Fungsi dan Cara Kerja dari FortiGate Firewall

Fungsi dan Cara Kerja dari FortiGate Firewall

Fungsi dan Cara Kerja dari FortiGate Firewall – Memulai sebuah bisnis diera modern seperti saat ini tentu akan membutuhkan teknologi online yang dapat memadai. Hal ini diperlukan guna untuk memberikan fasilitas baik untuk operasional maupun pemasaran bisnis itu sendiri.

Maka dari itu sebuah perusahaan memerlukan jaringan yang aman terutama bagi perusahaan yang memiliki cabang yang berjumlah lebih dari satu. Keamanan jaringan mutlak diperlukan untuk melindungi perusahaan dari kebocoran data perusahaan hingga peretasan sistem jaringan internal.

Untuk meningkatkan keamanan jaringan dibutuhkanlah sebuah sistem Firewall yang tepat. Maka dari itu diartikel kali ini kita akan membahas salah satu Firewall yang berkualitas seperti Fortigate Firewall.

Apa Itu Firewall ?

Firewall adalah salah satu upaya pengamanan jaringan komputer dari berbagai ancaman di jaringan internet.

Layaknya sebagai penyekat atau dinding pembatas, Firewall ini menyaring berbagai data, informasi, dan lalu lintas apapun dari jaringan internet untuk masuk ke komputer Anda begitu pula sebaliknya.

Seperti yang sebelumnya ingin kita bicarakan adalah fortinet support dan fortinet Firewall. Dari kedua produk keamanan jaringan dari fortinet.

Firewall Fortigate sendiri merupakan jenis Firewall hardware yang memiliki perangkat keras sendiri yang terdapat dalam sistem jaringan seperti halnya router.

Firewall ini memiliki konfigurasi mandiri untuk dapat bekerja secara efektif. Firewall hardware sendiri memiliki teknik filter untuk menentukan paket utama, sumber, dan tujuannya.

Secara internal sistem akan dapat mengetahui berbedaan informasi yang legal dan ilegal menurut aturan yang ditetapkan.

Kemudian filter tersebut akan mengetahui informasi mana yang perlu di drop dan mana yang diteruskan ke tujuan.

Apa Fungsi Firewall

Apa fungsi Firewall yang paling utama adalah mutlak atau wajib digunakan untuk mengamankan jaringan komputer internal Anda di rumah maupun di perusahaan. Selain itu apa saja fungsi Firewall? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Melindungi Data dari Hacker dan Pengguna Tidak Terotorisasi

Fungsi Firewall yang pertama adalah melindungi data internal dari akses luar. Firewall hacker dan pengguna asing tidak dapat terhubung dengan data yang dimiliki.

Dengan begitu data yang tersimpan di komputer Anda akan rawan dicuri apabila tidak menggunakan Firewall.

Block Pesan yang Tidak Diinginkan

Mendapatkan pesan misterius pada komputer Anda tentu akan membuat kita bertanya-tanya apakah komputer kita sudah terinfeksi virus.

Nah benar saja bahwa pesan seperti ini bisa menjadi indikasi bahwa komputer Anda terkena virus yang tidak bisa difilter oleh Firewall bawaan komputer Anda.

Maka dari itu diperlukan Firewall tambahan seperti Firewall Fortigate untuk dapat memblokir pesan spam yang dapat mengganggu data internal Anda.

Block Konten yang Tak Diinginkan

Selain memblokir pesan spam dan memiliki kandungan virus, Firewall dapat memblokir website yang memiliki konten berbahaya.

Anda dapat menyesuaikan secara manual konten-konten yang tidak diperbolehkan dibuka lewat komputer.

Membuat Game Online Lebih Aman dan Nyaman

Bermain game online memang mengasyikan bagi sebagian orang. Namun tahukah Anda bahwa koneksi game online sendiri banyak sekali port yang terbuka yang mana hacker dapat menyisipkan malware ke komputer Anda.

Walaupun kebanyakan server game online sudah dilengkapi dengan keamanan yang canggih. Akan lebih baik Anda menggunakan Firewall tambahan yang dipasangkan ke komputer.

Monitor Bandwidth

Firewall tidak hanya memiliki kemampuan untuk menambahkan kemaanan jaringan saja. Namun juga dapat berfungsi sebagai pemonitor dan menghambat bandwidth yang digunakan.

Contohnya Anda dapat menentukan batasan untuk konten hiburan, gambar, musik, dan memprioritaskan bandwidth untuk urusan bisnis.

Mengakses Layanan VPN

Firewall juga dapat dipakai sebagai fasilitas vpn atau Virtual private Network. Gunanya VPN adalah menciptakan jaringan internal dengan sarana yang sama ana dapat membuka konten atau website yang diblokir pihak ISP.

Hal ini dapat meningkatkan produktivitas, data sharing, dan kebutuhan transmisi data yang lebih aman.

Bagaimana Cara Kerja FortiGate Firewall?

Untuk memahami cara kerja dari FortiGate Firewall, kita perlu mengetahui apa saja kemampuan dari Fortigate Firewall ini.

Fasilitas utama dari Fortigate adalah mencegah serangan DDOS atau Distributed Denial of Service Attacks yang dilakukan hacker untuk menembus sistem keamanan komputer dan mencuri data internal Anda.

Fortigate dilengkapi dengan berbagai teknik pencegahan dari DDOS tersebut, ada 2 jenis teknik berikut ini :

  1. UTM

UTM atau Unified Threat Management adalah sistem yang dibuat untuk menangani masalah keamanan jairngan secara komprehesif.

Dengan menggunakan sistem ini, Fortigate memiliki fitur keamanan yang lengkap seperti firewall, Intrusion Prevention System (IPS), web filtering, antivirus hingga routing dalam satu paket perangkat keras yang lengkap.

Selain itu Fortigate juga menyediakan layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna seperti :

  • Layanan jaringan switching dan routing, baik statis ataupun dinamis.
  • Layanan keamanan jaringan, seperti Firewall, koneksi VPN yang aman dan juga untuk keamanan endpoint.
  • Layanan keamanan aplikasi, yakni dapat mengontrol spam dan virus, penyaringan konten web, dan juga mencegah terjadinya kebocoran data serta kontrol penuh aplikasi. Fitur ini dapat dinonaktifkan jika tidak diperlukan.
  1. FortiGate dilengkapi dengan FortiGuard

Fortiguard adalah fortinet support atau jasa pendukung yang menyediakan layanan beragam update yang berkelanjutan untuk menjamin keamanan jaringan komputer.

Layanan ini juga dapat digunakan untuk mengelola sekaligus memonitor bandwidth internet yang bertujuan untuk mengatur pemakaian akses internet di luar keperluan kantor, atau juga disesuaikan dengan kebujakan perusahaan.

Fitur ini tentu akan berguna untuk mencegah terjadinya kebocoran informasi penting kepada pihak-pihak yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang Cara kerja dari FortiGate Firewall diatas kita mengetahui bahwa ada banyak sekali keuntungan penggunaan Firewall khususnya Fortigate Firewall sebagai Firewall utama untuk jaringan internal Anda.

Mungkin bagi Anda yang bertanya bagaimana cara menerapkan Firewall Fortigate ini di jaringan internal Anda. Anda tidak perlu khawatir karena NETDATA memberikan kemudahan terhadap Anda yang ingin membeli Fortigate Firewall ke jaringan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup