Smart Home System Untuk Kontrol Kwh Meter Jarak Jauh

Smart Home System

Smart Home System – Internet memang menjadi salah satu peranan penting dalam membantu kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah untuk membuat yang namanya Smart Home. Smart home memang menjadi trend di masa sekarang ini, salah satu teknologi smart home yang sekarang ini ada merupakan kontrol Kwh Meter dari jarak jauh hanya dengan menggunakan smartphone. Apakah itu bisa dilakukan?

Tentu saja bisa, inilah yang dinamakan IoT (Internet of Thing) yang membantu dalam berbagai hal untuk membuat smart home.

Mengenal Smart Home System

Rumah pintar atau smart home berarti rumah Anda memiliki sistem rumah pintar yang terhubung dengan peralatan Anda untuk mengotomatiskan tugas-tugas tertentu dan biasanya dikendalikan dari jarak jauh. Anda dapat menggunakan sistem rumah pintar untuk memprogram alat penyiram Anda, mengatur dan memantau sistem keamanan rumah dan kamera Anda, atau mengontrol peralatan seperti kulkas atau AC dan pemanas bahkan untuk kontrol Kwh meter.

Cara Smart Home System Bekerja

Perangkat smart home tidak selalu hemat energi, tetapi sebagian besar dapat digunakan dengan cara yang membantu Anda menghemat energi. Saat Anda memiliki peralatan rumah tangga pintar, lampu, atau termostat pintar, Anda mengontrol kapan dan bagaimana ini akan menyala dan berfungsi. Oleh karena itu, Anda memiliki kontrol lebih besar atas penggunaan energi Anda dan lebih mungkin untuk mengubah kebiasaan konsumsi energi Anda.

Ketika smart home pertama kali menjadi pilihan, jawabannya agak kabur. Namun seiring pemain yang lebih besar bergabung dengan industri, mereka mempermudah konsumen untuk memahami dan memperoleh teknologi yang dibutuhkan untuk memulai.

Apa yang Anda butuhkan untuk mengubah rumah biasa Anda menjadi rumah pintar adalah

  • Koneksi wifi,
  • Peralatan smart home
  • Sistem rumah pintar untuk menghubungkan, memantau, dan mengontrol perangkat ini.

Kelebihan dan Kekurangan Smart Home System

Banyak orang yang berasumsi bahwa semakin pintar rumah Anda, semakin baik hidup Anda, tetapi pada kenyataannya, teknologi sering kali menghalangi kehidupan yang baik. Ya, dibalik yang namanya kelebihan tentunya ada yang namanya kekurangan.

Kelebihan

Kelebihan dari smart home sangatlah banyak, antara lain adalah:

Kenyamanan

Rumah pintar tidak diragukan lagi lebih nyaman daripada yang konvensional. Semua sistem dapat diotomatisasi dan diintegrasikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda, baik itu menyalakan termostat sebelum Anda pulang di malam hari atau menyinkronkan perangkat media di berbagai ruangan.

Penghematan Energi

Smart home memberikan penghematan energi dalam dua cara. Pertama, Anda dapat memprogram kontrol iklim dan pencahayaan sesuai dengan penggunaan Anda. Selain itu, peralatan pintar dapat menghindari penggunaan energi selama masa permintaan puncak dengan menanggapi sinyal dari perusahaan utilitas.

Keamanan

Smart home juga memiliki sistem keamanan rumah canggih dengan berbagai kamera, sensor gerak, dan fitur canggih lainnya yang dapat dipantau dari jarak jauh baik oleh pemilik rumah, perusahaan keamanan rumah, atau departemen kepolisian.

Aksesibilitas

Rumah pintar dapat menawarkan solusi hebat untuk orang cacat atau lanjut usia karena dapat dilengkapi dengan fitur aksesibilitas seperti sistem perintah suara yang dapat mengunci pintu luar, mengontrol lampu, dan bahkan mengoperasikan komputer.

Peningkatan Nilai Rumah

Rumah dengan fitur pintar dapat menarik harga jual yang lebih tinggi. Konsumen bersedia membayar lebih untuk rumah dengan fitur-fitur seperti keamanan cerdas, pengontrol suhu, peralatan, dan hiburan.

Insentif Asuransi

Beberapa perusahaan asuransi mungkin menawarkan diskon untuk penggunaan perangkat pintar, jadi sebaiknya hubungi agen Anda untuk mempelajari lebih lanjut.

Kekurangan

Kekurangan dari smart home juga ada beberapa hal, diantaranya:

Investasi Awal

Dibandingkan dengan teknologi rumah biasa, teknologi rumah pintar membutuhkan investasi yang lebih tinggi.

Lonjakan Listrik

Anda perlu memastikan rumah Anda cukup terlindungi dari lonjakan listrik.

Kompatibilitas

Ada beberapa produsen teknologi rumah pintar, dan tidak semua produk mereka kompatibel. Bergantung pada kecerdasan teknologi Anda sendiri, Anda mungkin perlu mempekerjakan seorang profesional untuk membuat sistem di mana semua perangkat bekerja bersama dengan mulus.

Kerentanan Terhadap Pemadaman Internet

Jika Internet Anda mati, sebagian besar sistem dan perangkat pintar memiliki beberapa bentuk cadangan yang memungkinkan mereka untuk tetap bekerja. Namun, Anda mungkin berisiko kehilangan beberapa fungsi perangkat pintar yang lebih canggih hingga konektivitas dipulihkan.

Contoh Perumahan di Indonesia dengan Smart Home System

Sekarang ketika Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan dari smart home, tentunya lebih menguntungkan kelebihannya. Jadi, apakah Anda siap untuk memiliki rumah dengan fitur smart home? Jika Anda sudah siap, berikut ini adalah beberapa perumahan yang ada di Indonesia yang sudah menggunakan smart home system.

LUMIHOUS Legenda Wisata

Legenda Wisata berkolaborasi dengan Kota Wisata Cibubur mempersembahkan LUMIHOUS yang menawarkan rumah dengan berbagai fitur smart home dengan harga yang sangat terjangkau.

De Azra Smart Home

Town House Terbaru De Azra Residence, memiliki banyak sekali tipe, salah satunya adalah rumah 3 Lantai Minimalis design rooftop Smart home dengan panel tata surya gaya milenials yang strategis di Bekasi.

Kazumi Cluster

Kazumi Cluster adalah sebuah Kawasan hunian Ekslusif di lokasi jantung BSD City pengembangan dari joint venture Mitsubishi Corporation dengan Sinarmas Land, Hi-tech, Hi-spec, Hi-quality.

Samira Residence

Samira Residence merupakan salah satu perumahan di Sentul, Jawa Barat. Perumahan ini mengambil konsep Your Smart Living at Sentul. Jadi, semua rumah disini sudah mengusung smart home system.

Synthesis Homes

Proyek hunian terupdate karya Synthesis Development yang dioptimalkan di zona Ciputat, Tangerang Selatan.  Synthesis Homes dengan luas zona 4,7 hektar terdiri dari 3 tipe rumah dengan jumlah total 267 unit dengan mengusung fitur Smart Home.

Cluster ImpresaHaus BSD

ImpresaHaus BSD, cluster ke-5 perumahan Tabebuya BSD ynag dioptimalkan oleh BSD City (Sinarmas Land). Launching perdana pada bulan Oktober 2020. Dilengkapi dengan 4S adalah Smart Function (Fungsi ruangan bisa disesuaikan 3BR + Productive Space atau 2 BR+1 Productive Space & Xtra Space), Smart Furniture, Smart Tech, Smart Healthy.

Britania Hills

Rumah Britania Hill Serpong terletak di Tangerang memiliki desain rumah modern tropikal minimalis dan feature “Smart Home System” dimana rumah yang dijual hanya berjumlah 20 unit saja.

Beberapa Fakta System Smart Home

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang system smart home:

Penerapan Smart Lock

Banyak yang menggelontarkan uang hanya untuk dihabiskan pada sistem keamanan pintar, terutama kamera dan smart lock, dua produk paling populer di segmen ini.

Pengaturan Lewat Ponsel

Sebelum Anda mulai berbelanja perangkat, putuskan ekosistem mana yang paling cocok untuk Anda. Ada tiga yang utama: Google Nest, Amazon Alexa, dan Apple HomeKit. Jika rumah Anda dipenuhi dengan iPhone, iPad, dan Mac, yang terakhir adalah pilihan yang jelas, tetapi jika Anda memiliki ponsel Android, Anda mungkin lebih suka platform Google Nest.

Perangkat pihak ketiga biasanya menawarkan dukungan untuk beberapa standar, tetapi semuanya akan berjalan lebih lancar jika Anda memilih satu ekosistem utama.

Bisa dengan Suara

Bayangkan saja ketika Anda ingin mengatur AC, tetapi Anda benar-benar tidak ingin bangun dari tempat tidur? Berharap TV menyala di latar belakang saat Anda memasak, tetapi Anda sudah tenggelam dalam vibe memasak? Jangan takut, perangkat otomatisasi rumah yang dikontrol suara ada di sini dalam balutan smart home.

Praktis dan Hemat Listrik

Berbagai model efisiensi energi yang menggunakan pembelajaran cerdas sedang dipelajari. Namun, sistem ini hanya menganalisis pola pengguna dan mengumpulkan listrik menggunakan data secara massal. Ini hanyalah analisis statistik dan numerik dari data yang dikumpulkan.

Tujuan dari ini adalah metode untuk menghemat dan menggunakan energi secara efisien, dan meningkatkan kepuasan pengguna.

Kata Sandi Harus Kuat

Smart home tentunya mengusung yang namanya smart security. Maka dari itu, kata sandi yang Anda gunakan dalam berbagai perangkat pintar di rumah Anda harus menggunakan kata sandi yang sangat kuat.

Harus Ada Back-up

Ketika Anda lupa dengan kata sandi, atau Anda ingin tahu data yang sudah hilang karena reset, Anda harus menyediakan yang namanya back up. Lakukan back up sistem setidaknya seminggu sekali.

Mengontrol KWh Meter dari Jarak Jauh

Mengatur meteran listrik di rumah sekarang ini bisa dilakukan dari manapun Anda berada selama Anda terhubung dengan internet. Berbagai hal yang berkaitan dengan meteran listrik di rumah Anda bisa Anda atur dari smartphone Anda. Tentunya ini adalah fitur yang sangat menarik.

Pengertian KWH Meter

Pengukur energi mengacu pada perangkat yang dirancang untuk menghitung jumlah energi listrik yang digunakan oleh kantor dan tempat tinggal. Kilowatt-hour meter Kwh Meter adalah salah satu jenis pengukur energi yang sering digunakan.

Sebuah Kwh Meter berisi cakram aluminium, yang didukung oleh poros dengan roda gigi cacing. Roda gigi cacing menggerakkan register, atau rangkaian dial yang digunakan untuk mencatat berapa banyak energi yang digunakan. Pengukur Kwh meter juga berisi kumparan, yang bekerja bersama dengan cakram, dan magnet permanen.

Macam Jenis KWH Meter

Kwh Meter memiliki 3 macam jenis yang sekarang ini digunakan. Dan secara umum, di Indonesia memang inilah jenis Kwh meter yang sering dipasang di berbagai rumah, diantaranya adalah:

KWH Meter Analog

Pengukur daya analog atau Kwh meter analog adalah perangkat yang menampilkan tampilan tercetak untuk menunjukkan parameter listrik apa pun. Contohnya adalah energi yang dikonsumsi oleh bisnis biasa, atau perangkat listrik. Juga disebut pengukur elektromekanis, ini menawarkan tampilan yang mudah dibaca.

KWH Meter Digital

KWH meter digital ketika ini bisa dikatakan sebagai pengganti KWH meter analog. KWH meter digital memiliki layar LED / LCD yang berfungsi untuk membaca konsumsi listrik dari perlengkapan yang terhubung, pembacaan digital pada KWH meter digital berbeda dengan KWH meter analog.

Ini memiliki keefektifan yang lebih bagus karena bisa mudah dipahami daripada meteran analog.

Smart Meter / Meteran Pulsa Listrik

Smart meter PLN atau orang Indonesia lebih akrab dengan sebutan meteran pulsa listrik merupakan macam meteran listrik terkini.

Meteran pulsa listrik tampak mirip dengan KWh meter komputerisasi melainkan Smart meter PLN lebih baik ketimbang KWH meter analog ataupun komputerisasi karena selain memberikan layanan biasa yaitu membaca konsumsi listrik, smart meter PLN juga terhubung ke internet.

Meteran Analog yang Mulai Ditinggalkan

Meteran analog sekarang ini memang sudah mulai ditinggalkan. Namun, ada juga beberapa hal yang menjadi meteran listrik jenis ini sudah mulai tidak diminati.

KWH meter analog terdiri dari bagian yang bergerak, karenanya tentu saja akan mengalami keausan seiring berjalannya waktu.

KWH meter analog tidak mampu menangkap konsumsi listrik suatu kelengkapan secara cermat.

Pelumas pada roda gigi mekanis dapat mengering sehingga mengakibatkan kerusakan pada gigi roda gigi yang artinya akan memberi pengaruh rasio roda gigi.

Selain itu, pada KWH meter analog dapat saja terjadi kekeliruan kalibrasi kalau mengalami kejutan atau getaran yang tiba-tiba, akibatnya cakram yang berputar dapat saja berhenti.

Mengontrol KWH Meter dari Jarak Jauh

Dengan adanya Kwh meter smart home, Anda bisa mengontrol konsumsi listrik yang ada di rumah Anda. Ini artinya, Anda dapat mengontrol Kwh meter dari jarak jauh hanya dengan menggunakan smartphone Anda.

Smart Kwh meter merupakan salah satu program dalam mendukung listrik pintar dari PLN.

Listrik Pintar

Listrik Pintar atau layanan listrik prabayar yaitu solusi isi ulang dari PLN. Dengan listrik pintar, tiap-tiap pelanggan dapat mengatur pengaplikasian listrik sendiri sesuai keperluan dan kesanggupannya.

Keuntungan Listrik Pintar

Dengan meter listrik prabayar dari Listrik Pintar PLN, pelanggan bisa memantau penggunaan listrik sehari-hari dan tiap-tiap saat. Di meteran listrik tersebut tertera angka sisa penggunaan kWh terakhir. Sekiranya dirasa boros, pelanggan bisa mengerem penggunaan listriknya.

Menggunakan Rangkaian Elektronika

Listrik pintar menggunakan rangkaian elektronika yang sangat maju. Dibandingkan dengan meteran listrik yang lain, meteran listrik pintar ini menggunakan rangkaian elektronika yang lebih baik dan juga memanfaatkan IoT. Konsumsi listrik dijamin sangat akurat.

Menggunakan Aplikasi Khusus

Terdapat aplikasi khusus untuk smart home system untuk kontrol Kwh meter yaitu berguna untuk reminder penggunaan listrik yang bisa memberi notifikasi bagi kita sehingga kita tidak perlu lagi mencatat secara manual seberapa besar listrik yang sudah kita pakai tiap bulannya.

Aplikasi ini memiliki sebagian fitur yakni fitur login di- mana pengguna akan memasukkan ID pelanggan atau nomor meterannya, fitur history untuk mengamati riwayat penggunaan listrik seminggu sebelumnya, fitur setting yang bermanfaat untuk mengontrol on/off notifikasi, optimal penggunaan listrik per hari dan minimum credit listrik yang tersisa.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda tertarik dengan smart house untuk rumah Anda dan berminat untuk kontrol Kwh meter? NetData bisa membantu mewujudkan hal tersebut dengan aplikasi Kwh meter di smartphone Anda dan tersambung ke meteran listrik rumah Anda.

Selain itu, NetData juga menyediakan solusi smart water meter yang bisa mengatur penggunaan air di rumah Anda. Menarik sekali bukan?

Segera hubungi NetData untuk smart home system solution terbaik, terpercaya, paling handal, professional, dan biaya yang terjangkau!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup