Ketahui Perbedaan Access Point dan Router

Access Point dan Router

Access Point dan Router – Perbedaan access point dan router adalah hal yang memang sering menjadi kebingungan orang awam.

Banyak yang mungkin menganggap bahwa access point ini adalah sama dengan router ataupun modem, padahal jika kita tilik lebih lanjut bahwa access point dan router adalah 2 jenis perangkat yang berbeda. Lalu apa saja perbedaan produk ini? Mari kita ulas dengan lengkap di artikel berikut ini.

Jaringan Internet

Berbicara tentang jaringan internet, internet adalah sistem jaringan yang terhubung secara global yang memfasilitasi komunikasi di seluruh dunia dan akses ke sumber daya data melalui kumpulan besar jaringan pribadi, publik, bisnis, akademik, dan pemerintah. Ini diatur oleh lembaga seperti Internet Assigned Numbers Authority (atau IANA) yang menetapkan protokol universal.

Istilah internet dan World Wide Web sering digunakan secara bergantian, tetapi sebenarnya tidak sama; internet mengacu pada sistem komunikasi global, termasuk perangkat keras dan infrastruktur, sedangkan web adalah salah satu layanan yang dikomunikasikan melalui internet.

Macam Jaringan Internet

Internet memang bukan hanya sekedar terhubung dengan dunia luar saja yang luas dan bisa berkomunikasi dan juga mendapatkan informasi saja yang mudah. Anda juga harus tahu jika sebenarnya internet ini sangat banyak sekali macamnya yang membedakan antara internet satu dengan yang lain.

Kegunaannya memang ada yang bisa digunakanan secara massive maupun penggunaannya hanya untuk sebuah kebutuhan secara khusus saja. Namun, tetap saja ini adalah mengusung internet seperti yang Anda ketahui pengertian secara dasarnya.

Jaringan Satelit

Macam internet yang pertama adalah jaringan satelin. Ini didefinisikan sebagai orientasi berbagai elemen yang menjalin komunikasi melalui berbagai node dari satu titik bumi ke titik lainnya.

Ketika kita berbicara tentang jaringan melalui mana data ditransmisikan atau diterima, maka diketahui bahwa seluruh operasi jaringan dibagi menjadi beberapa lapisan dan setiap lapisan beroperasi secara independen dari lapisan lainnya. Jaringan satelit memainkan peran penting dalam mengirimkan data dari satu lokasi ke lokasi lain dengan menggunakan satelit buatan.

Wifi

Selanjutnya adalah Wifi, ini adalah jaringan internet yang sekarang ini sudah banyak yang menggunakannya.

Wifi adalah teknologi jaringan nirkabel yang memungkinkan komputer dan perangkat lain untuk berkomunikasi melalui sinyal nirkabel. Ini menjelaskan komponen jaringan yang didasarkan pada salah satu standar 802.11 yang dikembangkan oleh IEEE dan diadopsi oleh Wi-Fi Alliance.

Kabel Fiber Optik

Lalu ada internet yang menggunakan jaringan kabel fiber optik. Paket layanan internet ini memanfaatkan jaringan kabel fiber optic dengan kapasitas bandwidth yang lebih besar sampai menempuh kecepatan transmisi data Gigabit per second (Gbps) dan kualitas jaringan (SLA) dijamin sampai 99,5%.

Memang terdengar sangat menjanjikan, maka dari itu masih ada banyak ISP yang menyediakan macam internet fiber ini karena keunggulannya dalam transmisi data yang cepat.

Balloon Google

Mungkin masih terdengar aneh untuk yang satu ini, tapi ini nyata karena Google telah mempraktekkannya. Balloon internet Google adalah menara konektivitas Internet nirkabel yang mengapung di stratosfer. Mereka memancarkan sinyal Internet ke stasiun berbasis bumi, yang kemudian mengirimkan internet ke pengguna melalui penyedia layanan internet.

Balon raksasa mengambang ini terbuat dari plastik. Mereka dilengkapi dengan panel surya yang memberi daya pada gadget yang mengontrol operasi balon dan memancarkan sinyal internet ke bumi. Menggunakan derek khusus, balon didorong ke stratosfer dengan ketinggian sekitar 20 km di atas bumi. Software kecerdasan buatan yang dipasang di komputer balon mengontrol gerakan mengambang menggunakan tenaga angin.

Sejarah Jaringan Internet

Internet tentu saja memiliki sejarah yang panjang dan tidak seperti sekarang ini yang serba simple dan mudah. 

Secara singkat, internet berawal dari pemerintah Amerika Serikat yang mulai membangun jaringan komputer pada tahun 1960-an yang dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1985, US National Science Foundation (NSF) menugaskan pengembangan tulang punggung jaringan universitas yang disebut NSFNET.

Sistem digantikan oleh jaringan baru yang dioperasikan oleh penyedia layanan internet komersial pada tahun 1995. Internet dibawa ke publik dalam skala yang lebih besar hingga sekarang ini dan akan semakin besar lagi di kemudian hari.

Perkembangan Internet

Semenjak saat itu, memang internet semakin berkembang dan semakin maju. Contoh saja perkembangan yang bisa Anda rasakan sekarang ini adalah Anda bisa membaca tulisan ini dengan mudah di smartphone Anda dengan akses internet yang sangat cepat.

Internet telah tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu untuk memfasilitasi layanan seperti:

  • Surel
  • Layanan konferensi audio/video yang mendukung web
  • Film dan game online
  • Transfer data/berbagi file, seringkali melalui File Transfer Protocol (FTP)
  • Pesan singkat
  • Forum internet
  • Jaringan sosial
  • Belanja online
  • Layanan keuangan

Sebagai jaringan global yang bertanggung jawab atas transfer data dan fasilitasi proses dalam jumlah besar, Internet terus berkembang. Misalnya, protokol awal yang disebut IPv4 yang mendistribusikan alamat Internet Protocol (IP) sebagian besar telah digantikan oleh model IPv6 baru yang akan meningkatkan jumlah alamat yang tersedia untuk setiap benua di seluruh dunia.

Internet juga telah berkembang melampaui workstation tradisional, sebagai “Internet of Things” (IoT) lahir dan bisa membantu pekerjaan sehari-hari manusia.

Selain itu, ada kerangka kerja utama yang membantu orang untuk memahami bagaimana Internet berubah, dan ke mana arahnya di masa depan.

Manfaat Jaringan Internet

Intenet dibuat memang berguna untuk berbagai bidang. Berbagai bidang bisa terbantu pekerjaannya dengan adanya internet. Jadi, apa saja sebenarnya manfaat internet jika dilihat dari bidangnya?

Bidang Bisnis

  • Anda berkomunikasi lebih mudah dan cepat

Internet sangat penting untuk membuat komunikasi bisnis lebih mudah dan lebih cepat. Baik Anda berinteraksi dengan kolega atau menanggapi pertanyaan klien secara real-time, Internet menawarkan solusi untuk mengoptimalkan alur kerja dan komunikasi harian Anda.

  • Berbagi dan menemukan informasi lebih cepat

Saat ini Anda tidak perlu lagi menggunakan surat pos untuk mengirim informasi atau dokumen bisnis ke mitra, rekan kerja, atau klien Anda. Dengan email, Anda dapat berbagi file dengan lebih cepat dan dari lokasi mana pun selama Anda memiliki broadband berkualitas tinggi.

  • Pendekatan pemasaran terbaru untuk menjangkau lebih banyak pelanggan

Internet dan pemasaran digital telah mengubah cara Anda mempromosikan produk dan layanan Anda. Setiap perusahaan, terlepas dari ukurannya, harus memiliki kehadiran online saat ini.

Bidang Sosial dan Hiburan

  • Manjakan diri Anda dengan konten gratis berkualitas

Salah satu manfaat terbaik menggunakan internet untuk hiburan adalah harganya yang murah. Anda mungkin sudah membayar koneksi internet di rumah untuk memastikan Anda memiliki email dan akses media sosial.

  • Manfaatkan live chat

Mengobrol di internet telah menjadi salah satu kegunaannya yang paling populer, terutama dengan upaya menjaga jarak fisik.

  • Bagikan kenangan foto dengan mudah

Penyimpanan memori foto online adalah keuntungan besar menggunakan internet untuk hiburan karena Anda tidak perlu membayar untuk mengunggah gambar atau membeli buku foto.

Bidang Informasi

Dalam bidang informasi, ini tentunya sangat penting internet itu. Internet memungkinkan orang untuk mempelajari informasi tentang topik apa pun dan menawarkan jawaban untuk semua jenis pertanyaan, karena mengandung pengetahuan dan informasi yang tak ada habisnya. Menggunakan mesin pencari seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan banyak lagi, semuanya memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan dan menemukan halaman web dengan jawaban tentang pertanyaan itu. 

Anda juga dapat menonton video tentang topik apa pun di situs seperti YouTube, yang berisi jutaan video dari beberapa topik. Juga, Anda dapat belajar kursus online dalam berbagai mata pelajaran. 

Bidang Pendidikan

  • Pendidikan yang hemat biaya dan terjangkau

Salah satu hambatan terbesar untuk pendidikan adalah biaya tinggi. Internet meningkatkan kualitas pendidikan, yang merupakan salah satu pilar pembangunan berkelanjutan suatu bangsa.

  • Interaksi siswa dan guru dan teman kelas

Internet telah memungkinkan siswa untuk terus berhubungan dengan guru mereka atau dengan teman sekelas lainnya dengan bantuan media sosial, aplikasi perpesanan, dan forum obrolan.

  • Alat pengajaran dan pembelajaran yang semakin efektif

Internet telah menjadi alat utama untuk pengajaran yang efektif serta alat pembelajaran. Guru dapat menggunakannya sebagai alat pengajaran dengan memposting bahan ajar mereka (catatan dan video) di situs web atau forum sekolah.

Bidang Kesehatan

Salah satu bagaimana bidang kesehatan sangat terbantu dengan adanya internet adalah dengan adanya internet of things. 

Peningkatan pengelolaan obat-obatan adalah salah satu yang sangat bisa internet lakukan untuk bidang kesehatan.

Harus diingat bahwa Internet of Things sangat mampu memecahkan masalah distribusi obat. IoT bukan hanya sebuah perangkat, tetapi juga sebuah ide: sistem perawatan kesehatan terpadu berdasarkan solusi IT juga berarti keamanan yang lebih besar.

Kecepatan Koneksi Internet

Internet memiliki berbagai klasifikasi kecepatan yang berbeda-beda. Semakin berkembangnya jaman memang semakin cepat saja internet bisa mengakses berbagai informasi.

Jaringan 3G

Teknologi data 3G menggunakan jaringan menara telepon untuk melewatkan sinyal, memastikan koneksi yang stabil dan relatif cepat dalam jarak jauh. Menara terdekat dengan ponsel pengguna mengirimkan data ke sana. Meskipun mungkin tidak terdengar rumit, teknologi 3G sangat revolusioner pada saat dirilis.

Jaringan 4G

Apa yang dimaksud dengan 4G? Istilah 4G adalah singkatan dari “generasi keempat” dan mengacu pada teknologi jaringan seluler yang memungkinkan ponsel yang kompatibel dengan 4G untuk terhubung ke internet lebih cepat dari sebelumnya.

Jaringan 5G

5G adalah teknologi nirkabel generasi kelima. Ini dapat memberikan kecepatan lebih tinggi, latensi lebih rendah, dan kapasitas lebih besar daripada jaringan 4G LTE.

Istilah Dalam Jaringan

Dalam jaringan, Anda akan sangat familiar dengan berbagai istilah seperti client dan juga SSID. Kedua inilah yang harus Anda ketahui bagaimana bisa istilah ini sangat penting dalam adanya jaringan termasuk jaringan internet juga yang dapat membangunnya.

Client

Jaringan client-server melibatkan komputer pusat yang kuat yang disebut server, dan sejumlah komputer klien yang perlu terhubung ke server untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Dalam jaringan peer-to-peer, tidak ada server pusat. Sebaliknya, semua komputer dalam jaringan memiliki kemampuan yang setara.

Komputer Client

Client adalah komputer atau perangkat yang dikendalikan komputer yang menyediakan pengguna dengan akses ke jaringan.

Client merupakan komputer yang menghadap pengguna yang menjalankan perangkat lunak untuk membuat permintaan ke server, dan menginterpretasikan atau menampilkan tanggapan. Secara khusus, client mengirimkan permintaan ke server. Server memproses permintaan dan kemudian mengirimkan respons ke client.

Sedangkan komputer client adalah komputer yang bertindak menjadi client tersebut dalam mengatur jaringan.

Komputer Server

Komputer server yaitu perangkat yang diterapkan untuk mengelola semua aktivitas yang terjadi di dalam jaringan tersebut.

  • Oleh sebab itu, komputer ini memiliki bermacam-macam fungsi, termasuk:
  • Menyediakan database atau file yang bisa diterapkan bersama-sama oleh komputer client
  • Melayani permintaan komputer client untuk menggunakan database atau file tersebut
  • Mengontrol lalu lintas transfer data atau file yang diminta komputer client
  • Menyimpan data atau file yang dikirim oleh komputer client
  • Mengontrol hak akses data atau file dalam sebuah jaringan
  • Melindungi komputer client dari malware dengan anti malware atau firewall

Fungsi Client

Client terisolasi dari kebutuhan untuk mengetahui apa pun tentang manajer sumber daya yang sebenarnya. Jika Anda mengubah database yang Anda gunakan, server mungkin perlu diubah, tetapi client tidak perlu diubah. Karena biasanya lebih sedikit salinan yang ada di server daripada di client, dan karena server sering berada di lokasi yang lebih mudah untuk diperbarui (misalnya, di mesin pusat daripada di PC yang dijalankan di meja pengguna), prosedur pembaruannya adalah juga disederhanakan.

Client juga dapat mengakses beberapa server yang berbeda, dan server itu sendiri dapat bertindak sebagai client ke server lain. Bagaimana tepatnya fungsi didistribusikan di seluruh server adalah keputusan desain aplikasi.

SSID

Selanjutnya adalah SSID. SSID adalah singkatan dari Service Set IDentifier dan merupakan nama jaringan Anda. Jika Anda membuka daftar jaringan Wi-Fi di laptop atau ponsel, Anda akan melihat daftar SSID. Router nirkabel atau titik akses menyiarkan SSID sehingga perangkat terdekat dapat menemukan dan menampilkan jaringan yang tersedia.

Perangkat SSID (Windows, Mac, Linux)

Anda biasanya dapat menemukan SSID di router Anda tercetak pada stiker di bagian bawah atau samping. Namun, itu tidak akan membantu jika seseorang telah mengubah SSID router Anda. Mayoritas browser default akan mengikuti format ini.

Windows
  • Klik ikon Wifi yang terletak di sudut kanan bawah dan itu akan membuka daftar jaringan yang tersedia (SSID)
  • SSID yang Anda sambungkan ditampilkan di bagian atas Windows
MacOS
  • Klik ikon Wifi yang terletak di sudut kanan atas untuk membuka daftar jaringan yang tersedia (SSID)
  • Jaringan tempat Anda terhubung akan memiliki ikon Wi-Fi biru di sebelahnya

Kecepatan Koneksi Internet

Untuk jaringan yang terhubung ke internet tentu memiliki kecepatan koneksi yang bergantung pada kekuatan sinyal seperti 3G, 4G, 5G. Jaringan ini berkaiten dengan perangkat seluler, berikut adalah generasi jaringan seluler, baik 3G, 4G, dan 5G. 

Jaringan 3g

Jaringan 3G pada awalnya merupakan jaringan internet yang diakses menggunakan perangkat ponsel.e di masanya ada beberapa ponsel yang mampu menggunakan 3G seperti iphone dan Blackberry. 

Standar 3G menggunakan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) sebagai arsitektur jaringan intinya. 

Jaringan ini menggabungkan antara jaringan 2G dengan teknologi dan protokol baru yang memberikan kecepatan data yang jauh lebih cepat.

Dengan teknologi packet switching memungkinkan kecepatan hingga 14 Mbps. nirkabel wide band yang digunakan 3G beroperasi pada kisaran 2100 MHz dengan bandwidht antara 15-20 MHz. 

Jaringan 3G memiliki kecepatan 2 Mbps dengan peningkatan bandwidth dan kecepatan transfer data kirim atau terima pesan email yang berukuran besar.

Jaringan 4g

Negara pertama yang pertama resmi menggunakan 4G adalah Norwegia, Swedia Stockholm, dan Oslo pada tahun 2009, keunggulan dari jaringan 4G adalah kecanggihannya yang memiliki kecepatan transfer data hingga 1 Gbps.

Perbedaan antara 3G dan 4G adalah kecepatan datanya yang menggunakan MIMO atau OFDM.

Beberapa fitur 4G LTE mampu mendukung multimedia interaktif, suara, video berkecepatan tinggi, biaya rendah perbit hingga 20Mbps atau lebih, serta jaringan seluler global dan skalabel. 

Jaringan 5g

Jaringan 5G memang merupakan jaringan yang mulai dikenalkan di beberapa Kota di Indonesia.

Karena kecepatannya bisa melampaui 4G hingga 20 kali lebih cepat ketimbang 4G dengan connection density 5G mampu menampung hingga 1 juta device per km2.

Kemampuan jaringan yang digunakan untuk latensi, kecepatan data, latensi, layanan, kualitas, keamanan, dan keandalan. Kecepatan hingga 10 Gbps yang minimal 10 kali lebih cepat daripada 4G.

Perbedaan Router Dengan Switch

Untuk pembahasan selanjutnya adalah tentang perangkat router dengan switch. Beberapa perbedaan antara router dan switch antara lain adalah:

  • Router menghubungkan jaringan yang tidak sama seperti dua LAN, dua WAN atau LAN dan WAN. di segi lain, sebuah saklar menghubungkan lebih dari satu perangkat berbarengan untuk membuat jaringan.
  • Router beroperasi terhadap susunan Fisik, susunan data link dan juga susunan jaringan sedangkan, switch hanya beroperasi terhadap susunan data link dan susunan jaringan.
  • Tujuan utama router adalah untuk memilih jalan terkecil dan terbaik bagi suatu paket untuk capai tujuan. Kemudian switch menerima paket, memprosesnya untuk memilih alamat target dan meneruskan paket ke alamat target yang diungkap.
  • Routing lebih lanjut diklasifikasikan sebagai routing non-adaptif dan routing adaptif. Kemudian pada switching diklasifikasikan sebagai saklar sirkuit, paket switching dan pesan switching.

Perbedaan Router Dengan Modem

Tadi kita sudah membahas tentang perbedaan antara router dengan switch, kali ini kita akan membahas tentang modem dan router berikut ini:

  • Untuk modem memiliki layer hingga 2 sedangkan router memiliki layer sebanyak 3.
  • Modem adalah perangkat internet networking sedangkan router adalah perangkat networking.
  • Modem menerima dan mengirimkan data lewat koneksi telepon sedangkan router berfungsi untuk mengarahkan data ke jaringan.
  • Modem ini digunakan untuk berkoneksi di satu atau beberapa komputer dan laptop dengan menggunakan OS atau software. Sedangka router harus menggunakan komputer yang tersambung WiFi.
  • Modem perlu koneksi internet sedangkan router tidak perlu koneksi internet.
  • Modem tidak punya network security sedangkan router punya security atau keamanan.

Beberapa Merk Router Terbaik

Adapun beberapa merk router terbaik dibawah ini yang bisa Anda jadikan referensi:

  1. ASUS, brand ini tentu tidak asing lagi bagi orang Indonesia yang mana Asus juga menciptakan teknologi gadged yang andal. Selain itu juga menciptakan router nirkabel yang memiliki teknologi canggih.
  2. TP-Link mengklaim dirinya juga sebagai penyedia perangkat jaringan WiFi dengan konsumen nomor 1 di dunia. Produknya memang paling banyak menciptakan router dan perangkat jaringan lainnya yang sudah tersebar di seluruh dunia.
  3. Netgear merupakan brand yang cukup terkenal di Amerika Serikat. Yang menawarkan WiFi dengan kualitas dan performa yang tinggi, sedangkan Nighthawk menjadi salah satu seri router yang terpopuler dari Netgear.
  4. Linksys merupakan merek produk perangkat keras jaringan data asal Amerika yang sudah lama berkecimpung dibidang jaringan. Linksys kemudian secara resmi di Indonesia dengan produk yang tak kalah dari produk perangkat jaringan lainnya.
  5. Totolink adalah brand jaringan WiFi yang populer, dengan menawarkan sejumlah produk router WiFi yang bervariasi, harga yang ditawarkan berkisar antara 100 ribuan hingga sejutaan.
  6. Prolink adalah termasuk penyedia produk jaringan nirkabel yang juga terkenal akan perusahaan yang memproduksi aksesoris ponsel seperti pengisi daya mobil dan power bank serta produk cadanngan daya.

Apa itu Access Point

Dalam mengetahui perbedaan access point dan router, hal pertama kali yang perlu kita ketahui adalah access point, apa itu access point dan apa fungsinya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Access Point adalah

Access point yakni sebuah perangkat jaringan nirkabel yang bertugas sebagai portal penghubung perangkat jaringan area lokal.

Access point yang digunaakn untuk memperluas jangkauan nirkabel dari jaringan yang ada untuk meningkatkan jumlah pengguna yang akan terhubung ke jaringan tersebut.

Cara kerja access point yakni meneruskan sinyal data dari router melalui kabel ethernet yang akan di ubah menjadi sinyal nirkabel.

Konektivitas nirkabel memang kebanyakan menggunakan perangkat access point. 

Fungsi Access Point

Fungsi access point adalah sebagai berikut:

  • Penyebar sinyal internet, AP juga bisa berfungsi sebagai range extender yang terhubung ke nirkabel sehingga bisa memperpanjang sinyal wifi.
  • Penghubung Antar Jaringan, access point memiliki fungsi sebagai penghubung antar jaringan perangkat dalam satu area lokal.
  • Dapat Digunakan Untuk Mengatur IP Address Secara Otomatis dengan menggunakan protokol DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol
  • Pengaman Jaringan, access point dilengkapi dengan fitur keamanan Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wireless Application Protocol (WAP).

Jenis Access Point

Jenis access point memang ada banyak maka dari itu kita perlu menjelaskan satu persatu apa saja jenisnya demi memahami perbedaan produk berikut ini:

Access Point Outdoor

Access point outdoor merupakan jenis access point yang sebagian besar memiliki mampu menjadi server client.

Tenda Access Point

Tenda access point merupakan salah satu produsen AP yang dirancang dengan jangkauan sinyal wifi yang sangat luas cocok untuk menghubungkan berbagai perangkat nirkabel seperti komputer, smartphone, tablet, ataupun konsol game. AP ini cocok untuk digunakan berbagai bisnis seperti restoran, vila, perkantoran, perumahan dan lain sebagainya.

Access Point Cisco

Cisco merupakan salah satu brand perangkat jaringan sekaligus perangkat lunak jaringan terbaik di dunia yang juga memiliki lini produk access point yang berkualitas. AP Cisco dilengkapi dengan antar muka yang mudah dipahami serta fitur yang lengkap.

TP Link Access Point

TP-Link access point juga termasuk salah satu brand yang terkenal dalam membuat perangkat nirkabel seperti router, modem, hingga access point dengan harga yang terjangkau namun kualitasnya terbaik.

Aruba Access Point

Aruba access point merupakan produk dari Aruba Network yang juga sudah menciptakan sebuah perangkat AP dengan teknologi Wifi 6.

Ubiquiti Access Point

Ubiquiti Access point merupakan lini produk wifi dari Unifi yang memiliki standard wifi kinerja tingkat tinggi. Bentuk dari AP ubiquiti ini sangat modern minimalis sehingga cocok menghiasi rumah Anda dengan desain kontemporer.

Access Point Ruckus

Access point Ruckus menyediakan AP indoor, outdoor, dan segala tujuan. Brand ini menawarkan kemampuan nirkabel yang cukup handal sehingga mampu menangani kepadatan kinerja yang sangat tinggi.

Harga Access Point

Harga access point dipasaran memang sangat bervariasi yang mana tergantung dari tipe, jenis, hingga brand dari AP tersebut. Misalnya untuk AP dengan fitur Wifi 5 berkisar antara 3 jutaan sedangkan untuk AP dengan fitur wifi 6 bisa diatas 4 jutaan.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihat daftar harga access point di NetData atau di websitenya nds.id.

Apa itu Router

Perbedaan access point dan router yang kedua adalah tentang router yang mana dapat menggunakan 

Router adalah

Router yakni merupakan perangkat penghubung serta penerus jaringan yang bertugas paket jaringan berdasarkan alamat ke jaringan maupun ke perangkat lainnya.

Fungsi Router

Fungsi router yang paling utama ada 2 yakni :

  1. Menghubungkan 2 Network, router memiliki kemampuan dalam menghubungkan berbagai perangkat dalam satu jaringan lokal yang terkelola.
  2. Menyediakan akses internet ke semua perangkat yang mendukung dan terhubung ke router.

Jenis Router

Untuk jenis router bisa dibedakan menurut dengan brandnya, hingga penggunaan sistem antarmukanya seperti berikut ini:

Router TP Link

Wifi router TP-Link adalah perangkat nirkabel yang dikeluarkan oleh brand TP-Link. Produk wifi router ini dari TP-Link memiliki berbagai keunggulan seperti mampu memancarkan sinyal wifi yang kuat dan luas.

Router Tenda

Router Tenda merupakan router yang diproduksi oleh Tenda dari China yang juga memiliki kualitas jaringan yang stabil.

Router ZTE

ZTE asal China ini memang sering terdengar di Indonesia sebagai produsen perangkat nirkabel tak terkecuali router. Router ZTE menawarkan kemudahan dan kompatibilitas yang tinggi.

Router Mikrotik

Mikrotik sendiri merupakan sistem operasi router yang mampu merubah komputer biasa menjadi router jaringan. Mikrotik juga memproduksi perangkat router yang bernama routerboard dengan sistem operasi mikrotik yang fenomenal.

Harga Router

Untuk harga Router juga bisa dibedakan dari teknologi dan juga produsennya yang mana bisa Anda dapatkan paling murah mulai dari 100ribu hingga 5 juta rupiah dengan teknologi wifi 6 yang terbaru. Untuk lebih lengkapinya Anda bisa melihat di halaman web NetData di nds.id.

Perbedaan Perbedaan Access Point dan Router

Sebenarnya, jika dilihat lagi untuk produk ini masih banyak yang keliru atau bahikan menganggap kedua hardware ini memiliki penjelasan dan fungsi yang sama. Padahal hal itu merupakan kekeliruan yang sangat besar.

Router bertindak sebagai gateway yang mengatur jaringan area lokal dan mengelola semua perangkat. Router juga mengidentifikasi lalu lintas yang perlu meninggalkan jaringan area lokal dan terhubung ke Internet. 

Access pont di sisi lain, adalah alat jaringan lokal di dalam jaringan Anda yang menyediakan Jaringan Area Lokal Nirkabel (WLAN) untuk menghubungkan perangkat. Access point adalah bagian teknologi yang mengesankan yang didedikasikan untuk mengelola jaringan nirkabel yang dapat menangani overhead banyak pengguna nirkabel.

Perbedaan yang lainnya terkait dengan access point dan router adalah sebagai berikut:

Fungsi

Sebagian besar router yang tersedia saat ini dapat bertindak sebagai access point nirkabel, router Ethernet, firewall dasar, dan switch Ethernet kecil. Access point itu sendiri berbeda dari router karena mereka tidak menangani paket apa pun yang keluar dari LAN, dan hanya mengatur lalu lintas LAN nirkabel. Router dapat memiliki fungsionalitas access point tetapi access point belum tentu memiliki fungsionalitas router.

Router dapat menautkan dan mengelola semua perangkat yang terhubung dengannya. Namun, access point hanya menyediakan akses ke jaringan yang dibuat oleh router.

Koneksi

Router nirkabel rumahan akan menawarkan sinyal Wi-Fi secara langsung atau Anda dapat menambahkan switch untuk memperluas jaringan dan menambahkan access point nirkabel. Dalam lingkungan bisnis, router tidak dapat menawarkan sinyal Wi-Fi tersebut langsung ke perangkat nirkabel Anda. Sebaiknya access point mengambil alih fungsi tersebut untuk memungkinkan cakupan yang lebih baik.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah perlu untuk memiliki router diperlukan jika Anda memiliki access point?

Modem tertentu memiliki DCHP dan NAT yang terpasang di modem dan Anda dapat mencolokkan access point langsung ke dalamnya tanpa router. Tetapi di jaringan yang lebih besar, router dirancang untuk menangani pengaturan jaringan Anda yang berat, dan yang terbaik adalah memisahkan modem dan router!

Cakupan

Router menyediakan jangkauan nirkabel di rumah untuk menjangkau orang dalam jumlah terbatas. Jalur akses menjadi penting untuk bisnis yang lebih besar dan WLAN hotspot. Jalur akses dapat membantu menghubungkan lebih banyak pengguna. Biasanya masuk akal untuk memiliki beberapa AP dalam jaringan Anda. 

Dalam hal cakupan, penempatan perangkat sangat penting untuk dipertimbangkan. Anda harus mensurvei area di mana Anda membawa Wi-Fi dan mengoptimalkan penempatan router atau access point untuk mencegah zona mati.

User

Router Wi-Fi tentu cocok untuk ruang kantor yang lebih kecil (>1000 kaki persegi) dan penggunaan di rumah. Access point bermanfaat di ruang kantor, sekolah, atau hotel yang lebih besar. Mereka pada dasarnya bertindak sebagai switch nirkabel yang membawa konektivitas ke banyak pengguna di ruang yang besar. Ketika Anda berkonsultasi dengan penyedia layanan Internet Anda, pastikan untuk mempertimbangkan ukuran ruang Anda.

Beli Access Point dan Router

Apakah Anda sudah mengerti apa bedanya access point dan juga router? Sekarang mungkin Anda sudah tahu dan dapat memastikan membeli access point apakah router yang sekiranya cocok untuk jaringan yang Anda miliki ataupun yang ingin Anda bangun.

NetData adalah solusi yang paling tepat untuk beli produk ini dan sangat bisa diandalkan. NetData adalah solusi terbaik untuk Anda bisa mendapatkan produk tersebut dengan harga yang terjangkau dan bisa memilih dari beragam merk yang Anda inginkan atau yang Anda butuhkan juga.

Ya, NetData adalah tempat beli router dan access point dengan jaminan lengkap, terpercaya, berkualitas, dan pastinya ada banyak lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Kesimpulan

Access point dan router adalah bagian dari perusahaan yang sama, tetapi bekerja di departemen yang berbeda. Perangkat ini memiliki misi keseluruhan yang sama dan bekerja sama untuk membantu membangun jaringan Anda dan memperluas kapasitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup