situs web di seluruh dunia.

Pelajari sepenting itukah SSL pada website Anda pada artikel ini!

Pengertian SSL

Sebagaimana Anda mempelajari banyak hal tentang apapun itu, pengertian awal adalah pengertiannya. Begitupun dengan Secure Socket Layer, jika Anda mungkin sudah mulai tertarik dengannya untuk website pada perusahaan Anda, layanan ini ini perlu Anda ketahui lebih mendalam agar Anda bisa memastikan “Apakah SSL penting untuk perusahaan saya?”.

Apa Itu SSL

SSL (Secure Sockets Layer) dan penerusnya, TLS (Transport Layer Security), adalah protokol untuk membangun tautan yang diautentikasi dan dienkripsi antara komputer jaringan. Meskipun protokol tidak digunakan lagi dengan dirilisnya TLS 1.0 pada tahun 1999, masih umum untuk menyebut teknologi terkait ini sebagai “SSL” atau “SSL/TLS.”

Secure Socket Layer adalah protokol transmisi data yang digunakan situs web untuk mengamankan koneksi dengan pengguna. Anda sudah menggunakan layanan ini hampir setiap hari Anda menggunakan internet. Setiap kali Anda melihat “https” di tautan ke situs web di bilah alamat Anda, koneksi Anda diamankan dengan layanan ini. Bahkan situs web ini menggunakannya untuk melindungi koneksi Anda!

Pada dasarnya, apa yang dilakukan adalah memastikan bahwa data antara browser Anda dan server web tidak dicuri atau dirusak. Ketika dua komputer terhubung, kunci enkripsi digital dibuat. Hanya dua komputer, server dan PC atau ponsel cerdas Anda, yang dapat memecahkan kode informasi yang dikirim antara kedua situs. Ini adalah cara aman untuk terhubung dengan pelanggan Anda.

Fungsi SSL

Pada dasarnya, apa yang dilakuka adalah memastikan bahwa data antara browser Anda dan server web tidak dicuri atau dirusak. Ketika dua komputer terhubung, kunci enkripsi digital dibuat. 

Hanya dua komputer, server dan PC atau ponsel cerdas Anda, yang dapat memecahkan kode informasi yang dikirim antara kedua situs. Fungsi layanan ini ini adalah cara aman untuk terhubung dengan pelanggan Anda.

SSL Gratis

Seperti namanya, sertifikat Secure Socket Layer gratis tidak memerlukan pembayaran, dan pemilik web dapat menggunakannya sebanyak yang mereka inginkan. Mereka dianggap cepat, nyaman, dan menarik bagi pemilik situs web karena memungkinkan mereka memaksimalkan keuntungan situs web mereka. 

Seorang pengguna dapat mengunduh beberapa sertifikat untuk situs webnya tanpa proses pemeriksaan yang ketat karena satu sertifikat layanan ini gratis hanya dapat mengamankan satu domain.

Ini tersedia dalam dua opsi: Self-Signed Certificates and Certificates signed by a Certificate Authority. Tingkat enkripsinya sebanding dengan SSL berbayar. Baik sertifikat Secure Socket Layer gratis maupun berbayar menyediakan enkripsi sertifikat 256-bit dan enkripsi kunci 2048-bit.

Namun, kembali lagi ke kebutuhan Anda, apakah memang cukup untuk menggunakan Secure Socket Layer gratis namun untuk skala perusahaan Anda yang sudah besar dan professional?

Jenis SSL

Jenis SSL bisa dibagi menjadi 3 kategori, diantaranya adalah:

Extended Validation (EV SSL) Certificates

Dengan EV SSL, Certificate Authority (CA) memeriksa hak pemohon untuk menggunakan nama domain tertentu plus, ia melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap organisasi. Proses penerbitan Sertifikat SSL EV didefinisikan secara ketat dalam Pedoman EV, sebagaimana diratifikasi secara resmi oleh forum CA/Browser pada tahun 2007. Semua langkah yang diperlukan untuk CA sebelum menerbitkan sertifikat ditentukan di sini termasuk:

  • Memverifikasi keberadaan hukum, fisik, dan operasional entitas
  • Memastikan bahwa identitas entitas cocok dengan catatan resmi
  • Memverifikasi bahwa entitas memiliki hak eksklusif untuk menggunakan domain yang ditentukan dalam Sertifikat SSL EV
  • Memastikan bahwa entitas telah mengesahkan dengan benar penerbitan Sertifikat SSL EV

Organization Validated (OV SSL) Certificates

CA memeriksa hak pemohon untuk menggunakan nama domain tertentu PLUS melakukan beberapa pemeriksaan organisasi. Informasi perusahaan terverifikasi tambahan ditampilkan kepada pelanggan saat mengklik Segel Situs Aman, memberikan peningkatan visibilitas tentang siapa yang berada di belakang situs dan peningkatan kepercayaan terkait. Nama organisasi juga muncul di sertifikat di bawah bidang AKTIF.

Domain Validated (DV SSL) Certificates

CA memeriksa hak pemohon untuk menggunakan nama domain tertentu. Tidak ada informasi identitas perusahaan yang diperiksa dan tidak ada informasi yang ditampilkan selain informasi enkripsi di dalam Segel Situs Aman. Meskipun Anda dapat yakin bahwa informasi Anda dienkripsi, Anda tidak dapat memastikan siapa sebenarnya yang menerima informasi tersebut.

Sertifikat SSL DV didukung sepenuhnya dan memiliki pengenalan browser yang sama dengan SSL OV, tetapi memiliki keuntungan karena dapat diterbitkan segera dan tanpa perlu menyerahkan dokumen perusahaan. Hal ini membuat DV SSL ideal untuk bisnis yang membutuhkan layanan ini berbiaya rendah dengan cepat dan tanpa upaya mengirimkan dokumen perusahaan.

Mengapa Website Perusahaan Harus Menggunakan SSL?

Sebagian besar perusahaan hosting menyediakan Secure Socket Layer yang disertakan dengan hosting Anda, seperti yang semakin umum. Selanjutnya, Anda perlu masuk ke host Anda dan mengubah pengaturan situs web Anda untuk menggunakan https vs http. 

Anda dapat mengetahui apakah Anda telah menginstal Secure Socket Layer mencari di CPanel hosting Anda. Jika Anda memiliki WordPress, ikuti panduan sederhana ini untuk mengaktifkan SSL jika sertifikat dipasang untuk situs Anda. Tidak diperlukan plugin!

Jika perusahaan hosting Anda masih menganggap ini tahun 2016 dan tidak menawarkan yananan ini gratis, Anda harus mengambil beberapa langkah lagi untuk membeli dan memasang layanan ini. Anda dapat membayar perusahaan hosting Anda untuk melakukannya atau mengikuti salah satu dari banyak panduan gratis yang tersedia secara online.

Terakhir, satu hal yang pasti, 2017 adalah tahun Secure Socket Layer untuk situs web besar dan kecil. Jika Anda tidak onboard, internet akan meninggalkan Anda dan perusahaan Anda tidak akan survive.

Beli SSL Terpercaya

Anda sudah tahu bukan  sangat penting bagi perusahaan? Sekarang adalah dimana Anda harus mencari siapa yang menyediakan layanan terpercaya dan juga dengan kualitas yang dijamin bisa diandalkan.

NetData adalah penyedia layanan yang dijamin bisa diandalkan. Anda bisa mendapatkan layanan ini dengan jaminan aman dan juga konfigurasi dari NetData yang membuat Anda bisa memastikan jika website perusahaan Anda aman.

Silahkan hubungi kami melalui link ini untuk mendapakan penawaran menarik dari kami tentang produk ini.

Kesimpulan

Sertifikat SSL/TLS bervariasi tergantung pada metode validasi yang digunakan dan tingkat kepercayaan yang diberikan, dengan validasi tambahan (EV) yang menawarkan tingkat kepercayaan tertinggi. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda, pastikan jika perusahaan Anda menerapkan SSL untuk website perusahaan yang Anda miliki!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup