Tutorial Google Cloud Platform Indonesia

Google Cloud Platform Indonesia

Google Cloud Platform Indonesia, tahukah Anda saat ini Google sedang memberikan penawaran yang cukup menarik yakni Gratis $300 untuk pemanfaatan Google Cloud Platform selama 365 hari penuh.

Di artikel kali ini kita akan membahas tentang 2 hal yakni cara pasang Google Cloud Platform di wordpress menggunakan serverpilot dan cara klaim $300. 

Google Cloud Platform

Dalam dunia cloud computing kita mengetahui tidak banyak saingan cloud provider Indonesia yang ada misalnya saja Amazon. Jari tidak heran jika kita lihat AWS atau Amazon Web Service semakin besar padahal kita mengatahui bahwa Amazon adalah salah satu portal belanja internasional yang terkenal. Google juga tidak ingin kalah dengan menciptakan Google Cloud Platformnya.

Selain layanan yang mirip penawaran Google cukup menggiurkan daripada penawaran yang diberikan oleh Amazon yakni gratis digunakan selama setahun. Hanya bedanya Google juga menyertakan $300 secara cuma-cuma sehingga selama kita dapat memanage budget bersama dengan baik, tahun pertama pemanfaatan GCP dapat benar-benar berbiaya 0.

Tentu saja dengan banyak sekali produk dari Google cloud platform yang dihidangkan sebagaimana yang terhitung terkandung di AWS. Tetapi Google Cloud Platform Indonesia kali ini akan fokus pada Google compute engine yang dapat dilakuakn pada hosting situs kita. Produk ini mungkin seperti Amazon EC2, Azure Virtual Machines (by Microsoft) dan VPS pada umumnya.

Cara Klaim $300 GCP

Tanpa persyaratan apapun Google memberikan $300 secara Cuma-Cuma dengan cara mendaftarkan diri ke Google cloud platform. Kita diharuskan untuk memasukan data pembayaran sebagai persyaatan pembuatan account hanya dengan prasyarat dan tidak dapat dicharge. Bagi Anda yang tidak memiliki kartu kredit Anda tidak perlu khawatir Anda dapat menggunakan VCC dari Jenius dan sejenisnya.

Jika kau kepingin tau caranya riset kata kunci yang baik dan benar, baca disini.

Link menuju GCP silahkan ke: https://cloud.google.com

Maka sampai disini, saya anggap Anda sudah mempunyai account GCP bersama dengan kredit $300 di dalamnya dan siap untuk digunakan.

Tutorial Setup WordPress di GCP bersama dengan Serverpilot

  1. Siapkan domain.

Domain ini bisa Anda beli di situs hosting yang cukup terjangkau antara ($0.99-1.99) untuk keperluan belajar (ekstensi .pro, .life, .today, .space, dll). Rekomendasi registrar langganan saya adalah Name.com

  1. Create Engine

Masuk ke GCP dan pilih menu Compute Engine > VM Instances

  1. Kostumisasi Engine

Jika sudah, klik “create instance” dan isilah data yang diminta.

Catatan:

– Perhatikan kotak merah pada gambar diatas. Itu adalah biaya setiap bulan. Untuk dapat pakai GCP secara gratis setahun penuh, pastikan nilainya tak lebih jauh dari $300 : 12 bulan = $25. Dan untuk memaksimalkan pemanfaatan saldo gratis $300, pastikan nilainya tak tidak cukup jauh dari $25.

– Isilah nama instance sesuai keinginan. Pilih ZONE berdasarkan tujuan traffic pengunjung. Untuk traffic Indonesia, Anda dapat pilih asiasoutheast1-a atau b. Sementara untuk traffic luar negri, silahkan pilih zone US atau yg posisinya lebih dekat bersama dengan tujuan pengunjung.

– Pada Machine Type, pilihlah 1 vCPU. Sementara memory, silahkan set ke 2GB saja. Dengan spesifikasi layaknya ini, Anda dapat mendapatkan server yang sudah benar-benar kencang yang dapat menghost banyak sekali situs bersama dengan sedikit pengunjung atau sedikit situs yang mempunyai traffic tinggi. Silahkan mengatur spesifikasi menurut keperluan masing-masing.

– Pada bootdisk, pilih Ubuntu-1604-LTS dan Boot disk style SSD berukuran minimal 10GB bersama dengan klik menu Change.

– Centang keduanya: Allow HTTP traffic dan Allow HTTPS traffic pada menu Firewalls.

– Abaikan menu lainnya jikalau tidak paham. Jika sudah, klik CREATE. Dalam hitungan menit, instance sudah jadi dan siap untuk disetup lebih lanjut.

*Pada semisal kasus server bersama dengan spec diatas, maka kita dapat mendapatkan harga $27.14 untuk server southeastasia dan $23.20 untuk server usa.

  1. Domain-GCP Connecting

Selanjutnya, kita dapat menghubungkan antara domain bersama dengan instance yang dibikin pada langkah pada mulanya via menu Cloud DNS di Google Console.

– Copy ip address dari instance Anda.

– Pilih menu Cloud DNS

– Pilih Create Zone

*Nama zone bebas, dns zone adalah namadomain.com, dan biarkan kolom yang lain tanpa diubah. Klik Create.

– Setelah itu, klik nama zone yang baru dibuat, lalu klik add record set.

Create 2 record baru, layaknya gambar berikut:

– Jika sudah, klik menu registrar setup yang ada di kanan atas untuk lihat nameserver. Nameserver inilah yang dapat Anda set di registrar untuk domain yang dapat digunakan.

  1. Serverpilot-Instance Connecting

Langkah berikutnya dapat pakai Serverpilot. Jika belum mempunyai account di Serverpilot, silahkan buat dulu secara gratis disini > serverpilot.io

Step ini agak teknikal. Tapi selayaknya mudah diikuti dikarenakan saya dapat memandunya sedetail mungkin.

– Masuklah ke Serverpilot, pilih menu connect server:

– Centang pilihan “I don’t have a root password or public IP address. (Requires manual install.)”. Kemudian isikan Hostname dan password sesuai keingin dan klik Connect to Serverpilot.

– Copy baris kode yang muncul.

– Selanjutnya, ulang ke VM Instances di Google Console Anda dan klik tombol SSH.

– Secara otomatis, dapat terbuka jendela baru. Tunggu sampai proses connecting selesai sehingga terlihat layar berwarna hitam.

– Masuklah sebagai root bersama dengan mengetik sudo su, dan pencet enter.

– Kemudian masukkan baris kode yang pada mulanya sudah dicopy dari serverpilot bersama dengan menekan tombol ctrl+v, dan pencet enter. Secara otomatis baris kode tersebut dapat menginstall semua yg dibutuhkan.

– Secara otomatis pula, penampilan di serverpilot dapat membuktikan jikalau script tengah terinstall. Biarkan proses ini terjadi sampai selesai sempurna dalam pas lebih dari satu menit.

– Proses selesai dan dinyatakan sukses jikalau Anda sudah lihat penampilan layaknya ini di layar

Sekarang Anda boleh menutup jendela SSH di komputer Anda dikarenakan kita sudah selesai berurusan dengannya.

  1. Setup WordPress

Setelah melewati semua cara diatas, tibalah saatnya untuk setup wordpress. Step ini terbilang mudah dan terjadi benar-benar cepat.

– Pilih menu +Create App di Serverpilot

– Selanjutnya masukkan detail yang diminta. Pastikan Anda mengisinya bersama dengan benar. Jika sudah, klik create app.

– Selesai! Seharusnya kini Anda sudah dapat lihat wordpress terinstall di domain Anda. Silahkan akses alamat domain Anda lewat browser.

Ada beberapa catatan yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

  1. Kadang dibutuhkan waktu yang cukup lama sebelum domain dan server dapat terkoneksi sempurna. Sehingga Anda tidak bisa melihat wordpress sehabis lakukan instalasi, tunggulah sampai 24-48 jam. Jika sudah lebih dari 48 jam masih saja tidak bisa maka bisa jadi Anda salah melakukan prosesnya.
  2. Sebuah instance dapat digunakan untuk menghost sampai unlimited website. Caranya tinggal 1, 4 dan 6 saja untuk setiap domain baru. Batasannya adalah kapasitas storage dan kapabilitas ram server. 
  3. Harga GCP terbilang cukup kompetitif dengan AWS atau cloud platform lainnya yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam penggunaan jangka panjang. 
  4. Walaupun harganya cukup mahal GCP tetap benar-benar sesuai bagi Anda yang ingin belajar membuat wordpress atau memiliki situs untuk keperluan jangka pendek seperti layaknya wallpaper blog, agc dan lain sebagainya.
  5. Google Cloud Platform Indonesia satu-satunya adalah NetData yang mungkin bisa memberikan solusi terhadap kebutuhan cloud Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup