Pengertian Protokol Jaringan Dan Cara Kerjanya

Network Protocols

Protokol jaringan adalah komputer dalam jaringan yang dikelola sebuah sistem yang dapat mengatur proses pertukaran data antar perangkat.

Protokol jaringan ini seringkali kita temukan di dalam jaringan dengan komputer yang berjumlah lebih dari satu.

Pengertian lebih dalam tentang protokol jaringan dan cara kerjanya bisa kita simak berikut ini.

Pemahaman Mengenai Internet

Sebelum membahas protokol jaringan hendaknya kita mengetahui pengertian internet terlebih dahulu.

Hampir setiap hari terutama kita yang hidup di perkotaan sudah menggunakan internet, bahkah internet ini menjadi sebuah kebutuhan yang digunakan setiap hari oleh semua kalangan.

Maka dari itu pengertian internet secara umum sudah tidak asing lagi untuk kita. Di Kota-Kota besar sering kali kita lihat bahwa internet ini sangat dibutuhkan untuk melakukan sebuah kegiatan baik bekerja, sekolah, ataupun untuk kesehatan.

Selain itu perusahaan juga membutuhkan internet untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi.

Sehingga sistem operasional kantor bisa menjadi lebih cepat dan efisien karena internet dapat memberikan solusi yang tepat dalam mengatasi masalah.

Pasti Anda juga sudah terbiasa dengan yang namanya belanja online yang mana banyak orang yang sudah menggunakan fasilitas ini pada saat ingin membeli barang, furnitur, hingga makanan sekalipun tanpa perlu keluar rumah.

Apa Saja Pengertian dari Internet Menurut Para Ahli?

Apa saja pengertian internet menurut para ahli, mari kita simak beberapa hal berikut ini.

Allan (2005)

Pengertian internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain dan dapat membaca serta menguraikan berbagai protokol atau aturan komunikasi yang berupa IP atau internet protokol serta TCP atau Transmission Control Protocol. Protokol juga menurut Allan adalah sebuah spesifikasi sederhana yang mengenai bagaimana komputer dapat berinteraksi satu sama lain.

Turban, Rainer, Potter (2005)

Internet merupakan sebuah jaringan yang besar yang dapat menghubungkan jaringan komputer mulai dari organisasi pemerintahan, bisnis, sekolah diseluruh dunia secara langsung dan cepat.

Supriyanto (2006)

Internet memiliki arti yakni sebuah hubungan yang terdiri dari berbagai komputer dan dengan jaringan yang ada di dunia serta memiliki sistem operasi dengan aplikasi yang berbeda.

Hubungan ini memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi misalnya lewat satelit, telepon, yang menggunakan protokol standar yakni TCP/IP.

Harjono (2009)

Internet artinya adalah kumpulan dari beberapa komputer, bahkan hingga jutaan komputer yang terhubung dan saling terkoneksi satu sama lain.

Agar komputer dapat saling berinteraksi dan terkoneksi, maka diperlukan sebuah perangkat atau media agar menghubungkannya. Media ini adalah kabel ataupun serat optik atau juga bisa menggunakan satelit ataupun sambungan telepon.

Sibero ( 2011)

Sibero beranggapan bahwa internet yakni inter-connected Network yang artinya sebuah jaringan komputer yang saling terhubung antar komputer secara global. Internet bekerja sama seperti komputer yang saling terhubung satu sama lain secara global maupun lokal dengan area yang luas dan internet menggunakan sebuah protokol komunikasi yang sama yakni TCP/IP.

Sarwono (2012)

Interne adalah sebuah kumpulan jaringan skala global. Sarwono beranggapan bahwa tidak ada orang yang mampu bertanggung jawab atas penggunaan internet tersebut. Awalnya internet hanya digunakan sebagai kepentingan militer, namun sekarang internet adalah kebutuhan sekaligus hiburan untuk masyarakat.

Apa itu Fungsi dan Tujuan Internet ?

Adapun beberapa fungsi dan tujuan internet antara lain:

Memudahkan untuk mengakses Informasi

Saat ini kita dapat mendapatkan informasi dengan mudah yang hanya dengan menggunakan internet. Dulu sebelum adanya internet, kita perlu membeli buku hanya untuk mencari informasi yang ingin kita ketahui, namun saat ini kita dapat belajar berbagai hal dengan menggunakan internet dimanapun dan kapanpun.

Memudahkan Komunikasi

Apabila kita ingin berkomunikasi dengan teman atau teman yang jaraknya jauh kita harus terlebih dahulu bertemu untuk melakukan berkomunikasi dan membutuhkan banyak biaya dan waktu yang lama. Sejak adanya internet kita dapat berkomunikasi setiap saat tanpa perlu khawtir untuk bertemu terlebih dahulu.

Memudahkan dalam Pekerjaan

Perusahaan saat ini banyak menggunakan internet sebagai salah satu solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah dengan efisien dan cepat. Misalnya dengan memiliki sistem yang saling berhubungan satu sama lain.

Apa itu Manfaat Internet ?

Adapun beberapa manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari antara lain yakni :

Manfaat Internet untuk Bisnis

Belanja online adalah salah satu contoh yang paling mudah dipahami oleh kebanyakan masyarakat Indonesia yang jadi manfaat internet untuk bisnis.

Ya benar sekali bahwa bisnis dengan cara berjualan online adalah sebuah bisnis yang cukup menjanjikan saat ini yang mana semakin hari semakin banyak peminatnya.

Manfaat Internet untuk Belajar

Internet juga dapat dimanfaatkan sebagai metode belajar online yang memudahkan siswa atau mahasiswa dalam melakukan proses pembelajaran secara otodidak.

Media pembelajaran online ini mulai dari matematika hingga bahasa inggris dan pelajaran lainnya dapat dengan mudah untuk dipelajari dengan internet.

Manfaat Internet untuk Sarana Hiburan

Keuntungan mencari informasi yang cepat dapat kita temukan dengan internet dan juga sebagai sarana hiburan seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Dampak Internet dalam Kehidupan sehari- hari?

Pernahkah Anda mengetahui bahwa ada dua dampak yang disebabkan oleh internet yakni dampak positif dan danpak negatif. Mari kita simak beberapa hal berikut ini:

Dampak Positif

Dampak positif dari penggunaan internet antara lain:

Memudahkan mendapatkan Informasi

Salah satu hal yang paling menyenangkan dengan internet adalah tersebarnya banyak informasi hannya dengan menggunakan komputer ataupun HP saja. Tidak seperti zaman dulu yang harus pergi ke perpustakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Membantu dalam menyelesaikan masalah dan tugas

Hal yang dapat dirasakan bagi pelajar adalah banyaknya informasi yang disediakan oleh aplikasi pembelajaran dengan internet yang diakses dengan cepat, mudah, serta mudah untuk di proses. 

Mendapat sarana hiburan

Kita tentu mengetahui banyak sekali fasilitas hiburan yang dapat kita manfaatkan di internet seperti menonton video Youtube, mendengarkan lagu, dan lain sebagainya.

Memudahkan dalam berbisnis

Perkembangan internet juga  dapat dipengaruhi oleh perkembangan bisnis saat ini, misalnya dengan adanya sosial media, website, video channel, dan lain sebagainya dapat digunakan sebagai lahan bisnis dan promosi jualan lewat internet.

Memudahkan Proses Komunikasi

Proses komunikasi saat ini memang sangat dimudahkan dengan adanya internet. Ya sekarang jika kita mau reuni sangatlah mudah sekali dengan hanya menggunakan video conference.

Dampak Negatif

Dampak negatif dari penggunaan internet dalam penggunaan internet sehari-hari.

Terjadinya Cyber bulliying

Internet juga bisa menjadi sarana untuk cyber bullying yang terjadi di internet yang hal ini banyak sekali privasi yang semakin sulit untuk di sembunyikan.

Perilaku negatif dan konten yang tidak baik

Internet ini dapat menuntut kita dalam bijak dalam menggunakannya sehingga sangat disarankan untuk menggunakan internet untuk kegiatan yang tidak bermanfaat.

Maraknya isu Hoax dan penyebaran Hoax

Isu hoax atau berita tidak benar dapat terjadi pada siapa saja dan setiap pihak yang menyebarkan, diberitakan, hingga pembaca hoax pasti dirugikan. Sehingga berhati-hatilah dalam memilih dan mencari tahu bahwa berita itu benar atau tidak.

Adanya Cyber Crime yaitu kejahatan internet misalnya penipuan

Cyber crime atau kejahatan siber dapat terjadi oleh siapa saja terutama yang berkaitan dengan belanja online yang juga bisa terjadi penipuan. Sehingga berhati-hatilah dalam membeli barang secara online dengan memilih toko atau penjual yang terpercaya.

Budaya asli mulai ditinggalkan

Memang teknologi internet semakin pesat namun bukan berarti kebiasan baik termasuk kegiatan sosial di tengah masyarakat ditinggalkan. 

Penjelasan Mengenai Protokol Jaringan

Protokol jaringan memang erat kaitannya dengan mengirim dan menerima data. Namun, sebenarnya jika mendefinisikannya secara lengkap, mungkin Anda akan bisa memahami lebih jelas sebenarnya apa yang dimaksud dengan protokol jaringan.

Mulai dari definisi protokol saja, dalam jaringan, protokol adalah seperangkat aturan untuk memformat dan memproses data. Protokol jaringan seperti bahasa umum untuk komputer. Komputer dalam jaringan dapat menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras yang sangat berbeda; namun, penggunaan protokol memungkinkan mereka untuk berkomunikasi satu sama lain.

Pengertian Protokol Jaringan

Protokol jaringan adalah seperangkat aturan yang ditetapkan yang menentukan bagaimana data ditransmisikan antara perangkat yang berbeda dalam jaringan yang sama. Pada dasarnya, ini memungkinkan perangkat yang terhubung untuk berkomunikasi satu sama lain, terlepas dari perbedaan apa pun dalam proses, struktur, atau desain internalnya. 

Protokol jaringan adalah alasan Anda dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia, dan dengan demikian memainkan peran penting dalam komunikasi digital modern.

Mirip dengan cara berbicara dalam bahasa yang sama menyederhanakan komunikasi antara dua orang, protokol jaringan memungkinkan perangkat untuk berinteraksi satu sama lain karena aturan yang telah ditentukan yang dibangun ke dalam perangkat lunak dan perangkat keras perangkat. Baik Local Area Network (LAN) maupun Wide Area Network (WAN) tidak dapat berfungsi seperti sekarang ini tanpa menggunakan protokol jaringan.

Fungsi Protokol Jaringan

Protokol jaringan mengambil proses skala besar dan memecahnya menjadi tugas atau fungsi kecil yang spesifik. Ini terjadi di setiap level jaringan, dan setiap fungsi harus bekerja sama di setiap level untuk menyelesaikan tugas yang lebih besar. Istilah suite protokol mengacu pada seperangkat protokol jaringan yang lebih kecil yang bekerja bersama satu sama lain.

Protokol jaringan memiliki berbagai macam fungsi diantaranya adalah:

Encapsulation

Atau yang disebut dengan enkapsulasi data merupakan proses di mana beberapa informasi tambahan ditambahkan ke item data untuk menambahkan beberapa fitur ke dalamnya. Kebanyakan menggunakan model OSI atau TCP/IP di jaringannya, dan transmisi data terjadi melalui berbagai lapisan dalam model ini. encaptulation menambahkan informasi protokol ke data sehingga transmisi data dapat berlangsung dengan cara yang benar.

Connection Control

Protokol jaringan juga memiliki fungsi untuk mengontrol koneksi. Kontrol koneksi memungkinkan Anda membatasi perangkat yang dapat terhubung ke Server SMTP. Ini dapat berguna jika Anda menggunakan layanan sebagai relai untuk aplikasi yang diinstal secara lokal dengan membatasi koneksi ke host lokal.

Flow Control

Dalam jaringan terdapat flow control. Ini berfungsi untuk memberitahu pengirim berapa banyak data yang harus dikirim ke penerima agar tidak hilang. Mekanisme ini membuat pengirim menunggu acknowledgment sebelum mengirimkan data selanjutnya. Ada dua cara untuk mengontrol aliran data:

  1. Stop and Wait Protocol
  2. Sliding Window Protocol

Error Control

Ini berfungsi pada data link layer adalah proses pendeteksian dan pengiriman ulang data yang hilang atau rusak selama pengiriman data. Setiap sistem yang andal harus memiliki mekanisme untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan tersebut.

Fragmentasi

Fragmentasi IP adalah proses Internet Protocol (IP) yang memecah paket menjadi potongan-potongan yang lebih kecil (fragmen), sehingga potongan-potongan yang dihasilkan dapat melewati tautan dengan unit maximum transmission unit (MTU) yang lebih kecil dari ukuran paket aslinya. Fragmen dipasang kembali oleh host penerima.

Reassembly

Ini adalah kebalikan dari fragmentasi. Fungsinya adalah merakit kembali paket ke dalam bentuk aslinya.

Transmission Service

Fungsi yang satu ini memungkinkan komunikasi antara sejumlah komputer (disebut host) yang terhubung pada jaringan. Setiap jaringan dapat dihubungkan ke jaringan lain untuk berkomunikasi dengan host di jaringan itu.

Jenis Jenis Protokol

Berikut ini adalah berbagai jenis protokol yang perlu Anda ketahui perbedaannya antara satu dengan yang lain.

Ethernet

Ethernet adalah teknologi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan area luas berkabel atau jaringan area lokal. Ini digunakan untuk memungkinkan komunikasi antar perangkat melalui seperangkat aturan yang disebut protokol atau bahasa jaringan umum.

Localtalk

Sistem LocalTalk terdiri dari pengontrol built-in, dengan kabel dan kartu ekspansi terkadang diperlukan. Ini mengaktifkan daisy-chaining, yang menghubungkan urutan perangkat satu sama lain menggunakan kabel LocalTalk.

Token Ring

Token ring adalah sebuah jaringan yang mampu mencegah paket data bertabrakan pada segmen jaringan karena hanya pemegang token yang dapat mengirim data, dan jumlah token yang tersedia juga dikontrol. Ketika perangkat di jaringan berhasil memecahkan kode token itu, perangkat tersebut menerima data yang disandikan.

FDDI (Fiber Distributed Data Interface)

Jenis protokol ini adalah seperangkat standar ANSI dan ISO untuk transmisi data di Local Area Network (LAN) melalui kabel serat optik. Ini berlaku di LAN besar yang dapat memanjang hingga 200 kilometer dengan diameter.

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)

TCP adalah salah satu protokol yang paling banyak digunakan menggunakan internet. TCP adalah percakapan dua arah yang berfokus kepada stabilitas.

Paket akan diinstruksikan dan diberi nomor dan selanjutnya akan diperiksa kesalahannya.

UDP (User Datagram Protocol)

Masih berkaitan dengan TCP, UDP tidak akan melakukan semua pemeriksaan kesalahan yang dilakukan oleh TCP

Kesalahan akan muncul saat memeriksa poin yang lebih lambat. Paket hanya dikirimkan ke penerima.

ICMP (Internet Control Message Protocol)

Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah protokol lapisan jaringan yang digunakan oleh perangkat jaringan untuk mendiagnosis masalah komunikasi jaringan. ICMP terutama digunakan untuk menentukan apakah data mencapai tujuan yang diinginkan secara tepat waktu.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Yang sangat umum digunakan adalah http yang pastinya Anda sering menggunakannya. Sebagai protokol request-response, HTTP memberi pengguna cara untuk berinteraksi dengan sumber daya web seperti file HTML dengan mengirimkan pesan hypertext antara klien dan server.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)

Masih sama dengan http, https memastikan bahwa semua komunikasi antara browser web pengguna dan situs web sepenuhnya dienkripsi.

FTP (File Transfer Protocol)

FTP memungkinkan kita untuk mentransfer file dari klien ke server atau dari server ke klien. FTP akan menggunakan kedua port 20 dan 21; satu digunakan untuk otentikasi; yang lain digunakan untuk mentransfer informasi.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham tentang protokol jaringan? Mungkin Anda pernah menggunakannya tanpa sadar atau dengan sadar namun Anda tidak mengerti sebelumnya bahwa itu merupakan jenis protokol jaringan.

Jika masih ada pertanyaan mengenai protokol jaringan, Anda bisa mengunjungi NetData untuk informasi menarik lainnya tentang protokol jaringan yang akan dikupas lebih detail dan dalam lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup