Ketahui Perbedaan Access Point dan Router

Access Point dan Router

Access Point dan Router – Perbedaan access point dan router adalah hal yang memang sering menjadi kebingungan orang awam.

Banyak yang mungkin menganggap bahwa access point ini adalah sama dengan router ataupun modem, padahal jika kita tilik lebih lanjut bahwa access point dan router adalah 2 jenis perangkat yang berbeda. Lalu apa saja perbedaan produk ini? Mari kita ulas dengan lengkap di artikel berikut ini.

Apa itu Access Point

Dalam mengetahui perbedaan access point dan router, hal pertama kali yang perlu kita ketahui adalah access point, apa itu access point dan apa fungsinya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Access Point adalah

Access point yakni sebuah perangkat jaringan nirkabel yang bertugas sebagai portal penghubung perangkat jaringan area lokal.

Access point yang digunaakn untuk memperluas jangkauan nirkabel dari jaringan yang ada untuk meningkatkan jumlah pengguna yang akan terhubung ke jaringan tersebut.

Cara kerja access point yakni meneruskan sinyal data dari router melalui kabel ethernet yang akan di ubah menjadi sinyal nirkabel.

Konektivitas nirkabel memang kebanyakan menggunakan perangkat access point. 

Fungsi Access Point

Fungsi access point adalah sebagai berikut:

  • Penyebar sinyal internet, AP juga bisa berfungsi sebagai range extender yang terhubung ke nirkabel sehingga bisa memperpanjang sinyal wifi.
  • Penghubung Antar Jaringan, access point memiliki fungsi sebagai penghubung antar jaringan perangkat dalam satu area lokal.
  • Dapat Digunakan Untuk Mengatur IP Address Secara Otomatis dengan menggunakan protokol DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol
  • Pengaman Jaringan, access point dilengkapi dengan fitur keamanan Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wireless Application Protocol (WAP).

Jenis Access Point

Jenis access point memang ada banyak maka dari itu kita perlu menjelaskan satu persatu apa saja jenisnya demi memahami perbedaan produk berikut ini:

Access Point Outdoor

Access point outdoor merupakan jenis access point yang sebagian besar memiliki mampu menjadi server client.

Tenda Access Point

Tenda access point merupakan salah satu produsen AP yang dirancang dengan jangkauan sinyal wifi yang sangat luas cocok untuk menghubungkan berbagai perangkat nirkabel seperti komputer, smartphone, tablet, ataupun konsol game. AP ini cocok untuk digunakan berbagai bisnis seperti restoran, vila, perkantoran, perumahan dan lain sebagainya.

Access Point Cisco

Cisco merupakan salah satu brand perangkat jaringan sekaligus perangkat lunak jaringan terbaik di dunia yang juga memiliki lini produk access point yang berkualitas. AP Cisco dilengkapi dengan antar muka yang mudah dipahami serta fitur yang lengkap.

TP Link Access Point

TP-Link access point juga termasuk salah satu brand yang terkenal dalam membuat perangkat nirkabel seperti router, modem, hingga access point dengan harga yang terjangkau namun kualitasnya terbaik.

Aruba Access Point

Aruba access point merupakan produk dari Aruba Network yang juga sudah menciptakan sebuah perangkat AP dengan teknologi Wifi 6.

Ubiquiti Access Point

Ubiquiti Access point merupakan lini produk wifi dari Unifi yang memiliki standard wifi kinerja tingkat tinggi. Bentuk dari AP ubiquiti ini sangat modern minimalis sehingga cocok menghiasi rumah Anda dengan desain kontemporer.

Access Point Ruckus

Access point Ruckus menyediakan AP indoor, outdoor, dan segala tujuan. Brand ini menawarkan kemampuan nirkabel yang cukup handal sehingga mampu menangani kepadatan kinerja yang sangat tinggi.

Harga Access Point

Harga access point dipasaran memang sangat bervariasi yang mana tergantung dari tipe, jenis, hingga brand dari AP tersebut. Misalnya untuk AP dengan fitur Wifi 5 berkisar antara 3 jutaan sedangkan untuk AP dengan fitur wifi 6 bisa diatas 4 jutaan.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihat daftar harga access point di NetData atau di websitenya nds.id.

Apa itu Router

Perbedaan access point dan router yang kedua adalah tentang router yang mana dapat menggunakan 

Router adalah

Router yakni merupakan perangkat penghubung serta penerus jaringan yang bertugas paket jaringan berdasarkan alamat ke jaringan maupun ke perangkat lainnya.

Fungsi Router

Fungsi router yang paling utama ada 2 yakni :

  1. Menghubungkan 2 Network, router memiliki kemampuan dalam menghubungkan berbagai perangkat dalam satu jaringan lokal yang terkelola.
  2. Menyediakan akses internet ke semua perangkat yang mendukung dan terhubung ke router.

Jenis Router

Untuk jenis router bisa dibedakan menurut dengan brandnya, hingga penggunaan sistem antarmukanya seperti berikut ini:

Router TP Link

Wifi router TP-Link adalah perangkat nirkabel yang dikeluarkan oleh brand TP-Link. Produk wifi router ini dari TP-Link memiliki berbagai keunggulan seperti mampu memancarkan sinyal wifi yang kuat dan luas.

Router Tenda

Router Tenda merupakan router yang diproduksi oleh Tenda dari China yang juga memiliki kualitas jaringan yang stabil.

Router ZTE

ZTE asal China ini memang sering terdengar di Indonesia sebagai produsen perangkat nirkabel tak terkecuali router. Router ZTE menawarkan kemudahan dan kompatibilitas yang tinggi.

Router Mikrotik

Mikrotik sendiri merupakan sistem operasi router yang mampu merubah komputer biasa menjadi router jaringan. Mikrotik juga memproduksi perangkat router yang bernama routerboard dengan sistem operasi mikrotik yang fenomenal.

Harga Router

Untuk harga Router juga bisa dibedakan dari teknologi dan juga produsennya yang mana bisa Anda dapatkan paling murah mulai dari 100ribu hingga 5 juta rupiah dengan teknologi wifi 6 yang terbaru. Untuk lebih lengkapinya Anda bisa melihat di halaman web NetData di nds.id.

Perbedaan Perbedaan Access Point dan Router

Sebenarnya, jika dilihat lagi untuk produk ini masih banyak yang keliru atau bahikan menganggap kedua hardware ini memiliki penjelasan dan fungsi yang sama. Padahal hal itu merupakan kekeliruan yang sangat besar.

Router bertindak sebagai gateway yang mengatur jaringan area lokal dan mengelola semua perangkat. Router juga mengidentifikasi lalu lintas yang perlu meninggalkan jaringan area lokal dan terhubung ke Internet. 

Access pont di sisi lain, adalah alat jaringan lokal di dalam jaringan Anda yang menyediakan Jaringan Area Lokal Nirkabel (WLAN) untuk menghubungkan perangkat. Access point adalah bagian teknologi yang mengesankan yang didedikasikan untuk mengelola jaringan nirkabel yang dapat menangani overhead banyak pengguna nirkabel.

Perbedaan yang lainnya terkait dengan access point dan router adalah sebagai berikut:

Fungsi

Sebagian besar router yang tersedia saat ini dapat bertindak sebagai access point nirkabel, router Ethernet, firewall dasar, dan switch Ethernet kecil. Access point itu sendiri berbeda dari router karena mereka tidak menangani paket apa pun yang keluar dari LAN, dan hanya mengatur lalu lintas LAN nirkabel. Router dapat memiliki fungsionalitas access point tetapi access point belum tentu memiliki fungsionalitas router.

Router dapat menautkan dan mengelola semua perangkat yang terhubung dengannya. Namun, access point hanya menyediakan akses ke jaringan yang dibuat oleh router.

Koneksi

Router nirkabel rumahan akan menawarkan sinyal Wi-Fi secara langsung atau Anda dapat menambahkan switch untuk memperluas jaringan dan menambahkan access point nirkabel. Dalam lingkungan bisnis, router tidak dapat menawarkan sinyal Wi-Fi tersebut langsung ke perangkat nirkabel Anda. Sebaiknya access point mengambil alih fungsi tersebut untuk memungkinkan cakupan yang lebih baik.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah perlu untuk memiliki router diperlukan jika Anda memiliki access point?

Modem tertentu memiliki DCHP dan NAT yang terpasang di modem dan Anda dapat mencolokkan access point langsung ke dalamnya tanpa router. Tetapi di jaringan yang lebih besar, router dirancang untuk menangani pengaturan jaringan Anda yang berat, dan yang terbaik adalah memisahkan modem dan router!

Cakupan

Router menyediakan jangkauan nirkabel di rumah untuk menjangkau orang dalam jumlah terbatas. Jalur akses menjadi penting untuk bisnis yang lebih besar dan WLAN hotspot. Jalur akses dapat membantu menghubungkan lebih banyak pengguna. Biasanya masuk akal untuk memiliki beberapa AP dalam jaringan Anda. 

Dalam hal cakupan, penempatan perangkat sangat penting untuk dipertimbangkan. Anda harus mensurvei area di mana Anda membawa Wi-Fi dan mengoptimalkan penempatan router atau access point untuk mencegah zona mati.

User

Router Wi-Fi tentu cocok untuk ruang kantor yang lebih kecil (>1000 kaki persegi) dan penggunaan di rumah. Access point bermanfaat di ruang kantor, sekolah, atau hotel yang lebih besar. Mereka pada dasarnya bertindak sebagai switch nirkabel yang membawa konektivitas ke banyak pengguna di ruang yang besar. Ketika Anda berkonsultasi dengan penyedia layanan Internet Anda, pastikan untuk mempertimbangkan ukuran ruang Anda.

Beli Access Point dan Router

Apakah Anda sudah mengerti apa bedanya access point dan juga router? Sekarang mungkin Anda sudah tahu dan dapat memastikan membeli access point apakah router yang sekiranya cocok untuk jaringan yang Anda miliki ataupun yang ingin Anda bangun.

NetData adalah solusi yang paling tepat untuk beli produk ini dan sangat bisa diandalkan. NetData adalah solusi terbaik untuk Anda bisa mendapatkan produk tersebut dengan harga yang terjangkau dan bisa memilih dari beragam merk yang Anda inginkan atau yang Anda butuhkan juga.

Ya, NetData adalah tempat beli router dan access point dengan jaminan lengkap, terpercaya, berkualitas, dan pastinya ada banyak lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Kesimpulan

Access point dan router adalah bagian dari perusahaan yang sama, tetapi bekerja di departemen yang berbeda. Perangkat ini memiliki misi keseluruhan yang sama dan bekerja sama untuk membantu membangun jaringan Anda dan memperluas kapasitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup