Cara Mempercepat Booting Windows 10

Booting Windows 10

Cara Mempercepat Booting Windows 10Komputer telah berkembang jauh sejak zaman kuno, tetapi bahkan dengan kecepatan yang diukur dalam gigahertz dan gigabyte per detik, mereka masih memerlukan beberapa waktu menunggu. Jika Anda bosan scroll sosial media sambil menunggu komputer Anda boot, berikut adalah beberapa cara untuk mempercepat prosesnya.

Windows 10 memiliki fitur yang disebut Fast Startup yang melakukan persis seperti apa kedengarannya, dan ini adalah perhentian pertama yang jelas dalam pencarian Anda. Pada dasarnya, ini adalah semacam mode setengah jalan antara hibernasi dan mematikan. Ini tidak akan menyimpan aplikasi terbuka Anda, seperti halnya hibernasi, tetapi OS bawaan akan masuk ke mode hibernasi, membantu Anda memulai dengan keadaan bersih lebih cepat.

Sebelum membahas berbagai cara bagaimana Anda bisa mempercepat booting windows 10, perlu Anda ketahui terlebih dahulu apa itu Windows.

Apa Itu Windows?

Microsoft Windows, juga disebut Windows dan Windows OS, sistem operation system komputer (OS) yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation untuk menjalankan komputer pribadi (PC). Menampilkan antarmuka pengguna grafis (GUI) pertama untuk PC yang kompatibel dengan IBM, OS Windows segera mendominasi pasar PC. Sekitar 90 persen PC menjalankan beberapa versi Windows.

Versi pertama Windows, dirilis pada tahun 1985, hanyalah sebuah GUI yang ditawarkan sebagai perpanjangan dari sistem operasi disk Microsoft yang ada, atau MS-DOS. Sebagian didasarkan pada konsep berlisensi yang telah digunakan Apple Inc. untuk Perangkat Lunak Sistem Macintosh-nya, Windows untuk pertama kalinya memungkinkan pengguna DOS untuk menavigasi desktop virtual secara visual, membuka “jendela” grafis yang menampilkan konten folder dan file elektronik dengan mengklik tombol mouse, daripada mengetik perintah dan jalur direktori pada prompt teks.

Jenis Windows

Semakin berkembangnya Windows sebagai operasi komputer, tentunya semakin banyak juga versi dari Windows. Mungkin ada dari Kalian yang pernah menggunakan berbagai versi atau seri Windows ini di komputer Anda.

Windows XP

Windows XP adalah rilis utama dari sistem operasi Windows NT yang dikembangkan oleh Microsoft. Ini adalah penerus langsung Windows 2000 untuk pengguna profesional dan Windows Me untuk pengguna rumahan, dan dirilis ke manufaktur pada 24 Agustus 2001, dan kemudian ke ritel pada 25 Oktober 2001.

Sekarang ini Windows XP sudah tidak lagi mendapatkan support langsung dari Windows. Jadi, jika Anda masih menggunakannya, memang masih bisa, tapi untuk beberapa software tidak support dengan operation system ini.

Windows Vista

Windows Vista adalah rilis utama dari sistem operasi Windows NT yang dikembangkan oleh Microsoft. Itu adalah penerus langsung ke Windows XP, yang dirilis lima tahun sebelumnya, pada saat itu merupakan rentang waktu terlama antara rilis berturut-turut sistem operasi desktop Microsoft Windows.

Rumornya, versi Windows yang satu ini banyak yuang menganggapnya gagal. Mulai dari kinerjanya yang lambat, masalah pada kompabilitas, dan kalah eksis dengan Windows XP.

Windows 7

Windows 7 adalah rilis utama dari sistem operasi Windows NT yang dikembangkan oleh Microsoft. Itu dirilis ke manufaktur pada 22 Juli 2009, dan menjadi tersedia secara umum pada 22 Oktober 2009. Ini adalah penerus Windows Vista, dirilis hampir tiga tahun sebelumnya.

Jenis Windows yang satu ini memang sangat banyak yang menggunakannya karena memang sangat bagus, ringan, simple, dan sangat user friendly. Namun, setelah 14 Desember 2020 sudah tidak mendapatkan dukungan dari Windows.

Wndows 8

Windows 8 adalah rilis utama dari sistem operasi Windows NT yang dikembangkan oleh Microsoft. Produk ini dirilis ke manufaktur pada 1 Agustus 2012, dan umumnya ke ritel pada 26 Oktober 2012.

Walau mendapatkan banyak kritikan dan Windows selalu berupaya untuk mengampanyekan untuk menggunakan Windows 8 daripada Windows 7, namun tetap saja kritikan yang ada berasal dari user sangatlah masuk akal. 

Windows 8 sangat pas untuk penggunaan tablet, namun tidak cocok untuk penggunaan PC atau laptop. Karena Windows 8 sangat mendukung untuk multitasking dan melakukan pekerjaan ringan.

Windows 10

Windows 10 adalah rilis utama dari sistem operasi Windows NT yang dikembangkan oleh Microsoft. Ini adalah penerus Windows 8.1, yang dirilis hampir dua tahun sebelumnya, dan dirilis ke manufaktur pada 15 Juli 2015, dan dirilis secara luas untuk masyarakat umum pada 29 Juli 2015.

Sampai sekarang ini, Windows 10 masih banyak digunakan dan memang paling umum jika Windows 10 masih mendapatkan support system dari Windows secara langsung.

Lisensi Windows

Sebenarnya gratis untuk menginstal Windows 10 tanpa kunci lisensi. Itulah sedikit OS Microsoft yang sebenarnya perlu Anda beli karena OS itu sendiri memiliki masa tenggang yang lebih lama. Namun, fungsionalitas terbatas tanpa kunci asli.

Maka dari itu, sangat perlu jika Anda menggunakan Windows dengan menggunakan lisensi. Dan lebih bagusnya lagi, di Windows 10 tersedia dengan lisensi seumur hidup untuk satu PC, sehingga dapat ditransfer saat PC diganti.

Booting Windows 10 Lama

Mem-boot Windows 10 dengan hard drive SSD sangat cepat. Namun, terkadang jika Windows lambat untuk boot, Anda harus memeriksa alasan di baliknya.

Windows 10 dirancang untuk mempercepat kinerja perangkat keras, tetapi terkadang, Microsoft tidak memenuhi janjinya untuk beberapa pengguna.

Masalahnya bisa berupa masalah perangkat keras atau perangkat lunak, masalah dengan manajer startup, atau terkadang GPU (Graphical Processing Unit).

Cara Mempercepat Booting Windows 10

Cara untuk mempercepat booting Windows 10 sebenarnya sangat banyak, diantaranya adalah:

  1. Instal pembaruan terbaru
  2. Hapus Virus atau Malware untuk Memperbaiki Startup Lambat Windows 10
  3. Nonaktifkan Program Startup yang Tidak Perlu di Pengelola Tugas
  4. Upgrade ke SSD akan Mempercepat Startup Windows 10
  5. Defragmentasi Hard Drive Komputer untuk Mengatasi Waktu Booting yang Lambat
  6. Windows 10 Boot Lambat Setelah Pembaruan dengan Pemeriksa File Sistem
  7. Perbarui Driver Tampilan untuk Mengatasi Boot Lambat Windows 10
  8. Ubah Urutan Boot BIOS untuk Memperbaiki Windows 10 Lambat Setelah Pembaruan
  9. Tingkatkan Page File Size
  10. Perbarui BIOS Anda
  11. Jalankan Pemecah Masalah Pembaruan Windows
  12. Aktifkan/nonaktifkan Fast Startup

Mempercepat Booting Windows 10 dengan Fast Startup

Windows 10 memiliki fitur yang disebut Fast Startup yang melakukan persis seperti apa kedengarannya, dan ini adalah perhentian pertama yang jelas dalam pencarian Anda. Pada dasarnya, ini adalah semacam mode setengah jalan antara hibernasi dan mematikan. Ini tidak akan menyimpan aplikasi terbuka Anda, seperti halnya hibernasi, tetapi OS bawaan akan masuk ke mode hibernasi, membantu Anda memulai dengan keadaan bersih lebih cepat.

Reboot tidak terpengaruh, jadi jika Anda mengalami masalah dengan Pembaruan Windows atau masuk ke BIOS Anda, Anda mungkin harus me-restart PC Anda untuk melakukan tugas-tugas itu daripada mematikan.

Pada banyak mesin, ini mungkin diaktifkan secara default, tetapi jika Anda pernah mematikannya atau jika karena alasan tertentu tidak diaktifkan di desktop yang Anda buat sendiri. Anda dapat membalik sakelar dengan cukup mudah.

Buka Pengaturan> Sistem> Daya & Tidur dan klik tautan Pengaturan Daya Tambahan di sisi kanan jendela. Dari sana, klik Choose What the Power Buttons Do, dan Anda akan melihat kotak centang di sebelah Turn on Fast Startup dalam daftar opsi.

Jika berwarna abu-abu, Anda harus mengklik tautan Ubah Pengaturan yang Saat Ini Tidak Tersedia di bagian atas jendela itu terlebih dahulu, lalu aktifkan fitur Mulai Cepat. Pastikan untuk mengklik tombol Save changes setelah selesai.

Cara Mempercepat Booting Windows 10 dengan msconfig

Ada juga cara untuk bisa mempercepat booting Windows 10 dengan menggunakan msconfig. Cara ini terbilang sangat mudah untuk bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah caranya:

  1. Klik Start -> Run dan ketik msconfig.
  2. Pilih tab Services, dan pindai melalui daftar. Hapus apa pun yang menurut Anda tidak perlu ada di sana. Biasanya jika itu adalah layanan perusahaan Microsoft, biarkan saja.
  3. Pilih tab Startup, hapus perangkat lunak atau aplikasi yang tidak Anda muat saat startup. Gunakan Perintah memberitahu Anda di mana aplikasi tertentu di diinstal. Hal-hal yang Anda hapus centang di sini tidak akan dimuat pada startup Windows berikutnya.
  4. Klik Ok dan restart komputer Anda. Dan lihat perubahannya Anda bisa merasakan kecepatan booting Windows 10 pada device Anda.

Jika Anda terdapat kesalahan pada pengaturan, Buka General Tab dan pilih Normal Startup dan semuanya akan kembali seperti semula.

Kesimpulan

Menurut NetData Windows 10 memang menjadi sebuiah system operation yang bagus dan masih kompetibel sampai sekarang. Namun, semakin lama Anda menggunakannya pastinya terdapat masalah yaitu berupa booting yang lama. Namun, semua itu masih bisa diselesaikan dengan berbagai cara diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup