Cara Setting Router Tenda dengan Benar

Cara Setting Router Tenda – Ketika Anda sudah membeli router, hal yuang harus Anda pikirkan adalah bagaimana cara setting router tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari kita bahas dulu bagaimana cara setting router Tenda dengan benar. Karena router Tenda ini bisa dikondisikan dengan berbagai cara dan juga bisa juga di setting dari beragam device.

Cara setting ini cenderung mudah, jadi Anda bisa mengikutinya dengan seksama dan bisa mempraktekkannya sendiri di rumah.

Penjelasan Tentang Wifi

Sekarang ini, yang namanya teknologi nirkabel adalah yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan juga dengan banyak sekali keuntungan daripada teknologi yang masih menggunakan kabel. Teknologi ini biasa disebut dengan wifi.

Wifi menjadi teknologi di mana-mana di laptop lebih dari satu dekade yang lalu dan frasa ini digunakan sehari-hari. Sekarang teknologi jaringan nirkabel dapat ditemukan di jam tangan, telepon, televisi, dan speaker pintar.

Anda mungkin pernah membaca, atau menebak-nebak, bahwa Wifi adalah singkatan dari “wireless fidelity” seperti halnya Hi-Fi yang berarti “high fidelity”.

Sejarah Wifi

Sejarah WiFi panjang dan menarik. Pada tahun 1971, ALOHAnet menghubungkan Kepulauan Hawaii dengan jaringan paket nirkabel UHF. ALOHAnet dan protokol ALOHA masing-masing merupakan pelopor awal untuk Ethernet, dan kemudian protokol IEEE 802.11.

Vic Hayes sering dianggap sebagai “bapak Wi-Fi”. Dia memulai pekerjaan tersebut pada tahun 1974 ketika dia bergabung dengan NCR Corp., sekarang bagian dari pembuat komponen semikonduktor Agere Systems.

Keputusan 1985 oleh Komisi Komunikasi Federal AS merilis pita ISM untuk penggunaan tanpa izin – ini adalah frekuensi dalam pita 2.4GHz. Pita frekuensi ini sama dengan yang digunakan oleh peralatan seperti oven microwave dan dapat mengalami gangguan.

Pada tahun 1991, NCR Corporation dengan AT&T Corporation menemukan pendahulu 802.11, yang dimaksudkan untuk digunakan dalam sistem kasir. Produk nirkabel pertama berada di bawah nama WaveLAN. Merekalah yang dikreditkan dengan menciptakan Wi-Fi.

Astronom radio Australia John O’Sullivan bersama rekan-rekannya Terence Percival, Graham Daniels, Diet Ostry, John Deane mengembangkan paten kunci yang digunakan dalam Wi-Fi sebagai produk sampingan dari proyek penelitian Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO), “eksperimen yang gagal untuk mendeteksi lubang hitam mini yang meledak seukuran partikel atom”.

Pada tahun 1992 dan 1996, CSIRO memperoleh paten untuk metode yang kemudian digunakan di Wi-Fi untuk “menghapus noda” sinyal.

Penjelasan Singkat Wifi

Bagi banyak orang istilah Wifi kini identik dengan “Internet”. Tetapi untuk lebih akuratnya itu hanya standar koneksi nirkabel. Jika Anda menggunakan perangkat nirkabel maka Wifi mungkin membawa Anda koneksi internet, tetapi itu bukan internet.

Wifi pada dasarnya adalah radio digital yang sangat canggih yang menggunakan frekuensi antara 2 gigahertz dan 5 gigahertz dalam spektrum elektromagnetik, yang berada di sekitar area yang sama dengan oven microwave.

Tips Memilih Wifi Sesuai dengan Kecepatan Internet

Jika Anda sedang mencari wifi, tentunya Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara memilih wifi dengan berdasarkan kecepatan internet. Tentunya ketika Anda sedang mencari wifi yang paling terpenting adalah bagaimana untuk kecepatan internetnya.

Kecepatan internet tentunya sangat berpengaruh dalam performa Anda menggunkan internet dari wifi tersebut. Jika wifi tersebut memiliki kecepatan yang tidak bagus, tentunya akan membuat Anda jengkel karena telah membayar internet wifi yang mahal namun dengan kualitas yang tidak bagus.

Berikut ini adalah cara yang bisa Anda terapkan agar tidak kecewa dengan koneksi internet wifi Anda:

  1. Memastikan Jangkauan Lokasi Internet Service Provider

Jangan langsung mendaftar dan abonemen, melainkan untuk mencari tahu terlebih dulu melewati web resmi atau kontak provider wifi tersebut.

  1. Memilih Jenis Kecepatan Provider Wifi Sesuai dengan Kebutuhan

Sesuaikan dengan kebutuhan kamu setelah Anda tahu jika internet provider sudah tercover di daerah Anda. Pilihlah paket internet yang tepat agar Anda tidak membayar paket yang mahal tapi tidak terlalu berguna.

  1. Cari Tahu Melalui Ulasan Maupun Rekomendasi Orang Lain

Untuk bisa mendapatkan layanan internet dari provider wifi secara tepat, kamu memang harus rajin-rajin mencari informasi terkait hal tersebut.

  1. Memilih Jenis Modem Wifi

Pada dasarnya, provider wifi umumnya akan mengirimkan modem dikala kamu mulai berlangganan, tapi modem yang diberikan ini umumnya tak begitu baik.

Perangkat Jaringan Komputer

Terdapat beberapa perangkat komputer yang harus Anda ketahui ketika Anda ingin memasang wifi di rumah Anda. Karena, perangkat jaringan komputer ini sangat berkaitan dengan jaringan internet. Jadi, ketika alat tersebut bermasalah, Anda langsung tahu nama alat itu dan mencari solusi bagaimana ketika perangkat tersebut bermasalah.

Server

Server adalah komputer atau sistem yang menyediakan sumber daya, data, layanan, atau program ke komputer lain, yang dikenal sebagai klien, melalui jaringan. Secara teori, setiap kali komputer berbagi sumber daya dengan mesin klien, mereka dianggap sebagai server. Ada banyak jenis server, termasuk server web, server email, dan server virtual.

Router

Router adalah garis keamanan pertama dari intrusi ke dalam jaringan. Mengaktifkan tingkat keamanan tertinggi pada router akan mengaktifkan hal-hal seperti firewall, dan merupakan cara terbaik untuk menjaga sistem komputer dan informasi Anda aman dari serangan.

Wireless Card

Wireless card adalah peralatan terminal nirkabel, yang digunakan untuk menjelajahi Internet melalui jaringan koneksi nirkabel di bawah jangkauan nirkabel dari jaringan area lokal nirkabel.

LAN Card

Beberapa kartu, seperti kartu PCMCIA, dapat digunakan di laptop. Ada banyak cara lain untuk menghubungkan kartu LAN ke komputer. Beberapa kartu terhubung melalui port USB, beberapa melalui port PCI di dalam komputer, dan beberapa bahkan tertanam di dalam komputer. Sebagian besar laptop saat ini memiliki kartu LAN terintegrasi baik untuk jaringan kabel maupun nirkabel.

Modem

Modem mengubah data menjadi sinyal sehingga dapat dengan mudah dikirim dan diterima melalui saluran telepon, kabel, atau koneksi satelit.

Bridge

Bridge digunakan untuk menghubungkan dua subnetwork yang menggunakan protokol yang dapat dipertukarkan. Ini menggabungkan dua LAN untuk membentuk LAN yang diperluas.

HUB

Saat merujuk ke jaringan, hub adalah perangkat jaringan paling dasar yang menghubungkan beberapa komputer atau perangkat jaringan lainnya secara bersamaan. Tidak seperti switch jaringan atau router, hub jaringan tidak memiliki tabel perutean atau kecerdasan di mana harus mengirim informasi dan menyiarkan semua data jaringan di setiap koneksi.

Switch

Switch, dalam konteks jaringan, adalah perangkat berkecepatan tinggi yang menerima paket data yang masuk dan mengarahkannya ke tujuannya di jaringan area lokal (LAN).

Kabel Jaringan

Kabel jaringan tentunya sangat banyak jenisnya. Dalam jaringan sendiri khususnya untuk wifi rumahan, yang paling umum adalah kabel UTP atau kabel LAN yang menyambungkan antara router dengan device.

Access Point

Perangkat terakhir adalah access point yang merupakan jenis perangkat keras, seperti router nirkabel, yang bertindak sebagai portal koneksi untuk perangkat lain dalam jaringan. Definisi lain berkaitan dengan titik akses sebagai perangkat mandiri yang berfungsi sebagai penghubung antara router dan jaringan area lokal (LAN) untuk mengaktifkan koneksi perangkat.

Fungsi Router

Sebagai salah satu perangkat keras yang sangat berguna untuk membuat jaringan internet wifi, router memiliki berbagai fungsi, diantaranya adalah:

Penghubung Jaringan

Router sangat berguna untuk menghubungkan jaringan bahkan untuk beberapa jaringan. Jaringan yang bisa dihubungkan dengan router termasuk jaringan yang sama atau jaringan yang berbeda. Proses penhubungan ini disebut dengan routing.

Transmisi Informasi

Router memiliki banyak antarmuka dan menerima paket data melaluinya. Ini mengevaluasi alamat jaringan dari paket yang masuk dan memutuskan antarmuka mana yang akan meneruskan paket. Ia menggunakan tabel perutean lokalnya untuk pengambilan keputusan. Ini dapat dikonfigurasi atau dihitung secara statis melalui protokol perutean dinamis seperti OSPF atau BGP.

Penghubung Antara Jaringan dengan DSL

Fungsi router yang terakhir adalah sebagai penghubung antara jaringan dengan DSL. DSL atau Digital Subscriber Line. DSL Router berfungsi sebagai firewall untuk melindungi data dan mencegah ancaman siber yang dimunculkan dari jaringan internet.

Penjelasan Singkat Router

Router adalah perangkat yang berkomunikasi antara internet dan perangkat di rumah Anda yang terhubung ke internet. Seperti namanya, ini “routing” atau “merutekan” lalu lintas antara perangkat dan internet.

Jenis Router

Router sendiri memiliki 2 jenis yang berbeda. Keduanya memang memiliki guna yang sama, namun tergantung kondisi dan juga tergantung dengan keinginan, yaitu router yang masih menggunakan kabel dan juga yang sudah wireless.

Router Kabel

Jika Anda memiliki Internet kabel berkecepatan tinggi di rumah Anda, kemungkinan besar Anda juga memiliki router kabel. Modem kabel dihubungkan ke kabel yang berasal dari dinding, yang mungkin juga menyediakan televisi kabel untuk Anda. Router kabel kemudian dihubungkan ke modem kabel Anda, dan mentransfer sinyal ke komputer di rumah Anda.

Router Wireless

Router nirkabel biasanya ditemukan di rumah. Router jenis ini adalah perangkat keras yang digunakan penyedia layanan Internet untuk menghubungkan Anda ke jaringan kabel atau xDSL Internet mereka. Router wireless, juga disebut router Wifi, menggabungkan fungsi jaringan titik akses nirkabel dan router.

Tips Perawatan Router

Router juga harus memiliki perawatan. Jika Anda tidak merawatnya, tentunya router lama kelamaan akan menjadi rusak atau performanya kurang. Berikut ini adalah tips perawatan router yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak menaruhnya pada lantai. Menempatkan router di lantai bukanlah ialah inspirasi yang baik, sebab router dapat dengan mudah dihinggapi debu dan kotoran yang dapat memicu kerusakan.
  • Hindari kabel yang berminat. Kabel yang pendek dan memberikan tekanan pada port yang menghubungkannya akan membikin masa pakai router menjadi semakin pendek. Kenapa? Sebab port yang dipakai dapat mengalami kerusakan dan Anda tak akan dapat lagi memasang kabel jaringan di sana.
  • Jauhkan dari komputer. Sebagian pengguna menempatkan router di atas komputer. Hal hal yang demikian ialah suatu hal yang kurang ideal sebab router akan terus mendapatkan getaran secara konstan, sehingga dapat menyebabkan kerusakan dini pada router.
  • Jangan pernah mematikannya kecuali Anda benar-benar mesti menjalankannya.
  • Jangan mengupgrade firmware terkecuali benar-benar dibutuhkan.

Produk Tenda Selain Router

Tenda memang terkenal dengan berbagai routernya yang sangat berkualitas. Namun, tahukan Anda jika Tenda tidak hanya sebagai produsen router terbaik, terdapat juga berbagai produk Tenda selain router yang memiliki kualitas terbaik. Diantaranya adalah:

  1. Whole Home Wifi
    Ini adalah solusi terbaik ketika Anda ingin memasang wifi di rumah Anda. Whole home wifi dapat benar-benar menikmati jangkauan di setiap kamar dan setiap sudut rumah Anda.
  2. Modems/Gateaway
    Modem atau gateaway dari Tenda merupakan pilihan terbaik terdapat pocket wifi atau Mifi yang sangat bisa diandalkan.
  3. Network Expansion
    Semakin lama jaringan berada dan berfungsi dengan baik, semakin besar kemungkinan organisasi Anda ingin memperluas fitur dan layanannya. Awalnya, Anda dapat meningkatkan populasi jaringan dengan menambahkan host baru dan memperluas layanan jaringan dengan menyediakan perangkat lunak bersama tambahan. Network expansion dari Tenda bisa diandalkan untuk memperluas jaringan internet Anda.
  4. Smart Home
    Smart home adalah berbagai perangkat rumah yang pintar. Tenda memiliki perangkat smart home seperti colokan listrik pintar dan juga sakelar lampu pintar.
  5. Adapters
    Adapter USB dari Tenda juga menjadi pilihan terbaik ketika Anda ingin menangkap sinyal wifi yang bagus.

Router Tenda

Sebagai awalan saja, router Tenda WiFi atau wireless router Tenda adalah perangkat jaringan router yang berasal dari Cina. Jika kau memiliki bermacam-macam perangkat elektronik yang terhubung ke jaringan WiFi, atau tinggal bersama dengan banyak orang, kau membutuhkan WiFi Tenda sebagai router WiFi untuk menjaga kualitas jaringan konsisten stabil.

Cara Setting Router Tenda

Disini kita akan mencontohkan dengan menggunakan Tenda F3 dan Anda akan menggunkannya sebagai access point yaitu akses internet dari kabel LAN akan dipancarkan lewat wireless.

  1. Dari Modem ISP colokkan pake Kabel LAN ke Port WAN Tenda F3
  2. Port 1 Tenda F3 hubungkan ke Laptop/PC
  3. Buka http://tendawifi.com atau http://192.168.0.1 (IP bawaan pabrik).
  4. Tampilan awal Tenda F3
  5. Ganti Password Dan Nama Wifi
  6. Isi Wifi Name dan WiFi Password klik OK
  7. Selamat, Anda sudah bisa menggunakan router Tenda sebagai access point.

Cara Setting Router Tenda N301

Untuk tutorial kali ini adalah cara setting router Tenda N301 sebagai router dengan menggunakan Mode Router Dynamic.

  1. Pastikan Sumber Internet yang akan diterapkan menggunakan IP DHCP Server (IP tidak ditulis manual).
  2. Pastikan Kabel Ethernet (LAN) yaitu sumber internetnya masuk pada port WAN (sepatutnya) pada router Tenda N301.
  3. Kini hubungkan PC/Laptop/HP yang akan diterapkan untuk setting AP Tenda N301. Pakai kabel atau Wireless dari Tenda N301.
  4. Kemudian, buka chrome/aplikasi pencarian dan tulis IP Gateway dari Tenda N301. Default Tenda biasanya 192.168.0.1 atau reset terlebh dulu dan dapat di lihat di bagian belakang router Tenda N301 akan ada SSID defaultnya sambungkan dengan HP/PC maka akan seketika mengarah ke halaman Konfigurasi (Webpig).
  5. Login secara khusus dulu jika Tenda N301 sebelumnya sudah di setting menggunakan Kata login Webpig.
  6. Masuk pada tab “Online Setting” kemudian pilih mode “Router” dan pilih sumber internetnya melewati trek “Dynamic IP Address”.
  7. Klik OK, maka router Tenda N301 akan terhubung ke internet.
  8. Sekarang Setting SSID Wifi, masuk pada tab “Wireless Setting”.
    • Wifi name = nama ssid wifi kita
    • Security mode = jenis keamanan (kata kunci/tidak)
    • Wifi kata kunci = kata kunci wifi kita
    • Multi SSID = ssid dan passwordnya lebih dari 1
    • Wifi schedule = penjadwalan router hidup dan mati
    • Network mode = yang terupdate yaitu b/gn
    • Wireless Channel = chanel yang diterapkan
    • Wireless bandwidth = bandwidth yang akan di berikan
    • Anti interferensi = router akan mengupdate chanel yang kosong sehingga tidak terjadi interferensi pada jaringan padat.

Selesai, sekarang coba cek apakah internet sudah bisa dilakukan.

Cara Setting Router Tenda Lewat HP

Berikut ini adalah cara setting router Tenda lewat HP yang mudah.

  1. Pertama-tama aktifkan router Tenda yang akan dipakai.
  2. Selanjutnya dapat sambungkan SSID atau sinyal Wifi ke perangkat telpon seluler anda.
  3. Setelah itu buka aplikasi browser, ketik lalu masuk ke 192.168.0.1
  4. Anda akan diberi tuntunan ke web aktivasi Router Tenda.
  5. Kemudian pilih wireless repeating.
  6. Klik pada komponen WISP dan cari SSID yang akan di tembak.
  7. Selanjutnya masukkan kata sandi dan klik OK.
  8. Terakhir kalian dapat tunggu saja hingga Router Tenda yang dipakai aktif kembali.

Cara Setting Router Tenda Biar Cepat

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara setting router Tenda biar cepat. Dengan jaminan ini bisa Anda lakukan dengan mudah.

  1. Colokkan kabel LAN dari salah satu port modem internet ke port WAN (warna biru) pada wifi router Tenda F3, kemudian colokkan juga kabel adaptor listriknya, nyalakan dan tunggu beberapa saat.
  2. Hubungkan komputer/notebook ke Wifi Router Tenda (SSID: Tenda_BE0050) melalui wifi, tanpa password, dan pastikan telah tersambung.
  3. Buka browser semisal Mozilla Firefox untuk mengawali setting dan konfigurasi Wifi Router Tenda F3, kemudian ketikkan alamat IP 192.168.0.1 ke address bar, itu adalah alamat IP dari alat Tenda hal yang demikian
  4. Segera saja cukup merubah Nama SSID Wifi (Wifi Name) kemudian jangan lupa kasih Kata, lalu OK, selesai.

Cara Reset Tenda Wifi

Jika Anda memiliki Tenda wifi dan ingin melakukan reset Tenda wifi entah itu karena router Anda mengalami gangguan, inilah cara yang sangat mudah yang bisa Anda terapkan untuk melakukan reset.

  1. Menemukan tombol reset
    Ini terdapat tombol reset kecil. Umumnya tombol ini berlokasi persis di belakang router.\
  2. Tekan tombol reset
    Sekarang perhatikan lagi router, tekan dan tahan tombol reset. Anda mungkin akan perlu klip kertas untuk menjalankan ini, karena tombol umumnya tersembunyi.
  3. Tahan tombol reset.
    Terus pencet dan tahan tombol reset selama paling sedikit 30 detik.
  4. Reboot router
    Lepaskan tekanan pada tombol tersebut dari router untuk sebagian detik. Ketika Anda menyambung kembali tombol power, router akan melakukan reboot.
  5. Log in ke router
    Sekarang sudah selesai Anda melakukan reset Tenda wifi, dan langkah terakhir adalah untuk log in ke router.

Jual Router Tenda Dimana?

Bagaimana? Sangat mudah bukan untuk setting router Tenda? Sekarang adalah saatnya mencari tahu dimana tempat yang jual router Tenda dimana? Salah satu yang bisa Anda percayakan adalah NetData.

NetData adalah salah satu distributor resmi dari Tenda yang dijamin bisa menawarkan kepada Anda router Tenda dengan harga yang murah dan juga dengan berbagai model yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Sangat mudah untuk setting router Tenda dengan benar, Anda bisa menyesuaikannya saja dengan kebutuhan Anda. Terdapat banyak sekali model router Tenda yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup