Simak Yuk Cara Uji Kecepatan Internet

Test Internet Speed

Cara Uji Kecepatan Internet – Internet merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi sebagian besar orang di berbagai belahan dunia untuk sekarang ini. Tentunya Anda tahu itu dikarenakan banyak sekali yang beranggapan bahwa jika tanpa internet maka kehidupan sehari-harinya akan merasa kurang ada hiburan. Ya, memang internet bisa menjadi sumber hiburan bahkan menjadi sumber untuk mencari uang. Namun, pernahkan Anda mengalami yang namanya internet lemot?

Ketika hal itu terjadi, biasanya hal pertama yang Anda lakukan adalah uji kecepatan internet yang sedang Anda gunakan. Biasanya, Anda menggunakan berbagai macam speed test untuk mengecek apakah memang internet Anda lemot. Tapi, apakah itu berpengaruh? Apakah itu memang benar cara uji kecepatan internet dengan benar dan Anda paham maksudnya? Mari kita simak pembahasan dibawah ini untuk uji coba kecepatan internet yang benar!

Pengertian Jaringan Internet

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara uji kecepatan internet atau speed test internet connection, ada baiknya untuk mengerti apa yang dimaksud dengan internet. Mengapa demikian, tentunya ini agar Anda tahu mengapa internet Anda memiliki kecepatan internet yang cepat dan terkadang lambat.

Untuk itu, mari kita bahas terlebih dahulu pengertian dari internet yang sebenarnya.

Pengertian Internet

Internet adalah sistem komunikasi global yang menghubungkan ribuan individu jaringan. Hal ini memungkinkan pertukaran informasi antara dua atau lebih komputer di jaringan. Dengan demikian internet membantu dalam transfer pesan melalui surat, obrolan, konferensi video & audio, dll.

Sudah menjadi kewajiban untuk aktivitas sehari-hari untuk menggunakan internet adalah seperti untuk: pembayaran tagihan, belanja online dan menjelajah internet, les, bekerja, berkomunikasi dengan teman sebaya, dll.

Manfaat Jaringan Internet

Sebuah penemuan tentunya didasari dari sebuah kebutuhan. Maka dari itu, tidak ada orang yang menciptakan sesuatu tanpa adanya manfaat. Seperti sama halnya dengan internet, internet tercipta karena berbagai kebutuhan yang ada seperti untuk berkomunikasi atau berbagi file dengan orang lain secara digital dengan cepat dan mudah. Namun, jaringan internet untuk sekarang ini memiliki banyak sekali kegunaan.

Jadi, apa sebenarnya manfaat internet yang bisa Anda dapatkan untuk sekarang ini? apakah Anda sudah merasakan berbagai manfaat internet?

1. Penggunaan Internet Kerja dari Rumah

Bekerja dari rumah seringkali lebih rumit daripada kedengarannya. Ketika pekerjaan Anda sebagian besar terdiri dari mengetik di laptop Anda dan menangkis parade pesan Slack yang tidak pernah berakhir, tampaknya cukup mudah untuk melakukannya dari mana saja. Namun pada kenyataannya, tidak setiap ruang hidup diatur untuk berfungsi ganda sebagai tempat kerja, terutama jika Anda mempertimbangkan persyaratan kecepatan internet kerja dari rumah.

Namun, sebenarnya inilah jawaban dari manfaat internet yang bisa dirasakan untuk sekarang ini, yaitu ketika kantor memutuskan untuk memerintahkan karyawannya untuk Work From Home seperti beberapa bulan lalu atau bahkan sekarang masih, karena pandemi. Tentunya, jika internet tidak ada, Anda tidak bisa bekerja dari rumah bukan?

2. Mencari Penghasilan Tambahan

Menghasilkan uang tunai tambahan sebenarnya tidak harus serumit itu, dibutuhkan beberapa pekerjaan yang dapat menambahkan penghasilan bulanan Anda. Namun, ada beberapa jalan yang jelas ke depan. Pada akhirnya, semuanya bermuara pada apa tujuan Anda dan seberapa banyak Anda ingin mengotomatiskan penghasilan Anda.

Tentunya penghasilan tambahan ini bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan internet. Ada banyak sekali pekerjaan yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan internet, Anda bisa bekerja kapanpun, dimanapun selama ada internet. Menguntungkan sekali bukan?

3. Untuk Hiburan

Internet telah berkembang jauh sejak awal hingga dinyatakan sebagai hak asasi manusia. Setiap layanan dapat disampaikan melalui internet, dan dengan itu datang banyak manfaat. Misalnya, orang dapat membeli produk dari kenyamanan komputer mereka, atau menghadiri kelas universitas yang diselenggarakan di luar negeri dengan cara yang sama. 

Hiburan adalah salah satu sektor lain yang telah mendapatkan banyak dari internet. Saat ini, lebih banyak orang mengonsumsi sebagian besar hiburan mereka melalui web daripada harus pergi ke tempat hiburan tradisional seperti teater. Mencari hiburan menjadi lebih mudah dan cepat bisa Anda lakukan hanya di rumah saja atau dimanapun Anda berada. Menarik bukan?

4. Untuk Komunikasi dan Berbagi

Internet telah merevolusi cara kita bekerja dan bermain. Ini memungkinkan kita untuk berkomunikasi, berbagi data, dan mencari informasi dalam hitungan detik. Semua ini dimungkinkan melalui penggunaan komputer dan jaringan.

Internet adalah jaringan komputer global. Semua perangkat komputer (termasuk PC, laptop, konsol game, dan smartphone) yang terhubung ke internet merupakan bagian dari jaringan ini. Ditambah lagi, ada miliaran komputer yang terhubung ke internet, semuanya dapat berkomunikasi satu sama lain.

5. Untuk Media Pembelajaran

Akses ke Internet sangat penting untuk mencapai visi masa depan yang berkomitmen untuk dicapai dunia pada tahun 2030. Akses ke Internet dapat meningkatkan kualitas pendidikan dalam banyak hal. Ini membuka pintu ke banyak informasi, pengetahuan, dan sumber daya pendidikan, meningkatkan peluang untuk belajar di dalam dan di luar kelas.

Internet sangat bisa menjadi media untuk pembelajaran. Seperti misalnya guru menggunakan materi online untuk mempersiapkan pelajaran, dan siswa menggunakannya untuk memperluas jangkauan pembelajaran mereka. Metode pengajaran interaktif, yang didukung oleh Internet, memungkinkan guru untuk lebih memperhatikan kebutuhan siswa secara individu dan mendukung pembelajaran bersama.

Jenis Koneksi Internet

Internet memiliki berbagai macam jenis. Berbagai macam jenis ini memang mungkin ada sebagian besar yang Anda secara tidak sadar atau sadar menggunakannya. Padahal, ini perlu adanya perhatian yang lebih. Karena menggunakan internet dengan baik dan benar dan juga paham dengan betul adalah sebuah keharusan agar Anda bisa melek tentang perkembangan teknologi dan informasi.

Berikut ini adalah berbagai jenis koneksi internet yang wajib Anda ketahui.

1. Dial-Up

Apakah Anda pernah menggunakan jenis internet yang satu ini? mungkin bagi sebagian besar orang masih tidak mengenalnya karena memang ini adalah jenis internet yang bisa dikatakan menjadi pioneer di Indonesia.

Paket internet berkecepatan tinggi saat ini sebagian besar menggunakan kabel khusus atau jalur serat optik untuk mengirimkan data. Tetapi internet dial-up menggunakan saluran telepon yang ada untuk menghubungkan Anda ke internet. Setelah komputer Anda terhubung ke saluran telepon rumah Anda, itu memanggil nomor dial-up penyedia layanan internet.

Ini biasanya memerlukan penginstalan perangkat lunak khusus untuk penyedia layanan internet, yang biasanya diperoleh melalui CD, tetapi akhir-akhir ini sering tersedia melalui unduhan web.

2. ADSL

Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL) adalah teknologi yang menyediakan kecepatan transmisi tinggi untuk video dan suara ke rumah melalui kabel telepon tembaga biasa. Ini akan menjadi yang paling hemat biaya di area dengan penetrasi pasar TV kabel yang rendah.

Koneksi ini dianggap sebagai persaingan utama untuk modem kabel. DSL dan sistem kabel dibandingkan dengan bandwidth, ukuran seberapa banyak data yang dapat ditransfer jaringan.

3. LAN

Local Area Network (LAN) atau jaringan area lokal terdiri dari serangkaian komputer yang dihubungkan bersama untuk membentuk jaringan di lokasi yang dibatasi. Komputer di LAN terhubung satu sama lain melalui TCP/IP ethernet atau Wifi. LAN biasanya eksklusif untuk sebuah organisasi, seperti sekolah, dan kantor.

LAN dihubungkan bersama untuk membentuk jaringan di area yang diperluas.

4. TV Kabel

Internet kabel menggunakan teknologi yang sama dengan TV kabel. Ini menggunakan kabel koaksial (coax) untuk mengirimkan data. Kabel coax berisi inti tembaga yang diisolasi dengan aluminium, pelindung tembaga, dan lapisan plastik luar.

Kabel coax dapat menyediakan koneksi internet dan jaringan televisi secara bersamaan. Ini memungkinkan penyedia layanan untuk menggabungkan kedua layanan tersebut, tetapi untuk mengakses internet kabel Anda memerlukan modem kabel dan sistem penghentian modem kabel.

 5. WiFi

Wifi pada dasarnya hanyalah gelombang radio yang disiarkan dari router Wi-Fi, perangkat yang mendeteksi dan menguraikan gelombang, dan kemudian mengirim kembali data ke router. Ia bekerja sangat mirip dengan radio AM/ FM tetapi merupakan saluran komunikasi dua arah.

Ada beberapa standar Wifi dengan kecepatan dan kebutuhan daya yang berbeda. Standar paling awal adalah 802.11b, meskipun paling lambat tetapi paling murah dalam hal biaya. Ini segera ditingkatkan ke 802.11a dan 802.11g. Kedua standar ini termasuk teknologi untuk memisahkan sinyal radio dan dengan demikian mengurangi interferensi. Standar terbaru adalah 802.11n, yang memungkinkan rentang dan throughput data yang lebih jauh.

Cara Mudah Uji Kecepatan Internet

Sekarang Anda tahu apa yang dimaksud dengan internet, sekarang adalah mencari tahu bagaimana caranya Anda untuk melakukan uji kecepatan internet. Kecepatan internet ini menjadi sangat penting ketika Anda penasaran mengapa internet yang sedang Anda gunakan menjadi sangat lambat tidak seperti biasanya. 

Persiapan Sebelum Cek Kecepatan Internet

Sebelum Anda melakukan uji kecepatan internet, ada baiknya Anda melakukan persiapan sebelum cek kecepatan internet, diantaranya adalah:

1. Restart Modem

Cara pertama yang harus Anda lakukan sebelum cek kecepatan internet adalah restart modem Anda. Ini diharapkan jika uji kecepatan internet wifi bisa berjalan dengan lancar. Siapa tahu dengan restart modem jaringan internet Anda menjadi normal kembali.

2. Restart Gadget yang Digunakan

Jika bukan modemnya, restart gadget yang Anda gunakan. Siapa tau ini karena kondisi gadget yang kurang prima dapat mempengaruhi koneksi internet yang diterima.

3. Bersihkan Cache di Perangkat Digital

Cache memang berfungsi untuk mempermudah ketika kita menyusuri internet. Tetapi cache yang terlalu banyak juga dapat membuat koneksi lambat. Karenanya dari itu, penting untuk rutin membersihkan cache pada perangkat digital yang Anda gunakan.

4. Tutup Program yang Tidak Digunakan

Terlalu banyak membuka program yang menggunakan koneksi internet juga sangat berpengaruh besar pada kecepatan koneksi internet. Sebelum uji kecepatan sinyal wifi Anda, sebaiknya segera tutup aplikasi atau program yang sudah tidak digunakan. Dengan demikian, koneksi akan kembali stabil.

Cara Uji Kecepatan Internet di HP

Jika semua cara itu sudah Anda lakukan tapi tidak berpengaruh dan masih saja internet Anda terasa lambat, sekarang adalah mencari tahu sebenarnya berapa kecepatan internet yang Anda gunakan. Ada dua cara yang bisa Anda terapkan, adalah uji kecepatan internet dengan menggunakan HP dan menggunakan PC.

Untuk pertama, adalah dengan menggunakan HP. Ada berbagai cara, diantarannya adalah:

1. Speed Test Google

Anda bisa menggunakan Speed Test dari Google, caranya adalah dengan membuka browser dan buka http://speedtest.googlefiber.net/.

2. Speedtest.Net

Kunjungi laman Speedtest.net kemudian langsung klik ‘Mulai’. Sesudah itu tunggu beberapa dikala dan hasil pengujian kecepatan internet Anda akan langsung timbul di layar.

Angka yang timbul di layar menunjukkan speed internet yang Anda gunakan. Semakin besar angkanya, kian cepat koneksi internet. Speedtest juga tersedia di Google Play Store dan App Store, kau bisa unduh di HP langsung secara tidak dipungut biaya.

3. Internet Speed Test App

Ada banyak sekali internet speed test app yang ada di Google Play Store dan App Store. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda untuk uji kecepatan sinyal internet yang Anda gunakan.

4. Internet Speed Meter Lite

Internet Speed Meter Lite adalah aplikasi yang langsung memberi tahu Anda berapa kecepatan Internet Anda. Ini juga menampilkan tabel dengan jumlah data yang digunakan setiap saat. Ini membantu Anda mengontrol cara Anda menggunakan paket data, sehingga Anda tidak melampaui batas sebelum akhir bulan.

Cara Uji Kecepatan Internet di PC

Selanjutnya adalah bagaimana cara uji kecepatan internet dengan menggunakan PC? Ini malah tambah mudah lagi untuk dilakukan.

1. Cek Kecepatan Internet di Fast.com

Fast.com adalah halaman web yang digunakan untuk uji internet speed dari Netflix ini akan otomatis melaksanakan pengecekan ketika kau mengunjungi situsnya, tanpa mesti meng-klik tombol apa bahkan. Hasil pengecekan akan lantas muncul untuk menunjukkan seberapa kencang koneksi internet Anda.

2. Cara Cek Kecepatan Internet Wifi Lewat Meter.net

Untuk cek speed internet, kunjungi web tersebut dan pengecekan akan diawali sesudah Anda mengklik ‘Start’. Tunggu beberapa saat dan web akan menampakkan berita berupa kecepatan Download, Unggah, juga Ping dari koneksi internet yang Anda pakai.

3. Cek Kecepatan Internet di PC Menggunakan Speedtest CBN

CBN adalah salah satu perusahaan ISP (Internet Service Provider) di Indonesia yang menyediakan fasilitas untuk mengecek dunia online speed dengan mudah. Tampilan laman situsnya pun cukup sederhana. Kunjungi laman speed test CBN dan Anda akan seketika diarahkan pada laman pengecekan koneksi internet. Cukup klik ‘GO’ dan website akan seketika menjalankan progres pengecekan secara singkat.

4. Cara Cek Kecepatan Internet di Bandwidth Place

Fitur pada situs Bandwidth Place ini kurang lebih hampir sama dengan speedtest, yang menyediakan PING, download speed, dan unggah speed. Perbedaannya ada pada layanan ‘SERVER’ Bandwidth Place, yang berfungsi untuk mempermudah pengguna memilih lokasi keberadaannya.

Selain itu, Bandwidth Place dilengkapi dengan kolom untuk mendeteksi jenis provider yang sedang digunakan oleh user.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup