Harga AWS Cloud Mahal? Ini Alasannya

Harga AWS Cloud

Harga AWS Cloud – Dunia modern saat ini sedang mengembangkan yang namanya komputasi cloud. Sebenarnya teknologi ini memang terbilang baru sehingga banyak orang yang tidak mengetahui manfaatnya. Komputasi cloud sendiri adalah proses pengolahan daya komputasi dengan menggunakan jaringan internet yang memiliki fungsi agar dapat menjalankan program komputer yang sudah terkoneksi dalam waktu yang sama.

Mari Membahas Cloud Terlebih Dahulu

Jaman sekarang memang serba apapun sudah menggunakan yang namanya cloud. Tidak bisa dipungkiri jika cloud computing sudah menjadi solusi yang sangat bagus agar semua pekerjaan menjadi lebih mudah. Sosial media yang Anda gunakan saja itu menggunakan teknologi cloud computing, Anda menyimpan file foto di iCloud saja itu sudah jelas adalah salah satu penggunaan cloud.

Sebelum membahas tentang cloud dari AWS, ada baiknya untuk mengehtahui terlebih dahulu sebenarnya apa yang disebut dengan cloud itu.

Cloud Computing

Komputasi awan atau cloud computing dan solusi terkait menyediakan akses melalui web ke sumber daya dan produk komputasi, termasuk alat pengembangan, aplikasi bisnis, layanan komputasi, penyimpanan data, dan solusi jaringan. Layanan cloud ini dihosting di pusat data vendor perangkat lunak dan dikelola oleh penyedia layanan cloud atau di lokasi di pusat data pelanggan.

Secara sederhana, cloud computing memungkinkan Anda untuk menyewa alih-alih membeli TI Anda. Daripada berinvestasi besar-besaran dalam database, perangkat lunak, dan perangkat keras, perusahaan memilih untuk mengakses kekuatan komputasi mereka melalui internet, atau cloud, dan membayarnya saat mereka menggunakannya. 

Layanan cloud ini sekarang mencakup, tetapi tidak terbatas pada, server, penyimpanan, database, jaringan, perangkat lunak, analitik, dan intelijen bisnis.

Fungsi Cloud Selain Sebagai Layanan Penyimpanan

Kita tahu bahwa yang paling umum dari cloued adalah sebagai media penyimpanan. Sudah banyak yang menggunakan teknologi cloud ini untuk menyimpan berbagai macam file yang dimiliki daripada menyimpannya di hard disk atau di flash disk yang sangat rentan terhadap data corrupt.

Berikut ini adalah beberapa fungsi cloud selain sebagai media penyimpanan yang perlu Anda ketahui!

Infrastructure as a Service (IaaS)

IaaS memungkinkan pelanggan untuk mengakses layanan infrastruktur berdasarkan permintaan melalui internet. Keuntungan utamanya adalah penyedia cloud menghosting komponen infrastruktur yang menyediakan komputasi, penyimpanan, dan kapasitas jaringan sehingga pelanggan dapat menjalankan beban kerja mereka di cloud. 

Pelanggan cloud biasanya bertanggung jawab untuk menginstal, mengonfigurasi, mengamankan, dan memelihara perangkat lunak apa pun pada solusi asli cloud, seperti database, middleware, dan perangkat lunak aplikasi.

Platform as a Service (PaaS)

PaaS memberi pelanggan keuntungan mengakses alat pengembang yang mereka butuhkan untuk membangun dan mengelola aplikasi seluler dan web tanpa berinvestasi dalam—atau memelihara—infrastruktur yang mendasarinya. Penyedia menghosting komponen infrastruktur dan middleware, dan pelanggan mengakses layanan tersebut melalui browser web.

Software as a Service (SaaS)

SaaS adalah model pengiriman perangkat lunak di mana penyedia cloud menghosting aplikasi pelanggan di lokasi penyedia cloud. Pelanggan mengakses aplikasi tersebut melalui internet. Daripada membayar dan memelihara infrastruktur komputasi mereka sendiri, pelanggan SaaS memanfaatkan langganan ke layanan dengan basis bayar sesuai pemakaian.

Hybrid Cloud

Hybrid cloud termasuk ke dalam tipe cloud. Seperti namanya, hybrid cloud adalah kombinasi dari public cloud dan private cloud. Umumnya, pelanggan cloud hybrid menghosting aplikasi penting bisnis mereka di server mereka sendiri untuk keamanan dan kontrol lebih, dan menyimpan aplikasi sekunder mereka di lokasi penyedia cloud.

Manfaat Cloud Dalam Bisnis

Ada beberapa tren yang mendorong bisnis di semua industri yang mengarah cloud. Bagi sebagian besar organisasi, cara berbisnis saat ini mungkin tidak memberikan kelincahan untuk tumbuh, atau mungkin tidak menyediakan platform atau fleksibilitas untuk bersaing. 

Ledakan data yang diciptakan oleh semakin banyak bisnis digital mendorong biaya dan kompleksitas penyimpanan pusat data ke tingkat yang baru menuntut keterampilan dan alat analitik baru dari TI.

Dalam bisnis, terdapat beberapa manfaat cloud yang bisa didapatkan untuk beberapa sektor, antara lain:

Biaya

Cloud dapat menghilangkan biaya modal yang besar. Dengan cloud, segala pekerjaan menjadi lebih mudah dan tidak ribet daripada Anda membeli banyak hard disk untuk penyimpanan berbagai macam data di bisnis Anda.

Pemulihan Bencana

Benefit ini adalah benefit yang sangat terasa dari penggunaan cloud. Anda tidak memprediksi dimana hard disk terdapat kesalahan yang mengakibatkan data hilang dan tidak bisa direcover. Untuk cloud, dijamin aman.

Perlindungan dan Keamanan Data

Pindah ke cloud menghilangkan sakit kepala dan biaya pemeliharaan keamanan TI. Penyedia cloud yang berpengalaman terus berinvestasi dalam teknologi keamanan terbaru. Tidak hanya untuk menanggapi potensi ancaman, tetapi juga untuk memungkinkan pelanggan memenuhi persyaratan peraturan mereka dengan lebih baik.

Skalabilitas

Skalabilitas cloud dalam komputasi awan mengacu pada kemampuan untuk menambah atau mengurangi sumber daya TI sesuai kebutuhan untuk memenuhi tuntutan yang berubah. Skalabilitas adalah salah satu keunggulan cloud dan pendorong utama popularitasnya yang meledak di kalangan bisnis.

Fleksibilitas

Cloud computing memungkinkan karyawan Anda menjadi lebih fleksibel baik di dalam maupun di luar tempat kerja. Karyawan dapat mengakses file menggunakan perangkat yang mendukung web seperti smartphone, laptop, dan notebook.

Kolaborasi

Kolaborasi cloud memungkinkan tim untuk bekerja sama secara real-time bahkan ketika mereka berada di kota yang berbeda. Ini menyediakan perangkat yang dapat diakses, terjangkau, dan terukur bagi karyawan untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi satu sama lain.

Kelebihan Cloud Computing Untuk Penggunaan Pribadi

Cloud computing menawarkan fleksibilitas, efisiensi, skalabilitas, keamanan, peningkatan kolaborasi, dan pengurangan biaya bagi bisnis modern. Sementara pandemi COVID-19 telah mempercepat adopsi cloud, ketergantungan pada teknologi cloud akan berlanjut pada tahun 2022, terutama dengan pekerjaan hybrid yang menjadi pusat perhatian.

Cloud menunjang kita untuk bekerja dari rumah. Penyimpanan data pun juga bisa mudah dengan menyimpannya di cloud yang membuat storage pada smartphone Anda menjadi lebih lega.

Mengapa Menggunakan Cloud dari AWS

AWS adalah salah satu penyedia layanan cloud terbaik yang ada saat ini. AWS menawarkan banyak sekali fitur cloud yang bisa Anda dapatkan dengan berbagai macam keuntungan yang tidak akan bisa Anda dapatkan di platform yang lain.

AWS memungkinkan Anda memilih sistem operasi, bahasa pemrograman, platform aplikasi web, database, dan layanan lain yang Anda butuhkan. Dengan AWS, Anda menerima lingkungan virtual yang memungkinkan Anda memuat perangkat lunak dan layanan yang dibutuhkan aplikasi Anda.

Platform Cloud Terdepan

Sebagai platform cloud terdepan, AWS akan selalu setiap saat mendengarkan berbagai masukan dari user. Maka dari itu, AWS akan terus menerus untuk berusaha menjadi platform terbaik untuk cloud computing yang bisa diandalkan.

Sebagai platform yang bisa dikatakan terdepan dalam dunia cloud computing daripada yang lain, AWS tidak tanpa alasan bisa menjadi platform cloud terdepan.

Fungsionalitas Terbanyak

AWS punya banyak sarana dan features dibandingkan penyedia cloud lainnya. Seperti teknologi infrastruktur (calculator, penyimpanan, dan database) atau teknologi yang berkembang (machine learning, internet of things (IoT), dll).

Komunitas Pelanggan dan Mitra Terbesar

Berawal dari startup, perusahaan, organisasi sector public, dll. APN dan ISV termasuk ribuan integrator dan puluan ribu. Bahkan akhir 2021 Amazon Web Services (AWS) dapat membuka knowledge center di Indonesia, lebih tepatnya di Jakarta.

Paling Aman

Terbukti jika AWS dirancang sebagai lingkungan komputasi cloud yang paling fleksibel dan aman. Bahkan infrastruktur inti dibangun dengan memenuhi syarat-syarat keamanan untuk militer, bank global, dll.

Laju Inovasi Tercepat

AWS mempunyai banyak inovasi layaknya AWS Lambda dan Amazon SageMaker. AWA Lambda adalah ruang komputasi tanpa server. Sedangkan Amazon SageMaker adalah layanan pembelajaran mesin terkelola.

Keahlian Operasional yang Paling Terbukti

Selama 13 tahun lebih, AWS dipercaya supaya miliki pengalaman operasional paling banyak, skala yang lebih besar dibanding peyedia cloud lainnya.

Keuntungan Menggunakan AWS

Jika Anda memilih AWS untuk cloud yang dipilih, maka Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan dari beberapa faktor antara lain: 

Keamanan

Salah satu manfaat utama AWS adalah keamanan dan kemampuannya yang luar biasa untuk menjaga keamanan informasi Anda, infrastruktur TI, dan banyak lagi lainnya.

Ketersediaan

Tidak peduli seberapa berbakat atau brilian Anda, ada batasan berapa banyak masalah yang bisa Anda pecahkan.

Ini mencakup pengelolaan infrastruktur TI perusahaan Anda. Salah satu manfaat terbesar AWS adalah layanan TI Terkelola tersedia dengan mudah dan dapat membantu menjalankan bisnis Anda menjadi jauh lebih mudah.

Performa

Pilar Efisiensi Kinerja mencakup kemampuan untuk menggunakan sumber daya komputasi secara efisien untuk memenuhi persyaratan sistem, dan untuk mempertahankan efisiensi tersebut seiring dengan perubahan permintaan dan teknologi yang berkembang. Pilar efisiensi kinerja memberikan gambaran tentang prinsip-prinsip desain, praktik terbaik, dan pertanyaan.

Footprint Global

AWS miliki footprint infrastruktur international terbesar dari penyedia cloud mana pun, dan footprint ini berkesinambungan diperluas untuk menopang pelanggan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna akhir, memperluas operasi bersama dengan cepat untuk tiap tiap wilayah atau negara secara virtual, dan untuk memenuhi persyaratan ketersediaan lokal dan penguasaan information mereka.

Skalabilitas

Skalabilitas adalah kemampuan sistem untuk menampung beban yang lebih besar hanya dengan menambahkan sumber daya baik membuat perangkat keras lebih kuat (skala naik) atau menambahkan node tambahan (skala keluar). AWS cloud bisa menampung banyak sekali beban dengan performa yang stabil.

Fleksibilitas

Salah satu manfaat utama AWS adalah fleksibilitasnya. Dengan infrastruktur sesuai permintaan, pada dasarnya tidak ada batasan berapa banyak yang dapat Anda gunakan. AWS memberi Anda berbagai opsi.

Dasar Komputasi Cloud di AWS

AWS cloud memiliki dasar komputasi cloud yang terbilang sangat kuat sehingga Anda tidak akan meragukan lagi AWS untuk Anda pilih sebagai cloud computing yang Anda pilih. Pertimbangan solusi ini harus dapat menangani kebutuhan kamu dibandingkan dengan data center on-premise.

Uraian AWS adalah sebagai berikut:

Ubah Pengeluaran di Muka Menjadi Pengeluaran Variabel

Pengeluaran di wajah (upfront expense) mengacu pada knowledge center, server fisik, dan sumber kekuatan lain yang perlu kamu investasikan sebelum akan menggunakannya. Sedangkan pengeluaran variabel (variable expense) artinya kamu hanya membayar untuk sumber kekuatan komputasi yang kamu konsumsi.

Hentikan Biaya Pengelolaan dan Pemeliharaan Data Center

Komputasi di data center sering kali mengharuskan anda untuk mengeluarkan lebih banyak ongkos dan pas untuk mengelola infrastruktur dan server. Dengan cloud computing, Anda tak harus lagi cemas dapat tugas-tugas ini. Dengan begitu, anda dapat lebih fokus pada aplikasi dan pelanggan Anda.

Berhenti Menebak Kapasitas

Anda tak perlu lagi untuk memprediksi berapa banyak kapasitas infrastruktur yang kamu perlukan sebelum men-deploy aplikasi. Misalnya, Amda dapat meluncurkan Amazon EC2 instance dan memadai membayar untuk waktu komputasi yang digunakan. Daripada mesti membayar sumber daya yang tak terpakai atau berurusan bersama kapasitas yang terbatas, bersama komputasi cloud, Anda dapat manfaatkan kapasitas sesuai keinginan.  

Manfaatkan Skala Ekonomi yang Masif

Dengan memanfaatkan komputasi cloud, anda dapat mewujudkan cost variabel yang lebih rendah daripada yang dapat anda peroleh dari information center on-premise. Penggunaan dari ratusan ribu pelangganlah yang terlalu mungkin AWS dapat meraih skala ekonomi (economies of scale) yang lebih tinggi.

Tingkatkan Kecepatan dan Ketangkasan

Dengan cloud computing, Andamemiliki lebih banyak kala untuk bereksperimen dan berinovasi. Tentu ini tak dapat Anda lakukannya jika memanfaatkan data center on-premise. Misal untuk memperoleh sumber daya baru, mungkin Anda butuh waktu sampai berminggu-minggu.

Mendunia dalam Hitungan Menit

AWS Cloud sangat mungkin untuk Anda bisa meluncurkan aplikasi ke pelanggan di seluruh dunia dengan cepat sekaligus memberikan latensi yang rendah. Ini berarti walau Anda berada di belahan dunia yang berlainan dengan pelanggan, mereka selalu dapat mengakses aplikasi dengan delay yang minimal.

Sehingga dengan menggunakan komputasi cloud dapat memberikan banyak keuntungan seperti misalnya Anda bisa memangkas biaya perangkat komputer fisik, dan efisiensi sumber daya komputasi. Untuk penyedia layanan cloud di Indonesia salah satunya adalah Amazon Web Services (AWS). Mengapa lebih memilih AWS sebagai cloud provider Anda? Ada beberapa hal yang mungkin dapat dipertimbangkan dalam memilih AWS seperti dibawah ini.

Paling aman

Kesampingkan terlebih dahulu harga cloud AWS, karena harga yang ditawarkan ini sangat sepadan dengan apa yang ditawarkan untuk Anda. Misalnya saja keamanan. AWS menggunakan keamanan tingkat militer yang sekelas dengan keamanan tingkat bank global, dan organisasi dengan tingkat perkembangan yang tinggi. 

Selain keamanan tingkat tinggi, AWS juga menyediakan alat keamanan cloud yang mendalam hingga 230 fitur dan layanan keamanan dan tata kelola. AWS juga menunjang 90 standar keamana dan sertifikasi policy, dan juga 117 layanan AWS yang menyimpan data pelanggan, dan tawarkan kapabilitas untuk mengenkripsi informasi tersebut. 

Laju inovasi tercepat

Di AWS Anda dapat menggunakan teknologi terbaru dan akan terus berinovasi dengan cepat. AWS memiliki pengalaman, kedewasaan, keandalan, keamanan, dan kinerja yang tak tertandingi yang sanggup Anda andalkan untuk aplikasi terpenting Anda. Bagaimana masih menganggap harga cloud AWS terlalu mahal? Tentu tidak, karena AWS sudah sangat cocok untuk menangani komputasi cloud Anda sehingga Anda dapat lebih fokus dengan pengembangan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup