Ternyata Begini Cara Melihat Lisensi Microsoft Office

Cara Melihat Lisensi Microsoft Office – Saat Anda pertama kali membeli produk seperti komputer ataupun laptop, mungkin software yang pertama kali Anda ingin untuk install adalah Microsoft Office, ini sangat penting untuk melakukan berbagai pekerjaan seperti membantu menyederhanakan tugas dasar kantor dan meningkatkan produktivitas kerja. Setiap aplikasi dirancang untuk menangani tugas-tugas tertentu, seperti pengolah kata, manajemen data, membuat presentasi, dan mengatur email.

Namun, sekarang ini sudah sangat canggih, sehingga di smartphone saja, Anda bisa menemukan software Microsoft Office.

Tentunya, jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, Anda harus menggunakan lisensi, karena tidak gratis. Jangan sampai Anda menggunakannya versi illegal, tentunya hal tersebut merupakan tindakan yang tidak terpuji.

Mengenal Lisensi Microsoft Office 365 Secara Detail

Microsoft Office 365 tersedia melalui berbagai model dan program lisensi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Produk Microsoft 365 tersedia sebagai lisensi langganan pengguna (USL) dan dilisensikan per pengguna.

Microsoft menawarkan program lisensi volume untuk membantu mengurangi biaya administrasi dan manajemen perangkat lunak untuk organisasi Anda, sekaligus mengaktifkan lisensi produk secara berkelanjutan dengan diskon yang cukup besar. Berbagai pilihan lisensi memungkinkan Anda memilih program yang paling sesuai dengan kebutuhan manajemen dan operasional Anda. 

Apa Itu Lisensi Microsoft Office?

Berbagai software biasanya menyertakan lisensi, ini berguna untuk Anda bisa menggunakan software tersebut secara legal, tak terkecuali Microsoft Office. Microsoft menyediakan berbagai macam lisensi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bisa kebutuhan pribadi maupun untuk perusahaan atau komunitas.

Sebagai informasi, lisensi merupakan bentuk hukum dari perjanjian yang dikhususkan bagi pengguna softrware yang terdiri dari ijin, hak untuk menggunakan, serta pembatasan dalam penggunaan software tersebut.

Keuntungan Menggunakan Lisensi Microsoft Office 

Anda sudah memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi yang sangat mumpuni untuk melakukan berbagai pekerjaan. Namun, akan sangat rugi jika software yang Anda install merupakan software bajakan, tentunya malah bisa merugikan bagi Anda.

Memang, kalau dipikir lagi, membayar lisensi itu tidak murah. Namun, tunggu dulu, apakah Anda tahu apa saja keuntungan dari menggunakan lisensi Miscrosoft Office?

  • Aplikasi mudah, tidak perlu banyak belajar tinggal mencontoh saja tidak perlu banyak mencari tutorial untuk belajar
  • Fitur lebih banyak, menolong pekerjaan menjadi lebih cepat selesai pas waktu
  • Formating ketika buka aplikasi di tempat berbeda konsisten konsisten dan saling terhubung
  • Aman dari Virus, produk autentik sudah mempunyai sistem antivirus tersendiri jadi tidak perlu khawatir. 

Daftar Lisensi Microsoft

Perjanjian Lisensi Volume Microsoft untuk pemerintah, pendidikan, dan organisasi nirlaba menawarkan solusi fleksibel dan terjangkau yang disesuaikan dengan ukuran organisasi dan preferensi pembelian.

Oke, mari bahas satu apersatu mulai dari government, education, dan nonprofit.

  • Government
    Microsoft memiliki penawaran lisensi pemerintah untuk organisasi yang memenuhi syarat yang memberikan harga dan persyaratan khusus yang lebih selaras dengan cara organisasi pemerintah memperoleh lisensi perangkat lunak dan layanan cloud.
    • Untuk organisasi pemerintah kecil hingga menengah
      • Lisensi Terbuka untuk PemerintahDapatkan lisensi dari reseller berkualitas pilihan Anda melalui transaksi satu kali yang mudah. Jaminan Perangkat Lunak adalah opsional.
      • Nilai Terbuka untuk Pemerintah
        Menawarkan manajemen aset yang disederhanakan, biaya perangkat lunak yang dapat diprediksi, dan pembayaran yang tersebar. Jaminan Perangkat Lunak include.
      • Berlangganan Open Value untuk Pemerintah
        Dapatkan manfaat yang sama dengan Open Value untuk Pemerintah dengan biaya di muka yang lebih rendah. Program ini menyediakan akses ke lisensi perangkat lunak Microsoft dan layanan cloud untuk jangka waktu perjanjian melalui lisensi berbasis langganan. Opsi Berlangganan Nilai Terbuka satu tahun juga tersedia untuk pelanggan pemerintah yang memenuhi syarat.
      • Penyedia Solusi Cloud Microsoft
        Dapatkan layanan cloud dengan bantuan dari Penyedia Solusi Cloud Microsoft melalui model bayar sesuai pemakaian. Penyedia Solusi Cloud dapat membantu Anda menentukan solusi cloud terbaik dan akan mendukung Anda mulai dari pembelian hingga penerapan dan penggunaan.
    • Untuk organisasi pemerintah menengah hingga besar
      • Perjanjian Perusahaan untuk Pemerintah
        Standarisasi teknologi di seluruh organisasi Anda dengan produk Microsoft dan layanan cloud terbaru. Menyediakan manajemen lisensi yang disederhanakan dengan satu perjanjian, biaya perangkat lunak dan layanan yang dapat diprediksi, dan pembayaran yang tersebar.
      • Perjanjian Produk dan Layanan Microsoft
        Perjanjian Produk dan Layanan Microsoft (MPSA) menggabungkan semua pembelian Anda menjadi satu perjanjian yang disederhanakan dengan pembelian untuk Layanan Online dan perangkat lunak. Struktur Akun Pembelian memberi Anda opsi pembelian yang fleksibel dan kontrol lebih besar tentang cara Anda membeli. Jaminan Perangkat Lunak adalah opsional.
      • Select Plus untuk Pemerintah
        Jika Perjanjian Produk dan Layanan Microsoft bukan merupakan opsi untuk organisasi Anda, Anda dapat menggunakan Select Plus untuk memperoleh lisensi perangkat lunak Microsoft di tingkat afiliasi atau departemen mana pun, sambil mewujudkan keuntungan sebagai satu organisasi.
      • Penyedia Solusi Cloud Microsoft
        Dapatkan layanan cloud dengan bantuan dari Penyedia Solusi Cloud Microsoft melalui model bayar sesuai pemakaian. Penyedia Solusi Cloud dapat membantu organisasi menengah menentukan solusi cloud terbaik dan akan mendukung Anda mulai dari pembelian hingga penerapan dan penggunaan.
  • Education
    Perjanjian Lisensi Volume yang paling sesuai dengan organisasi Anda bergantung pada ukuran dan jenis institusi Anda dan cara Anda ingin memperoleh lisensi Microsoft dan layanan cloud.

    • Untuk organisasi akademik kecil hingga menengah
      • Lisensi Terbuka untuk Akademik
        Dapatkan lisensi dan layanan cloud dari reseller resmi pilihan Anda melalui transaksi satu kali yang mudah. Jaminan Perangkat Lunak adalah opsional.
      • Open Value Subscription untuk Solusi Pendidikan
        Nikmati biaya awal yang rendah dan akses ke lisensi perangkat lunak Microsoft dan layanan cloud, serta termasuk manfaat penggunaan siswa, melalui lisensi berbasis langganan.
      • Penyedia Solusi Cloud Microsoft
        Dapatkan layanan cloud dengan bantuan dari Penyedia Solusi Cloud Microsoft melalui model bayar sesuai pemakaian.
    • Untuk organisasi akademik menengah hingga besar
      • Pendaftaran untuk Solusi Pendidikan
        Dapatkan cakupan terjamin untuk Education Platform Products melalui jumlah pengguna tahunan, kemampuan untuk memesan produk tambahan sesuai kebutuhan, opsi lisensi gratis, dan Student Use Benefits yang ditingkatkan.
      • Select Plus untuk Penggunaan Akademik
        Select Plus untuk memperoleh lisensi perangkat lunak Microsoft di tingkat afiliasi atau departemen mana pun, sambil mewujudkan keuntungan sebagai satu organisasi.
      • Penyedia Solusi Cloud Microsoft
        Dapatkan layanan cloud dengan bantuan dari Penyedia Solusi Cloud Microsoft melalui model bayar sesuai pemakaian.
  • Nonprofit
    Organisasi Nonprofit yang memenuhi syarat dapat memperoleh beberapa lisensi dengan harga lebih murah melalui lisensi volume. Untuk perangkat lunak, organisasi Anda hanya perlu membeli satu paket perangkat lunak lengkap dan lisensi yang cukup untuk mencakup jumlah komputer yang Anda miliki.

Fitur dan Keunggulan Microsoft Office 365

Microsoft Office 365 memiliki berbagai fitur dan keunggulan yang berbeda-beda untuk setiap lisensi yang Anda beli, apa saja?

Microsoft 365 Personal

Termasuk akses ke Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft OneNote, Microsoft Outlook, Microsoft Publisher & Microsoft Access untuk penggunaan di rumah / non-komersial di satu komputer (PC atau Mac) plus akses ke fitur premium di satu tablet (Android, iOS atau Windows RT, sebagai Windows penuh dihitung sebagai komputer) atau telepon.

Keuntungan tambahan termasuk 1 TB penyimpanan OneDrive tambahan dan 60 menit panggilan internasional Skype per bulan (tergantung area).

Microsoft 365 Family (sebelumnya Office 365 Home)

Ini sangat cocok konsumen seperti bisnis yang masih kecil dan keluarga; sama seperti Pribadi, tetapi untuk digunakan hingga enam perangkat hingga enam user.

Microsoft 365 Business Basic (sebelumnya Office 365 Business Essentials)

Fitur ini menawarkan akses ke layanan e-mail (Exchange), SharePoint, dan Microsoft Teams yang dihosting, serta akses ke aplikasi mobile dan versi Office Online dari Outlook, Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote.

Microsoft 365 Apps untuk bisnis (sebelumnya Office 365 Bisnis)

Fitur ini memberikan kepada Anda aplikasi Office untuk Windows, Mac, dan platform mobile hingga lima komputer, tablet, dan smartphone per pengguna.

Jenis Lisensi dari Microsoft Office

Ada berbagai jenis lisensi dari Microsoft Office yang perlu Anda ketahui. Dan pada setiap jenisnya pula Anda nantinya bisa menentukan mana jenis lisensi yang sekiranya cocok seperti yang Anda butuhkan.

OEM (Original Equipment Manufacturer)

Pada umumnya, untuk lisensi software jenis ini terintregrasi dengan berbagai macam perangkat seperti komputer atau laptop. Namun, software ini hanya bisa digunakan untuk device tersebut.

OLP (Open License Program)

Lisensi jenis ini memang agak sedikit mahal harganya daripada OEM. Mengapa? Karena lisensi jenis ini independen dan tidak tergantung pada perangkat (komputer) yang digunakan sehingga bisa di install di beberapa PC sekaligus.

FPP (Full Packet Product)

Jenis ini biasanya dalam bentuk fisik misalnya adalah CD (Compact Disk), buku manual, dan juga lisensi.

Open License

Untuk variasi lisensi ini terdiri dari dua alternatif adalah Open Business dan Open Volume. Open Business cocok untuk perusahaan kecil menengah dengan pengorderan minimal 5 unit. Sementara, Open Volume harganya lebih murah karena minimal pembeliannya 500 unit.

OLP Charity

Lisensi khusus untuk organisasi non keuntungan yang membeli software original dari Microsoft dengan harga murah dan tentunya mesti memenuhi beberapa syarat tertentu dari Microsoft.

Berikut Cara Melihat Lisensi Microsoft Office Secara Mudah

Oke, sekarang bagaimana cara melihat lisensi Microsoft Office? Sebenarnya ada beberapa cara, namun kali ini agar lebih mudah, maka coba ikuti cara berikut ini:

Cara Menemukan Produk Key Windows Tanpa Software Tambahan

Caranya cukup mudah, cuku copy paste saja script dibawah ini di Notepad:

Set WshShell = CreateObject("WScript.Shell")

Key = "HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\"

DigitalID = WshShell.RegRead(key & "DigitalProductId")




ProductName = "Product Name: " & WshShell.RegRead(Key & "ProductName") & vbNewLine

ProductID = "Product ID: " & WshShell.RegRead(Key & "ProductID") & vbNewLine

ProductKey = "Installed Key: " & ConvertToKey(DigitalID)

ProductID = ProductName & ProductID & ProductKey




If vbYes = MsgBox(ProductId & vblf & vblf & "Save to a file?", vbYesNo + vbQuestion, "Windows Key Information") then

Save ProductID

End if




Function ConvertToKey(Key)

Const KeyOffset = 52

isWin8 = (Key(66) \ 6) And 1

Key(66) = (Key(66) And &HF7) Or ((isWin8 And 2) * 4)

i = 24

Chars = "BCDFGHJKMPQRTVWXY2346789"

Do

Cur = 0

X = 14

Do

Cur = Cur * 256

Cur = Key(X + KeyOffset) + Cur

Key(X + KeyOffset) = (Cur \ 24)

Cur = Cur Mod 24

X = X -1

Loop While X >= 0

i = i -1

KeyOutput = Mid(Chars, Cur + 1, 1) & KeyOutput

Last = Cur

Loop While i >= 0

If (isWin8 = 1) Then

keypart1 = Mid(KeyOutput, 2, Last)

insert = "N"

KeyOutput = Replace(KeyOutput, keypart1, keypart1 & insert, 2, 1, 0)

If Last = 0 Then KeyOutput = insert & KeyOutput

End If

a = Mid(KeyOutput, 1, 5)

b = Mid(KeyOutput, 6, 5)

c = Mid(KeyOutput, 11, 5)

d = Mid(KeyOutput, 16, 5)

e = Mid(KeyOutput, 21, 5)

ConvertToKey = a & "-" & b & "-" & c & "-" & d & "-" & e

End Function




Function Save(Data)

Const ForWRITING = 2

Const asASCII = 0

Dim fso, f, fName, ts

fName = "SerialKeyWindows.txt"

Set fso = CreateObject("Scripting.FileSystemObject")

fso.CreateTextFile fName

Set f = fso.GetFile(fName)

Set f = f.OpenAsTextStream(ForWRITING, asASCII)

f.Writeline Data

f.Close

End Function

Save dengan nama terserah, namun dengan ekstensi .vbs dan Save as Type diganti dengan All Type.

image1

Setelah tersimpan, buka saja file tersebut, nantinya akan ada pop up untuk serial key Windows yang Anda miliki.

Cara Cek Keaslian Microsoft Office

Cara melihat lisensi Microsoft Office sudah, namun apakah Anda yakin jika serial key tersebut adalah asli? Berikut ini adalah cara cek keaslian Microsoft Office.

  1. Langkah pertama, Anda masuk ke halaman https://account.microsoft.com/services/
  2. Selanjutnya, produk Microsoft Office yang sudah Anda daftarkan pada saat instalasi seharusnya sudah muncul di halaman tersebut.

image2

Bagaimana Jika Lisensi Saya Tidak Muncul?

Sejauh ini, mungkin masih tidak ad acara bagaimana jika lisensi Microsoft Office tidak muncul. Namun, Anda bisa bisa memasukkan serial number lisensi Anda ke https://setup.office.com/ selama Anda yakin jika lisensi tersebut adalah asli.

Daftar Harga Lisensi Microsoft Office Terbaru

Berikut ini adalah daftar harga lisensi Microsoft Office terbaru yang bisa Anda temukan di berbagai marketplace dan juga resmi dari Microsoft itu sendiri.

Harga Microsoft Office Home

Untuk harga Microsoft Home dibandrol kisaran Rp 1.199.999 per tahun.

Harga Microsoft Office Personal

Harga Microsoft Office 365 Personal dibandrol seharga Rp 879.999 per tahun.

Harga Microsoft Office Home & Student

Harga Microsoft Office Home & Student dibandrol kisaran harga Rp 1.799.999 per tahun.

Harga Microsoft Office Business

Harga Microsoft Office 365 Business dipatok seharga Rp 129.000 pengguna / bulan (komitmen tahunan).

Harga Microsoft Office Premium

Harga Microsoft Office 365 Business Premium dibandrol dengan harga Rp 156.400 pengguna / bulan (komitmen tahunan).

Harga Microsoft Office Profesional

Harga Microsoft Office Profesional 2019 dibandrol dengan harga Rp 8.099.999.

Kesimpulan

Jadi, untuk Anda yang masih bingung untuk cara melihat lisensi Microsoft Office, bisa dilakukan dengan cara yang sudah disebutkan diatas. Apakah Anda tidak dapat menemukan nomor lisensi untuk Microsoft Office Anda? bahaya sekali, itu termasuk tindakan illegal!

Anda bisa saja untuk membeli lisensi Microsoft Office dengan berbagai macam lisensi sesuai dengan apa yang Anda butuhkan dengan harga yang jauh lebih murah dan dijamin original di NETDATA!

Yuk, mulai sekarang gunakan berbagai macam software dengan lisensi secara resmi! Percayakan saja NETDATA untuk hal tersebut, ada juga penawaran yang menarik lainnya untuk lisensi Microsoft Office, loh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup