Sudah Tau Perbedaan Tethering dan Hotspot? Berikut Penjelasannya!

Tethering dan Hotspot

Tethering dan Hotspot – Kita hidup di dunia yang penuh dengan teknologi modern, contoh yang paling sederhana yakni adanya teknologi internet yang tentunya jadi kebutuhan yang sama pentingnya dengan kebutuhan primer seperti makanan, tempat tinggal dan pakaian.

Dengan adanya internet kita bisa mengakses informasi dan bersosialisasi dengan kerabat dan saudara.

Hampir semua orang terutama anak-anak menggunakan internet di tempat umum dengan mencari koneksi hotspot atau minta tethering ke orang lain.

Berbicara soal hotspot dan tethering, tahukah Anda apa sih perbedaan antara tethering dan hotspot ini? Untuk Anda yang masih bingung tentang keduanya kita bisa menyimak beberapa perbedaan antara kedua hal tersebut diartikel kali ini:

Mengenal Tentang Koneksi Internet

Sebelum mengenal apa itu tethering dan hotspot kita perlu mengenal tentang koneksi internet terlebih dahulu. Hampir semua orang menggunakan internet menggunakan perangkat mereka seperti komputer, laptop serta smartphone yang memiliki fitur WiFi.

Bagaimana Cara Terhubung Ke Internet

Bagaimana cara kita terhubung ke internet, pertanyaan ini mungkin dilontarkan bagi orang yang masih awam dengan teknologi internet.

Internet memang banyak sekali manfaatnya seperti mengakses informasi berita, streaming video, musik, bermain game online, dan masih banyak lagi. 

Saat ini banyak provider internet seluler maupun fiber optik yang menyediakan layanan internet dengan koneksi WiFi yang cepat. Sehingga Anda dapat menikmati konten internet dengan teknologi nirkabel atau WiFi beberapa perangkat sekaligus.

Macam-Macam Layanan Internet

Adapun berbagai macam jenis internet yang dapat Anda pilih tergantung kebutuhan Anda dan tersedianya provider internet di daerah Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis layanan internet yang paling umum digunakan :

Satelit

Koneksi satelit juga dapat menggunakan internet broadband namun tidak membutuhkan kabel atau saluran telepon, tetapi melalui satelit yang mengorbit bumi. 

Dengan demikian layanan ini dapat digunakan hampir di mana saja namun dapat di pengaruhi oleh kondisi cuaca yang tidak stabil. Koneksi satelit ini biasanya lebih lambat daripada menggunakan koneksi DSL atau kabel.

Dial-up

Layanan ini adalah layanan internet yang kecepatan dengan koneksi yang paling lambat diantara koneksi internet lainnya. Anda dapat sebaiknya tidak menggunakan keculai layanan ini adalah satu-satunya layanan yang tersediae di wilayah Anda. Dial-up ini menggunakan saluran kabel telepon dan internet secara bersamaan sehingga dapat terganggu jika ada telepon yang masuk.

Kabel

Koneksi ini layanan ini terhubung ke internet melalui kabel TV, yang meskipun Anda t idak perlu memiliki TV untuk menggunakannnya. Layanan ini memang menggunakan kabel dengan koneksi broadband dan lebih cepat dari dial-up dan DSL, yang mana layanan ini dapat digunakan jika di wilayah Anda telah terpasang ke jaringan kabel TV.

3G dan 4G

Layanan 3G dan 4G ini merupakan jenis layanan seluler nirkabel yang melalui jaringan seluler Anda. 

Memang jaringan ini tidak secepat jaringan DSL atau kabel. Penyedia layuanan ini juga memiliki keterbatasan dalam pemakaian data atau kuota.

Tethering

Apa itu Tethering? tethering sendiri artinya adalah mengakses internet dalam sebuah perangkat seperti komputer, laptop, smartphone, dan lain sebagainya. Sebuah perangkat meminjam koneksi internet dari perangkat lainnya.

Tethering sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara menyambungkannya dengan WiFi, bluetooth, atau menyambungkan secara fisik dengan kabel USB. 

Istilah dari tethering ini dipakai pada jaringan dengan jangkauan yang sempit dan jumlah perangkat yang sedikit.

DSL

Layanan ini menggunakan koneksi broadband yang mana koneksi ini jauh lebih cepat daripada layanan internet menggunakan dial-up. DSL ini terhubung ke internet yang mana menggunakan saluran telepon, namun tidak mengharuskan Anda menggunakan saluran telepon rumah. 

Memilih Penyedia Layanan Internet

Koneksi internet dapat kita gunakan layanan dari penyedia jasa internet atau disebut dengan ISP atau internet service provider. Beberapa jenis ISP menawarkan paket dan juga jenis layanan internet baik itu menggunakan fiber optic maupun sinyal seluler. 

Kebanyakan ISP menawarkan layanan internet dengan satuan ukur Mbps atau megabit per detik. Apabila Anda ingin menggunakan internet hanya untuk menggunakan email ataupun jejaring sosial saja maka dengan koneksi 2-5 Mbps sudah cukup.

Apabila Anda ingin mengunduh musik ataupun streaming video maka lebih baik Anda memilih dengan koneksi minimal 5 Mbps atau lebih.

Selain kecepatan Anda juga perlu memperhatikan faktor lain seperti biaya perbulan dan biaya instalasi.

Perangkat Keras Yang Dibutuhkan

Adapun beberapa perangkat keras yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan layanan internet antara lain :

Modem

Anda dapat memiliki komputer Anda tidak membutuhkan banyak perangkat keras tambahan untuk dapat menikmati koneksi internet.

Setelah Anda memiliki komputer, maka Anda tidak membutuhkan banyak perangkat keras tambahan untuk terhubung ke Internet. Perangkat utama yang Anda butuhkan adalah modem.

Perangkat utama yang dibutuhkan adalah modem. Jenis layanan internet Anda dapat menggunakan jenis modem yang digunakan.

Misalnya menggunakan koneksi dial-up menggunakan modem telepon, koneksi DSL yang menggunakan modem DSL, koneksi kabel menggunakan modem kabel, dan koneksi satelit menggunakan adaptor satelit. 

Router

Router merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer dan perangkat lainnya ke koneksi internet. Saat ini router adalah nirkabel, yang dapat digunakan untuk membuat jaringan nirkabel menggunakan jaringan WiFi.

Tidak perlu menggunakan router untuk terhubung ke internet, Anda dapat langsung menghubungkan komputer ke modem menggunakan kabel ethernet. Sebagian besar modem juga sudah memiliki fitur router built-in yang mana membuat jaringan WiFi tanpa perlu tambahan perangkat lagi. 

Memulai Menggunakan Internet

Adapun beberapa proses untuk Anda dapat memulai menggunakan internet, apa saja prosesnya? Mari kita simak penjelasan berikut ini :

Terhubung ke internet

sebuah perangkat yang terhubung ke internet sebelum dapat diakses maka Anda perlu berlangganan dengan jasa penyedia internet seperti perusahaan telepon, perusahaan TV, dan pemerintah. 

Perangkat lainnya seperti router, modem, WiFi atau koneksi internet seluler. Biasanya dibutuhkan di tempat-tempat ramai seperti perpustakaan, kafe, sekolah yang menawarkan WiFi gratis untuk pelanggan, mahasiswa, dan pengunjung.

Navigasi situs web

Di internet Anda dapat melihat banyaknya link ke situs website yang lain disebut dengan hyperlink. 

Link ini merupakan bagian informasi disebuah situs web. Link ini biasanya berwarna biru yang terkadang dihiasi dengan garis bawah dan bercetak tebal.

Hyperlink ini merupakan salah satu fitur yang paling unik di internet yang dikenal sebagai World Wide Web.

Browsing Web (Jelajah Web)

Sebagian besar informasi di internet terpampang pada situs website. Pada saat Anda tersambung ke internet maka Anda akan dapat mengakses website menggunakan aplikasi bernama browser.

Browser yang mengakses situs website maka akan menampilkan teks, gambar, dan media lainnya. 

Beberapa Manfaat Internet

Dalam mengetahui apa saja manfaat internet mungkin sangat banyak jika disebutkan satu persatu apalagi berkaitan dengan pembahasan kali ini tentang apa itu tethering dan hotspot. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat internet yang paling umum.

Memperluas Ruang Pertemanan

Dalam penggunaan sosial media melalui jaringan internet saat ini sudah menjadi hal yang sangat umum digunakan hampir semua kalangan terutama kalangan anak muda. Manfaat internet secara umum sangatlah banyak salah satunya adalah menambah ruang pertemanan melalui sosial media. 

Dengan adanya sosial media maka jarak yang jauhnya peratus-ratus kilometer sekalipun maka Anda tetap bisa berkenalan dengan orang lain.

Contoh beberapa sosial media yang populer digunakan adalah Facebook, Whatsapp, Instagram, Twitter dan masih banyak lagi.

Alamat dan Pemetaan

Teknologi internet dapat membantu kita dalam melakukan pemetaan dan pencarian lokasi dengan menggunakan GPS yang berbasis dengan jaringan internet.

Menghasilkan Uang

Internet juga dapat dijadikan sebagai ladang penghasil uang loh. Jika Anda lihat bahwa saat ini banyak orang yang  memanfaatkan blog ataupun media upload video yang menghasilkan uang dengan cara memasangkan iklan.

Sumber Beragam Wawasan Ilmu dan Pengetahuan

Tidak seperti jaman dulu dimana kita jika ingin melihat berita terbaru harus membeli koran atau melihat televisi maupun mendengar radio terlebih dahulu. Namun dengan adanya internet Anda akan dengan cepat mengakses media wawasan ilmu pengetahuan dengan sangat mudah dan cepat.

Contohnya di tengah pandemi Covid-19 anak usia sekolah diharuskan belajar dirumah menggunakan media online.

Dan juga banyak sekali situs-situs yang menyediakan materi-materi pelajaran yang sangat mudah diakses dan gratis.

Untuk Sarana Konektivitas dan Komunikasi

Internet memang tidak lepas penggunaannya sebagai penghubung orang lain berbeda negara diseluruh dunia.

Contohnya Anda dapat mengirimkan surat elektronik ke luar negeri ataupun melakukan video call dengan hitungan detik.

Menjaga Keamanan Warga Negara

Manfaat tidak hanya bermanfaat bagi individu saja, namun juga suatu komunitas yang luas seperti satu negara.

Masyarakat dapat menggunakan beragam fasilitas internet di bawah beberapa aturan yang ada di bawah naungan pemerintah.

Walaupun harus menaati peraturan pemerintah, Anda tetap akan mendapatkan privasi masing-masing.

Pemerintah juga perlu bertanggung jawab untuk mensejahterakan para rakyat di sebuah negara. Sehingga manfaat internet tetap dapat dinikmati oleh semua masyarakat yang mudah diakses publik.

Mempermudah Proses Pelaksanaan Sistem Akademik

Internet juga saat ini dimanfaatkan dibidang pendidikan contohnya di lembaga pendidikan seperti sekolah hingga perguruan tinggi menggunakannya sebagai sarana pencarian informasi dan materi akademik.

Media Hiburan Semua Kalangan

Internet memang yang paling diminati adalah sebagai media hiburan semua kalangan. Internet menyediakan berbagai konten hiburan semua usia mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Saking bebasnya media hiburan, pemerintah membatasi penggunaan internet dewasa untuk tidak dapat diakses oleh anak-anak yang merupakan salah satu kebijakan pemerintah.

Sangat Efektif Mensukseskan Bisnis atau Usaha

Selain untuk media hiburan, internet juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana Internet of Things yang memberikan konsep baru dalam menciptakan bidang usaha atau bisnis yang lebih modern.

Contohnya saja penjual tidak perlu lagi bertatap muka dalam membeli barang melalui e-commerce atau toko online sehingga transaksi dilakukan semua secara online hingga pengiriman barangpun dilakukan secara online.

Menghemat Biaya dan Waktu

Dengan menggunakan internet Anda dapat menghemat banyak waktu dan biaya dalam berbagai hal seperti mengirimkan beragam data dan dokumen secara elektronik.

Anda tidak perlu membayar biaya yang mahal untuk berkomunikasi serta berhubungan lewat telepon atau video yang terhubung dalam beberapa detik saja.

Apa itu Tethering dan Hotspot?

Nah sekarang kita akan membahas apa itu tethering dan hotspot yang mana memiliki arti yang identik sehingga tak heran jika ada orang yang masih bingung membedakannya.

Mari kita akan membahas apa saja bedanya tethering dan hotspot berikut ini :

Penjelasan Tethering

Pastinya Anda yang mahasiswa sudah tidak asing dengan yang namanya tethering. Apalagi jika Anda sering minta tethering ke teman Anda yang memiliki kuota yang lebih banyak.

Fungsi Tethering

Fungsi tethering sendiri adalah mengakses internet dalam sebuah perangkat baik itu smartphone, komputer, laptop, dan lainnya melalui perangkat lainnya. Dengan kata lain perangkat yang meminta tethering meminjam koneksi internet perangkat lainnya.

Tethering Menggunakan Smartphone

Tethering menggunakan smartphone sendiri adalah metode yang paling populer dilakukan karena memang smartphone memiliki fitur tethering yang sudah tertanam di sistem operasi Android maupun iOS.

Ada tiga pilihan dalam melakukan tethering yakni menggunakna bluetooth, menggunakan WiFi, dan juga menggunakan USB.

Tethering Menggunakan USB

Tethering menggunakan USB sudah lama diadopsi oleh ponsel sejak lama yang memungkinkan Anda dalam menghubungkan ke perangkat ke komputer Anda melalui USB.

Ini juga dapat memungkinkan Anda untuk menggunakan koneksi internet seluler melalui koneksi kabel USB.

Caranya yakni Anda dapat menggunakan kabel USB dan menghubungkannya antara ponsel Anda dengan komputer. 

Selanjutnya buka opsi pengaturan di Android > jaringan dan internet > hotspot dan tethering kemudian pilih opsi tethering USB. Jika sudah maka akan muncul notifikasi akan muncul 

Tethering Menggunakan Bluetooth

Adapun cara lain dalam membagi koneksi internet melalui seluler ke komputer maupun perangkat lain yakni menggunakan teknologi bluetooth. Teknologi WiFi jarak pendek memiliki bandwidth yang cukup untuk merutekan data ke dari seluler Anda dan perangkat.

Caranya yakni dengan membuka ikon menu bluetooth pada sistem operasi Android. Kami akan menganggap Anda menggunakan OS Windows 10 pada Komputer Anda maka langsung pilih menu bluetooth > pengaturan perangkat > bluetooth & perangkat lain. Nyalakan bluetooth pada komputer Anda dan tunggu hingga mendeteksi bluetooth dari perangkat android Anda.

Setelah terpasang atau mode pairing, kembali ke ponsel android Anda dan buka pengaturan > jaringan & internet > hotspot & tethering dan pilih tethering Bluetooth.

Setelah itu di komputer Anda pilih ikon bluetooth, dan klik kanan, pilih bergabung dengan jaringan pribadi, temukan ikon ponsel Anda, klik kanan. Kemudian pada menu yang dihasilkan, pilih hubungkan menggunkan > jalur akses. selesai

Hotspot WIfi

Cara untuk melakukan tethering selanjutnya adalah menggunakan hotspot WiFi. Cara ini adalah yang paling sering digunakan saat ini karena memiliki metode yang paling mudah dan juga memiliki kecepatan yang paling cepat.

Caranya Anda tinggal membuka menu pengaturan > Jaringan & internet> Hotspot & penambatan dan pilih menu Hotspot portabel.

Kemudian dilayar berikutnya kemudian gunakan menu konfigurasi hotspot untuk menetapkan nama untuk melakukan koneksi atau gunakan default, biasanya AndroidAP. 

Pada komputer atau perangkat lain Anda tinggal buka menu WiFi dan pilih jaringan yang tersedia sesuai dengan nama hotspot yang Anda ganti tadinya.

Fungsi Hotspot

Fungsi hotspot adalah untuk melakukan koneksi internet seperti browsing, streaming video, musik, transaksi belanja online, download, ataupun melakukan transaksi bisnis Anda.

WiFi adalah singkatan dari wireless fidelity yang merupakan sebutan standar jaringan atau tanpa kabel dengan memanfaatkan frekuensi radio yang sering dikenal dengan RF atau radio frequency.

Yang mana awalnya WiFi hanya ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel atau LAN untuk mengakses jaringan internet.

Sehingga dalam prakteknya WiFi digunakan untuk menghubungkan antara perangkat maupun gadget yang berisikan fitur wireless card ataupun PDA yang dapat terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses atau biasa dikenal dengan hotspot.

Keuntungan menggunakan WiFi yakni sangat praktis, yang mana membuat komputer dapat terhubung ke dalam jaringan tanpa menggunakan kabel.

Tips Menggunakan Hotspot Supaya Aman

Adapun tips menggunakan hotspot agar aman antara lain : 

  • Jangan mengaktifkan file sharing folder baik dari PC maupun laptop yang terhubung ke jaringan publik karena memungkinkan orang lain untuk mengakses folder yang Anda bagikan. 
  • Matikan sharing printer pada PC atau laptop.
  • Aktifkan selalu anti virus di komputer.
  • Jangan pernah membagikan identitas username maupun password ke orang lain.

Kesimpulan

Itulah bahasan kita tentang apa itu tethering dan apa bedanya antara hotspot dan tethering yang mungkin hingga saat ini masih saja ada orang yang tidak paham akan perbedaannya. Namun dengan adanya ulasan tadi diharapkan Anda sedikit mengerti apa sih bedanya antara kedua teknologi nirkabel tersebut.

Untuk informasi menarik lainnya seputar teknologi Anda dapat mengunjungi website NetData di nds.id yang menyajikan berbagai informasi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup