Cara Membeli SSL Certificate Gampang Banget!

SSL Certificate

Cara Membeli SSL Certificate – Dunia Internet memang semakin ramai digunakan para penggunannya sehingga pemilik website atau domain merasa membutuhkan sebuah proteksi agar websitenya aman dan stabil. Maka dari itulah pembahasan kali ini kita akan lebih berfokus dalam cara membeli SSL certificate indonesia yang baik dan benar.

Pembahasan Mengenai Website

Era modern dapat mempermudah manusia dalam melakukan banyak hal. Hal ini berkaitan dengan penemuan internet yang revolusioner mampu menghubungkan berbagai sektor secara online.

Saat ini kebutuhan akan informasi dapat diakses menggunakan internet melaelui website atau situs web. Website adalah kumpulan dari beberapa halaman situs yang terdapat di dalam domain atau sub domain yang ada di WWW world wide web di internet.

Pengertian Website Berdasarkan Para Ahli

Pengertian website menurut para ahli adalah sebagai berikut :

Website merupakan kumpulan dari halaman website yang saling terhubung dan terkait dengan file. Website ini terdiri dari halaman atau kumpulan halaman yang namakan homepage.

Homepage berada dalam posisi teratas dengan halaman-halaman terkait yang ada di bawahnya. Bahwa setiap halaman di bawah homepage ini akan berisi oleh hyperlink ke halaman lain dalam website menurut Gregorius, 2000.

Sedangkan menurut Hakim Lukmanul, 2004. Website adalah merupakan fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen di website ini disebut dengan web page dan link dalam website yang memungkinkan pengguna yang dapat berpindah dari satu page ke page lain atau hypertext, baik itu halaman yang disimpan dalam server yang sama maupun server di seluruh dunia.

Menurut Sholechul Azis, 2013. Website adalah halaman informasi yang menyediakannya lewat jalur internet sehingga dapat diakses di seluruh dunia selama adanya jaringan internet. Website sendiri adalah komponen atau kumpulan komponen yang terdiri text, suara, gambar dan animasi yang menarik pengunjung.

Jenis – Jenis Website

Adapun jenis website dibagi berdasarkan sifat, tujuan, dan bahasa pemrograman menurut buku CMM website interaktif MCMS Joomla (CMS).

Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya website dibedakan menjadi:

Website Dinamis

Website dinamis adalah website yang menyediakan konten atau isi yang berubah-ubah setiap saat misalnya adalah website media berita.

Website Statis

Website statis yang menggunakan konten sangat jarang diubah misalnya, profil organisasi dan sebagainya.

Berdasarkan Tujuannya

Sedangkan berdasarkan tujuannya, jenis website dibedakan berdasarkan:

Personal Website

Situs website yang berisi tentang informasi pribadi seseorang.

Corporate Website

Situs website yang memberikan informasi tentang profil perusahaan.

Portal Website

Portal website yang memiliki beragam layanan misalnya layanan email, berita, dan jasa-jasa lainnya.

Forum Website

Yakni merupakan situs website yang difungsikan sebagai sarana diskusi para pengunjung.

Website Pemerintah

Website pemerintah terdapat berbagai sarana termasuk e-banking, e-payment, e-procurement dan sebagainya.

Berdasarkan Bahasa Pemrograman Yang Digunakan

Adapun jenis website yang berdasarkan dari segi bahasa pemrogaman yang digunakan yang dibagi menjadi dua yakni:

Server Side

Server side atau website yang digunakan bahasa pemrograman yang tergantung dari tersedianya server seperti PHP, ASP, dan lainnya. Jika tidak ada server yang hidup maka website yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman yang tidak dapat berfungsi sebagai mestinya.

Client Side

Website ini tidak membutuhkan server untuk menjalankannya yang mana cukup dapat diakses melalui browser. 

Fungsi Website

Fungsi utama website adalah untuk memberikan informasi. Dengan adanya informasi website ini dapat digunakan untuk mengubah pengunjung menjadi prospek. Dalam mengubah pengunjung situs web menjadi prospek, pengelola website dapat menyediakan formulir agar pengunjung situs website menjadi prospek. 

Untuk dapat mengubah pengunjung menjadi prospek maka pengelola website dapat menyediakan formulir supaya pengunjung dapat menyampaikan alamat email dan informasi lainnya sehingga menjadi prospeke yang teridentifikasi.

Prospek ini bisa menjadi berbagai tujuan beberapa perusahaan memiliki situs web dan menggunakan prospek dalam mengembangkan bisnis, menjangkau pelanggan dan pengunjung dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

Adapun beberapa fungsi website yang paling umum yang dijelaskan melalui buku sistem informasi peminjaman ruangan sebagai berikut:

Fungsi Komunikasi

Adapun fungsi website sebagai komunikasi pada umumnya terdapat di situs web dinamis. Jenis situs web dinamin ini dibuat menggunakan server side sehingga fasilitas yang disediakan meliputi komunikasi, seperti web mail, form contact, chatting form, dan sebagainya.

Fungsi Informasi

Website yang menyediakan informasi yang mengedepankan kualitas konten yang merupakan tujuan utamanya.

Fungsi informasi dalam sebuah website meliputi teks dan grafik yang dapat di unduh dengan cepat. Website informasi yang paling umum adalah fungsi informasi.

Fungsi Hiburan

Fungsi hiburan yang mana website ini sebagai sarana yang menyuguhkan animasi, gambar, dan elemen bergerak yang dapat meningkatkan presentasi desain. Misalnya situs game online, musik, film, dan lain sebagainya.

Fungsi Transaksi

Website sebagai fungsi transaksi yang dijadikan sarana transaksi bisnis berupa barang, jasa, dan lain sebagainya. Dengan fungsi transaksi website dapat menghubungkan pelaku bisnis, konsumen, dan komunitas tertentu. Serta dapat memberikan fasilitas pembayaran yang dapat dilakukan menggunakan kartu kredit, transfer, atau untuk membayar secara langsung.

Apa Itu Sertifikat SSL?

Apa itu Sertifikat SSL? SSL certificate adalah singkatan dari Secure Socket Layer. SSL ini bertujuan agar bisa melindungi pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet.

Singkatnya SSL ini adalah protokol pengaman data yang terjadi pada domain  atau website Anda dengan para pengaksesnya. Sehingga website Anda aman dari hacker dan pengakses juga aman dari penguntit.

Fungsi Sertifikat SSL

Fungsi atau alasan mengapa Anda menggunakan sertifikat SSL antara lain:

Terhindar dari pencurian data

SSL dirancang untuk melindungi akses data dari pencurian data. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan enkripsi atau pengacakan data sensitif. Sehingga para pengakses website Anda tidak dapat sembarangan membaca data yang Anda kirimkan.

Menghindari kesalahan pengiriman data

SSL juga dapat berfungsi sebagai otentikasi atau authentication. Maksudnya SSL certificate adalah memastikan Anda mengirimkan informasi ke alamat tujuan bukan ke tempat lain atau ke pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Meningkatkan Reputasi Website

Dengan menggunakan SSL maka pengakses website Anda akan melihat bahwa diarea address bar muncul ikon seperti kunci yang menandakan bahwa SSL sudah diaktifkan di domain Anda. Sehingga menimbulkan rasa aman pada pengakses website. 

Meningkatkan Ranking Website di Mesin Pencari

Google sebagai mesin pencari lebih memiliki website yang memiliki sertifikat SSL. Bahkan Google sendiri sudah melarang pengguna untuk mengakses website yang tidak bersertifikat SSL. 

Maka dari itu secara tak langsung website dengan SSL memiliki peningkatan rangking yang lebih cepat ketimbang website yang tidak memiliki SSL

Harga SSL Certificate

Setiap penyedia layanan beli SSL menawarkan harga SSL certificate indonesia yang berbeda-beda. Namun untuk Anda yang di Indonesia Anda bisa membeli sertifikat SSL di tempat yang terpercaya seperti misalnya NetData.

NetData adalah perusahaan IT dan teknologi yang menawarkan berbagai kebutuhan teknologi untuk menunjang kebutuhan bisnis Anda salah satunya adalah penyedia beli SSL yang terbaik.

Sertifikat SSL Gratis?

Mungkin ada sebagian orang yang bertanya apakah ada sertrifikat SSL gratis untuk domain website Anda? Jawabannya memang ada beberapa layanan penyedia domain dan CMS seperti WordPress, cPanel, dan lainnya dengan mengaktifkan fitur SSL di platform tersebut.

Namun jangan harap Anda mendapatkan proteksi SSL yang terbaik karena tetap saja SSL gratis tidak lebih baik dari SSL yang berbayar dengan fitur yang lebih lengkap serta proteksi yang lebih baik.

Cara Membeli SSL Certificate Indoneisa

Adapun beberapa cara membeli SSL certificate indonesia atau lebih tepatnya adalah tips bagaimana Anda memilih SSL yang tepat bagi kebutuhan website Anda, mari kita simak penjelasan berikut :

Pastikan Tahu Kapasitas Dan Pengunjung Website Anda. 

Pastikan bahwa kapasitas dan website Anda memiliki pengunjung yang cukup banyak sehingga Anda tidak merasa rugi dengan membeli sertifikat SSL yang mahal sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beli SSL Dengan Harga SSL Certificate Yang Sesuai Budget

Penggunaan SSL memang cukup penting bahkan bagi website dengan pengunjung yang sangat ramai. Namun begitu pastikan Anda membeli sertifikat SSL dengan harga SSL certificate yang sesuai dengan budget Anda.

Beli SSL Ditempat Yang Terpercaya

Untuk membeli SSL saat ini sudah cukup mudah yakni dengan membeli dibeberapa penyedia domain hingga beli di perusahaan IT seperti NetData. Dengan begitu SSL yang Anda beli sudah dipastikan berkualitas dan memiliki tingkat keamanan lebih.

Sesuaikan Website Dengan Tipe SSL Yang Ada. 

Jika Anda hendak membeli SSL di NetData maka Anda bisa memilih beberapa tipe SSL yang sesuai dengan kebutuhan Anda yakni Domain Validation SSL, Business Validation SSL, dan Extended Validation SSL. 

Perbedaan antara ketiga SSL tersebut adalah dari jenis dan tipenya yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya website bisnis atau toko online maka Anda bisa membeli Extended Validation SSL yang memiliki Green Bar. 

Penyedia Sertifikat SSL Terpercaya

Sempat dibahas diatas membeli di penyedia sertifikat SSL terpercaya yakni NetData. Lalu apa keuntungan membeli SSL di NetData? :

  • Setiap produk SSL certificate akan mendapatkan bantuan pemasangan atau instalasi yang terperinci.
  • NetData menyediakan hotline support untuk proses konfigurasi via remote.
  • Mendapatkan kemudahan dalam pemesanan sertifikat SSL hanya dengan melampirkan tipe SSL dan alamat domain Anda.

Demikian bahasan kita tentang SSL yang mungkin bisa menjadi referensi Anda dalam membeli SSL yang Anda butuhkan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup