Introduction to Cloud Solution

Introduction to Cloud Solution

Cloud solution adalah salah satu jasa yang sangat banyak digunakan oleh para perusahaan atau organisasi yang menggunakan layanan cloud untuk berbagai hal yang digunakan untuk menunjang sebuah kegiatan usaha yang dilakukannya.

Terkadang, memang tidak semua orang atau karyawan yang ada pada perusahaan atau organisasi tersebut paham dengan betul dengan sistematika cloud. Maka dari itu, ada jasa dari pihak ketiga yang dinamakan cloud solution.

Kegiatan dari jasa cloud solution adalah bisa dimulai dari server, storage, solusi virtualisasi, dan cloud dan berbagai solusi yang diinginkan oleh customer yang berkaitan dengan cloud tentunya. Costumer yang satu dengan yang lain tentunya berbeda, jadi kedepannya bisa dipelajari dan bisa ditawarkan kepada customer lainnya.

Sekarang ini costumer sangat banyak yang ingin menggunakan jasa cloud solution terutama untuk collaboration tools. Karena pandemic ini dan menyebabkan terjadinya WFH (Work From Home), sekarang ini banyak perusahaan yang menggunakan collaboration tools untuk menunjang pekerjaan.

Cek Produk Router dari NetData disini :

Apa Itu Cloud

Secara definisi, cloud adalah sebuah jaringan internet yang menyediakan ketersediaan sumber daya sistem komputer sesuai permintaan, terutama penyimpanan data dan daya komputasi, tanpa pengelolaan aktif langsung oleh pengguna. 

Istilah ini umumnya digunakan untuk menggambarkan pusat data yang tersedia untuk banyak pengguna melalui Internet.

Perbedaan Cloud Hosting dengan Dedicated Server

Cloud merupakan layanan yang digunakan dalam layanan multi server atau single server yang biasanya tidak perlu memikirkan lagi infrastruktur, data center, dan powernya. Jadi, hanya fokus dalam penggunaannya saja.

Hosting, adalah layanan yang ada pada dunia data center yang berfokus pada dunia penyimpanan. Karena di hosting dapat menyimpan image, video, file biasa seperti document, dna lain-lain.

Lalu ada juga programming web dimana Anda bisa sewa storage dengan teknologi yang anda butuhkan, itu bisa juga disebut dengan hosting.

Untuk dedicated server, adalah satu server yang digunakan atau dimanfaatkan untuk diri sendiri. Bisa saja sebagai milik sendiri atau bisa juga dikatakan menyewa.

Jadi berbeda dengan hosting yang disewa ramai-ramai, dedicated server adalah layanan yang digunakan untuk satu pengguna saja.

Jika dilihat yang paling flexibel, untuk sekarang ini adalah cloud. Karena yang bisa Anda ketahui sekarang ini sudah serva cloud.

Fitur-Fitur dari Cloud

Ada banyak fitur dari cloud. Diantaranya adalah:

  1. Kegunaan daya sangat efisien, karena sudah tidak perlu memikirkan lagi infrastruktur dan jaringannya.
  2. Cloud memiliki fleksibilitas yang sangat bagus. Karena anda membayar sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Skalabilitas dari cloud bisa melakukan grow up dari infra yang digunakan tanpa adanya shutdown hardware.
  4. Security cloud yang tidak perlu dipikirkan karena itu adalah urusan dari penyedia layanan cloud.

Klasifikasi Cloud

Layanan cloud dibagi menjadi tiga:

  • Infrastructure as a Service (IaaS)

Infrastructure as a Service (IaaS), dibuat dari sumber daya komputasi yang sangat scalable dan otomatis. IaaS sepenuhnya swalayan untuk mengakses dan memantau komputer, jaringan, penyimpanan, dan layanan lainnya.

IaaS memungkinkan bisnis untuk membeli sumber daya sesuai permintaan dan sesuai kebutuhan daripada harus membeli perangkat keras secara langsung. Biasanya layanan ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah besar dan sistem administrator.

  • Software as a Service (SaaS)

Software as a Service, juga dikenal sebagai layanan aplikasi cloud, mewakili opsi yang paling umum digunakan untuk bisnis di pasar cloud. SaaS menggunakan internet untuk mengirimkan aplikasi, yang dikelola oleh vendor pihak ketiga, kepada penggunanya. 

Mayoritas aplikasi SaaS berjalan langsung melalui browser web Anda, yang berarti aplikasi tersebut tidak memerlukan unduhan atau penginstalan apa pun di sisi klien. Layanan ini digunakan oleh user.

  • Platform as a Service (PaaS)

Platform as a Service (PaaS), menyediakan komponen cloud ke perangkat lunak tertentu saat digunakan terutama untuk aplikasi. PaaS memberikan kerangka kerja untuk pengembang yang dapat mereka bangun dan gunakan untuk membuat aplikasi yang disesuaikan.

Semua server, penyimpanan, dan jaringan dapat dikelola oleh perusahaan atau penyedia pihak ketiga sementara pengembang dapat mengelola manajemen aplikasi. Biasanya yang menggunakan layanan ini adalah developer.

Kenapa Harus Menggunakan Cloud Solution

Banyak orang yang bertanya-tanya apa keuntungan dari menggunakan cloud yang sekarang ini juga sudah banyak yang menggunakan cloud solution.

  1. Bagi pengguna, penyimpanan yang tidak berupa fisik tentunya lebih memudahkan. Karena dimanapun selama ada internet, data bisa dipanggil.
  2. Infrastruktur dari cloud adalah flexibel, karena bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.
  3. Security dari penyedia layanan cloud dijamin aman karena penyedia layanan cloud memiliki standarisasi yang bagus.

Cloud Solutions Bisa Mempermudah Selama Work From Home (WFH)

Cloud sangat bagus untuk bagi para pekerja yang saat ini mengalami dampak dari pandemic sehingga tidak boleh untuk bekerja di kantor dan melakukan WFH (Work From Home).

Sekarang ini juga sudah banyak berbagai layanan cloud yang dapat mempermudah untuk pekerjaan dalam bentuk team. Ada Google Meet untuk meeting, ada Google Drive untuk menyimpan dan berbagi data, dan masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai cloud solutions.

Sebagai pemilik perusahaan juga dapat memberikan fasilitas yang layak bagi para karyawannya untuk dapat tetap fokus bekerja walau tidak bisa bertemu dengan rekan team kerjanya secara langsung. Tertarik dengan layanan cloud solution dari NetData? Anda bisa hubungi kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup