Sudah Tau Jenis Layanan dalam Cloud Computing?

Cloud Computing

Cloud Computing – Cloud computer merupakan sebuah metode penyampaian berbagai layanan melalui jaringan internet. Sumber daya tersebut meliputi aplikasi penyimpanan data, server, jaringan, data base, dan perangkat lunak.

Dengan cloud computing Anda dapat menyimpan data di penyimpanan cloud tanpa harus takut menyimpan data di kompoter Anda yang beresiko kerusakan file.

Cloud computing adalah alternatif yang paling populer dengan banyak keuntungannya seperti meningkatkan produktivitas, hemat biaya, efisiensi, performa, kecepatan, dan keamanan yang lebih baik.

Kita dapat melihat bahwa banyak sekali perusahaan yang sudah mulai menerapkan cloud computing untuk penyimpanan data.

Memahami Cloud Computing

Darinamanya saja cloud computing yang mana semua informasi dapat diakses dengan metode remote secara online atau ruang virtual.

Perusahaan penyedia layanan cloud menyediakan layanan bagi Anda yang ingin menyimpan data dan aplikasi dari server jarak jauh.

Yang mana hanya membutuhkan sambungan internet saja yang brarti pengguna tidak perlu berada di tempat tertentu yang mana mendapatkan akses filenya.

Cloud computing yang mana bersifat public atau private. Seperti yang Anda ketahui bahwa public cloud menyediakan layanannya secara publik dari internet. Sementara private cloud hanya menyediakan layanan ke orang-orang tertentu. Dan juga untuk pilihan hybrid, yang mengombinasikan baik itu publik cloud ataupun private cloud.

Contoh Pemanfaatan Cloud Computing

Layanan ini memiliki banyak manfaat bagi penggunanya yang mana bisa Anda lihat berikut ini:

  • Memberikan fungsi email seperti Zimbra Mail.
  • Penyimpanan, Backup, dan pengambilan data.
  • Membuat dan menguji aplikasi.
  • Analisis data.
  • Streaming audio dan video.

Cloud computing terbilang layanan yang relatif masih baru, namun sudah digunakan oleh beragam perusahaan mulai dari UKM hingga perusahaan besar. Perusahaan atau kementerian pemerintah, bahkan pengguna individu.

Cloud memiliki layanan seperti pemrosesan bahasa, kecerdasan buatan, dan juga program standar di pekerjaan. Sehingga pengguna tidak perlu hadir secara fisik untuk berada di depan perangkat keras seperti komputer maupun laptop. 

Cara Kerja Cloud Computing

Setiap jenis cloud computing yang memiliki dua faktor yang sama secara umum, yakni data center yang ada di luar dan harus memiliki internet untuk mengaksesnya. Sumber daya pada server dalam data center yang dapat berkumpul menjadi kesatuan yang besar agar siap menampung layanan virtual.

Sumber daya yang dikumpulkan ini dapat diatur supaya bisa lebih fleksibel, sehingga para penggunanya dapat mengakses lebih banyak ruang penyimpanan apabila diperlukan. Namun suber daya sedang tidak digunakan hal ini akan dilepas kembali ke cloud jika memangsudah tidak lagi diperlukan.

Kebutuhan sumber daya pada server biasanya sesuai permintaan yang menawarkan skalabilitas dan fleksibilitas hampir tanpa batas. Hal ini dikarenakan bahwa Anda akan senantiasa berubah atau dinamis.

Keuntungan Menggunakan Cloud Computing

Cloud computing apabila bukan sekedar bisa mengakses data secara remote. Namun berkat layanan ini pengguna dapat mengecek email dari mana saja bahkan Anda dapat menyimpan data darimanapun seperti Google Drive.

Tetapi perusahaan biasanya menggunakan cloud dapat memangkas biaya cukup signifikan. Sebelum adanya cloud, perusahaan harus membeli, membangun dan mengelola informasi teknologi IT mereka sendiri.

Sebaliknya apabila adanya cloud,  perusahaan hany membutuhkan pusat server dan divisi IT untuk memastikan internet yang dimiliki cepat dan stabil, agar para pekerja dapat bekerja lebih baik secara online.

Dengan cloud juga para pekerja atau karyawan yang dapat menghemat ruang penyimpanan di komputer maupun di laptop. Pada saat perangkat lunak atau program yang membutuhkan update, Anda dapat tinggal mengunduhnya secara konvensional seperti halnya menggunakan hardisk.

Sepeerti contoh aplikasi Microsoft Office 365 yang saat ini Anda bisa langsung gunakan tanpa perlu menginstall ke komputer maupun laptop Anda. Anda tinggal membuat browser dan menggunakannya secara online dengan metode berlangganan.

Layanan Cloud Computing

Cloud computing merupakan layanan atau sistem yang terdiri dari tiga layanan yakni : software-as-a-service (SaaS), infrastructure-as-a-service (IaaS), dan platform-as-a-service (PaaS).

SaaS (Software as a Service)

Dengan melibatkan lisensi aplikasi pada penggunanya. Sehingga lisensi ini biasanya diberikan melalui metode pay-as-you-go atau on-demand. Tipe seperti yang ini dapat ditemukan di Microsoft Office’s 365

PaaS (Platform as a Service)

disebut-sebut sebagai yang paling kompleks. PaaS hampir mirip bersama dengan SaaS, tapi perbedaan paling besarnya adalah, alih-alih mengirim suatu perangkat lunak via online, PaaS memang adalah platform untuk sebabkan perangkat lunak yang dikirimkan lewat internet. Contoh berasal dari PaaS seperti Salesforce.com dan Heroku.

IaaS (Infrastructure as a Service)

melibatkan metode untuk mengirimkan suatu file dari sistem operasi ke server dan penyimpanan, lewat konektivitas berbasis IP sebagai anggota dari layanan on-demand. Klien menjadi tidak harus membeli perangkat lunak atau server. Contoh terkenal dari jenis ini adalah Public Cloud dari Indonesian Cloud dan Microsoft Azure.

Itulah beberapa penjalesan dari Netdata, dimulai dari manfaat sampai kegunaan yang bisa anda peroleh jika Anda menggunakan layanan Cloud Computing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup