Cara Setting Modem ZTE F609

Cara Setting Modem ZTE F609

Cara Setting Modem ZTE F609 Agar Tidak Lemot – Banyak yang mengeluhkan koneksi dari modem ZTE F609 terasa tidak stabil dan merasa itu bukanlah kecepatan yang bisa dihasilkan secara maksimal, pasti bisa lebih maksimal lagi. Kalau bergitu, simak cara untuk setting Modem ZTE F909 Agar stabil dan tidak lemot yuk!

Modem ini merupakan sebuah modem yangbiasanya dipinjamkan oleh salah satu ISP yang sudah terkenal di Indonesia ini. Terkadang banyak usernya yang mengeluhkan tentang modem tersebut tidak stabil koneksinya saat digunakan untuk berinternet seperti donwload, upload, streaming, atau bermain game. Sebelum menelpon pihak ISP untuk komplain, kenapa Anda tidak mencoba setting sendiri saja?

Cara Setting Modem ZTE F609 Agar Internetan Sinyal Kuat

Cara setting ini menurut pengalaman banyak user dari ZTE F609, dan mereka merasa puas dengan hasilnya karena memang terbukti internetan menjadi tidak ada lag atau lemot. Langkah-langkah ini bisa Anda ikuti langsung:

  1. Pastikan Anda terhubung dengan router ZTE F609 yang akan di setting, baik itu untuk koneksi wireless atau menggunakan kabel LAN.
  2. Buka aplikasi browser yang ada pada device terkoneksi Anda disarankan menggunakan Chrome atau Mozilla. Biasanya, router ZTE F609 sudah di setting secara default DHCP dengan IP 192.168.1.1 namun kalau sudah terbubah, Anda bisa mengeceknya sendiri dengan cara “Control panel > Network and internet > Network conections >Double klik Ethernet yang Anda gunakan (LAN/WAN) > Details”. Nanti akan muncul IP dan gateaway jaringan yang Anda gunakan pada modem ZTE F609 tersebut.
  3. Oke, setelah semua itu selesai dan browser yang akan Anda gunakan sudah terbuka, maka masukkan URL IP gateaway router modem sesuai dengan yang Anda gunakan, yaitu 192.168.0.1 yang nantinya setelah Anda klik “Enter” akan muncul tanpilan login dari router modem ZTE F609 Anda.
  4. Untuk user dan juga password default ZTE F609 biasanya adalah”User=user dan Password=user”. Tapi kalau sudah pernah Anda ganti, pasti Anda sudah mengerti langsung.
  5. Pertama kali yang harus Anda lakukan dalam cara setting modem F609 agar tidak lemot adalah dengan menggunakan metode baru yaitu metode seri b/g/n. Fitur ini bisa Anda temukan di “Network > WLAN > Basic”.
  6. Di halaman tersebut, akan muncul berbagai kolom sesuai dengan keterangan. Yang dilakukan selanjutnya adalah memilih channel Wifi Anda. Channel ini amat berpengaruh pada kinerja dari Wifi Anda karena andaikan di daerah sekitar Anda banyak Wifi-Wifi lain, maka dapat terjadi sebuah interferensi jaringan atau tumpang tindih jaringan Wifi Anda bersamaan dengan yang lain. Untuk memilih channel yang bagus, adalah dengan memanfaatkan channel yang kosong atau dengan memilih antara channel 1, 6, dan 11 karena channelnya berjauhan dan mungkin Wifi Anda bisa berjalan dengan optimal.
  7. Jika Wifi Anda adalah Wifi yang mungkin diperuntukkan untuk penggunaan skala kecil misal keluarga, sarannya adalah dengan Hide SSID agar tidak banyak orang yang tahu dan digunakan oleh banyak orang. Hide SSID ini bertujuan untuk authentifikasi 2 langkah, yaitu dengan memasukkan SSID-nya terlebih dahulu, apabila benar memasukan password dengan benar maka user dapat terknoneksi ke intenet.
  8. Anda bisa setting Hide SSID di “Network > WLAN > SSID Settings” centang “enable hide SSID “ dan “ enable SSID”.
  9. Jika ingin performa internet lebih maksimal, maka langkah terakhir adalah dengan membatasi user yang terkoneksi pada jaringan Wifi Anda. Anda bisa mengaturnya di “Maximum Clients”. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda saja.

Seperti itulah cara setting modem ZTE F609 agar tidak lemot. Selamat mencoba dan semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup