Google Cloud Platform Indonesia Terbaik

Google Cloud

Google Cloud Platform Indonesia Terbaik saat ini resmi diluncurkan dan juga beroperasi di Indonesia. Jelas hal ini merupakan kabar yang sangat membahagiakan serta menguntungkan bagi banyak kalangan. GCP sendiri memang dirancang guna untuk mendukung pelanggan yang ada di Indonesia. Jakarta sendiri adalah region GCP pertama milik google di Indonesia dan yang ke-9 di Asia-Pasifik (APAC).

tahukah Anda saat ini Google sedang memberikan penawaran yang cukup menarik yakni Gratis $300 untuk pemanfaatan Google Cloud Platform selama 365 hari penuh.

Di artikel kali ini kita akan membahas tentang 2 hal yakni cara pasang Google Cloud Platform di wordpress menggunakan serverpilot dan cara klaim $300. 

Google cloud platform Indonesia jelas sangat disambut dengan baik dan pastinya juga dengan gembira. Managing director GCP asiapasifik Rick Harshman sendiri mengatakan peluncuran region Jakarta ini guna mendekatkan GCP ke pelanggan dan pengguna di Indonesia. Dengan adanya latensi yang lebih rendah untuk akses ke data dan aplikasi, perusahaan yang berbisnis di negara Indonesia dapat dan mampu mempercepat transformasi digital milik mereka.

Bahkan dengan adanya GCP ini akan membantu pelanggan dalam memenuhi persyaratan regulasi dan kepatuhan tertentu. Tidak hanya itu saja, GCP  juga mampu menyediakan banyak opsi untuk pemulihan bencana bagi pelanggannya. Sudah tentu menggunakan GCP menguntungkan dan juga penting.

Tidak dipungkiri lagi sekarang ini banyak perusahaan yang berpindah dari penyimpanan dan berbagai hal yang masih menggunakan hardware sekarang ini lebih memandang ke masa depan yang lebih maju, yaitu dengan sistem komputasi awan atau cloud computing. Maka dari itu, dibutuhkanlah Google Cloud Platform Indonesia yang mengatur semua kebutuhan yang berkaitan dengan cloud computing.

Jika Anda membutuhkannya, maka Anda bisa mengandalkan Netdata. Dengan Anda mengandalkan Netdata dalam kebutuhan Google Cloud Platform Indonesia, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang tidak bisa Anda dapatkan di penyedia Google Cloud lainnya. Dimana lagi Anda bisa mendapatkan Google Cloud dengan berbagai fitur yang sangat membantu dan dengan pelayanan yang professional dari pihak costumer service dengan biaya yang terjangkau kalau bukan di Netdata.

Cek Produk Router dari NetData disini :

Ringkasan Google Cloud Platform

Google Cloud Platform ini menyediakan layanan yang berbasis komputasi, penyimpanan, jaringan, data besar, pembelajaran mesin dan internet of things (IoT), dan juga menyediakan cloud manajemen, keamanan dan alat pengembang.

Produk Cloud Computing inti Dari Google Cloud Platform adalah sebagai berikut:

  • Google App Engine, adalah layanan platform-as-a-service (PaaS) yang dapat memberikan pengemban perangkat lunak akses ke hosting Google yang skalabel. Pengembang juga dimudahkan dalam pengembangan perangkat lunak App Engine guna mengembangkan produk perangkat lunak SDK.
  • Google Compute Engine, adalah layanan infrastruktur-sebagai-layanan (IaaS) yang menyediakan instance mesin virtual kepada pengguna untuk hosting beban kerja.
  • Cloud SQL,  merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk penyimpanan relasional penuh menggunakan MySQL, dan database Cloud Bigtable asli dari Google.
  • Google Cloud Storage, adalah tempat penyimpanan Cloud yang dirancang untuk dapat menyimpan data besar dan tidak terstruktur. Selain itu Google juga menawarkan pilihan penyimpanan database seperti Cloud Datastore untuk penyimpanan nonrelasional NoSQL.
  • Google Container Engine, adalah sebuah sistem manajemen dan orkestrasi untuk kontainer Docker yang berjalan dalam cloud publik Google. Google container Engine ini merupakan mesin orkestrasi container berbasis Google Kubernetes.
  • Google Cloud Platform yang menawarkan pengembangan aplikasi dan layanan integrasi. Contoh produknya adalah Google cloud pub / sub adalah layanan pemesanana secara realtime dan terkelola yang memungkinkan pertukaran pesan antar aplikasi. Selain itu, Google Cloud Endpoints memungkinkan pengembang dapat membuat layanan berdasarkan perangkat lunak RESTful API, sehingga dapat membuat layanan tersebut dapat diakses oleh klien Apple IOS, Android, dan Javascript. Dan juga ada penawaran lain seperti server DNS Anycast, interkoneksi jaringan langsung, load balancing, layanan pemantauan dan logging.

Layanan Google Yang Lebih Tinggi

Google terus meningkatkan layanan dengan tingkat yang lebih tinggi, seperti misalnya terkait dengan data besar dan juga machine learning, ke platform cloudnya. Layanan dengan data yang besar dari Google ini dapat memroses dan menganalisa data dengan baik seperti menggunakan Google BigQuery untuk kueri seperti SQL yang dibuat terhadap kumpulan data multi-terabyte.

Ada juga layanan Google Cloud Dataflow yang merupakan layanan pemrosesan data yang ditujukan untuk analitik, extract, edit, dan loading (ETL), dan proyek komputasi secara realtime. Platform ini juga menyertakan Google Cloud Dataproc, yang mana juga menawarkan Apache Spark dan Hadoop untuk pemrosesan data yang lebih besar.

Dalam hal kecerdasat buatan atau AI Google juga punya layanannya yakni Cloud Machine Learning Engine. Cloud Machine Learning Engine adalah layanan yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan melatih model pembelajaran mesih lebih terpusat. Berbagai API juga tersedia untuk terjemahan dan analisis ucapan, teks, gambar, dan video.

Google juga menyediakan layanan untuk Internet of Things yakni Google Cloud IoT Core yang merupakan layanan terkelola untuk pengguna agar dapat mengonsumsi dan mengelola data dari perangkat IoT.

Rangkaian layanan Google Cloud Platform akan terus berkembang dan juga Google secara berkala terus memperkenalkan, mengubah, atau menghentikan layanan berdasarkan permintaan pengguna atau tekanan persaingan di dunia IT. Pesaing utama dipasar Cloud Computing ini cukup berat yakni harus berhadapan dengan pesaing besarnya seperti Amazon Web Services (AWS) dan Microsoft Azure.

Pilihan Harga Google Cloud Platform

Seperti penawaran cloud publik lainnya, sebagaian besar layanan Google Cloud Platform mengikuti model pay-as-you-go yang artinya tidak ada uang muka sama sekali sehingga pengguna hanya akan membahas resource cloud yang akan mereka gunakan saja. Tetapi persyaratan dan tarif khusus berbeda dari layanan ke layanan.

Sertifikasi Google Cloud Platform

Google menawarkan program pelatihan dan juga sertifikasi yang berkaitan dengan layanan Google cloud platform ini, seperti program untuk infrastruktur cloud, data dan machine learning, pengembangan aplikasi dan administrasi G suite, dan juga program pengantar untuk platform cloud-nya.

Sertifikasi ini ada 3 jenis yang akan diperoleh seorang profesional IT yakni Arsitek Cloud Profesional Bersertifikat, Insinyur Data Profesional Bersertifikat, dan Administrator G Suite Profesional Bersertifikat.

Google Cloud Platform Indonesia

Setelah berhasil dalam dunia Google cloud platform (GCP) di dunia, Google saat ini juga mulai merambah pasar Google cloud platform Indonesia yang cukup menjanjikan. Dari layanan global, beban yang cukup seimbang, hingga VM yang fleksibel, GCP memberi tambahan pilihan cloud computing yang sanggup sesuai dengan keperluan Anda.

Google compute engine juga menyediakan mesin virtual yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan dengan fitur-fitur terbaik, menyediakan pilihan untuk menyebarkan coding Anda secara cepat atau melalui kontainen, dan juga yang paling penting adalah dengan harga yang cukup ramah.

Google Kubernetes Engine juga termasuk salah satu layanan yang bisa Anda pakai dalam mengelola seluruhnya untuk menerapkan, mengelola, dan menyesuaikan kontainer dalam skala besar.

Google App Engine merupakan platform platform-as-a-service yang memungkinkan Anda fokus terhadap coding Anda, melewatkan Anda berasal dari detil operasional penerapan dan manajemen infrastruktur.

Google Cloud Platform Jakarta

Setelah masuk ke Indonesia Google Cloud Platform ini juga telah resmi dirilis dan mulai beroperasi di Jakarta. Yang mana Google Cloud Platform Jakarta ini dirancang untuk menunjang pelanggan di Indonesia dan juga pengguna lain. Ya benar sekali bahwa ibukota Jakarta ini merupakan region GCP pertama milik Google yang berada di Indonesia dan juga termasuk yang ke 9 di Asia-Pasifik (APAC).

Direktur manajer Google cloud Asia-Pacific Rick Harshman, menyatakan bahwa peluncuran region Jakarta yang baru ini dapat mendekatkan GCP kepada para pelangannya dan juga para pengguna layanan Google.

Menurutnya dengan latensi yang lebih rendah dalam mengakses data dan aplikasi maka perusahaan yang berbisnis di Indonesia dapat mempercepat transformasi digital mereka dan lebih optimal.

Dengan kehadiran GCP region Jakarta Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Indra Utoyo mengatakan bahwa Google Cloud telah menopang perusahaan dalam menjalankan strategi perbankan digital demi dapat  menambah inklusi finansial dan dalam melayani kebutuhan perbankan rakyat Indonesia.

Ia mengatakan bahwa saat ini, kita pakai Apigee, Google Maps Platform API, dan Cloud Vision untuk pengembangan produk. Dengan pendekatan hybrid, on-cloud, dan on-premise, baik Google maupun BRI menempatkan keamanan data di prioritas tertinggi. Peluncuran Google Cloud Region di Jakarta mempertegas prinsip Google dan akan menopang kita dalam menjangkau nasabah dengan lebih baik lagi.

Saat ini PT Axiata Tbk memiliki target untuk mengalihkan 70 % beban kerjanya ke cloud dalam kurun waktu 3 tahun kedepan. Axiata mengadopsi Anthos untuk mengotomatisasi, mengelola, dan menskalakan beban kerja di lingkungan hybrid/multi-cloudnya secara safe dan lebih konsisten.

Indra Utoyo juga mengatakan bahwa firu ini akan membantu para pelanggan dalam memenuhi persyaratan regulasi dan kepatuhan tertentu, dan juga akan menyediakan lebih banyak pilihan pemulihan bencana untuk para pelanggannya di Asia-Pasifik.

Juga ia memberikan tambahan berasal dari awal bahwa region ini dirancang dengan memiliki tiga zona cloud sehingga dapat mengatasi beban kerja lebih optimal dan memberikan tingkat ketersediaan yang lebih tinggi. Dengan adanya region Jakarta ini maka Google cloud saat ini berjumlah 24 region dan 73 zona di 17 negara di seluruh dunia.

Yessie D Yosetya, Chief Information plus Digital Officer XL Axiata mengatakan bahwa XL Axiata berkomitmen untuk memodernisasi infrastruktur XL Axiata demi menambah fleksibilitas bisnis dan mempercepat deployment aplikasi. Anthos amat ideal bagi XL Axiata sehingga memungkinkan XL Axiata mengadopsi kontainer sekaligus memungkinkan Google, pemimpin di teknologi Kubernetes, jalankan pengelolaan infrastruktur kontainer bagi XL Axiata.

Selain diluncurkannya Google Cloud Platform region Jakarta ada juga beberapa fasilitas yang Google tawarkan seperti misalnya Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery.

Untuk para pengembang, information engineer, dan information scientist juga dapat menggunakan program ML (machine learning) dan AI (kecerdasan buatan) dari Google untuk digunakan dalam proyek mereka dari ide sampai deployment dengan cepat dan juga hemat biaya. Untuk para pelanggan cloud hybrid dapat mengintegrasikan deployment yang baru dan yang sudah ada dengan beberapa perlindungan ekosistem untuk partner lokal.

Penyedia Google Cloud Platform Indonesia

Dengan hadirnya google cloud platform Indonesia sudah tentu memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Teknologi informasi selalu up to date mengikuti dengan perkembangan zaman yang semakin canggih dan cepat seperti saat ini. GCP sendiri jelas akan membantu perusahaan dalam menjalankan strategi perbankan secara digital guna meningkatkan inklusi finansial dan dalam melayani kebutuhan perbankan rakyat Indonesia.

Ditambah lagi kini GCP  menggunakan apigee, google maps platform API dan juga cloud vision untuk pengembangan produk secara terus menerus. GCP yang kini sudah diluncurkan juga disertai dengan beberapa fasilitas termasuk compute engine, google Kubernetes engine, cloud SQL, Cloud storage, Cloud Spanner, Cloud bigtable dan juga Bigquerry.

Untuk itulah memilih menggunakan penyedia google cloud platform Indonesia yang terpercaya sangatlah penting. Dengan menggunakan penyedia GCP yang baik dan terpercaa pastinya akan mampu meningkatkan bisnis atau kerja anda secara cepat, mudah dan pastinya juga baik. Terlebih untuk para developer, data scientist dan juga data enginer sangat penting dan butuh menggunakan GCP saat ini.

Kabar baik datang dari perusahaan IT terbesar yakni Google. Google menyebut Indonesia sebagai negara yang paling kreatif, dinamis, dan berjiwa bisnis tinggi di Asia Tenggara. Karena hal tersebut Google menyaksikan para developer dan pengusaha mengadopsi teknologi cloud terbaru demi menjawab tantangan serta menghasilkan perkembangan ekonomi yang juga paling pesat di dunia.

Google dengan senang hari memberitakan bahwa region ogle Cloud Platform (GCP) baru di Jakarta udah resmi diluncurkan supaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna di wilayah Asia Tenggara. GCP ini dirancang juga untuk membantu pelanggan di Indonesia terutama di wilayah Jakarta sekaligus menjadi region GCP pertama Google di Indonesia dan yang ke-9 di Asia-Pasifik (APAC).

Perilisan region Jakarta asia-southeast 2 yang baru dikatakan Google lebih mendekatkan GCP ke pelanggan dan pengguna. Perwakilan dari Google pada peluncuran virtual GCP berkata bahwa dengan latensi yang lebih rendah untuk akses ke data dan aplikasi, perusahaan yang berbisnis di Indonesia bisa mempercepat transformasi digital mereka,” ujar perwakilan Google didalam peluncuran virtual GCP pada Rabu (24/6).

Peluncuran selanjutnya dapat membantu pelanggan mencukupi kriteria regulasi dan kepatuhan tertentu, serta menyediakan lebih banyak opsi pemulihan bencana bagi pelanggan di APAC. Dari awal, region ini disebut dirancang untuk miliki tiga zona Cloud supaya bisa menanggulangi beban kerja yang memerlukan tingkat ketersediaan tinggi. Dengan adanya region ini, Google Cloud sekarang menawarkan 24 region dan 73 zona di 17 negara di seluruh dunia.

Adanya region di Jakarta ini dapat membantu pelanggan dan calon pelanggan baru didalam gunakan teknologi Google Cloud untuk menyajikan pengalaman pengguna lokal yang lebih baik.

“Google Cloud udah membantu kami didalam menjalankan trik perbankan digital untuk tingkatkan inklusi finansial dan didalam melayani keperluan perbankan rakyat Indonesia,” ujar Indra Utoyo, Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk didalam kesempatan yang sama.

Saat ini, Bank BRI gunakan Apigee, Google Maps Platform API, dan Cloud Vision untuk pengembangan produk. Dengan pendekatan hybrid, on-cloud, dan on-premise, baik Google maupun BRI menyebut mereka menempatkan keamanan data di prioritas tertinggi.

“Peluncuran Google Cloud Region di Jakarta mempertegas komitmen Google dan dapat membantu kami didalam menjangkau nasabah bersama lebih baik lagi,” tandas Indra.

Sementara bersama tujuan untuk mengalihkan 70 persen beban kerjanya ke cloud didalam tiga tahun ke depan, PT XL Axiata Tbk sebagai pemain utama di bidang telekomunikasi udah mengadopsi Anthos untuk mengotomatisasi, mengelola, dan menskalakan beban kerja di lingkungan hybrid atau multi-cloud-nya secara safe dan konsisten.

Dalam dunia cloud computing kita mengetahui tidak banyak saingan cloud provider Indonesia yang ada misalnya saja Amazon. Jari tidak heran jika kita lihat AWS atau Amazon Web Service semakin besar padahal kita mengatahui bahwa Amazon adalah salah satu portal belanja internasional yang terkenal. Google juga tidak ingin kalah dengan menciptakan Google Cloud Platformnya.

Selain layanan yang mirip penawaran Google cukup menggiurkan daripada penawaran yang diberikan oleh Amazon yakni gratis digunakan selama setahun. Hanya bedanya Google juga menyertakan $300 secara cuma-cuma sehingga selama kita dapat memanage budget bersama dengan baik, tahun pertama pemanfaatan GCP dapat benar-benar berbiaya 0.

Tentu saja dengan banyak sekali produk dari Google cloud platform yang dihidangkan sebagaimana yang terhitung terkandung di AWS. Tetapi Google Cloud Platform Indonesia kali ini akan fokus pada Google compute engine yang dapat dilakuakn pada hosting situs kita. Produk ini mungkin seperti Amazon EC2, Azure Virtual Machines (by Microsoft) dan VPS pada umumnya.

Untuk Anda yang ingin mencari dimana Google Cloud Platform Indonesia, Anda bisa mengunjungi atau menghubungi netdata di websitenya NDS.id.

Google Cloud Platform Terbaik

Dengan memanfaatkan solusi ML (machine Learning) dan AI (Artificial Intelegent) jelas akan membuat project dari para developer, data scientist hingga data enginer semakin cepat dan hemat biaya. Namun pastinya pemilihan penyedia google cloud platform Indonesia terbaik sangat penting dan diperlukan. Penyedia yang baik sudah pasti dapat dipercaya untuk mengelola bisnis anda.

Kini dengan menggunakan jasa GCP terbaik serta terpercaa pastinya kegiatan kerja perusahaan milik anda akan semakin berkembang dengan cepat, baik dan juga tepat. GCP  juga menjadi solusi terbaik terlebih kini sudah hadir di Indonesia. Netdata jelas merupakan penyedia GCP yang sudah terpercaya untuk mengelola berbagai pekerjaan milik anda.

Tentunya menggunakan GCP sangat menguntungkan, jaringan yang stabil dan pastinya juga aman. Bahkan jaringan pengiriman konten berdasarkan titik tepi kehadiran akan terdistribusi secara baik dan tepat. Tidak hanya itu saja, GCP juga mampu mengelola banyak data untuk nantinya digunakan sebagai data analitik. Sudah tentu sangat menguntungkan menggunakan GCP seperti sekarang ini.

Dunia cloud computing saat ini memang sedang meningkat daya minatnya terutama di pasar Indonesia yang mulai beralih ke cloud platform. Adapun salah satu perusahaan IT terbesar di dunia yang termasuk beri tambahan sarana cloud ini yang dinamakan Google Cloud Platform.

Mungkin bagi sebagian orang ada yang tidak mengetahui apa itu Google Cloud Platform, Google Cloud Platform adalah sebuah cloud computing publik yang ditawarkan oleh Google. Layanan pada platform Google ini menawarkan berbagai layanan baik itu layanan hosting untuk komputasi, penyimpanan, dan pengembangan aplikasi yang berjalan di hardware Google. Selain itu Google Cloud Platform bisa dibuka oleh pengembang perangkat lunak, administrator Cloud, dan perusahaan profesional TI lainnya lewat internet publik atau lewat koneksi jaringan khusus.

Google Cloud Platform Indonesia Terbaik

Google memang terus berinovasi demi meningkatkan layananannya hampir di semua lini sehingga bisa di nikmati oleh setiap para penggunanyaseperti misalnya dapat menggunakan layanana data yang besar Google tetap bisa memprosesnya sekaligus menganalisa informasi bersama dengan baik layaknya manfaatkan Google BigQuery untuk kueri layaknya SQL yang dibikin terhadap kumpulan information multi-terabyte. 

Ada juga sarana Google Cloud Dataflow adalah layanan pemrosesan informasi yang ditujukan untuk analitik, extract, edit, dan loading (ETL), dan proyek komputasi secara realtime. Platform ini juga menyertakan Google Cloud Dataproc, yang mana juga tawarkan Apache Spark dan Hadoop untuk pemrosesan information yang lebih besar. 

Dalam perihal kecerdasat buatan atau AI Google juga punyai layanannya yakni Cloud Machine Learning Engine. Cloud Machine Learning Engine adalah sarana yang terlalu mungkin pengguna sanggup sebabkan dan melatih model pembelajaran mesih lebih terpusat. Berbagai API juga ada untuk terjemahan dan analisis ucapan, teks, gambar, dan video. 

Google Cloud Platform Indonesia Terpercaya

Google juga menyediakan sarana untuk Internet of Things yakni Google Cloud IoT Core yang merupakan sarana terkelola untuk pengguna agar sanggup konsumsi dan mengelola information berasal dari perangkat IoT.

Rangkaian sarana Google Cloud Platform bakal terus berkembang dan juga Google secara berkala terus memperkenalkan, mengubah, atau menghentikan sarana berdasarkan permintaan pengguna atau tekanan persaingan di dunia IT. Pesaing utama dipasar Cloud Computing ini memadai berat yakni harus berhadapan bersama dengan pesaing besarnya layaknya Amazon Web Services (AWS) dan Microsoft Azure.

Google Cloud Platform Indonesia. Dalam dunia cloud computing, tentunya Anda harus menggunakan platform yang mengatur semua kinerja cloud computing. Cloud platform namanya, ini adalah sebuah aplikasi yang bisa membuat Anda mengehtahui informasi, mengatur, dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan sistem komputasi cloud atau cloud computing. Jika Anda mencari cloud platform Anda bisa mengandalkan Netdata saja.

Netdata menyediakan berbagai penawarannnya yang sangat menguntungkan yang akan sangat saying sekali jika Anda lewatkan. Anda tidak akan bisa mendapatkam penawaran ini ditempat lain yang menjual cloud platform. Dengan Anda mempercayakan Netdata, Anda bisa mendapatkan cloud platform dengan biaya yang murah, dan juga dengan berbagai fitur yang sangat membantu.

Google Cloud Platform Indonesia Terbaik

Dengan Anda mengandalkan Netdata, Anda yang memang menggeluti dalam bidang cloud computing bisa mendapatkan cloud platform dengan berbagai fitur yang sangat membantu pekerjaan Anda. Ini adalah penawaran yang sangat menguntungkan. Bukankah meringankan pekerjaan adalah hal yang utama yang Anda cari? Maka dari itu, fitur-fitur Google Cloud Platform Indonesia dari Netdata sangat bisa membantu.

Sudah banyak perusahaan yang menggunakan cloud platform dari Netdata, membuktikan bahwa memang Netdata bisa diandalkan dalam urusan mencari cloud platform terbaik dengan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan. Untuk masalah harga? Tenang saja, semua di Netdata ditawarkan dengan biaya yang sangat terjangkau!

Netdata sudah dipercaya oleh banyak perusahaan besar dan menjadi partner bisnisnya, khususnya juga untuk Google Cloud Platform. Ini menandakan bahwa SDM dari Netdata merupakan tenaga kerja yang sudah professional dalam bidanya, dan juga untuk urusan costumer service, selalu siap untuk menangani berbagai kendala yang Anda alami selama Anda menyewa jasa yang Netdata berikan dengan professional dan dengan tepat.

Menguntungkan bukan? Maka dari itu, jika Anda sedang mencari cloud computing yang berkualitas dan juga dengan harga yang terjangkau, Netdata adalah solusinya!

Google Cloud Platform Termurah

Anda bisa mendapatkan harga yang murah untuk Google Cloud Platform Indonesia dari Netdata. Ini merupakan penawaran yang sangat saying sekali jika Anda lewatkan. Tentunya Anda ingin bukan mendapatkan barang yang Anda butuhkan dengan biaya yang murah namun dengan kualitas yang bagus? Maka dari itu, Cloud platform dari Netdata adalah pilihan yang paling tepat.

Google Cloud Platform sendiri merupakan infrastruktur perangkat lunak untuk layanan komputasi awan, yang mencakup aplikasi yang memungkinkan pengguna membuat dan mengelola akun mereka sendiri. Jadi, perusahaan bisa mengontrol cloud computing yang mereka jalankan dan bisa mendapatkan berbagai informasi yang berkaitan dengan pekerjaan dengan mudah, ini karena Google Cloud dari Netdata, fiturnya lengkap namun dengan biaya yang murah.

Memang, Netdata menyediakan berbagai macam pelayanan yang ditawarkannya dengan biaya yang murah, ini sudah banyak dibuktikan oleh berbagai perusahaan yang sekarang ini menjadi partner bisnis dari Netdata, jadi memang Netdata bisa dipercaya. Selain itu, dengan biaya yang murah juga tidak menutup kemungkinan kalau pelayanan atau costumer service Netdata tidak bisa diandalkan juga.

Cara Klaim $300 GCP

Tanpa persyaratan apapun Google memberikan $300 secara Cuma-Cuma dengan cara mendaftarkan diri ke Google cloud platform. Kita diharuskan untuk memasukan data pembayaran sebagai persyaatan pembuatan account hanya dengan prasyarat dan tidak dapat dicharge. Bagi Anda yang tidak memiliki kartu kredit Anda tidak perlu khawatir Anda dapat menggunakan VCC dari Jenius dan sejenisnya.

Jika kau kepingin tau caranya riset kata kunci yang baik dan benar, baca disini.

Link menuju GCP silahkan ke: https://cloud.google.com

Maka sampai disini, saya anggap Anda sudah mempunyai account GCP bersama dengan kredit $300 di dalamnya dan siap untuk digunakan.

Tutorial Setup WordPress di GCP bersama dengan Serverpilot

  1. Siapkan domain.

Domain ini bisa Anda beli di situs hosting yang cukup terjangkau antara ($0.99-1.99) untuk keperluan belajar (ekstensi .pro, .life, .today, .space, dll). Rekomendasi registrar langganan saya adalah Name.com

  1. Create Engine

Masuk ke GCP dan pilih menu Compute Engine > VM Instances

  1. Kostumisasi Engine

Jika sudah, klik “create instance” dan isilah data yang diminta.

Catatan:

– Perhatikan kotak merah pada gambar diatas. Itu adalah biaya setiap bulan. Untuk dapat pakai GCP secara gratis setahun penuh, pastikan nilainya tak lebih jauh dari $300 : 12 bulan = $25. Dan untuk memaksimalkan pemanfaatan saldo gratis $300, pastikan nilainya tak tidak cukup jauh dari $25.

– Isilah nama instance sesuai keinginan. Pilih ZONE berdasarkan tujuan traffic pengunjung. Untuk traffic Indonesia, Anda dapat pilih asiasoutheast1-a atau b. Sementara untuk traffic luar negri, silahkan pilih zone US atau yg posisinya lebih dekat bersama dengan tujuan pengunjung.

– Pada Machine Type, pilihlah 1 vCPU. Sementara memory, silahkan set ke 2GB saja. Dengan spesifikasi layaknya ini, Anda dapat mendapatkan server yang sudah benar-benar kencang yang dapat menghost banyak sekali situs bersama dengan sedikit pengunjung atau sedikit situs yang mempunyai traffic tinggi. Silahkan mengatur spesifikasi menurut keperluan masing-masing.

– Pada bootdisk, pilih Ubuntu-1604-LTS dan Boot disk style SSD berukuran minimal 10GB bersama dengan klik menu Change.

– Centang keduanya: Allow HTTP traffic dan Allow HTTPS traffic pada menu Firewalls.

– Abaikan menu lainnya jikalau tidak paham. Jika sudah, klik CREATE. Dalam hitungan menit, instance sudah jadi dan siap untuk disetup lebih lanjut.

*Pada semisal kasus server bersama dengan spec diatas, maka kita dapat mendapatkan harga $27.14 untuk server southeastasia dan $23.20 untuk server usa.

  1. Domain-GCP Connecting

Selanjutnya, kita dapat menghubungkan antara domain bersama dengan instance yang dibikin pada langkah pada mulanya via menu Cloud DNS di Google Console.

– Copy ip address dari instance Anda.

– Pilih menu Cloud DNS

– Pilih Create Zone

*Nama zone bebas, dns zone adalah namadomain.com, dan biarkan kolom yang lain tanpa diubah. Klik Create.

– Setelah itu, klik nama zone yang baru dibuat, lalu klik add record set.

Create 2 record baru, layaknya gambar berikut:

– Jika sudah, klik menu registrar setup yang ada di kanan atas untuk lihat nameserver. Nameserver inilah yang dapat Anda set di registrar untuk domain yang dapat digunakan.

  1. Serverpilot-Instance Connecting

Langkah berikutnya dapat pakai Serverpilot. Jika belum mempunyai account di Serverpilot, silahkan buat dulu secara gratis disini > serverpilot.io

Step ini agak teknikal. Tapi selayaknya mudah diikuti dikarenakan saya dapat memandunya sedetail mungkin.

– Masuklah ke Serverpilot, pilih menu connect server:

– Centang pilihan “I don’t have a root password or public IP address. (Requires manual install.)”. Kemudian isikan Hostname dan password sesuai keingin dan klik Connect to Serverpilot.

– Copy baris kode yang muncul.

– Selanjutnya, ulang ke VM Instances di Google Console Anda dan klik tombol SSH.

– Secara otomatis, dapat terbuka jendela baru. Tunggu sampai proses connecting selesai sehingga terlihat layar berwarna hitam.

– Masuklah sebagai root bersama dengan mengetik sudo su, dan pencet enter.

– Kemudian masukkan baris kode yang pada mulanya sudah dicopy dari serverpilot bersama dengan menekan tombol ctrl+v, dan pencet enter. Secara otomatis baris kode tersebut dapat menginstall semua yg dibutuhkan.

– Secara otomatis pula, penampilan di serverpilot dapat membuktikan jikalau script tengah terinstall. Biarkan proses ini terjadi sampai selesai sempurna dalam pas lebih dari satu menit.

– Proses selesai dan dinyatakan sukses jikalau Anda sudah lihat penampilan layaknya ini di layar

Sekarang Anda boleh menutup jendela SSH di komputer Anda dikarenakan kita sudah selesai berurusan dengannya.

  1. Setup WordPress

Setelah melewati semua cara diatas, tibalah saatnya untuk setup wordpress. Step ini terbilang mudah dan terjadi benar-benar cepat.

– Pilih menu +Create App di Serverpilot

– Selanjutnya masukkan detail yang diminta. Pastikan Anda mengisinya bersama dengan benar. Jika sudah, klik create app.

– Selesai! Seharusnya kini Anda sudah dapat lihat wordpress terinstall di domain Anda. Silahkan akses alamat domain Anda lewat browser.

Ada beberapa catatan yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

  1. Kadang dibutuhkan waktu yang cukup lama sebelum domain dan server dapat terkoneksi sempurna. Sehingga Anda tidak bisa melihat wordpress sehabis lakukan instalasi, tunggulah sampai 24-48 jam. Jika sudah lebih dari 48 jam masih saja tidak bisa maka bisa jadi Anda salah melakukan prosesnya.
  2. Sebuah instance dapat digunakan untuk menghost sampai unlimited website. Caranya tinggal 1, 4 dan 6 saja untuk setiap domain baru. Batasannya adalah kapasitas storage dan kapabilitas ram server. 
  3. Harga GCP terbilang cukup kompetitif dengan AWS atau cloud platform lainnya yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam penggunaan jangka panjang. 
  4. Walaupun harganya cukup mahal GCP tetap benar-benar sesuai bagi Anda yang ingin belajar membuat wordpress atau memiliki situs untuk keperluan jangka pendek seperti layaknya wallpaper blog, agc dan lain sebagainya.
  5. Google Cloud Platform Indonesia satu-satunya adalah NetData yang mungkin bisa memberikan solusi terhadap kebutuhan cloud Anda. 

Cek sekarang juga website dari Netdata di nds.id untuk informasi tentang cloud platform yang lebih lengkap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup