Cara Cek IP Address Orang Lain Ampuh!

find out IP address

Cara Mengetahui IP Address Orang Lain – Sekarang ini Anda sangat mudah mudah sekali menemukan berbagai informasi di internet. Dengan semakin mudahnya mencari informasi di internet ini, tentunya tak lepas dari yang namanya IP address yang merupakan salah satu komponen dimana Anda bisa berselancar di internet mencari berbagai informasi dan hiburan yang Anda inginkan. 

IP address ini terdapat di berbagai device yang terkoneksi dengan internet seperti PC, laptop, android, iOS. 

Sebenarnya apa itu IP address? Dan apakah Anda tahu jika IP address orang lain bisa Anda lihat dengan mudahnya? Mari kita simak apakah sebenarnya Cara Cek IP Address orang lain itu berguna ataukah berbahaya?

Penjelasan Network

Network atau juga bisa disebut dengan jaringan merupakan beberapa komputer yang terkoneksi sehingga dapat saling membagi sumber daya maupun data.

Network Adalah?

Network adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang dapat mengkoneksikan sebuah atau lebih komputer yang terhubung melalui jalur transmisi alat komunikasi sehingga membentuk satu sistem utuh.

Dengan jaringan maka memungkinkan komputer mampu mengakses data dari komputer lainnya walaupun berlainan wilayah.

Fungsi Dari Network

Adapun dari beberapa fungsi network antara lain:

Menentukan tujuan data pada sebuah jaringan

Fungsi pertama dari network layer jaringan komputer adalah untuk menentukan target dari sebuah data di jaringan.

Sehingga pada saat data ditransmisikan lewat jaringan tentu memiliki tujuan. Misalnya adalah server yang menuju ke komputer klien.

Mendefinisikan alamat IP

Fungsi utama dari network layer adalah yakni menentukan tujuan data dari sebuah jaringan dengan menggunakan alamat IP.

IP address ini adalah sistem pengalamatan dari jaringan komputer yang menggunakan protocol TCP/IP yang terdapat pada komponen network interface card atau NIC yang memiliki alamat IP.

Membuat header pada peket – paket data yang ada

Header merupakan sebuah penamaan atau judul dari sebuah paket data yang akan di kirimkan. Header ini memiliki potongan data yang akan di transmisikan lewat jaringan komputer.

Tugas network layer ini adalah memberikan header atau judul pada paket data tersebut supaya bisa disatukan menjadi utuh kembali.

Melakukan proses routing

Proses routing mirip dengan perangkat keras seperti router yang memiliki proses yang sama.

Proses routing ini membuat layer network dapat mengirimkan setiap paket data yang masuk ke dalam jaringan komputer menuju lokasi masing-masing sesuai dengan IP address.

Jenis-jenis network

Di artikel yang membahas cara cek IP address yang tentu Anda penasaran apa saja jenis-jenis network berikut ini:

LAN (Local Area Network)

Lan atau local area network berfungsi untuk mengkoneksikan perangkat jaringan dalam kondisi jangkauan yang kecil misalnya untuk jaringan sekolah, kantor, ataupun rumah.

WAN (Wide Area Network)

WAN adalah kumpulan dari LAN yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN untuk menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, serta frame relay yang digunakan konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan jaringan yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan ruang lingkup Kota menjadi satu jaringan yang sama.

PAN (Private Arean Network)

PAN ini memiliki cakupan wilayah yang lebih kecil misalnya hanya untuk rumah saja. Serta hanya digunakan untuk keperluan internet ataupun printer saja.

CAN (Campus Area Network)

CAN seperti namanya yang mana digunakan untuk memenuhi kebutuhan jaringan di dalam kampus. Jaringan ini biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan lap komputer, email, kelas, dan sebagainya.

Macam  – Macam Perangkat Pendukung Network

Banyak perangkat komputer yang memiliki fungsi dan peran yang penting untuk mendukung sebuah jaringan. Berikut ini adalah beberapa perangkat yang mendukung network:

Server

Server adalah sebuah perangkat komputer yang menyediakan berabgai layanan pada komputer klien yang terhubung dengannya.

LAN card

LAN card atau kartu LAN memiliki fungsi menghubungkan antara dua ataupun lebih komputer dengan menggunakan media kabel LAN.

Tugas dari lan card adalah mengubah aliran data dari pararel menjadi serial sehingga dapat ditransmisikan melalui kabel UTP.

Kabel jaringan

Kabel jaringan adalah media transmisi berbentuk kabel yang digunakan untuk menghubungkan antar dua komputer atau lebih yang tadinya kita bahas menggunakan lan card. Kabel jaringan ini bisa berbentuk kabel UTP, STP, Coaxial, ataupun fiber optik.

Hub dan Switch

HUB serta switch adalah kedua jenis perangkat jaringan yang berbeda namun memiliki fungsi yang hampir sama yakni menghubungkan antara beberapa komputer dalam satu jaringan atau lebih.

Namun begitu switch memiliki keunggulan di segi fitur yang lebih cerdas dan dapat mengatasi tabrakan data yang bisa terjadi di dalam HUB.

Router

Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga data dapat dikirim dari satu jaringna ke jaringan lain.

Bridge

Bridge adalah perangkat jaringan dengan memiliki fungsi memperluas suatu jaringan sekaligus membuat sebuah segmen jaringan.

Bridge akan menentukan sebuah alamat IP pada ethernet dari setiap titik yang masing-masing segmen network. Kemudian bridge akan menyeleksi data mana yang diizinkan untuk dipindahkan.

Cara kerja dari bridge ini mengenali alamat MAC yang mentransmisi sebuah data ke jaringan, bridge akan membuat tabel internal secara otomatis.

Modem

Modulator demodulator atau modem adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk sinyal digital sinyal analog atau sebaliknya.

Data yang berbentuk sinyal akan diubah menjadi sinyal analog untuk dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Ada beberapa jenis modem yang sering ditemui di modem ADSL, modem USB, modem Mifi dan lain sebagainya.

Repeater

Repeter merupakan perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk meneruskan serta menguatkan sinyal WiFi agar dapat menyebarkan lebih luas ke area lainnya.

Wireless card

Wireless card adalah perangkat jaringan berbentuk kartu yang mana dipasangkan pada komputer untuk dapat menghubungkan komputer ke komputer lainnya tanpa menggunakan kabel.

Apa Itu IP Address?

IP address adalah alamat unik yang mengidentifikasi perangkat di internet atau jaringan lokal. IP adalah singkatan dari “Internet Protocol,” yang merupakan seperangkat aturan yang mengatur format data yang dikirim melalui internet atau jaringan lokal.

Intinya, IP address adalah pengidentifikasi yang memungkinkan informasi dikirim antar perangkat di jaringan: alamat tersebut berisi informasi lokasi dan membuat perangkat dapat diakses untuk komunikasi. Internet membutuhkan cara untuk membedakan antara komputer, router, dan situs web yang berbeda. IP address menyediakan cara untuk melakukannya dan merupakan bagian penting dari cara kerja internet.

IP address adalah serangkaian angka yang dipisahkan oleh titik. Ini juga dinyatakan sebagai satu set empat angka dan alamat contoh mungkin 192.158.1.38. Setiap angka dalam set dapat berkisar dari 0 hingga 255. Jadi, rentang pengalamatan IP lengkap berkisar dari 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255.

IP address tidak acak. Mereka secara matematis diproduksi dan dialokasikan oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA), sebuah divisi dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). ICANN adalah organisasi nirlaba yang didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1998 untuk membantu menjaga keamanan internet dan memungkinkannya untuk digunakan oleh semua orang. 

Setiap kali seseorang mendaftarkan domain di internet, mereka melalui pendaftar nama domain, yang membayar sedikit biaya kepada ICANN untuk mendaftarkan domain tersebut.

Fungsi IP Address dalam Jaringan

IP address melayani dua fungsi utama. Ini mengenali host, atau lebih khusus antarmuka pengguna jaringannya, dan menyediakan lokasi host di jaringan, dan karenanya kemampuan mengembangkan jalur ke host itu. IP address juga mengizinkan informasi untuk dikirim dan diterima oleh pihak yang benar, yang menunjukkan bahwa mereka juga dapat digunakan untuk melacak ip address lokasi fisik pengguna.

Protokol – Protocol Yang Bekerja Pada Network Layer

Di jaringan yang ada namanya aturan atau juga dapat disebut dengan protokol yang memiliki lapisan-lapisan.

Berikut ini adalah beberapa protokol atau aturan yang memiliki perannya masing-masing:

IP (Internet Protocol)

Sebelum mengetahui cara cek IP address tentu kita perlu mengetahui apa itu IP address. IP address adalah serangkaian angka yang dijadikan identitas sebuah perangkat yang akan dihubungkan ke internet atau perangkat jaringan lainnya.

Fungsi dari angka ini adalah untuk memastikan bahwa alamat yang dituju sudah tepat. Untuk panjang rangkaian angka pada IP address antara 0.0.0.0 sampai 255.255.255.255.

Ip Public

IP public merupakan jenis IP address yang dapat digunakan untuk berkomunikasi di luar jaringan lokal atau yang terkoneksi ke internet.

Namun kebalikannya private IP address, IP publik ini tidak tersedia secara gratis yang mana diberikan dan di atur oleh penyedia layanan internet.

Ip Address Hp

Untuk cara cek IP address di HP Anda dapat masuk ke menu pengaturan, kemudian klik tentang ponsel, lalu status, maka alamat IP akan muncul.

Ip Address Android

Cara Cek IP Address di Android sebenarnya sama dengan HP pada umumnya yakni seperti berikut ini:

  1. Buka menu Settings pada ponsel.
  2. Pilih menu About Phone atau Tentang Ponsel.
  3. Pindahkan ke bawah lalu ke alamat IP.

Cara Penulisan Ip Address

Salah satu yang paling penting dari sebuah network layer adalah protokol jaringan komputer tersebut. Berikut ini ada beberapa protokol jaringan yang bekerja pada lapisan network layer:

ARP

ARP atau Address Resolution Protocol yang bertugas untuk memberikan resolusi kepada alamat jaringan komputer. Hal ini serupa dengan networl layer yang mengetahui serta mengidentifikasi alamat IP dari tiap-tiap komputer yang digunaekan yang terhubung ke dalam jaringan komputer.

ICMP

ICMP merupakan kependekan dari Internet Control Message Protocol. Protokol ini menyediakan memberikan fungsi untuk memberikan dan mengirimkan notifikasi dan pesan apabila terjadi masalah di proses pengiriman data, server, host, atau juga IP address yang dituju tidak ditemukan.

RARP

RARP adalah kependekan dari reverse address resolution protokol. Protokol di network layer ini memiliki tugas dan fungsi yang mengetahui alamat fisik di sebuah komputer atau NIC dengan menggunakan alamaet IP di komputer.

IGMP

IGMP atau Internet Group Message Protocol merupakan protokol yang digunakan untuk memberikan fasilitas pesan di grup penerimae pada jaringan komputer.

Cara Cek IP Address

Cara termudah untuk mendapatkan alamat IP publik Anda adalah dengan Google. Ketik “apa alamat IP saya” atau “cara menemukan alamat IP saya”, dan Google akan memberi tahu Anda meskipun tidak akan mengungkapkan ISP (internet service provider) atau lokasi Anda.

Pencarian internet mengungkapkan alamat IP publik Anda, yang digunakan perangkat lain secara online untuk berkomunikasi dengan Anda melalui model TCP/IP. Anda tidak akan dapat mengidentifikasi alamat IP lokal Anda secara online.

Cara Cek IP Address dengan Command Prompt (CMD)

The Windows Command Prompt tools juga dapat membantu Anda mendapatkan alamat IP publik Anda. Inilah cara menemukan alamat IP eksternal Anda dengan Command Prompt.

  1. Buka menu Mulai dan ketik cmd.
  2. Masukkan perintah berikut ke Command Prompt dan tekan Enter:

nslookup myip.opendns.com resolver1.opendns.com

Cara Kerja IP Address

Saat Anda online internet untuk mengirim email, Anda mengakses jaringan yang terhubung ke internet itu sendiri atau jaringan yang memberi Anda akses ke internet. Mungkin itu menghubungkan ke penyedia layanan internet apa pun yang Anda miliki di rumah atau menggunakan jaringan perusahaan di kantor atau public.

Untuk melakukan ini dengan benar, komputer Anda menggunakan protokol internet, dan alamat IP Anda digunakan sebagai alamat pengirim virtual untuk membuat sambungan.

Sidebar: Membaca Alamat IP

Blok digit heksadesimal yang membentuk alamat disebut oktet. Oktet ini membuat skema pengalamatan yang mengakomodasi tipe jaringan yang berbeda. (Ada lima kelas jaringan yang berbeda, A-E.)

IP address dibagi menjadi dua bagian: alamat jaringan dan alamat host (host = perangkat tertentu di jaringan).

Di sinilah semuanya datang bersama-sama. Beberapa oktet pertama dalam IP address mengidentifikasi jaringan. Jumlah oktet yang tepat tergantung pada kelas jaringan. Misalnya, dalam alamat Kelas A, bagian jaringan terdapat dalam oktet pertama, sedangkan alamat lainnya digunakan untuk menunjukkan subnet dan host. Dalam alamat Kelas B, dua oktet pertama adalah bagian jaringan, sedangkan sisanya untuk subnet dan host, dll.

Jenis – Jenis IP Address

Seperti penjelasan diatas, IP address sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang semuanya memiliki definisi yang berbeda-beda serta kegunaan yang mungkin berbeda sedikit antara satu dengan yang lain.

IP Address Public

Ini adalah address di mana satu alamat utama dikaitkan dengan seluruh jaringan Anda. Dalam IP address public, setiap perangkat yang terhubung memiliki alamat IP yang sama.

Jenis IP address public ini diberikan ke router Anda oleh ISP Anda.

IP Address Private

Jenis IP ini adalah nomor IP unik yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet rumah Anda, yang mencakup perangkat seperti komputer, tablet, ponsel cerdas, yang digunakan di rumah Anda.

IP address private juga kemungkinan mencakup semua jenis perangkat Bluetooth yang Anda gunakan, seperti printer atau printer, perangkat pintar seperti TV, dll. Dengan meningkatnya industri produk internet of things (IoT), jumlah IP address private yang mungkin Anda miliki di rumah sendiri berkembang.

IP Address Dynamic

Jenis IP ini selalu berubah. Ini bersifat sementara dan dialokasikan ke perangkat setiap kali terhubung ke web. IP address dynamic dapat cara melacak ip address asalnya ke kumpulan alamat IP yang digunakan bersama di banyak komputer.

IP address dynamic adalah jenis alamat protokol internet penting lainnya. Ini aktif untuk jangka waktu tertentu; setelah itu akan kadaluarsa.

IP Address Static

Jenis IP address static adalah alamat IP yang tidak dapat diubah. Sebaliknya, IP address dynamic akan ditetapkan oleh server Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), yang dapat berubah. IP address static tidak pernah berubah, tetapi dapat diubah sebagai bagian dari administrasi jaringan rutin.

IP address static konsisten, yang ditetapkan sekali, yang tetap sama selama bertahun-tahun. Jenis IP ini juga membantu Anda mendapatkan banyak informasi tentang perangkat.

IP Address Versi 4 (IPv4)

Internet Protocol version 4 (IPv4) adalah bilangan bulat 32-bit yang dapat dinyatakan dalam notasi heksadesimal. Format yang lebih umum, yang dikenal sebagai quad bertitik atau desimal bertitik, adalah x.x.x.x, di mana setiap x dapat berupa nilai antara 0 dan 255. Misalnya, 192.0.2.146 adalah alamat IPv4 yang valid.

IP Address Versi 6 (IPv6)

IPv6 adalah versi terbaru dari Internet Protocol, yang mengidentifikasi perangkat di internet sehingga mereka dapat ditemukan. Setiap perangkat yang menggunakan internet diidentifikasi melalui alamat IP-nya sendiri agar komunikasi internet dapat berfungsi. Dalam hal itu, ini seperti alamat jalan dan kode pos yang perlu Anda ketahui untuk mengirim surat.

Shared IP Address

Shared IP address adalah alamat yang dibagikan di antara beberapa domain yang berbeda. Shared IP address paling banyak digunakan oleh bisnis kecil yang menggunakan host WordPress terkelola atau penyedia hosting bersama.

Saat Anda mempertimbangkan IP private vs IP shared, ingatlah shared IP dapat memberikan dampak paling besar pada pemanfaatan sumber daya Anda (yaitu keuntungan Anda). IP shared harus menghosting beberapa domain. Tidak melakukannya hanya membuat Anda menghabiskan lebih banyak uang daripada yang diperlukan.

Dedicated IP Address

Dedicated IP address secara mudahnya domain Anda diberi alamat IP yang tidak dibagikan atau digunakan oleh domain lain mana pun. Ini adalah rumah domain Anda di web.

Anda dapat menganggap ini sebagai saluran telepon khusus. IP dedicated biasanya ditetapkan ke domain Anda oleh penyedia hosting WordPress Anda atau merupakan add-on yang dapat dibeli dengan sedikit biaya.

Kelas IP Address

Langkah pertama dalam merencanakan pengalamatan IP di jaringan Anda adalah menentukan kelas jaringan mana yang sesuai untuk jaringan Anda. Setelah Anda melakukan ini, Anda dapat mengambil langkah kedua yang penting: dapatkan nomor jaringan dari otoritas pengalamatan InterNIC.

Saat ini ada tiga kelas jaringan TCP/IP. Setiap kelas menggunakan ruang alamat IP 32-bit secara berbeda, menyediakan lebih banyak atau lebih sedikit bit untuk bagian jaringan dari alamat tersebut. Kelas-kelas tersebut adalah kelas A, kelas B, dan kelas C.

Kelas D hanya digunakan untuk multicast, dan kelas E khusus untuk tujuan eksperimental.

Kelas A

Kelas alamat IP ini digunakan ketika ada sejumlah besar host. Dalam jenis jaringan Kelas A, 8 bit pertama (juga disebut oktet pertama) mengidentifikasi jaringan, dan sisanya memiliki 24 bit untuk host ke jaringan itu.

Contoh alamat Kelas A adalah 102.168.212.226. Di sini, “102” membantu Anda mengidentifikasi jaringan dan 168.212.226 mengidentifikasi host.

Address Kelas A 127.0.0.0 hingga 127.255.255.255 tidak dapat digunakan dan dicadangkan untuk fungsi loopback dan diagnostik

Jaringan Kelas B

Dalam alamat IP kelas B, alamat biner dimulai dengan 10. Dalam alamat IP ini, angka desimal kelas yang dapat berkisar antara 128 hingga 191. Angka 127 dicadangkan untuk loopback, yang digunakan untuk pengujian internal pada mesin lokal. 16 bit pertama (dikenal sebagai dua oktet) membantu Anda mengidentifikasi jaringan. Sisa 16 bit lainnya menunjukkan host dalam jaringan.

Contoh alamat IP Kelas B adalah 168.212.226.204, di mana *168 212* mengidentifikasi jaringan dan *226.204* membantu Anda mengidentifikasi host jaringan Hut.

Jaringan Kelas C

Kelas C adalah jenis alamat IP yang digunakan untuk jaringan kecil. Di kelas ini, tiga oktet digunakan untuk membuat indentasi jaringan. IP ini berkisar antara 192 hingga 223.

Dalam jenis metode pengalamatan jaringan ini, dua bit pertama diset menjadi 1, dan bit ketiga diset ke 0, yang menjadikan 24 bit pertama alamat mereka dan bit sisanya sebagai alamat host. Sebagian besar jaringan area lokal menggunakan alamat IP Kelas C untuk terhubung dengan jaringan.

Contoh untuk alamat IP Kelas C:

192.168.178.1

Jaringan Kelas D

Alamat kelas D hanya digunakan untuk aplikasi multicasting. Kelas D tidak pernah digunakan untuk operasi jaringan biasa. Kelas ini mengalamatkan tiga bit pertama yang disetel ke “1” dan bit keempatnya disetel untuk digunakan untuk “0”. Alamat Kelas D adalah alamat jaringan 32-bit. Semua nilai dalam rentang digunakan untuk mengidentifikasi grup multicast secara unik.

Oleh karena itu, tidak ada persyaratan untuk mengekstrak alamat host dari alamat IP, sehingga Kelas D tidak memiliki subnet mask.

Contoh untuk alamat IP Kelas D:

227.21.6.173

Jaringan Kelas E

Alamat IP Kelas E didefinisikan dengan memasukkan empat bit alamat jaringan awal sebagai 1, yang memungkinkan Anda berdua untuk memasukkan alamat dari 240.0.0.0 hingga 255.255.255.255. Namun, kelas E dicadangkan, dan penggunaannya tidak pernah ditentukan. Oleh karena itu, banyak implementasi jaringan membuang alamat ini sebagai tidak terdefinisi atau ilegal.

Contoh untuk alamat IP Kelas E:

243.164.89.28 

Contoh IP address

Mungkin salah satu contoh IP address yang sering Anda temui berbentuk seperti ini:

192.158.1.38.

Setiap angka dalam set dapat berkisar dari 0 hingga 255. Jadi, rentang pengalamatan IP lengkap berkisar dari 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255.

Mengapa Jaringan Menggunakan IP Address

Jika berbicara tentang mengapa jaringan harus menggunakan IP address, mungkin akajn cukup rumit untuk menjelaskannya. Dan daripada Anda mendapatkan penjel;asan yang berbelit-belit, langsung pada intinya saja.

Intinya, alamat IP adalah pengidentifikasi yang memungkinkan informasi dikirim antar perangkat di jaringan: alamat tersebut berisi informasi lokasi dan membuat perangkat dapat diakses untuk komunikasi. Internet membutuhkan cara untuk membedakan antara komputer, router, dan situs web yang berbeda. IP address menyediakan cara untuk melakukannya dan merupakan bagian penting dari cara kerja internet. 

Cara Mengetahui IP Address Orang Lain

Sekarang, mulai pada pembahasan inti. Bagaimana cara mengehtahui IP address wifi orang lain? Cara ini mungkin bisa dikatakan berguna ketika Anda bisa memanfaatkannya demi segi keamanan jaringan Anda. 

Cara Mengetahui IP Address Wifi Orang Lain 

  1. Pertama, buka Command Prompt di komputer Anda.
  2. Selanjutnya, ketikkan ARP -A dan tekan Enter.
  3. Nantinya, akan muncul hasil daftar IP address yang terhubung dalam jaringan wifi. Cek gambar di bawah.

Pada Interface, tercatat nomor IP address komputer atau perangkat Anda.

Sedangkan pada Internet Address, itu merupakan daftar nomor IP address perangkat yang terhubung di jaringan wifi yang sama dengan Anda.

Cara Mengetahui IP Address Wifi Orang Lain yang Sedang Online

Cara ini adalah dengan memanfaatkan website Grabify.

  1. Temukan tautan yang menarik bagi seseorang, dan bicaralah dengan orang itu secara online.
  2. Jangan bagikan tautan ke orang tersebut terlebih dahulu tetapi bagikan dengan alat pembuat IP seperti IP logger dan Grabify. Untuk cara melacak IP address.
  3. Dengan asumsi Anda menggunakan Grabify, buka situs web di tab yang berbeda.
  4. Paste URL itu di kotak dialog Grabify dan klik opsi Create URL.
  5. Sistem akan memuat dan menyediakan kotak dialog Grabify yang dihasilkan, yang dapat Anda gunakan.
    Jika Anda masih curiga penyusup akan mengetahuinya, pilih untuk menyesuaikan URL.
  6. Bagikan tautan ini dengan orang tersebut dengan memikatnya untuk menerima atau
  7. menyukai foto Anda.

Tunggu saat pengguna menerima tautan Anda. Oleh karena itu, Anda dapat menyegarkan situs Grabify untuk menangkap detailnya. Anda dapat menyematkan tautan ini dengan layanan pelacakan IP untuk mengidentifikasinya juga.

Cara Cek IP Address WhatsApp Orang Lain

Cara ini bisa dengan menggunakan Grabify. Hal tersebut terdengar bagus di atas kertas, tetapi tidak semua orang menyukainya. Sejumlah besar pengguna di Internet waspada terhadap tautan yang dipersingkat. Bagi saya pribadi, saya tidak akan membahayakan privasi dan keamanan saya untuk tautan yang dipersingkat. 

Jika tautan tidak penuh, saya tidak akan mengunjunginya atau menggunakan alat untuk menemukan URL yang tersembunyi di balik tautan yang dipersingkat dan kemudian menggunakan URL lengkap itu secara langsung.

Ya, ada alat yang dapat Anda gunakan untuk mengungkapkan tautan yang tersembunyi di balik tautan yang dipersingkat, dan dengan demikian, target Anda mungkin pintar menggunakannya dan menghindari tipuan Anda. Lalu apa yang kamu lakukan? Bergantung pada keterampilan pengkodean Anda dan seberapa penting menemukan alamat IP target, Anda dapat membuat pencatat IP kustom Anda sendiri.

Membuat pencatat IP kustom Anda sendiri untuk WhatsApp berarti mengetahui cara menulis kode, membeli domain kustom, dan menghostingnya baik pada paket hosting gratis atau berbayar. Keuntungan membuat pencatat IP Anda sendiri dibandingkan menggunakan yang sudah jadi seperti Grabify adalah Anda dapat menyesuaikannya dengan fitur yang Anda suka.

Cara Cek IP Address No HP Orang Lain

  1. Pertama, satu kartu sim dapat memiliki nomor yang berbeda sehingga untuk cara melacak IP address Anda memerlukan ID sim yang unik untuk kartu sim dan IP ditetapkan untuk ID sim unik tersebut.
  2. Kedua, Anda tidak diberi IP yang sama setiap kali Anda terhubung ke internet. Penyedia telekomunikasi tidak memiliki cukup IP untuk menetapkan satu untuk setiap individu sehingga mereka mempertahankan kumpulan IP gratis yang mereka tetapkan saat Anda terhubung ke internet.
  3. Jadi tidak mungkin Anda bisa melacak IP address seseorang dengan nomor telepon mereka.

Cara Melindungi IP Address

Jika dilihat-lihat, tentunya hal diatas memang sangat berbahaya jika orang lain yang menggunakan cara untuk melindungi IP address bisa berakibat fatal. Berikut ini adalah cara yang paling bagus untuk melindungi IP address dari orang yang tidak bertanggungjawab.

Cara Melindungi IP Address dari Hacker

Pada dasarnya ada dua metode yang dapat Anda pilih untuk menyembunyikan alamat IP Anda. Salah satunya menggunakan server proxy, dan yang lainnya menggunakan jaringan pribadi virtual atau biasa disebut VPN. Salah satunya akan cukup, tetapi ada beberapa kontra yang terkait dengan server proxy yang membuat VPN menjadi pilihan yang lebih optimal bagi banyak orang.

VPN bekerja dengan cara yang agak mirip dengan server proxy. Saat Anda menghubungkan perangkat Anda ke VPN sebelum online, perangkat Anda akan tampak berada di jaringan yang sama dengan tempat VPN beroperasi. Data lalu lintas internet Anda akan dikirim ke VPN melalui koneksi aman dan diarahkan dengan tepat ke situs yang ingin Anda kunjungi, secara efektif menjadikan alamat IP Anda pribadi dan tersembunyi.

Saat ini, siapa pun yang ingin meningkatkan keamanan perangkat dan aktivitas internet mereka disarankan untuk menggunakan VPN. Ini terutama benar jika Anda sering terlibat dalam aktivitas internet saat menggunakan Wi-Fi publik. Mengakses akun pribadi saat menggunakan Wi-Fi publik adalah risiko keamanan yang sangat besar, tetapi saat menggunakan VPN, ia menawarkan lebih banyak perlindungan dari peretas. Koneksi VPN dienkripsi dan aman.

Kesimpulan

Dari keterangan di atas NetData menyimpulakn, dengan adanya IP address yang aman, maka device Anda terhindari dari berbagai macam gangguan dari orang yang tidak bertanggungungjawab. Dan ketika Anda sudah tahu bagaimana cara mengehtahui IP address orang lain, sebaiknya gunakanlah dengan bijak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup