Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server?

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server?

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server ? Mungkin bagi Anda yang ingin membuat situs web baru, akan berpikiran dengan opsi yang sangat umum digunakan karena biayanya yang murah dan juga tidak ribet dengan memilih shared hosting. Bagaimanapun juga, ini tidak salah mengingat memang biayanya yang murah dan tidak ribet. Tentunya menentukan anggaran adalah hal yang penting bukan?

Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan website yang Anda miliki dan kelola tersebut memiliki pengunjung yang tinggi dan juga bisa menghasilkan profit yang tinggi, Anda harus paham jika itu adalah saatnya Anda untuk meningkatkan kualitas website Anda. Ada banyak pilihan dan salah satunya adalah dedicated server. Mungkin Anda sudah pernah merenunginya bukan untuk berpindah kesana?

Namun, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan dedicated server? Dan apa saja kelebihan dan kekurangan dedicated server?

Apa Itu Dedicated Server?

Dedicated server atau Hosting khusus pada dasarnya berarti bahwa situs web Anda memiliki server sendiri untuk dirinya sendiri. Ini menawarkan kekuatan dan fleksibilitas yang luar biasa, tetapi biasanya datang dengan harga premium. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset sebelum memilih untuk membeli jenis paket ini.

Misalnya, sebagian besar situs web memulai dengan paket hosting bersama tetapi segera berkembang melampaui batas paket bersama yang murah itu. Opsi Anda di sini dapat mencakup peningkatan ke server pribadi virtual (VPS) atau server khusus. Terserah Anda untuk mempertimbangkan berbagai opsi.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah bagaimana Anda mengurus website Anda tersebut. ada beberapa jasa yang mungkin Anda harus tahu untuk memanage website Anda seperti managed colocation service Indonesia, managed server Indonesia, dan managed cloud Indonesia.

Semua ini adalah jasa dari pihak ketiga. Seperti colocation server yang berguna untuk membayar biaya bulanan untuk menyewa rack space, power, dan bandwidth. Lalu ada managed server yang berguna untuk mengontrol pembuatan, penyimpanan, dan penginstalan semua kebijakan Server manajemen dapat mengelola lebih dari selusin poin penegakan hukum.

Dan yang terpenting dan pastinya harus Anda terapkan adalah menyewa jasa managed cloud Indonesia. Managed cloud adalah layanan yang membantu organisasi membangun server dan infrastruktur mereka di cloud dengan menangani teknis back-end, memungkinkan perusahaan Anda untuk fokus pada bisnis inti saja, tidak usah memikirkan hal terkait cloud.

Namun, ada juga kelebihan dan kekurangan dedicated server. Semua tentu memiliki sisi yang bagus dan buruk bukan?

Apa Saja Kelebihan Dedicated Server?

Reliabilitas dan Performa Maksimal

Di Shared Hosting, performa situs Anda bergantung pada performa situs lain yang dihosting di server yang sama. Jika salah satu situs tetangga Anda menjadi populer secara tiba-tiba dan menghasilkan lalu lintas yang tinggi, itu akan memengaruhi kinerja situs Anda. Misalnya, ini akan memperlambat situs Anda. Ini akan sangat membuat frustasi bagi pengunjung situs Anda, yang pada gilirannya akan berdampak negatif dari sudut pandang SEO juga.

Dengan dedicated server, masalah ini tidak akan muncul karena Anda tidak perlu berbagi sumber daya server dengan situs lain mana pun. Selain itu, waktu aktif server akan lebih tinggi.

Akses dan Kontrol Penuh

Sejak Anda memilih dedicated server, Anda sudah pasti memiliki server yang bisa Anda akses dan control secara penuh. Anda dapat menginstal software atau aplikasi apa pun yang Anda inginkan. Bahkan, Anda dapat menyesuaikan server sesuai kebutuhan Anda dan memiliki fitur apa pun yang Anda inginkan.

Keamanan

Yang menjadikan kelebihan paling terlihat dan jelas adalah masalah keamanan. Tidak ada masalah tentang ancaman keamanan dari situs tetangga karena tidak ada tetangga, sudah jelas karena ini adalah server Anda sendiri. Selain itu, Anda dapat mengambil langkah-langkah keamanan sesuai kebutuhan Anda, menyesuaikannya sesuai kebutuhan situs web Anda.

Customer Support yang Menjanjikan

Costumer support dari dedicated server juga sangat bisa diandalkan. 24 x 7, sepanjang tahun? Tentu Anda tidak perlu lagi kebingungan jika terjadi masalah pada server Anda. Ini adalah suatu keharusan karena jika Anda menghabiskan begitu banyak uang untuk memiliki server sendiri, itu berarti itu adalah situs penting yang tidak mampu menghadapi masalah apa pun.

Apa Saja Kekurangan Dedicated Server?

Dibalik kelebihan tentu saja ada kekurangan. Untuk dedicated server juga ada kekurangannya. Namun, ini bisa ditoleransi.

Harga

Masalah harga adalah kekurangan yang sangat utama. Bagaimana tidak? Untuk masalah biaya berlangganan sangat berbeda jauh dari shared server. Mengapa harganya mahal? Karena seluruh server dengan semua sumber dayanya didedikasikan untuk situs Anda dan Anda tidak perlu berbagi sumber daya dengan situs lain mana pun.

Namun, untuk harga yang mahal tentu saja ada kualitas yang sangat bagus bukan?

Keharusan Menguasai Sisi Teknis

Mengendalikan dedicated server adalah hal yang cenderung susah. Pengetahuan teknis yang diperlukan diantaranya adalah untuk menyiapkan, menjalankan atau mengelola, menginstal, mengelola, dll. server.

Kesimpulan

Dibalik kelebihan dan kekurangan dedicated server, tentunya untuk masalah kekurangan masih bisa ditoleransi. Untuk masalah biaya, Anda bisa mempercayakannya saja kepada penyedia layanan dedicated server Indonesia yaitu NETDATA. Dengan Anda mempercayakan dedicated server kepada NETDATA, Anda bisa mendapatkan harga yang murah dibandingkan Anda menyewa server ditempat lain.

Selain itu, jika Anda masih bingung masalah penguasaan sisi teknis, NETDATA bisa memberikan Anda layanan berupa managed colocation service Indonesia, managed server Indonesia, managed cloud Indonesia.

Beralih sekarang ke dedicated server demi situs website Anda yang lebih professional dan lebih maju!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup