Simak Yuk Beberapa Fakta Kecepatan Jaringan 5G

4G network

Jaringan 5G saat ini memang mulai marak di Indonesia walaupun masih dalam tahap awal yang masih perlu perluasan dalam hal jangkauan sinyal yang masih terbatas di beberapa Kota besar saja.

Jaringan ini diharapakan bisa menjadi pengganti jaringan 4G yang semakin hari semakin padat penggunanya yang mana berdampak pada kecepatan yang tidak memadai lagi.

Lantas apa sih yang membuat jaringan 5G ini spesial hingga vendor besar berlomba-lomba dalam mengembangkan jaringan tersebut ? mari kita simak beberapa penjelasan berikut ini.

Mengenal Teknologi Jaringan 5G

Teknologi 5G adalah generasi kelima dari jaringan seluler yang menjanjikan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan data hingga 20 kali lebih cepat ketimbang generasi empat.

Dalam prakteknya munculnya teknologi 5G dimaksudkan untuk memudahkan pengguna dalam kecepatan data, latency yang rendah, serta koneksi jaringan yang lebih luas.

Tentu setiap teknologi yang baru pasti memiliki kelebihan dan kekurangan seperti dibawah ini.

Kelebihan Teknologi 5G

Berikut ini adalah beberapa kelebihan teknologi 5G antara lain:

Koneksi Lebih Luas

Meski menggunakan OFDM, teknologi 5G menawarkan kelebihan dibanding dengan 4G yakni memiliki subcarrier mencapai 15 kHz. 

Sementara 5G memiliki kapasitas lebih dari 100 kali yang artinya mampu beradaptasi dengan berbagai perangkat. Yang artinya semakin banyak perangkat berbasis smart yang dapat terhubung dan beradaptasi dengan jaringan terbaru.

Hampir Tidak Memiliki Delay

Jaringan 5G memiliki delay hanya 4 hingga 5 detik saja, bahkan ada beberapa vendor yang hanya memiliki 1 milidetik saja loh. Ya benar saja bahwa waktu delai ini sangat singkat sehingga dapat streaming video beresolusi tinggi tanpa buffering.

Hemat Energi

Sejak awal teknologi 5G sesungguhnya datang untuk mengurangi konsumsi energi. Kemampuannya untuk mengurangi konsumsi daya sebesar 10% ini dijalankan bersama dengan cara mengurangi trafik data.

Kecepatan transmisi data yang super cepat termasuk menyumbang kontribusi terbesar di dalam menciptakan teknologi yang irit energi. Sederhananya, jaringan ini lebih hijau dan lebih banyak bit data per kilowatt daya dibanding  generasi sebelumnya.  

Kekurangan Teknologi 5G

Selain ada banyaknya kelebihan, ternyata ada juga kekurangan teknologi 5G yang mungkin tidak kita sadari, berikut ini adalah kekurangan teknologi 5G. 

Frekuensi Radio yang Penuh

Spektrum radio saat ini sudah dipenuhi dengan teknologi 3G dan 4G yang sudah lebih dulu hadir. 

Hadirnya jaringan sebesar 6 GHz akan menimbulkan masalah karena dengan susunan frekuensi yang sudah padat.

Privacy dan Keamanan

Teknologi 5G memiliki masalah segi privacy dan keamanan. Kemudahan dalam transfer data dengan kualitas yang tinggi terkadang dapat menyebabkan meningkatkan kerentanan keamanan dalam teknologi 5G.

Daya Tembus yang Minim

Ada juga kekurangan teknologi 5G yang lain adalah walaupun memiliki koneksi yang luas namun teknologi ini memiliki daya tembus yang minim. Tidak seperti jaringan generasi sebelumnya jaringan 5G yang kurang optimal yang menembus penghalang seperti gedung, tembok, beton, pohon dan penghalang lainnya.

Beberapa Fakta Teknologi Jaringan 5G Yang Perlu Diketahui

Untuk Anda yang penasaran dengan jaringan 5G dan ingin menggunakan jaringan yang dielu-elukan anti-buffering.

Latensi super rendah atau ultra low latency

Latensi memang kurang umum didengar bagi sebagian orang. Latensi adalah waktu yang dibutuhkan data dari tempat asal menuju ke tempat tujuan dengan ukuran dalam satuan milidetik.

Latensi yang super rendah ini maka Anda akan merasakan hampir tidak ada delay pada akses internet. Terlebih jika semua kegiatan akan semakin terbantu dengan cepat selesai dengan waktu yang relatif singkat.

Kecepatan internet hingga 20 Gbps

Kecepatan internet hingga 20 Gbps yang tergolong sangat tinggi. Tentu hal ini akan sangat membantu meningkatkan aktivitas masyarakat.

Jaringan ini tidak lepas dari adanya teknologi Sub-6 Ghz dan mmWave. Kedua teknologi inisudah di gunakan oleh negara lain yang menerapkan jaringan dengan kecepatan tinggi.

Jaringan 5G aman digunakan

Banyak isu yang mengatakan bahwa jaringan 5G ini memancarkan radiasi yang besar yang dapat mengganggu kesehatan.

Namun hasil penelitian tersebut dibantah oleh para peneliti ahli teknologi dari Inggris. Howard Jones menyatakan bahwa gelombang yang ada di dalam jaringan 5G yang sudah di uji dan aman untuk digunakan oleh masyarakat.

Sudah digunakan di 60 negara

Indonesia ini terbilang negara yang terlambat dalam menerapkan jaringan 5G. padahal jaringan ini sudah ada sejak 2019 lalu yang sudah ada 60 negara yang menerapkan teknologi ini. Maka akan semakin bertambah negara yang akan menerapkan yang akan terus bertambah.

Tidak langsung menggantikan jaringan 4G

Penerapan 5G di Indonesia memang akan berencana untuk menggantikan generasi sebelumnya. Namun hal ini tidak langsung mengganti peran sinyal 4G yang sudah lama hadir di Indonesia.

Namun berdasarkan pengamatan Netdata, jika Anda ingin menikmati jaringan ini di Indonesia harap bersabar karena provider seluler saat ini baru dikenalkan oleh Telkomsel dan Indosat Ooredo saja yang menyediakan jaringan 5G.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup