Aruba Instant On, Solusi Pentingnya Internet di Masa Pandemi

Aruba Instant On

Aruba Instant On – Masa pandemi COVID memang masih belum berakhir. Masih ada banyak sektor industri atau perkantoran yang membuat kebijakan untuk bisa bekerja dari rumah saja tau istilahnya adalah Work Form Home (WFH). Kebijakan seperti itu pun menuntut para karyawan untuk bisa mendapatkan internet yang cepat di rumahnya.

Selain itu, kantor yang sudah menetapkan kebijakan Work From Office juga perlu meningkatkan koneksi internetnya lagi. Jika kantor Anda memiliki banyak karyawan tentunya akan banyak device yang terhubung pada wifi kantor, maka dari itu, Aruba Instant On adalah solusi yang paling tepat untuk koneksi yang handal karena access point ini dibekali dengan berbagai fitur yang menarik dan juga dijamin koneksi yang dipancarkan sangatlah bagus.

Internet

Sebelum membahas tentang Aruba Instant On, ada baiknya jika Anda mengerti terlebih dahulu tentang internet. Karena memang, access point sangat berkaitan dengan internet. Dan internet untuk masa kini memang terbilang sangat penting bahkan menjadi kebutuhan primer untuk sebagian besar orang.

Bayangkan saja, mencari uang sekarang mengandalkan internet, berkomunikasi juga mengandalkan internet, mencari informasi pun juga mengandalkan internet juga bukan?

Pengertian Internet

Internet adalah istilah yang paling umum digunakan di dunia saat ini dan memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari orang. Tetapi ada banyak pertanyaan, jawaban yang perlu diketahui orang.

Jadi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan internet? Internet adalah sebuah sistem global komputer yang saling berhubungan, menggunakan suite Protokol Internet standar untuk komunikasi dan berbagi informasi disebut Internet.

Awal Mula Terciptanya Jaringan Internet

Jadi, internet tidak terjadi dan muncul begitu saja, ada awal mula terciptanya yang membuat internet bisa Anda gunakan untuk sekarang ini. dan tentu saja memiliki sejarah dan perkembangan yang panjang dan masih akan terus berkembang untuk kedepannya.

Orang juga wajib mengetahui bahwa tidak mungkin satu orang mengembangkan sesuatu seluas dan sekompleks Internet sendirian. Itu adalah upaya gabungan dari beberapa peneliti dan pemrogram bahwa Internet ditemukan.

Diberikan di bawah ini adalah beberapa poin penting yang memainkan peran yang sangat penting dalam pengembangan Internet dan menjadikannya salah satu sumber daya yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

  • Perkembangan pertama adalah pengenalan interaksi jaringan host-to-host. Ini pertama kali diamati di ARPANET pada tahun 1969. Ini dikembangkan oleh Advanced Research Projects Agency (APRA) dari Departemen Pertahanan, A.S. Ini adalah salah satu penggunaan umum pertama dari jaringan komputer.
  • Langkah selanjutnya adalah mengkomersialkan penggunaan dan membuat transistor dan pemancar sesuai dengan perangkat yang lebih kecil untuk penggunaan Internet yang nyaman bagi masyarakat umum. Ini diperkenalkan pada 1970-an
  • Ke depan, satelit dan komunikasi nirkabel menjadi target utama. Defense Advanced Research Projects Agency (sebelumnya ARPA), mendukung paket radio berbasis satelit untuk penggunaan jaringan seluler
  • Selanjutnya adalah pengembangan Transmission Control Protocol (TCP). Ini memungkinkan mesin dan jaringan yang berbeda di seluruh dunia untuk merakit paket data. Pada tahun 1980-an pendekatan TCP/IP diadaptasi oleh para peneliti dan ahli teknologi, mengikuti jejak Departemen Pertahanan AS.
  • Dengan diperkenalkannya komputer pribadi, permintaan untuk penggunaan Internet komersial meningkat. Ini adalah waktu ketika Ethernet dan Jaringan Area Lokal lainnya muncul di latar depan
  • Pada tahun 1993, browser web diperkenalkan, yang mengikuti pendekatan point-and-click dan sekarang menjadi operasi yang banyak digunakan untuk pengguna Internet.
  • Akhir 1990-an adalah saat ribuan Penyedia Layanan Internet telah mengambil pasar dan kebanyakan dari mereka berasal dari AS.
  • Dan kemudian abad ke-21 membawa penggabungan teknologi dan aksesibilitas Internet nirkabel bagi penggunanya. Dimana, layanan broadband nirkabel datang sebagai keuntungan bagi pengguna Internet.

Manfaat Jaringan Internet

Sebelum Internet muncul, untuk berkomunikasi dengan seseorang yang tidak berada di ruangan yang sama dengan Anda, Anda harus menelepon mereka melalui telepon. Atau jika Anda ingin mengirimi mereka catatan, Anda harus mengirim surat melalui kantor pos. Namun, semua itu sekarang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat dan juga murah berkat adanya internet.

Mungkin itulah beberapa contoh bagaimana internet sangat bermanfaat untuk sekarang ini. Masih banyak manfaat internet, diantaranya adalah:

Bisa Meningkatkan Produktifitas Kerja 

Banyak survei mengatakan internet meningkatkan produktivitas karyawan. Menurut survei terbaru dari Pew Research Center nonpartisan, 46 persen karyawan mengatakan bahwa Internet telah meningkatkan produktivitas mereka di tempat kerja, sementara hanya 7 persen mengatakan itu membuat mereka kurang produktif.

Ini tenut menjadikan internet dapat meningkatkan produktifitas kerja. Karena ketika bekerja dengan diselingi mencari hiburan di internet dapat membuat pekerjaan menjadi lebih fokus setelahnya karena otak sudah istirahat dengan cukup.

Efisiensi Waktu

Internet dapat membantu dalam pengefisiensian waktu. Bayangkan saja, ketika Anda mengirim pesan ke orang yang jauh di luar kota, tanpa adanya internet, Anda membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengirim pesan itu sampai diterima. Sedangkan dengan internet, Anda sangat mudah mengirimkan pesan baik itu dari email atau aplikasi pesan yang lain dengan cepat. Jadi, pesan yang penting pun bisa terkirim saat itu juga dengan bantuan internet.

Operasi dan Manajemen 

Manajemen operasional yaitu bagian manajemen yang erat kaitannya dengan mengawasi, merancang, dan membatasi kesibukan produksi. Selain itu, manajemen ini bertugas membatasi kesibukan produksi dan pengerjaan pembetulan taktik kesibukan bisnis dalam hal produksi barang dan jasa.

Kegiatan manajemen operasional erat kaitannya dengan pelbagai kesibukan perusahaan dalam mengerjakan pengubahan rangkaian input dasar. Seperti pengubahan input bahan baku, energi, kebutuhan konsumen, informasi, kecakapan perusahaan, keuangan perusahaan, dan lainnya menjadi output untuk konsumen.

Dengan bantuan internet, semua itu bisa dilakukan dengan cepat dan juga mudah.

Sumber Informasi

Tidak diragukan lagi bahwa internet telah membuat dunia dan berbagai keajaibannya hanya dengan sekali klik. Seseorang harus hampir tidak melangkah keluar untuk mendapatkan apa yang dia butuhkan lagi. Dalam 10 tahun terakhir, penggunaan internet telah membuat peningkatan yang luar biasa dengan kemajuan teknologi. Internet lebih cepat dan menyediakan lebih banyak informasi daripada sumber informasi lainnya.

Hiburan

Salah satu manfaat terbaik menggunakan internet untuk hiburan adalah harganya yang murah. Anda mungkin sudah membayar koneksi internet di rumah untuk memastikan Anda memiliki email dan akses media sosial. Dari sana, Anda dapat menemukan dan menikmati banyak konten di internet dari ponsel, TV, atau komputer Anda.

Sarana Kegiatan Ekonomi

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terjadi pada hampir semua lini kehidupan manusia, termasuk pada bidang ekonomi. Pemanfaatan internet menyokong pertumbuhan sumber-sumber ekonomi baru yang dikenal sebagai ekonomi digital.

Ekonomi digital mempu melahirkan penemuan kreatif yang bertumpu pada pemanfaatan teknologi, terpenting mobile internet, Online of Thing (IoT), cloud computing dan big data and advance analytic.

Pendidikan dan Budaya

Internet memiliki kontribusi yang besar terhadap studi dan pendidikan siswa, dengan bantuan internet siswa dapat dengan mudah dan nyaman belajar dan belajar. Siswa dapat dengan mudah membuat koneksi dan berkomunikasi dengan para ahli di seluruh dunia, dan belajar dari mereka.

Internet membantu banyak siswa dalam belajar dan belajar, mereka dapat dengan mudah belajar online dengan bantuan internet. Mahasiswa menggunakan internet untuk berbagai keperluan, pengumpulan data, penelitian mudah, kuliah dan kelas online, informasi terkini, dan masih banyak lagi.

Penggunaan Internet di Masa Pandemi

Penggunaan internet untuk masa pandemi sekarang ini sangatlah banyak. Karena banyak yang bekerja di rumah, maka internet menjadi teman sehari-hari untuk berkomunikasi tentang pekerjaannya atau untuk mengerjakan pekerjaannya. Selain itu, karena anjuran pemerintah untuk mengurangi mobilitas tentunya hanya diam di rumah saja sangatlah membosankan. Maka dari itu, banyak yang menghabiskan waktu dengan mengakses internet.

Namun, yang perlu Anda ketahui, internet banyak mengancam keamanan pribadi entah itu pencurian data atau yang lain. Maka dari itu, jika berinternet harus selalu berhati-hati.

Tips Aman Berinternet Dimasa Pandemi 

Ketika Anda ingin membuat rumah Anda aman, Anda mengunci pintu. Bila Anda ingin mencegah sepeda Anda dicuri, Anda menggunakan kunci sepeda. Ketika Anda ingin melindungi barang berharga Anda, Anda menyimpannya di brankas. Tapi apa yang Anda lakukan untuk melindungi identitas Anda secara online? 

Berikut ini adalah panduan keamanan internet komprehensif yang penuh dengan tip keamanan siber dan praktik terbaik untuk membantu Anda tetap aman saat online.

1. Cara Mendeteksi dan Menghindari Scam Terkait Covid-19

Kebanyakan scam COVID-19 timbul dalam format e-mail phishing, maka dari itu jangan terburu-buru dan periksa lagi tiap-tiap e-mail COVID-19 yang Anda terima sebelum mengklik link apa bahkan atau melakukan tindakan lain. Waspadai bila e-mail minta kabar pribadi seperti alamat rumah atau kabar bank Anda. Link yang palsu lazimnya meniru alamat laman yang kerap kali diakses banyak orang, namun ada tambahan kata-kata atau huruf di dalamnya.

2. Gunakan Akun E-mail Perusahaan untuk Segala Hal yang Berkaitan dengan Pekerjaan

Karyawan memiliki resiko membahayakan bisnis perusahaannya kalau menerapkan akun atau perangkat pribadi untuk berprofesi. Akun perusahaan menawarkan fitur-fitur keamanan tambahan agar info perusahaan tetap aman.

3. Aktifkan Sandi Saat Menggunakan Aplikasi Konferensi Video

Fitur dan kontrol keamanan bawaan yang ada di Google Meet diaktifkan otomatis, sehingga lazimnya organisasi/perusahaan dan pengguna juga otomatis terlindungi. Namun, ada beberapa langkah lain yang dapat digunakan untuk mengamankan video call sekiranya Anda menerapkan aplikasi konferensi video lainnya:

  • Seandainya rapat Anda cuma menerapkan kode numerik yang singkat, aktifkanlah fitur sandi atau PIN.
  • Jika Anda membagikan undangan rapat ke orang banyak, pastikan untuk mengaktifkan fitur “ruang tunggu”.
  • Ketika Anda menerima undangan rapat yang mengharuskan Anda menginstal aplikasi konferensi video baru, senantiasa pastikan kesahihan undangannya.

4. Install Update Keamanan Perangkat

Update keamanan software sangatlah penting. Update ini dapat memperbaiki setiap kerentanan keamanan yang telah diketahui, yang biasanya tak jarang dicari dan dieksploitasi oleh peretas.

5. Gunakan Pengelola Sandi Untuk Membuat dan Menyimpan Sandi Secara Aman

Selalu ingat untuk menjaga informasi pribadi Anda senantiasa aman, maka dari itu gunakan sandi yang unik dan sulit ditebak.

6. Lindungi Akun Google Pribadi

Apabila Anda memakai Akun Google, Anda dapat memakai alat Pemeriksaan Keamanan untuk meninjau situasi sulit keamanan yang baru-baru ini terjadi, dan menerima rekomendasi yang dipersonalisasi untuk membantu melindungi data dan perangkat Anda.

7. Awasi Anak Saat Menggunakan Perangkat

Sekarang saat banyak sekolah di berbagai belahan dunia ditutup, anak-anak jadi lebih sering online dari biasanya. Anda dapat menolong anak belajar mengenali scam dengan materi edukasi di Tangkas Berinternet serta game belajar interaktif, Interland.

Anda juga dapat memakai Family Link untuk membuat akun berbatas usia, mengontrol aplikasi yang boleh diunduh anak, dan memantau aktivitasnya saat memakai perangkat.

Penyebab Internet Jadi Lambat Dimasa Pandemi

Terkadang, ketika Anda menggunakan internet koneksinya terkadang tidak lancar. Perlu Anda ketahui, jika memang biasanya itu merupakan gangguan dari pihak ISP. Namun, jika masalahnya terus berlanjut dan sering terjadi, tentunya ini ada masalah yang terjadi di koneksi internet Anda.

Apa saja yang perlu Anda ketahui penyebab dari internet yang lambat?

Bertambahnya Pengguna Internet di Rumah

Memiliki perangkat tambahan yang terhubung ke internet broadband tidak memperlambat kecepatan internet. Namun, ketika lebih banyak perangkat mentransfer data melalui internet, kecepatan wifi melambat. Ini terjadi karena router hanya dapat mentransfer dan mengelola jumlah data yang tetap per detik dan data tersebut dibagikan dengan semua pengguna dan perangkat.

Berada di DeadZone

Zona mati atau DeadZone hanyalah area di dalam rumah, apartemen, kantor, atau area lain Anda yang seharusnya tercover oleh wifi. Namun, saat Anda mencoba menyambungkan, perangkat Anda tidak mendapatkan sinyal.

Jika Anda membawa perangkat ke DeadZone, wifi akan berhenti bekerja dan Anda tidak akan menerima sinyal. Misalnya, jika Anda masuk ke ruangan dengan ponsel atau tablet, dan ruangan itu berada di zona mati, Anda akan berhenti mendapatkan sinyal wifi.

Router Bermasalah

Kecepatan internet yang lambat dapat disebabkan oleh beberapa hal. Router Anda mungkin sudah usang atau mungkin terlalu jauh dari TV atau komputer Anda, misalnya. Perbaikan tersebut mungkin semudah memulai ulang modem dan router Anda atau meningkatkan ke jaringan mesh. Tetapi alasan lain untuk wifi Anda yang lambat bisa jadi adalah pembatasan bandwidth.

Access Point Aruba Instant On

Zaman modern erat sekali dengan internet, dimana kebutuhan internet memang sangat penting untuk kemajuan bisnis di era digital. Maka dari itu Aruba meluncurkan sebuah produk baru yang mampu menunjang kebutuhan internet Anda yakni Aruba instant ON.

Access point Aruba instant on ini adalah access point yang andal, mudah dipasang, serta mudah dikelola.

Aruba Instant On ini merupakan jenis access point indoor maupun outdoor yang mana ditujukan untuk segmen rumahan dan kantor kecil.

Apa itu Aruba Instant On

Aruba Instant On adalah access point yang cocok digunakan untuk bisnis kecil maupun rumahan. Yang mana access Aruba Instant On ini memiliki kegunaan yang sangat mudah sekali dikonfigurasi sehingga tidak perlu harus mengetahui cara konfigurasi yang terlalu rumit.

Teknologi access point Aruba Instant On ini sudah dibekali dengan teknologi wireless 802.11ac Wave 2 yang lebih aman, serta cocok untuk perkantoran, toko, butik, café, ataupun toko retail dengan harga Aruba Instant On yang murah.

Aruba Instant On ini ada beberapa series yang tersedia namun kita akan membahas satu yakni Aruba Instant On AP11.

Aruba Instant On AP11 ini menghadirkan keamanan yang sudah ditingkatkan, serta mendukung multiuser, dan data rate hingga 1,2 Gbps yang mampu mendukung streaming video definisi tinggi serta syarat aplikasi cloud.

Dengan dukungan teknologi WiFi terbaru yakni WiFi 5 (802.11ac) dan menyediakan 867 Mb/detik dengan frekuensi band 5 Ghz. AP Aruba Instant On ini juga menyediakan WiFi 4 (802.11n) yang mampu memiliki kecepatan hingga 300 Mbps dengan frekuensio 2,4 Ghz serta dilengkapi dengan antena internal omni directional.

Dual-Band access ini dilengkapi dengan port Gigabit ethernet yang sudah mendukung PoE atau Power Over Ethernet, yang ideal untuk mengirimkan data dengan daya hanya dalam satu kabel saja. Selain itu juga ada teknologi Smart Mesh yang memudahkan untuk memperluas jaringan ke area yang sulit.

Dengan Teknologi MIMO multi-user Aruba Instant On ini sangat bisa dipasang dipermukaan manapun baik dinding ataupun langit-langit untuk menangani beberapa aliran data secara bersamaan.

Serta ada Radio Bluetooth Low Energy yang terintegrasi untuk aplikasi perjalanan jauh yang berbasis lokasi dan dalam ruangan.

Untuk aplikasi seluler atau portal cloud, memudahkan Anda untuk mengelola akses dengan membuat jaringan guest dan karyawan secara terpisah.

Aruba Instant On AP11 memiliki dimensi 152 x 152 x 34 mm dan berat 193 gram. Access point ini sangat cocok di tempatkan di ruangan yang kecil baik itu di toko, ruko, kafe, butik, ruangan kantor, galeri, dan ruangan kelas sekolahan.

AP ini juga mampu terhubung hingga 50 perangkat secara bersamaan, yang mana dapat dikonfigurasi dan dikelola melalui aplikasi mobile Aruba Instant On yang semuanya menjadi lebih mudah.

Fitur Access Point Aruba Instant On

Aruba Instant On ini memiliki beberapa fitur kunci yang dapat Anda lihat dibawah ini:

Mendukung MU-MIMO 2X2:2 dengan data rate yang cepat 802.11ac Wave 2

2 MIMO 2×2 band kedua ini dapat dikonfigurasi baik menggunakan frekuensi 2,4 Ghz atau 5 GHz dengan 2×2 MIMO, AP Aruba Instant On ini juga mendukung standar 802.11ac Wave2 dan 802.11n dengan konektivitas upstream Gigabit Ethernet.

Dukungan Dual-band wireless (2.4GHz dan 5GHz(WiFi 5 Wave 2)) untuk kecepatan

AP ini juga sudah mendukung dual band wireless 2.4 Ghz dan 5 Ghz WiFi 5 wave 2 yang artinya Anda bisa menikmati kecepatan super kencang dengan pita 5 Ghz.

Bedanya 5 Ghz berkisar dari 5.180 hingga 5.850GHz, yang mana setiap saluran dapat dipisahkah oleh setiap 5 Mhz yang mana dapat dibuat 36-165 saluran yang dapat digunakan. Serta sebabnya ia dapat memenuhi 802.11ac dari persyaratan bandwidth 160MHz.

Mampu menangani hingga 50 perangkat bersamaan

Dengan teknologi canggih Anda bisa menghubungkan hingga 50 perangkat sekaligus. Yang mana sangat efisien tanpa perlu menambah AP terlalu banyak.

Dukungan Guest Access untuk tamu dan pelanggan Anda

Terdapat dukungan guest access untuk tamu dan pelanggan Anda yang mana bisa membagi kecepatan serta memudahkan Anda untuk mengkonfigurasi pemakaian bandwidth untuk tamu ataupun pelanggan Anda sesuai kebutuhan.

Update software dan keamanan otomatis

Aruba Instant On menawarkan kemudahan untuk melakukan update sehingga Anda tidak perlu melakukan update secara manual alias otomatis update jika tersedia pembaruan sistem terbaru.

Built in Wi-Fi router / fungsi gateway

Biasanya access point biasanya tidak dapat bekerja jika tidak ada router yang tersambung kepadanya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena Aruba Instant On ini sudah terpasang router didalamnya sehingga Anda tidak perlu membeli router lagi secara terpisah.

Spesifikasi  Aruba Instant On

Spesifikasi Aruba Instant On lebih lengkapnya Anda bisa melihat beberapa penjelasan berikut ini:

Tipe

Instant On AP11 (EU) Bundle Access Point

Koneksi Network / Interface

Uplink Gigabit Ethernet port, dengan PoE-in support (802.3af), DC power connector, Bluetooth Low Energy (BLE) radio, LED status indicators (2), Reset/LED control button, Kensington security slot.

Konektivitas & Standar

IEEE 802.11ac, 802.11n, Wave 2

Antenna

Internal, Antena omni-directional down-tilt terintegrasi dengan gain antena individu maksimum 3,3dBi dalam 2,4GHz dan 5,8dBi dalam 5GHz

Tipe Radio Signal

Dual Radio untuk operasi dual-band secara bersamaan.

5 GHz 802.11ac 2×2 MIMO hingga 867 Mbps wireless data rate, dengan Multi User MIMO support (Wi-Fi 5).

2.4 GHz 802.11n 2×2 MIMO hingga 300 Mbps wireless data rate (Wi-Fi 4).

Dimana Beli Aruba Intant On?

Itulah penjelasan tentang Aruba Instant On, mungkin Anda bertanya dimana tempat yang jual Aruba Instant On ini di Indonesia? Jawabannya adalah di NetData yakni tepatnya di nds.id.

NetData menyediakan perangkat Aruba Instant On dengan garansi yang resmi serta mendapatkan dukungan teknis selama pemasangan agar sesuai dengan ekspektasi Anda.

Harga Aruba Instant On

Adapun harga Aruba Instant On yang sangat terjangkau Anda bisa mendapatkannya di nds.id. yang mana harga ini sudah termasuk dalam harga distributor yang dijamin paling murah diantara toko retail lainnya.

Itulah mengapa Aruba Instant On ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin mendapatkan WiFi dengan sinyal yang luas dan kuat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup