Ini Loh Pentingnya Menggunakan Lisensi Resmi

Official License

Pentingnya Menggunakan Lisensi Resmi – Menggunakan software dengan lisensi tentunya adalah hal yang sangat wajib. Tidak semua software memang menggunakan lisensi, tapi memang lebih banyak software yang menggunakan software. Software yang menggunakan lisensi memiliki sangat banyak keuntungan. Lisensi software dapat Anda beli di berbagai tempat termasuk di NetData yang menjual berbagai lisensi software dengan berbagai keuntungan.

Mungkin banyak yang tidak tahu jika lisensi software sangat penting. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan tentunya beragam, dari Anda mendapatkan selalu update software secara berkala, perlindungan dari berbagai virus, dan masih banyak lagi.

Mengenal Lisensi Software

Pengembang dan perusahaan menggunakan lisensi perangkat lunak untuk secara eksplisit mendefinisikan hak pengguna akhir. Perjanjian ini juga melindungi kekayaan intelektual pengembang—aplikasi dan kode sumber perangkat lunak—dari aktivitas seperti redistribusi, penggunaan kembali, dan modifikasi.

Pengertian Lisensi Software

Lisensi software adalah jenis perjanjian pengguna yang melindungi kekayaan intelektual pengembang perangkat lunak yang membuat aplikasi, kode sumbernya, dan kode objeknya. Lisensi perangkat lunak adalah perjanjian hukum yang menentukan sejauh mana hak cipta perangkat lunak, apakah pengguna dapat mendistribusikan perangkat lunak dan bagaimana mereka dapat menggunakannya.

Lisensi software biasanya berbentuk dokumen teks dan secara kontraktual membatasi klaim yang mungkin dibuat pengguna terhadap pengembang. Selain itu, lisensi software dapat mencakup pembatasan pada berbagai hak pengguna akhir, pembatasan pemasangan, jaminan, dan kewajiban.

Jenis-Jenis Lisensi Software

Dalam dunia lisensi software, terdapat beberapa jenis lisensi, namun yang paling utama untuk sekarang ini adalah Proprietary Software dan Open Source Software. Masih ada yang lain, diantaranya adalah:

Proprietary Software

Pada lisensi ini, sering disebut sebagai closed-source software licenses, membatasi kemampuan pengguna untuk memodifikasi, menggunakan kembali, atau berbagi kode perangkat lunak.

Commercial Software

Untuk jenis yang satu ini, adalah jenis software atau program apa pun yang dirancang dan dikembangkan untuk lisensi atau penjualan kepada pengguna akhir atau yang melayani tujuan komersial.

Public Domain

Software jenis public domain adalah perangkat lunak apa pun yang tidak memiliki batasan hukum, hak cipta, atau pengeditan yang terkait dengannya. Ini adalah perangkat lunak bebas dan sumber terbuka yang dapat dimodifikasi, didistribusikan, atau dijual secara publik tanpa batasan apa pun.

Freeware

Apa maksud dari Freeware? Sudah pasti berarti tidak ada lisensi berbayar yang diperlukan untuk menggunakan aplikasi, tidak ada biaya atau sumbangan yang diperlukan, tidak ada batasan berapa kali Anda dapat mengunduh atau membuka program, dan tidak ada tanggal kedaluwarsa.

Shareware

Jenis software shareware adalah perangkat lunak komersial yang didistribusikan secara gratis kepada pengguna, yang pada akhirnya mengharuskan atau mendorong pengguna untuk membayar untuk dukungan perangkat lunak yang berkelanjutan.

GNU General Public License

Jenis GNU General Public License sering disingkat menjadi GNU GPL (atau hanya GPL), mencantumkan syarat dan ketentuan untuk penyalinan, modifikasi, dan pendistribusian ulang perangkat lunak sumber terbuka. 

Open Source

Jadi, jenis ini adalah lisensi yang sesuai dengan Open Source, kebalikan dari Propiertart Software — singkatnya, lisensi tersebut memungkinkan perangkat lunak untuk digunakan, dimodifikasi, dan dibagikan secara bebas. Untuk disetujui oleh Open Source Initiative (juga dikenal sebagai OSI), sebuah lisensi harus melalui proses tinjauan lisensi Open Source Initiative.

Copyleft

Copyleft adalah metode umum untuk membuat program secara gratis (dalam arti yang lebih luas, bukan “harga nol”), dan mengharuskan semua versi program yang dimodifikasi dan diperluas menjadi gratis juga.

Apasih Keuntungan Lisensi Software

Lisensi perangkat lunak penting karena melindungi kekayaan intelektual pengembang. Lebih lanjut, lisensi dapat memberikan pengembang jalur hukum yang jelas ketika pengguna tidak mematuhi ketentuan yang diuraikan melalui perjanjian lisensi. Lisensi perangkat lunak bertujuan untuk memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam proses pembuatan dan penggunaan perangkat lunak dapat memperoleh manfaat darinya.

Beberapa Layanan Lisensi di Netdata

Dengan beragam keuntungan dari Anda menggunakan software menggunakan lisensi secara resmi, tentunya Anda sekarang sudah berpikir untuk membeli lisensi saja untuk software yang sudah setiap hari Anda gunakan.

NetData bisa menyediakan kepada Anda berbagai layanan lisensi software untuk berbagai software yang berkaitan dengan IT, berikut ini adalah beberapa layanan lisensi software dari NetData yang bisa Anda pilih.

Lisensi Cisco

Cisco adalah salah satu software jaringan yang sangat banyak orang gunakan. Menggunakan produk dari Cisco tidak akan lengkap jika Anda tidak memiliki lisensi resminya. Maka dari itu, Anda bisa membeli lisensi Cisco di NetData.

Terdapat banyak sekali lisensi yang bisa Anda dapatkan di NetData, silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lisensi Office

Menghemat lebih dari $100 di Office 2019 terdengar sangat mudah. Namun, karena Anda tidak membeli dari Microsoft, Anda harus berhati-hati. Anda mungkin nyaman berbelanja di marketplace apapun itu, tapi hati-hati, biasanya itu tidak lisensi resmi.

Yang resmi adalah di NetData yang merupakan distributor Office terpercaya yang sudah banyak mengandalkannya.

Lisensi Fortinet

Ketika arsitek keamanan mempertimbangkan bagaimana memberikan perlindungan ancaman yang komprehensif untuk perusahaan mereka, termasuk pencegahan intrusi, pemfilteran web, anti-malware, dan kontrol aplikasi, mereka menghadapi rintangan kompleksitas utama dalam mengelola produk titik ini tanpa integrasi dan kurangnya visibilitas. Fortinet sebagai firewall terbaik menjadi solusi.

Jika Anda membutuhkan lisensi Fortinet terpercaya yang lengkap pilihannya, NetData adalah solusi terbaik.

Lisensi Fortigate

Tanpa lisensi tambahan, FortiGate tidak akan dapat memperbarui tanda tangannya dari FortiGuard. Dan, Anda tidak berhak untuk menghubungi dukungan. Anda juga tidak akan mendapatkan pembaruan firmware atau keamanan atau fitur FortiGuard.

Maka dari itu, beli lisensi Fortigate di NetData. Dapatkan penawaran terbaik dari NetData untuk lisensi lengkap harga termurah!

Lisensi Aruba

Ketika Anda memiliki Aruba switch, Pengguna perlu mendapatkan lisensi untuk setiap access switch Aruba serupa dengan pengadaan lisensi untuk AP.

NetData menyediakan lisensi Aruba dengan biaya yang terjangkau dan pastinya terpercaya.

Kesimpulan

Menggunakan software dengan lisensi adalah hal yang sangat penting, ketika Anda menggunakan software dengan tidak menggunakan lisensi resminya atau crack akan sangat berbahaya dampaknya, termasuk salah satunya adalah ada yang namanya Data Breach.

Apa itu Data Breach? Informasi lengkapnya Anda bisa baca di NetData!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup