Tenda Wireless Router, Solusi Wifi Masa Kini

Tenda Wireless Router

Tenda Wireless Router – Wifi untuk sekarang ini bukanlah sebuah barang yang mewah. Semua orang sudah bisa menikmati internet dengan mudah berkat adanya router. Mungkin Anda juga sudah sadar jika terdapat banyak sekali jenis dan juga merk dari router. Salah satunya adalah Tenda wireless router yang menjadi solusi wifi masa kini.

Mengapa bisa disebut sebagai Tenda wireless router adalah solusi jaringan wifi masa kini yang terbaik? Tentu saja terdapat banyak alasan yang menjadikannya adalah pilihan paling tepat ketika Anda ingin mencari router dengan beragam fitur dan juga spesifikasi yang selalu up to date dengan perkembangan jaman.

Yang Mungkin Kamu Cari

Mengenal Teknologi WiFi

Sekarang ini memang sudah tidak asing lagi jika Wifi adalah teknologi yang sekarang banyak dimanfaatkan untuk jaringan komputer. 

WiFi adalah teknologi jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat seperti komputer (laptop dan desktop), perangkat seluler (ponsel pintar dan perangkat yang dapat dikenakan), dan peralatan lain (printer dan kamera video) untuk berinteraksi dengan Internet. Hal ini memungkinkan perangkat ini – dan banyak lagi – untuk bertukar informasi satu sama lain, menciptakan jaringan.

Konektivitas internet terjadi melalui router nirkabel. Saat Anda mengakses WiFi, Anda tersambung ke perute nirkabel yang memungkinkan perangkat Anda yang kompatibel dengan WiFi untuk berinteraksi dengan Internet.

Cara Kerja WiFi

Apakah Anda pernah membayangkan bagaimana WiFi bisa bekerja sehingga bisa dimanfaatkan untuk transmisi data? Sebenarnya untuk cara kerja WiFi secara singkat bisa dijelaskan secara mudah.

WiFi bekerja dengan cara kerja perangkat nirkabel lainnya. Ini sebenarnya menggunakan frekuensi radio untuk mengirimkan sinyal antar perangkat. Tetapi di sini frekuensi radio benar-benar berbeda dari radio mobil, walkie-talkie, telepon seluler, dan radio cuaca. Dengan menggunakan gelombang radio, ia menyediakan internet nirkabel berkecepatan tinggi dan koneksi jaringan. WiFi adalah frase merek dagang dan itu berarti IEEE 802.11x.

Bagaimana WiFi bekerja- pertama, adaptor nirkabel komputer menerjemahkan data menjadi sinyal radio dan dengan mudah mentransmisikannya menggunakan antena. Setelah itu, router nirkabel menerima sinyal dan menerjemahkannya. Router ada juga untuk mengirim informasi ke internet menggunakan koneksi Ethernet kabel.

Fungsi WiFi

fungsi WiFi biasanya sudah Anda ketahui secara tidak sadar Anda sudah pernah menggunakannya atau bahkan saat ini sedang menggunakannya. Fungsi WiFi paling umum di kehidupan sehari-hari adalah:

  1. Menghubungkan antar perangkat seperti laptop, smartphone, maupun perangkat lain yang kompatibel ke internet;
  2. Membagikan data tanpa harus terhubung dengan kabel;
  3. Menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya, misalnya dari smartphone ke smart TV.

Jaringan WiFi 802.11

IEEE 802.11 mengacu pada seperangkat standar yang mendefinisikan komunikasi untuk LAN nirkabel (jaringan area lokal nirkabel, atau WLAN).

Standar IEEE 802.11 terdiri dari serangkaian kemajuan teknologi yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun. Setiap kemajuan baru ditentukan oleh amandemen standar yang diidentifikasi dengan satu atau dua huruf akhiran “802.11.” 

Standar 802.11 asli mengizinkan hingga 2 Mbps hanya pada pita 2,4 GHz. 802.11b menambahkan skema pengkodean baru untuk meningkatkan throughput hingga 6 Mbps. 802.11a menambahkan dukungan pada pita 5 GHz dan skema pengkodean Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) yang meningkatkan throughput hingga 54 Mbps.

Jaringan Infrastruktur

Sebagian besar sistem jaringan WiFi menggunakan jaringan infrastruktur. Semua perangkat di jaringan berkomunikasi lewat satu titik akses, yang lazimnya merupakan router nirkabel. Semisal, Anda memiliki dua laptop yang duduk bersebelahan, masing-masing terhubung ke jaringan nirkabel yang sama. 

Bahkan saat duduk bersebelahan, mereka tak berkomunikasi secara segera. Sebaliknya, mereka berkomunikasi secara tak segera lewat titik akses nirkabel. Mereka mengirim paket ke titik akses – mungkin router nirkabel – dan mengirimkan paket kembali ke laptop lain. Mode infrastruktur membutuhkan titik akses sentra yang mengaitkan semua perangkat.

Jaringan Ad-hoc

Jaringan yang satu ini memiliki sifat yang dinamis dan juga rendah biaya. Menghubungkan dua komputer tidak selalu memerlukan jaringan yang dikelola secara terpusat. Sebagai gantinya, pengguna dapat mengatur jaringan ad hoc antara dua komputer. Kedua perangkat berkomunikasi melalui kabel ethernet atau kartu nirkabel. Namun, koneksi ini hanya sementara.

Jaringan ad hoc adalah jaringan yang terdiri dari perangkat individu yang berkomunikasi satu sama lain secara langsung. Istilah ini menyiratkan konstruksi spontan atau dadakan karena jaringan ini sering melewati perangkat keras penjaga gerbang atau titik akses pusat seperti router.

Standar Jaringan WiFi 802.11

Standar jaringan WiFI menggunakan frekuensi 2.4 Ghz yang dinamakan dengan 802.11. bandwidth yang satu ini hanya mendukung kecepatan jaringan maksimal 2Mbps, dan ini tentunya sangat kecil jika dibandingkan kebutuhan internet sekarang ini. Maka dari itu, semakin kesini muncul standard wireless baru.

Standarisasi 802.11a

IEEE membuat ekstensi kedua ke standar 802.11 asli yang disebut 802.11a. 802.11a mendukung bandwidth hingga 54 Mbps dan sinyal dalam spektrum frekuensi yang diatur sekitar 5 GHz. Frekuensi yang lebih tinggi juga berarti sinyal 802.11a lebih sulit menembus dinding dan penghalang lainnya.

Standarisasi 802.11b

802.11b mendukung kecepatan teoritis hingga 11 Mbps. Bandwidth yang lebih realistis dari 2 Mbps (TCP) dan 3 Mbps (UDP) harus diharapkan.

802.11b menggunakan frekuensi sinyal radio yang tidak diatur yang sama (2,4 GHz) seperti standar 802.11 yang asli. Vendor sering lebih suka menggunakan frekuensi ini untuk menurunkan biaya produksi mereka. Karena tidak diatur, gigi 802.11b dapat menimbulkan gangguan dari oven microwave, telepon nirkabel, dan peralatan lain yang menggunakan rentang 2,4 GHz yang sama.

Standarisasi 802.11g

Produk WLAN yang mendukung standar baru yang disebut 802.11g muncul di pasar. 802.11g mencoba menggabungkan yang terbaik dari 802.11a dan 802.11b. 802.11g mendukung bandwidth hingga 54 Mbps, dan menggunakan frekuensi 2,4 GHz untuk jangkauan yang lebih luas. 802.11g kompatibel dengan 802.11b, artinya titik akses 802.11g akan bekerja dengan adaptor jaringan nirkabel 802.11b dan sebaliknya.

Standarisasi 802.11n

Ini adalah pengembangan dari standarisasi 802.11n. 802.11n menawarkan jangkauan yang lebih baik dibandingkan standar Wi-Fi sebelumnya karena intensitas sinyalnya yang meningkat, dan kompatibel dengan peralatan 802.11a/b/g.

Standarisasi 802.11ac

Generasi WiFi yang pertama kali menunjukkan penggunaan populer, 802.11ac menggunakan teknologi nirkabel dual-band, mendukung koneksi simultan pada perangkat Wi-Fi 2,4 GHz dan 5 GHz. 802.11ac menawarkan kompatibilitas mundur ke 802.11a/b/g/n dan bandwidth terukur hingga 1300 Mbps pada pita 5 GHz ditambah hingga 450 Mbps pada 2,4 GHz. Sebagian besar router nirkabel rumahan sesuai dengan standar ini.

802.11ac adalah yang paling mahal untuk diimplementasikan; peningkatan kinerja hanya terlihat dalam aplikasi bandwidth tinggi.

802.11ac juga disebut sebagai WiFi 5.

Kelebihan WiFi

Menggunakan Wifi tentunya memiliki kelebihan sendiri mengapa sekarang banyak teknologi nirkabel yang tersedia untuk berbagai peralatan komunikasi atau peralatan sehari-hari lain juga sekarang menggunakan teknologi. Jaringan WiFi memungkinkan koneksi antara dua atau lebih perangkat secara nirkabel untuk tujuan berbagi data. Ini adalah cara yang sederhana dan hemat biaya untuk terhubung dengan router wifi atau dengan perangkat wifi lainnya secara nirkabel tanpa perlu kabel.

Kenyamanan

Kenyamanan adalah salah satu kelebihan dimana Anda menggunakan teknologi Wifi. Sangat mudah untuk menambah atau memindahkan klien Wifi atau stasiun Wifi ke jaringan Wifi yang dibuat oleh AP (Access Point) adalah salah satu alasan mengapa menggunakan Wifi adalah hal yang sangat nyaman.

Selain itu, untuk menggunakan wifi juga sangat mudah. Dan juga kenyamanan dalam mengakses internet menjadi salah satu keunggulan.

Produktivitas

Produktivitas juga bisa ditunjang dengan menggunakan Wifi. Bayangkan saja ketika Anda bekerja dalam satu kelompok tapi malah menggunakan jaringan internet sendiri-sendiri, masih menggunakan flash disk untuk mengirimkan data, tentunya tidak worth sama sekali bukan?

Akses ke jaringan WiFi dapat dicairkan dari mana saja dalam jangkauan jangkauan wifi AP (Access point).

Dapat Digunakan di Berbagai Perangkat

Karena mudahnya mengintegrasikan fungsionalitas wifi di perangkat komputasi seluler; sekarang digunakan oleh jutaan orang menggunakan berbagai perangkat seperti PC, laptop, PDA, Printer, Kamera, Game, MP3 player, smartphone dll.

Kekurangan WiFi

Dibalik manfaat itu, ternyata ada kekurangan dari Wifi yang perlu Anda ketahui. Gangguan ini memang masih sangat wajar dan beberapa masih bisa untuk diatasi atau meminimalisirnya.

Jangkauan

Perangkat Wifi beroperasi dengan fungsionalitas penuh dan tanpa gangguan saat berada dalam jangkauan AP dan menerima kekuatan sinyal yang baik. Akses WiFi dibatasi hingga sekitar 30 hingga 100 meter (yaitu 100 hingga 300 kaki).

Keamanan

Keamanan penuh sulit dicapai karena koneksi wifi bersifat nirkabel. Ini membutuhkan protokol dan konfigurasi otentikasi keamanan yang tepat. jika tidak tepat, keamanan jaringan WiFi bisa sangat lemah dan bisa dimasuki oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Gangguan

Jika koneksi wifi tidak berfungsi, pemecahan masalah minimal diperlukan. Ini mengharuskan seseorang untuk memahami dasar-dasar perangkat wifi dari panduan pengguna yang disediakan oleh pabrikan. Gangguan memang seringkali terjadi pada perangkat WiFi, entah itu dari ISP atau yang lainnya, di hardwarenya mungkin juga bisa jadi.

Perangkat Wifi Yang Perlu Diketahui

Ketika Anda ingin membuat jaringan WiFi di rumah Anda atau ditempat lainnya misalnya, ada beberapa perangkat WiFi yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. 

Jika Anda tertarik dengan hotspot Wi-Fi portabel tetapi tidak yakin harus mulai dari mana, Mari membahas semua perangkat tersebut. Kali ini akan menjelaskan perangkat Wifi yang penting dan juga perlu Anda ketahui jenis juga kegunaannya.

NIC

Network Interface Card atau NIC merupakan papan sirkuit yang dipasang di komputer untuk terhubung ke jaringan. Ia bekerja sebagai komponen yang sangat diperlukan untuk koneksi jaringan komputer. Saat ini, kartu NIC yang dirancang sebagai gaya bawaan biasanya ditemukan di sebagian besar komputer dan beberapa server jaringan. 

Selain itu, kartu jaringan seperti kartu jaringan server juga dapat dimasukkan ke dalam slot ekspansi perangkat. 

Hub

Dalam sebuah jaringan WiFI juga terdapat perangkat yang bernama hub. Hub jaringan adalah simpul yang menyiarkan data ke setiap komputer atau perangkat berbasis Ethernet yang terhubung dengannya. Hub kurang canggih daripada switch, yang terakhir dapat mengisolasi transmisi data ke perangkat tertentu. 

Beberapa Kategori Hub

Hub bisa dibagi menjadi 3 kategori yang dimana setiap kategori ini memiliki kegunaan dan juga fungsi yang berbeda-beda walau intinya memang masih sama saja.

Passive Hub/Concentrator

Hub pasif atau passive hub atau concentrator adalah titik koneksi untuk kabel yang membantu membuat jaringan fisik. Itu mampu menentukan bug dan perangkat keras yang rusak. Sederhananya, ia menerima paket melalui port dan mengedarkannya ke semua port. Ini termasuk konektor (10base-2 port dan RJ-45) yang dapat diterapkan sebagai standar di jaringan Anda.

Active Hub atau Multiport Repeater

Dibandingkan dengan hub pasif, active hub mencakup beberapa fitur tambahan. Itu dapat memantau data yang dikirim ke perangkat yang terhubung. Ini memainkan peran penting antara perangkat yang terhubung dengan bantuan teknologi toko, di mana ia memeriksa data yang akan dikirim dan memutuskan paket mana yang akan dikirim terlebih dahulu.

Kategori hub ini memiliki kemampuan untuk memperbaiki paket yang rusak saat mengirim paket, dan juga mampu menahan arah paket lainnya dan mendistribusikannya.

Intelligent Hub

Ini sedikit lebih pintar daripada hub pasif dan aktif. Hub ini memiliki beberapa jenis perangkat lunak manajemen yang membantu menganalisis masalah dalam jaringan dan menyelesaikannya. Hal ini bermanfaat untuk menghabiskan bisnis dalam jaringan; manajemen dapat menetapkan pengguna yang membantu untuk bekerja lebih cepat dan berbagi kumpulan bersama secara efisien dengan menggunakan intelligent hub.

Bridge

Perangkat selanjutnya adalah bridge yang berfungsi sebagai perangkat yang memungkinkan komunikasi antara dua jaringan dan menyediakan cara bagi mereka untuk bekerja sebagai satu jaringan. 

Bridge memperluas jaringan area lokal untuk mencakup area fisik yang lebih besar daripada yang dapat dijangkau oleh LAN. Bridge mirip dengan repeater tetapi lebih cerdas daripada repeater sederhana, yang juga memperluas jangkauan sinyal.

Karakteristik Bridge

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bridge memang seringkali masih salah diartikan sebagai repeater, padahal bridge memiliki karakteristik tersendiri dalam menghubungkan dua jaringan sehingga memperluasnya.

Bridge dan repeater jaringan memiliki tampilan fisik yang serupa. Terkadang, satu unit melakukan kedua fungsi tersebut. Tidak seperti jembatan, bagaimanapun, repeater tidak melakukan penyaringan lalu lintas dan tidak menggabungkan dua jaringan bersama-sama. Sebaliknya, repeater meneruskan lalu lintas yang mereka terima. Repeater berfungsi terutama untuk meregenerasi sinyal lalu lintas sehingga satu jaringan dapat mencapai jarak fisik yang jauh.

Kategori Bridge

Bridge memiliki beberapa kategori, diantaranya adalah:

Simple bridging, yang menghubungkan dua segmen jaringan, biasanya dengan beroperasi secara transparan dan memutuskan berdasarkan frame-by-frame apakah akan meneruskan dari satu jaringan ke jaringan lainnya atau tidak.

Multiport bridging mirip dengan switch Ethernet, kecuali bahwa bridge dapat memperkenalkan overhead. Switch harus dapat mempertahankan kecepatan kabel penuh media antara dua port mana pun.

 Learning atau transparent bridging adalah metode bridging yang populer yang memungkinkan router dan manajemen yang efisien, serta mobilitas sistem akhir. Istilah “transparan” berasal dari fakta bahwa, dengan metode ini, sistem akhir tidak menyadari keberadaan dan konfigurasi jembatan yang dimasukkan ke dalam jaringan.

Repeater

Lalu ada repeater. Repeater adalah objek yang meningkatkan kekuatan sinyal, sehingga dapat menempuh jarak yang lebih jauh tanpa kehilangan kualitas. Perangkat ini biasanya digunakan dengan jaringan untuk membantu jalur yang berjalan di antara perangkat jaringan mencapai tujuan yang lebih jauh.

Contohnya saja, repeater yang meningkatkan jangkauan dan kekuatan sinyal WiFi disebut range extender atau repeater nirkabel. Range extender berguna di gedung perkantoran, sekolah, dan gudang, di mana satu router nirkabel tidak dapat menjangkau semua area gedung.

Router

Perangkat yang dinamakan router nirkabel ini adalah hardware yang ditemukan di Wireless Local Area Network (WLAN) untuk jaringan rumah dan kantor kecil. Ini memungkinkan akses Internet dan jaringan lokal. Biasanya, router nirkabel terhubung langsung ke WAN berkabel atau nirkabel. 

Pengguna yang terhubung ke router nirkabel dapat mengakses LAN serta WAN eksternal, seperti Internet. Tergantung pada kemampuan router nirkabel, router ini dapat mendukung beberapa hingga ratusan pengguna secara bersamaan. Selain itu, sebagian besar router nirkabel juga dapat berfungsi sebagai firewall dengan kemampuan untuk memblokir, memantau, dan mengontrol serta memfilter lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar.

Network Switch

Transfer data melalui jaringan Anda dengan sakelar jaringan. Switch jaringan adalah perangkat keras yang menghubungkan perangkat di jaringan komputer, memungkinkan mereka untuk mentransfer data bolak-balik melalui kabel jaringan.

Jenis Forwarding Method di Miliki Switch

Dalam metode forwarding yang dimiliki oleh switch, ada 2 metode yang digunakan semua switch untuk meneruskan frame (switching data) antara port jaringan:

Store and Forward

Dalam teknik switching ini, ketika switch menerima frame, ia menyimpan data frame dalam buffer sampai full frame telah diterima. Selama proses ini, switch menganalisis frame saat ini untuk informasi tentang tujuannya. Proses ini juga melibatkan proses lain dari pengecekan error menggunakan Cyclic Redundancy Check (CRC) yang dioperasikan oleh switch.

Fragment Free

Dalam teknik switching ini ada trade-off antara latency tinggi – integritas tinggi dari store and forward switching dan latency rendah – integritas yang berkurang dari fast-forward switching. Switch menyimpan dan melakukan pemeriksaan kesalahan kecil pada 64 byte pertama dari frame sebelum melakukan forward.

Cut Through

Dalam teknik switching ini, switch bekerja pada data segera setelah diterima, bahkan jika full frame tidak diterima (transmisi tidak lengkap). Buffer switch cukup dari frame untuk membaca alamat MAC tujuan sehingga dapat menemukan port di mana ia seharusnya mengirim data.

Switch mengambil alamat MAC tujuan dari tabel switching, menentukan port antarmuka keluar, dan meneruskan frame ke tujuannya melalui port switch yang ditunjuk. Teknik switching ini tidak melibatkan proses pengecekan error apapun oleh switch.

Adaptive Switching

Jenis forwarding yang terakhir pada switch adalah adaptive switching. Jenis yang satu ini mengacu pada algoritma switching yang dapat mengubah metode switching statis atau dinamis di dalam router mengingat persyaratan traffic dan kemacetan link.

Gateway

Pada penjelasan yang singkat saja, gateway adalah node jaringan yang digunakan dalam telekomunikasi yang menghubungkan dua jaringan dengan protokol transmisi yang berbeda secara bersamaan. Gateway berfungsi sebagai titik masuk dan keluar untuk jaringan karena semua data harus melewati atau berkomunikasi dengan gateway sebelum dirutekan.

Mengenal Tenda

Anda yang bekerja di ranah jaringan komputer mungkin sudah tidak asing lagi dengan merk hardware jaringan yang satu ini. Ya, dengan menawarkan berbagai macam fitur hardware jaringannya yang selalu membuat terpana ini bisa Anda dapatkan dengan biaya yang jauh lebih terjangkau daripada memilih merk yang lain.

Untuk itu, tidak heran bukan jika Tenda wireless router adalah solusi wifi masa kini yang sangat mumpuni.

Apa Itu Tenda?

Sebelum membahas tentang berbagai macam produk wifi Tenda, ada baiknya untuk memperkenalkan secara singkat apa itu Tenda.

Didirikan pada tahun 1999, Tenda Technology adalah pemasok perangkat dan peralatan jaringan terkemuka yang diakui secara global. Tenda berkomitmen untuk menghasilkan solusi jaringan yang mudah dipasang dan terjangkau. Mereka menawarkan produk inovatif dan mutakhir untuk membantu orang menyadari potensi komputasi penuh mereka.

Produk Tenda

Produk Tenda mencakup solusi jaringan rumah dan bisnis, switch, CPE broadband, gateway, kabel listrik, broadband seluler, dan kamera IP. Performa luar biasa, keandalan, mudah dipasang dan digunakan, kualitas terbaik, dan harga bersaing adalah keunggulan dari semua produk Tenda. Produk unggulan dari Tenda adalah wifi Tenda dan juga router Tenda.

Wifi Tenda

Adaptor wifi Tenda mendukung standar nirkabel IEEE, dan mampu dengan cepat memproses transfer file, video, multi-media, dan aplikasi lain yang membutuhkan bandwidth lebih tinggi. Adaptor wifi Tenda ini juga mengintegrasikan program konfigurasi nirkabel, yang membuatnya mudah dan cepat untuk mengatur klien secara wireless.

Router Tenda

Router Tenda adalah salah satu produk dari Tenda wireless router yang sangat bisa diandalkan dan memang terkenal dengan beragam fiturnya yang sangat mumpuni daripada merk router yang lain.

Dengan teknologi yang paling maju, router Tenda membuatnya sempurna untuk aktivitas web sehari-hari seperti email, mengobrol, streaming video, game online, dan lainnya.

Router Tenda juga dapat berfungsi sebagai router client untuk menghubungkan jaringan ISP secara nirkabel atau uplink AP untuk berbagi Internet ke setiap sudut, menghilangkan dead point.

Keunggulan Produk Tenda

Produk dari Tenda memiliki banyak sekali keunggulan yang dijamin sangat menguntungkan. beberapa keuntungan ini tidak akan bisa Anda dapatkan di produk jaringan merk yang lain.

  • Harga yang sangat terjangkau bahkan lebih murah daripada yang lain
  • Kualitas produk yang sangat memuaskan walaupun dengan harga yang murah
  • Pemakaian jangka panjang yang masih sangat aman
  • Fitur yang selalu update

Apa Itu Tenda Wireless Router

Router merupakan alat yang berfungsi mengaitkan jaringan dunia online terhadap bermacam perangkat ataupun jaringan lain. Salah satu merek router ternama yang berkualias bagus merupakan Tenda. Router Tenda yang berasal dari Tiongkok ini tersedia dalam banyak model dan variasi sehingga Anda mungkin akan linglung dikala memilihnya.

Sebagai salah satu produsen jaringan yang satu ini memang menjadi salah satu pilihan banyak orang sekarang ini karena fiturnya yang sangat banyak dan mumpuni namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau daripada merk yang lain.

Tenda Wireless Router Adalah

Tenda wireless router memiliki beragam model dan fitur yang disesuaikan untuk beragam keperluan. Kunci utama dalam memilih router ini yakni menyesuaikannya dengan keperluan Anda.

Bagaimana Cara Masuk ke Tenda WiFi?

Interface untuk web router Tenda adalah panel kontrol untuk router Anda tempat semua pengaturan disimpan dan diubah. Untuk membuat perubahan pada jaringan Anda, Anda harus login ke router Tenda Anda.

Persyaratan untuk mengakses interface web Tenda ternyata cukup mudah. Mengakses interface web Tenda cukup mudah dan Anda hanya perlu:

  • Tenda router
  • Akses ke jaringan, Baik melalui kabel LAN atau melalui browser web
  • Web browser

Jika semua sudah memenuhi persyaratan, sekarang Anda bisa masuk ke Tenda Wifi. Caranya adalah:

      1. Pastikan Anda terhubung ke router Tenda Anda

Untuk dapat mencapai halaman pengaturan router Tenda Anda, Anda harus terhubung ke jaringannya. Jadi mulailah dengan menghubungkan ke jaringan, baik melalui WiFi atau melalui kabel ethernet.

      2. Buka browser web Anda dan navigasikan ke 192.168.0.1

Buka browser Anda dan ketik alamat IP router ke dalam bidang alamat. IP yang paling umum untuk router Tenda adalah: 192.168.0.1 Jika alamat IP tersebut tidak berfungsi, Anda dapat mencari daftar alamat IP Tenda default untuk model spesifik Anda.

      3. Masukkan username dan password untuk router Tenda Anda

Di kolom, username dan password, masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda saat ini dan tekan enter / masuk.

Jika Anda belum pernah mengganti-gantinya, maka username dan passwordnya isikan saja “admin” semua.

Tenda Wireless Setting

Setelah Anda masuk ke interface admin Tenda, Anda seharusnya dapat mengubah pengaturan apa pun yang tersedia.

Hati-hati ketika Anda ingin melakukan setting Tenda wireless setting. Pastikan Anda mengehtahui dengan jelas detail-detail dari yang ada di pengaturan Tenda wifi router. Jika Anda masih bingung, Anda bisa cek NetData https://nds.id/cara-setting-router-tenda-dengan-benar/ untuk mengatur Tenda wireless router yang dijamin jelas dan juga detail.

Apa Password Tenda WiFi?

Sebagian besar router Tenda memiliki nama pengguna default admin, kata sandi default admin, dan alamat IP default 192.168.0.1. Kredensial Tenda ini diperlukan saat melakukan login ke antarmuka web router Tenda untuk mengubah pengaturan apa pun. Karena beberapa model tidak mengikuti standar, Anda dapat melihat pada tabel di bawah ini.

Tenda Router Model Default Username Default Password
11AC admin admin
11N admin admin
831N admin admin
AC6 blank none
AC7 admin admin
AC8 admin admin
AC10U v2 admin admin
AC11 admin admin
AC19 admin admin
AC21 admin admin
AC23 admin admin
D301 admin admin
D810R admin admin
D840R admin admin
EasyLife blank admin
F3 admin admin
F6 admin admin
FH303 admin admin
FH456 admin admin
N301 admin admin
N60 admin admin
R360 blank admin
RX9 Pro admin admin
RX3 admin admin
V300 admin admin
W150D admin admin
W3002R blank admin
W300D admin admin
W302R admin admin
W303R admin admin
W306R admin admin
W308R admin admin
W311R+ admin admin
W541R admin admin
W548D admin admin
WBR-T3 admin admin
TX3 admin admin
TX9 Pro admin admin

Bagaimana Cara Ganti Password WiFi Tenda?

Sudahkah Anda mengubah nama pengguna dan/atau kata sandi router Tenda Anda dan lupa untuk apa Anda mengubahnya?

Jangan khawatir, jika Anda masih tidak tahu cara mengubah sandi Wifi, semua router Tenda dilengkapi dengan kata sandi bawaan pabrik yang dapat Anda gunakan kembali dengan mengikuti petunjuk di bawah ini.

Jika Anda memutuskan untuk mengembalikan router Tenda ke default pabrik, Anda harus melakukan reset 30-30-30 sebagai berikut: 

  1. Saat router Tenda Anda dihidupkan, tekan dan tahan tombol reset selama 30 detik.
  2. Sambil menahan tombol reset ditekan, cabut daya router dan tahan tombol reset selama 30 detik
  3. Sambil menahan tombol reset, hidupkan kembali daya ke unit dan tahan selama 30 detik lagi. 

Router Tenda Anda sekarang harus disetel ulang ke kondisi baru pengaturan pabrik, Periksa tabel untuk melihat apa itu (Kemungkinan besar admin/admin). Itulah cara ganti password WiFi Tenda yang sangat mudah.

Aplikasi Tenda WiFi

Keuntungan dari Tenda wifi adalah bagaimana Anda bisa mengatur router wifi Anda dengan hanya menggunakan aplikasi yang ada di smartphone Anda.

Apa Itu Aplikasi Tenda WiFi?

Aplikasi dari Tenda Technology. Aplikasi ini menyediakan fasilitas keseluruhan untuk router Tenda dan menunjang pengontrolan lokal dan pengontrolan jarak jauh. Sign in dengan akun Tenda dan hubungkan dengan router Tenda Anda, Anda bisa mengontrol status jaringan rumah Anda kapan saja di mana saja.

Cara Kerja Aplikasi Tenda WiFi

Aplikasi resmi teknologi Tenda, versi baru 3.0, hit blockbuster!

Aplikasi ini menyediakan manajemen keseluruhan dari router Tenda dan mendukung manajemen lokal dan manajemen jarak jauh. Masuk dengan akun Tenda dan mengikat router Tenda Anda, Anda dapat mengontrol status jaringan rumah Anda kapan saja di mana saja. (Mendukung nova, AC5, AC6, AC7, AC9, AC10, AC15, AC18, AC1206, F9)

Harga Tenda Wifi & Router

Setelah Anda mengerti tentang keuntungan dan berbagai setting untuk Tenda router, sekarang adalah saatnya Anda memilih untuk mana produk Tenda wifi dan router yang harus Anda pilih. pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tenda N301

N301 Wireless Easy Setup Router dirancang untuk pengaturan yang lebih mudah bagi pengguna rumahan. Ini sesuai dengan IEEE802.11n, memberikan kecepatan nirkabel hingga 300 Mbps, membuatnya sempurna untuk aktivitas web sehari-hari seperti e-mail, chatting, video streaming, game online dan banyak lagi.

Apa Kegunaan Tenda N301

Untuk Tenda N301 juga dapat berfungsi sebagai router klien untuk menghubungkan jaringan ISP secara nirkabel atau uplink AP untuk berbagi Internet ke setiap sudut, menghilangkan dead point.

Berapa kecepatan WiFi tenda N301?

Untuk Wifi Tenda N301, kecepatan nirkabel adalah sampai dengan 300Mbps ideal untuk aplikasi sensitif gangguan.

Tenda N300

Ini adalah Tenda N300 yang merupakan router wireless dengan berbagai keunggulan yang dijamin bisa melebihi ekspektasi Anda dalam mencari router wireless. Dengan desain yang baru dan juga lebih mudah settingnya, ini adalah router terbaik di kelasnya.

Apa itu Wireless N300?

Wireless N300 4G LTE Router adalah hotspot Wi-Fi yang memungkinkan Anda untuk berbagi koneksi 4G LTE dengan hingga 16 perangkat Wi-Fi.

Berapa Kecepatan WiFi Tenda N300?

Wifi Tenda N300 Multi-WAN Router memungkinkan Anda menghubungkan adaptor USB 3G atau 4G LTE untuk konektivitas broadband seluler. Koneksi yang masuk dibagi melalui jaringan Wireless N 300, yang memungkinkan Anda untuk membagi jaringan nirkabel hampir di mana bahkan Anda memiliki sinyal broadband 3G atau 4G.

Tenda AC23

Berbicara tentang router yang terbaik untuk gaming, Tenda AC23 adalah pilihan terbaik. Inilah router dengan banyak keunggulan dengan desain yang juga futuristic.

Apa Itu Tenda AC23?

AC23 adalah router nirkabel gigabit dual-band, diadopsi dengan teknologi 802.11 ac wave 2 dan memberikan kecepatan hingga 2033 Mbps untuk mendapatkan hasil maksimal dari internet fiber gigabit Anda.

Tenda AC23 Setting

Untuk mulai menggunakan router ini, Tenda AC23 setting sangatlah mudah, ikuti langkah dibawah ini:

  • Langkah 1 Mulai browser web pada perangkat yang terhubung ke router dan kunjungi tendawifi.com untuk login ke UI web router.
  • Langkah 2 Pilih Pengaturan Internet.
  • Langkah 3 Atur Jenis Koneksi ke PPPoE.
  • Langkah 4 Masukkan Nama Pengguna ISP dan Kata Sandi ISP.
  • Langkah 5 Klik Hubungkan.

Tenda AC6

Pilihan router Wifi dari Tenda dengan kecepatan internet yang luar biasa ini adalah pilihan paling tepat untuk berbagai kebutuhan. Bisa untuk kebutuhan pribadi ataupun kebutuhan kantor.

Apa Itu Tenda AC6?

AC6 memiliki kredensial ramah lingkungan. Dengan fungsi hemat daya, manajemen berbasis aplikasi dan migrasi kredensial pengguna PPPoE memungkinkan kehidupan digital yang lebih cerdas dan ramah lingkungan.

Berapa Mbps WiFi Tenda?

Dengan keluhan kecepatan Gigabit dengan IEEE802.11ac, router WiFi dual-band pintar TENDA AC6 menawarkan throughput setinggi 1167Mbps.

Didukung dengan fitur-fitur terbaru termasuk teknologi beamforming+ dan MU-MIMO yang inovatif, itu baru permulaan. Dengan CPU 28nm, amplifier daya independen, empat antena gain tinggi 5dBi, Anda dijamin mendapatkan pengalaman bermain game tanpa gangguan dan streaming video 4K.

Tenda F9

Produk router dari Tenda yang satu ini adalah Tenda wireless router dengan jaminan multi device yang terkoneksi bisa lancar untuk hal apapun itu.

Apa Itu Tenda F9?

Router wireless dari Tenda yang satu ini sangatlah berkualitas dan kaya akan fitur. Ketika Anda lupa akun broadband dan kata sandi, Anda dapat menggunakan Akun Broadband & Fungsi Migrasi Kata Sandi untuk menyalin akun broadband dan kata sandi router lama langsung ke F9.

Setting Tenda F9

Untuk mengaitkan dunia online ke Tenda F9 ini ada 3 mode yang dapat kamu lakukan. Yang pertama melalui IP Dynamic atau sambungan DHCP dimana router akan secara otomatis mendeteksi jarignan yang ada dan menerima IPnya sendiri. Sambungan menerapkan IP Dynamic lazim dipakai bila kamu ingin mewujudkan Tenda F9 sebagai Repeater atau bila ingin menerapkan sambungan melalui Port WAN.

Yang kedua merupakan melalui Broadband dial-up atau PPPoE. Disini kamu patut memasukkan broadband account dan broadband kata kunci agar dapat terhubung.

Yang ketiga merupakan Static IP. Cara ketiga ini kamu kamu tinggal memasukkan alamat IP yang dapat di jalan masuk untuk internetan. 

Jangkauan Tenda F9

Jangkauan Tenda F9 sangatlah luas. Ini karena ada teknologi yang bernama Beamforming+. Inik berguna untuk mengunci perangkat penerima Wi-Fi Anda Stabil dan kuat.

Tenda F6

Apakah Anda mencari Tenda wireless router dengan jaminan hemat energi dan ramah lingkungan? Tenda F6 ini adalah pilihan yang sangat tepat!

Apa Itu Tenda F6?

Tenda F6 adalah wireless router empat antena, dirancang untuk apartemen kecil dan menengah, cakupan seluruh ruangan.

Empat antena 5dBi Eksternal, berdasarkan teknologi MIMO, beberapa transmisi, memastikan transmisi data nirkabel yang cepat dan stabil dan secara efektif meningkatkan sinyal Wi-Fi.

Setting Tenda F6

Apa yang menjadi keuntungan dari Tenda F6 ini adalah tentang setting Tenda F6. Adanya keunggulan instalasi satu langkah. Deteksi otomatis mode koneksi Internet Diagnosis jaringan.

Tenda AC10U

Tenda AC10U merupakan sebuah wireless router dari Tenda yang menjadikan ini adalah pilihan terbaik untuk wireless router dengan harga yang terjangkau. Dengan Port Gigabit/4*5dBi Antena Omnidirectional/2.4G dan Modul Peningkatan Nirkabel 5G/ MU-MIMO/Beamforming+/Manajemen APLIKASI/Port USB, ini adalah pilihan terbaik untuk router wireless rumah Anda.

Apa Itu Tenda AC10U?

Dengan CPU 1 GHz yang dibuat dengan proses 28 nm, AC10U menunjukkan kapasitas yang sangat baik dalam pemrosesan data dan penghematan energi.

Tenda AC10U bekerja dengan baik dengan serat optik dengan bandwidth mulai dari 50 M, 100 M, 200 M hingga bahkan 1000 M, memungkinkan Anda untuk menikmati video dan game HD yang mulus.

Jangkauan Tenda AC10U

Dengan standar 802.11ac wave 2.0 generasi baru, AC10U menawarkan kecepatan data dual band bersamaan setinggi 1167 Mbps. Teknologi penguat sinyal nirkabel baik pada pita 2,4 GHz dan 5 GHz memperluas jangkauan WiFi Anda, dan teknologi Beamforming+ membuat sinyal WiFi AC10U luar biasa di balik banyak dinding.

Cara Setting Tenda AC10U

Sebelum memulai instalasi Tenda AC10U, hubungkan kabel LAN ke port WAN dari router Internet anda. Sesudah itu port 1 hubungkan ke lamptop/komputer. Laptop Anda akan mendapatkan IP otomatis dari Tenda AC10U dan sebenarnya telah bisa segera internetan.

Sesudah terkoneksi ke router, buka alamat default IP tenda AC10U.

  • Klik Start.

  • Pilih Dynamic IP Address.
  • Setelah itu isi nama wifi Anda (SSID) dan passwordnya. Selesai.

Tenda F3

Pilihan terbaik dan dijamin sempurna untuk rumah kecil dan menengah adalah Tenda F3. Wireless router yang sangat unggul dan terjangkau.

Apa Itu Tenda F3?

Tenda F3 adalah wireless router yang menggunakan antena eksternal meningkatkan WiFi di seluruh rumah Anda untuk menikmati kesenangan berselancar terbaik. F3 membantu Anda menjaga perangkat seluler, pemutar media, dan komputer tetap terhubung ke WiFi dengan koneksi yang andal dan jangkauan yang lebih luas di setiap sudut rumah Anda. Tidak perlu lagi khawatir tentang WiFi dead zone.

Setting Tenda F3

Untuk setting Tenda F3, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Dari Modem ISP colokkan pake Kabel LAN ke Port WAN Tenda F3
  2. Port 1 Tenda F3 hubungkan ke Komputer/PC
  3. Buka http://tendawifi.com atau http://192.168.0.1 (IP turunan pabrik).
  4. Tampilan awal Tenda F3
  5. Ganti Password Dan Nama Wifi. Isi Wifi Name dan WiFi Password klik OK

Jangkauan Tenda F3

Kontrol broadband berbasis IP memungkinkan Anda mendistribusikan bandwidth ke PC tertentu. Anda dapat mengalokasikan bandwidth untuk tugas yang berbeda untuk memastikan kebutuhan internet semua orang. 

Saat beberapa perangkat terhubung, streaming WiFi tersedia. Ini dapat memastikan penggunaan bandwidth terbaik dengan mengontrol kemacetan dan mencegah penyalahgunaan bandwidth. Dengan cara ini, pengguna jaringan kecil menerima bandwidth yang berkomitmen dan spesifik, mencegah aplikasi yang tidak penting dari melemahnya kinerja jaringan.

Dimana Beli Produk Tenda?

Sekarang, ketika Anda sudah tahu beberapa produk Tenda wireless router, apakah Anda berminat untuk membelinya? Anda bisa mempercayakannya kepada NetData. NetData adalah distributor resmi Tenda Indonesia yang menyediakan wireless router dari Tenda beragam jenis dan juga dijamin lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup