Ketahui Beberapa Bahaya Untuk Pengguna Saat Menggunakan VPN Gratisan

Free VPN

VPN Gratisan – Anda pasti pernah menggunakan VPN untuk mengakses situs yang diblokir oleh sebuah ISP karena mungkin saja website tersebut memang diblokir oleh pemerintah demi keamanan tertentu. Anda pasti sudah tahu bukan jika ada yang namanya program Internet Sehat yang memblokir beberapa website yang dianggap mengandung unsur pornografi dan yang bersifat mengganggu lainnya.

Solusi yang sangat banyak dilakukan adalah dengan Anda menggunakan VPN. Namun, apakah Anda tahu jika terdapat berbagai bahaya yang bisa Anda alami jika menggunakan VPN gratisan?

Apa itu VPN?

VPN (Virtual Private Network) melindungi koneksi Anda saat Anda menggunakan internet. Itu membuat penjelajahan Anda menjadi pribadi, menyembunyikan alamat IP (Protokol Internet) Anda dan memastikan Internet Service Provider (ISP) atau penyedia layanan internet Anda tidak melacak Anda.

VPN (bukan VPN Gratisan) memang memiliki peran yang sangat besar dalam menyembunyikan alamat IP. Dalam keadaan yang penting, VPN sangat penting digunakan jika Anda ingin mengamankan alamat IP Anda ketika Anda menggunakan wifi publik yang pastinya Anda tidak tahu apakah orang yang terkoneksi di jaringan tersebut tidak berniat jahat atau tidak.

5 Kegunaan VPN

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu VPN, berikut ini adalah alasan mengapa Anda mungkin membutuhkan VPN:

Mengamankan Enkripsi

Software VPN melindungi informasi Anda dengan menutupi alamat IP perangkat Anda, mengenkripsi data Anda dan merutekannya melalui jaringan aman ke server di negara bagian yang jauh atau bahkan negara lain.

Menyamarkan Keberadaan atau Lokasi

Yang ini sudah pasti Anda sudah sadar. VPN memalsukan lokasi Anda, membuatnya seolah-olah Anda menjelajah dari tempat lain. Itu berarti Anda bisa memperbaiki Pikiran Pidana Anda meskipun tidak tersedia secara lokal.

Transfer Data dengan Aman

Mentransfer file besar dari satu komputer ke komputer lain sudah cukup menakutkan dan membuat stres.

Tetapi ketika Anda menambahkan kenyamanan VPN, tugas sepele seperti itu berubah menjadi tugas yang dipenuhi dengan pesan kesalahan dan kesabaran yang berkurang selama berjam-jam.

Harus ada cara yang lebih efisien untuk mentransfer file yang melebihi beberapa gigabyte melalui VPN.

Mengakses ke Konten Regional

Beberapa layanan streaming berlangganan berbayar menerapkan teknologi “pemblokiran geografis”. Ini berarti di beberapa lokasi geografis, Anda akan memiliki akses terbatas ke konten tertentu. Menggunakan VPN melewati masalah ini dan memungkinkan Anda untuk melakukan streaming hampir semua hal yang ingin Anda tonton, di mana pun Anda berada.

Mengurangi Gangguan Koneksi

Apakah Anda tahu jika dengan menggunakan VPN dapat mengurangi gangguan koneksi internet Anda? gangguan koneksi memang sering menyebabkan beberapa hal yang menjengkelkan seperti saat Anda streaming film atau musik namun koneksi terganggu, tentunya sangat menjengkelkan. Dengan menggunakan VPNyang bukan VPN Gratisan, maka masalah tersebut dapat teratasi.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Jadi, ketika Anda menggunakan VPN, sudah tersedia server terenkripsi yang mampu menyembunyikan alamat IP Anda dari perusahaan, lembaga pemerintah, dan calon peretas. VPN melindungi identitas Anda bahkan jika Anda menggunakan wifi publik atau bersama, dan data Anda akan dirahasiakan dari pengintaian internet.

VPN menghindari ISP pribadi Anda, alih-alih mengirim koneksi internet Anda ke server yang dihosting. Dengan server yang berlokasi di seluruh dunia, pengguna kemudian memiliki kemampuan untuk “merelokasi” diri mereka sendiri dan mengakses internet dari hampir di mana saja. Enkripsi menambahkan lapisan keamanan ekstra, terutama untuk bisnis yang sering menggunakan akses jarak jauh. Ini juga bisa menjadi alat yang berguna untuk bepergian, bermain game, dan streaming.

Cara Memilih Layanan VPN

Dalam memilih layanan VPN, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda menyesal jika terjadi hal yang tidak mengenakkan pada device Anda dan juga data diri Anda yang bisa saja terancam.

Berikut ini adalah cara memilih layanan VPN yang benar:

Pikirkan Untuk Apa Anda Membutuhkan VPN

Pikirkan terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan dalam penggunaan VPN. Jika masalahnya adalah untuk bisnis, Anda bisa menggunakan yang berbayar saja daripada Anda menggunakan yang gratis yang jelas-jelas bahaya.

Lihat Pada Masing-masing Kualitas VPN

Pilah-pilihlah layanan VPN yang sudah Anda list. Bandingkan masalah harga, kualitas, penilaian user, dan juga fitur yang ditawarkan.

Periksa Perangkat Mana yang Kompatibel

Perangkat VPN diperlukan untuk mengonfigurasi koneksi VPN lintas Site-to-Site (S2S) mengaplikasikan gateway VPN. Koneksi site-to-site dapat digunakan untuk membikin solusi hibrid, atau kapan malah Anda menginginkan koneksi aman antara jaringan lokal Anda dan jaringan virtual Anda.

Cari VPN dengan Antarmuka Ramah Pengguna

Sebisa mungkin carilah layanan VPN yang memiliki interface yang ramah kepada user. Ini termasuk sangat penting jika Anda ingin mengkonfigurasinya secara manual.

Pastikan Lokasi Penting Anda Tercakup

Seandainya Anda tinggal di negara yang jarang penduduknya atau kurang maju atau berencana untuk melancong atau tinggal di sana sementara waktu, Anda akan membutuhkan VPN yang mempunyai server di lokasi yang berdekatan.

Putuskan Rencana Pembayaran Apa yang Lebih Anda Sukai

Sebagian VPN menawarkan sistem pembayaran yang benar-benar anonim, seperti BitCoin, sementara yang lainnya memperkenankan Anda untuk membeli kartu hadiah untuk menghindari penerapan info pribadi.

Walaupun memang banyak VPN gratis, tapi ini tidak disarankan.

Mencari VPN dengan Layanan Pelanggan Andal

Kunci dimana Anda bisa tahu apakah layanan VPN patut Anda pertimbangkan untuk dipilih adalah masalah costumer service. Semakin baik layanan kepada pelanggan dan dijamin andal, maka semakin bagus VPN tersebut.

Pastikan VPN Juga Mencakup Jaminan Uang Kembali

Jaminan uang kembali yakni cara terbaik untuk mempertimbangkan Anda tak terikat pada produk yang tak Anda inginkan.

Seandainya Anda kebetulan memilih VPN namun mempertimbangkan itu tak cocok dengan untuk Anda, keluar dari kontrak Anda bisa jadi problem besar. Maka, pastikan Anda mendapatkan layanan VPN yang bisa mengembalikan uang Anda jika Anda tidak cocok.

Bahaya Menggunakan VPN

Walaupun memang VPN memiliki berbagai macam kegunaan yang penting dan juga beragam manfaatnya yang bisa dirasakan, namun tidak semuanya bisa dipandang secara positif, ada juga bahaya menggunakan VPN.

Penjualan Data Ilegal 

Jika Anda menggunakan VPN yang gratis dan tidak terjamin, akan besar kemungkinan terdapat penjualan data illegal. Data illegal ini adalah data yang Anda miliki setelah menggunakan VPN gratis tersebut.

Serangan Malware

VPN tidak dapat menghentikan ransomware, tetapi dapat membuat Anda tidak terlalu rentan terhadap serangan. VPN menyembunyikan IP Anda dan mengenkripsi lalu lintas dan data Anda, mempersulit pembuat ransomware untuk menargetkan Anda. Namun, Anda juga harus tetap waspada untuk melindungi diri dari ancaman ransomware seperti email phishing.

Bocornya Data dan IP ke Publik

Saat menggunakan koneksi VPN, Anda menyembunyikan koneksi reguler Anda menggunakan alamat IP pribadi. Alamat IP pribadi ini adalah yang ditampilkan ke situs web saat Anda mengunjunginya. Selama koneksi aman Anda berfungsi, kecil atau bahkan tidak ada kemungkinan alamat IP Anda yang sebenarnya terungkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup