Begini Cara Setting Fortigate 1000d

Begini Cara Setting Fortigate 1000d

Fortigate 1000d – Bagi Anda yang memang sekarang ini berkecimpung dalam dunia IT, mungkin yang namanya firewall sudah bukan hal yang tidak diketahui, terlebih bagi yang bekerja atau memang menggiati dalam dunia jaringan, sudah pasti tahu apa itu firewall. Dan, kali ini kita akan membahas yang masih ada kaitannya dengan firewall, apalagi kalau bukan produk dari Fortinet yaitu Fortigate 1000d.

Sebelum membahas lebih lengkap tentang produk ini, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui berkaitan dengan firewall terlebih dahulu.

Firewall yaitu salah satu tipe network security yang lebih diketahui sebagai metode keamanan jaringan yang berfungsi untuk mencegah jalan masuk link yang tak diharapkan dari sebagian tipe serangan jaringan dari maupun ke dalam jaringan internal.

Fortigate memang sudah tidak perlu diragukan lagi untuk masalah firewall. Dengan adanya Fortigate 1000d ini, pastinya untuk urusan firewall pada lalu lintas jaringan Anda akan menjadi lebih aman dan juga lebih bisa berjalan dengan baik.

Sekilas Tentang Fortigate

Fortigate merupakan salah satu brand dari Fortinet. Fortigate ini memang berfokus pada SD-WAn yang mengedepankan firewall. 

Ini bukan rahasia lagi, Fortigate, merupakan next gen firewall dari pemimpin IT Cyber Security Fortinet, memberikan perlindungan ancaman utama untuk bisnis dari semua ukuran. Memanfaatkan prosesor keamanan yang dibuat khusus dan intelijen ancaman dari FortiGuard, firewall Fortigate memberikan kinerja dan perlindungan yang tak tertandingi sambil menyederhanakan jaringan Anda.

Fortinet menawarkan model FortiGate untuk memenuhi persyaratan penerapan apa pun, mulai dari seri FortiGate-20 tingkat pemula untuk kantor kecil dan jaringan ritel hingga seri FortiGate-1500 untuk perusahaan besar.

Mengenai FortiGate

Fokus utama dari metode firewall yang ditawarkan oleh FortiGate ialah untuk menangkis serangan hacker berbasis Distributed Denial of Service Attacks (DDoS) secara real-time. Variasi serangan ini dikerjakan oleh beberapa metode komputer yang menargetkan sebuah server, metode maupun jaringan. Nantinya akan membuat traffic dalam metode hal yang demikian benar-benar tinggi hingga server tak dapat menghandle permintaan dan perintah apa saja.

Kalau serangan hal yang demikian terjadi pada metode, server maupun jaringan sebuah perusahaan, hal ini tentunya akan berpengaruh buruk pada keamanan database perusahaan. Oleh maka, FortiGate memiliki beberapa fitur yang menjadikannya sebagai salah satu metode firewall terbaik yang dapat menyelesaikan serangan DDoS.

Pentingnya Fungsi Firewall Pada Jaringan Kantor

Sekarang kita akan membahas bagaimana firewall ini merupakan komponen yang sangat penting didalam jaringan kantor. Tentunya jika dilihat secara umumnya saja, ini bisa menjadi sangat penting dikarenakan Anda sebagai pemiliki perusahaan tidak akan tahu apakah ada orang yang tidak bertanggungjawab yang masuk ke jaringan pada kantor Anda dan mencuri berbagai dokumen penting milik kantor.

Tentunya hal tersebut sangat tidak menguntungkan bukan? Bahkan bisa merugikan untuk perusahaan Anda.

Selain masalah tersebut, ada beberapa fungsi firewall yang sangat penting untuk jaringan kantor, diantaranya adalah:

Fleksibilitas Manajemen Yang Ditawarkan

Fleksibilitas yang tinggi dalam hal manajemen dengan bermacam-macam perangkat dari vendor yang berbeda-beda, dan salah satunya adalah Forigate yang menawarkan keuntungan ini.

Dengan adanya perangkat ini, kita tak perlu melakukan pembaruan satu persatu pada masing-masing perangkat untuk menyesuaikan dengan perangkat keamanan. Tapi, kita hanya perlu melakukan setting pertama kali pada perangkat keamanan tersebut.

Ini membuat staff yang bekerja untuk mengatur jaringan pada kantor Anda merasa memiliki waktu yang lebih luang untuk bisa berfokus pada pekerjaannya yang lain daripada harus melakukan pembaruan satu persatu device yang tentunya dapat memakan waktu dan juga tenaga.

UTM Fortinet Yang Diberikan

UTM (Unified Threat Management) yaitu metode dikhususkan untuk menangani keadaan sulit keamanan jaringan secara komprehensif. Dalam program ini, Fortigate memiliki beberapa fitur seperti firewall, Intrusion Prevention System (IPS), laman filtering, antivirus sekalian routing dalam satu paket hardware yang sangat lengkap.

Disamping itu Fortigate juga dilengkapi dengan pelbagai layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, seperti:

  • Layanan jaringan mencakup switching dan routing, baik yang bersifat statis ataupun dinamis.
  • Layanan keamanan jaringan, mencakup firewall, koneksi VPN yang aman, serta keamanan endpoint.
  • Layanan keamanan aplikasi, mencakup kontrol pada spam dan virus, penyaringan laman, serta kontrol aplikasi dan mencegah terjadinya kebocoran data. Fitur ini malah bisa di nonaktifkan sekiranya tak dibutuhkan oleh pengguna.

Fitur Virtual Domain (VDoms)

Sangat penting bagi Anda yang sedang mencari firewall terbaik adalah memiliki Fortigate. Mengapa? Tentunya karena adanya fitur Virtual Domain.

Virtual domain yang ditawarkan oleh Fortinet ini yakni salah satu fitur yang memberi jalan masuk menuju berjenis-jenis perusahaan dengan administrator yang berbeda, tetapi tetap dengan unit fisik yang masih sama. Tujuannya agar masing-masing bisa menjaga konfigurasi yang spesifik, tanpa memberikan pengaruh berlebihan antara satu dengan yang lain.

Proteksi FortiGuard

Fortigate dilengkapi dengan fitur FortiGuard. Apa itu FortiGuard?

FortiGuard yaitu jasa support dalam menyediakan layanan berbagai update yang berkelanjutan, untuk menjamin keamanan jaringan komputer. Layanan ini juga bisa dipergunakan untuk mengatur penggunaan bandwidth internet, untuk mengatur penggunaan akses internet di luar kebutuhan kantor, atau disesuaikan dengan kebijakan perusahaan. Fitur ini diperlukan terlebih untuk mencegah terjadinya kebocoran informasi penting terhadap pihak-pihak yang tak diharapkan.

Cara Mudah Backup dan Restore Di Fortigate 1000d

Backup dan restore ialah dua hal yang penting, terlebih bila anda seorang IT infrastruktur maka mengetahui backup dan restore ialah sebuah keharusan.

Bagaimana caranya untuk melakukan backup dan restore untuk Fortigate 1000d? berikut penjelasan secara singkatnya yang pastinya sangat mudah untuk Anda pahami:

Backup

  1. Silahkan akses Fortigate Anda melewati browser, maka Anda akan mendapatkan tampilan seperti di bawah ini, silahkan Anda isi dengan user dan kata kunci Fortigate Anda.
  2. Pada menu dashboard klik gambar user di pojok kanan atas, pilih configuration >> Backup
  3. Setelah itu, Anda akan mendapatkan tampilan untuk menu backup, Anda bisa mengarahkan file backupnya ke local PC atau ke USB Disk. Setelah itu klik OK.

Silahkan tunggu sampai backup configurasi selesai. Kemudian simpan ke folder yang Anda inginkan.

Restore

  1. Silahkan Anda klik user profile di pojok kanan atas, kemudian pilih Configuration >> Restore (seperti yang muncul pada gambar di bawah ini)
  2. Selanjutnya Anda akan mendapatkan halaman restore seperti di bawah ini, silahkan pilih yang Anda inginkan untuk merestore dari local PC atau dari USB Disk, browse file backup fortigate kemudian isi kata kunci fortigate Anda, lanjut dengan klik OK

Silahkan tunggu, dan lihat hasilnya.

Cara Apply IPS di Fortigate 1000d

Selanjutnya adalah mengenai cara untuk apply IPS di Fortigate 1000d. Dan ternyata, caranya sangatlah mudah, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Cara pertama adalah, pastikan license IPS telah terinstall dan telah update.
  2. Sistem cek nya masuk ke menu System->Fortiguard
  3. Langkah berikut nya yaitu melakukan cek IPS profile atau Anda juga dapat custom ips profile di menu Security Profiles->Intrusion Prevention. untuk menambah atau melihat list profile Anda dapat mengikuti cara dibawah ini.
  4. Dan berikut ini merupakan contoh list nya. bila Anda ingin membuat profile baru, Anda dapat pilih create new.
  5. Ips profile belum bisa jalan bila Anda belum menjalankan apply rule di tahapan security policy. Caranya adalah, Anda masuk ke menu Policy & Objects ->IPv4 Policy ->Create New atau Anda bisa apply di rule existing.
  6. Langkah selanjutnya adalah monitor. Untuk melakukan monitor, Anda bisa cek di menu Log & Report ->Intrusion Prevention. Dan berikut ini adalah contoh log IPS.

Anda bisa lihat log nya di forticloud jika firewall Anda terintegrasi dengan forticloud atau di fortianalyzer, forticloud tentu Anda harus beli.

Informasi Lainnya Tentang Setting Fortigate ada di NDS

Mungkin itu saja untuk pembahasan tentang Fortigate 1000d. Apakah Anda masih banyak pertanyaan mengenai setting Fortigate 1000d? tenang saja, Anda bisa menghubungi langsung NETDATA yang merupakan partner resmi dari Fortigate.

Berbagai setting untuk Fortigate 1000d bisa Anda temukan dan Anda praktekkan dengan mudah, cepat, dan juga dengan jaminan cara yang benar di NETDATA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup