Cisco Meraki, Worth It Kah?

Cisco Meraki

Cisco Meraki, Worth It Kah? – Cisco Meraki telah kembali membawa manfaat ke dalam sistem cloud di dunia networking. Cisco Meraki menawarkan berbagai keuntungan serta menunjang dalam mengelola solusi wireless, switching, dan keamanan. 

Dengan demikian pelanggan mampu mendapatkan peluang bisnis baru dengan biaya operasional yang dikurangi.

Cisco Meraki ini berdiri diatas jaringan cloud, yang mana menawarkan berbagai layanan cloud management yang cukup lengkap mulai dari wireless LAN, switch Ethernet, Security Appliances, dan manajemen perangkat mobile.

Cisco meraki dengan segala keunggulannya banyak orang yang sudah 10.000 pelanggan menggunakannya di seluruh dunia.

Meraki Cisco Bagus atau Tidak?

Cisco meraki adalah subbrand dari Cisco yang berbasis SD-WAN based yang konfigurasinya secara cloud.

Dengan membuat akun meraki secara online Anda tinggal menghubungkan perangkat Cisco ke online secara otomatis akan di konfigurasi lewat cloud.

Untuk membahas apakah meraki Cisco bagus atau tidak, jika untuk perusahaan yang memiliki lingkup bisnis yang kecil maka Anda bisa menggunakan Cisco meraki dengan konfigurasi sederhananya yang hanya menggunakan satu dasboard saja.

Juga dengan meraki kebutuhan perangkat keras menjadi semakin sedikit dan hemat biaya operasional.

Biasanya konfigurasi SD-WAN tradisional Anda membutuhkan perangkat tambahan yakni controller yang bertugas untuk menghubungkan antar jaringan di beberapa jaringan lokal kantor cabang.

Apakah Cisco Meraki Aman?

Cisco Meraki walaupun dalam produknya sendiri memang tidak memiliki fitur firewallnya. Namun Cisco meraki memiliki ada fitur tambahan next gen firewall yang dapat Anda aktifkan secara manual jika dibutuhkan.

Apakah Cisco Meraki Harus Memakai Lisensi?

Jawabannya adalah tidak bisa, karena  Cisco meraki memiliki controller berbasis cloud sehingga tidak dapat bekerja tanpa menggunakan lisensi.

Jika tanpa lisensi maka perangkat tidak bisa digunakan, tidak bisa  terkoneksi ke cloud, dan traffic data tidak dapat lewat.

Sama halnya Cisco meraki harus menggunakan koneksi internet sehingga tanpa internet tidak dapat mengkonfigurasi sistem controller Meraki itu sendiri.

Asalkan sudah terkonfig lewat cloud dan lisensi sudah masuk maka traffic data akan tetap bisa berjalan walaupun tidak menggunakan internet lagi.

Fitur Utama Cisco Meraki

 Fitur utama Cisco Meraki cukup banyak misalnya controller cloud based, firewall, traffic shaping, berjalan di lapisan aplikasi atau layer 7.

Pada fitur firewallnya juga sudah dilengkapi dengan fitur IPS atau intrusion prevention system sehingga firewall akan mampu mendeteksi adanya ancaman dari jaringan luar. Terutama di wireless yang mampu mendeteksi access point ilegal yang berusaha masuk ke jaringan.

Location analytic, sistem dimana kita dapat mengetahui lokasi perangkat yang dipasang di dalam jaringan sehingga mempermudah maintenance.

Traffic shaping, dimana kita dapat mengatur lalu lintas data didalam jaringan dengan membatasi bandiwidth atau kecepatan data.

Keuntungan Menggunakan Meraki

Jika penggunaan Cisco Meraki dari router, switch, access point menggunakan  brand meraki semua maka keuntungannya adalah kemudahan konfigurasi dengan menggunakan satu dasboard saja.

Dengan begitu kita tidak perlu merekrut staff ahli lagi untuk memaintenance atau mengkonfigurasi secara manual.

Keuntungan menggunakan single dasboard sehingga untuk memonitor juga dapat dilakukan dengan mudah.

Harga lisensi Cisco Meraki Mahal ?

Untuk estimasi penggunaan lisensi Cisco meraki dalam satu tahun berkisar antara 150 dolar. NetData sebagai penyedia lisensi Cisco Meraki yang resmi Anda bisa mendapatkan harga promo untuk 3 tahun hanya 400 dolar saja.

Untuk mendapatkan lisensi Cisco Meraki Anda bisa mendapatkannya lewat distributor NetData.

Kesimpulan

Dalam bahasan diatas, jawaban untuk pertanyaan apakah Cisco Meraki worth it atau tidak adalah tergantung dari kebutuhan Anda.

Jika Anda tidak ingin repot dalam soal konfigurasi, ingin menggunakan satu dashboard yang terpusat, sistem monitoring yang simple maka Cisco meraki ini cocok untuk Anda.

Beli Cisco Meraki dapat dilakukan di distributor atau di partner Cisco resmi yakni NetData. NetData juga menyediakan perangkat Cisco terterlengkap dan termurah di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup