Pengertian Mengenai Keamanan Jaringan

keamanan jaringan

Di era digital saat ini sistem jaringan komputer sudah semakin luas seiring banyaknya komputer yang terhubung ke jaringan internet dan yang pasti membutuhkan Keamanan Jaringan.

Dengan begitu ancaman yang dapat membahayakan komputer lewat jaringan semakin meningkat. Hal ini menjadi tantangan setiap pengguna komputer untuk meningkatkan sistem keamanan jaringannya agar lebih aman.

Meningkatkan sistem keamanan komputer merupakan hal yang wajib dilakukan bagi perusahaan, mungkin banyak pihak yang menganggap tidak begitu penting sebelum data perusahaan mereka dicuri pihak yang tidak bertanggung jawab yang bisa mengganggu bisnis mereka.

Maka dari itu diartikel ini kita akan membahas lebih jauh tentang pentingnya sistem bagi bisnis.

Sistem Keamanan Jaringan

Sistem keamanan jaringan merupakan sebuah sistem yang berperan sebagai pencegah dan pengidentifikasi kepada pengguna yang tidak sah kedalam jaringna komputer.

Adapun langkah pencegahan yang dilakukan untuk menghentikan penyusup untuk mengakses sistem jaringan komputer kita.

Tujuan

Tujuan membangun sistem keamanan jaringan komputer adalah untuk mengantisipasi ancaman dalam bentuk fisik maupun logis baik secara langsung ataupun tidak langsung yang dapat menganggu sistem keamanan jaringan tersebut.

Anda perlu mengetahui bahwa tidak ada sistem yang sempurna. Namun bukan berarti tidak perlu, minimal kita dapat menerapkan sistem keamanan jaringan untuk mencegah terjadinya ancaman yang dapat merugikan perusahaan.

Selain menerapkan sistem, kita juga perlu mengedukasi pengguna untuk lebih mengetahui tentang keamanan jaringan.

Manfaat Keamanan Jaringan

Menerapkan sistem tentu ada manfaatnya, apa sajakah itu ? berikut beberapa manfaat keamanan jaringan :

  • Dapat menggunakan resource secara bersamaan, seorang yang pengguna yang jauh dari pusat data, dapat dengna mudah mengakses data tersebut seolah-olah data tersebut ada didepannya. Dengan kata lain jaringan komputer dapat mengatasi masalah jarak.
  • Dapat diandalkan, jaringna komputer yang dapat diandalkan memiliki persediaan resource alternatif. Misalnya semua data yang disimpan dapat disalin kebeberapa komputer yang terkoneksi ke jaringan, sehingga apabila data di satu komputer rusak bisa dipulihkan dengan menggambil data dari komputer lainnya.

Menghematkan uang, komputer dengan spesifikasi yang rendah tentu harganya lebih murah di bandingkan dengan komputer yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi.

Komputer berspesifikasi tinggi memang memiliki performa yang jauh lebih baik ketimbang komputer berspesifikasi rendah. Ketidak seimbangan harga ini membuat perancang sistem lebih memilih sistem yang terdiri dari kumpulan komputer pribadi.

Jenis-Jenis Keamanan Jaringan

Ada beberapa jenis-jenis keamanan jaringan yang diterapkan dalam sistem jaringan, berikut pembahasannya.

Availability

Adalah upaya pencegahan penahanan informasi atau resource kepada pihak yang tidak berhak. Dengan kata lain informasi yang dibutuhkan akan dapat diakses kepada pihak yang memiliki hak akses terhadap informasi tersebut.

Contoh pada messaging system dimana pesan tersebut hanya dapat dibaca oleh orang yang dialamatkan saja.

Integrity

Adalah upaya pencegahan bagi pihak yang tidak berkepentingan dapat mencapai informasi. Yang artinya informasi yang tepat dapat diakses oleh mereka yang berhak saja, analoginya sama dengan e-mail atau data penting perusahaan .

Atau juga bisa diartikan pencegahan terhadap kemungkinan perubahan atau penghapusan informasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Secara umum integritas ini berarti informasi yang tepat, maka tidak terjadi kerusakan atau terhapus pada saat di salurkan dari server ke penerima yang berhak.

Authentication

Adalah metode untuk menentukan atau mengonfirmasi pengguna tersebut autentik atau tidak. Biasanya metode autentikasi seseorang biasanya adalah untuk memverifikasi identitasnya.

Pada suatu sistem komputer autentikasi dilakukan dengan cara login atau memasukan ID dan password.

Access Control

Adalah metode transmisi sinyal yang dimiliki oleh node-node yang terkoneksi ke jaringan tanpa terjadinya konflik atau hal akses.

Email security

Keamanan surat elektronik atau e-mail adalah dengan melakukan enkripsi terhadap pesan yang dikirimkan dari pengirim ke pihak yang sah.

Secara umum email yang tidak dienkripsi bisa terjadinya penyadapan sehingga email yang seharusnya dikirim ke penerima yang berhak bisa dibaca oleh pihak yang tidak berhak.

Firewall

Firewall merupakan sistem keamanan yang diciptakan untuk protokol keamanan jaringan. Metode Firewall sendiri memiliki banyak metode diantaranya:

Melindungi Data dari Hacker dan Pengguna Tidak Terotorisasi

Fungsi Firewall yang pertama adalah menyekat data internal dari luar. Firewall dapat mencegah pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses data yang Anda miliki.

Block Pesan yang Tidak Diinginkan

Terkadang pada saat melakukan browsing di internet Anda mendapatkan pesan misterius yang mengatakan bahwa komputer Anda dalam bahaya.

Hal ini bisa disebabkan Firewall pada komputer Anda tidak berjalan dengan baik sehingga pesan spam tersebut banyak ditemukan di komputer yang tidak pernah membaharui firewallnya.

Block Konten yang Tak Diinginkan

Sebelumnya Firewall bisa memblokir pesan spam yang mengandung malware, Firewall juga berperan sebagai pencegah konten yang berbahaya baik itu memblokir website ataupun konten pada website tersebut.

Membuat Game Online Lebih Aman dan Nyaman

Game online atau game yang terhubung ke jaringan internet ini memang rawan akan penyusup yang masuk ke komputer Anda.

Metode yang dilakukan peretas adalah dengan cara menyusupkan malware yang dapat memata-matai aktivitas di komputer Anda.

Mungkin beberapa server game online sudah terpasang Firewall yang canggih namun tidak ada salahnya Anda memperbaharui Firewall Anda yang terbaru untuk berjaga-jaga.

Monitor Bandwidth

Selain untuk memastikan keamanan jaringan Firewall juga dapat digunakan untuk memantau dan membatasi bandwidth yang digunakan.

Contohnya Anda membatasi penggunaan untuk akses hiburan, gambar, dan musik. Lalu memprioritaskan bandwidth kepada konten yang lebih penting untuk bisnis.

Mengakses Layanan VPN

Firewall juga dapat digunakan untuk memfasilitasi konekti Virtual Private Network atau VPN. Dengan menggunakan layanan VPN, pengguna dapat mengakses jaringan internal komputer Anda. dengan layanan yang sama juga dapat mengakses website yang diblokir.

Jasa Keamanan Jaringan Dari NETDATA

Dilihat dari penjelasan diatas kita mengetahui bahwa hal ini merupakan komponen penting yang harus dimiliki oleh perusahaan.

Apalagi saat ini era digital terus berkembang dan semakin banyak persaingan teknologi di sektor bisnis.

Di sisi lain masih banyak perusahaan dengan tingkat kepedulian bahwa keamanan informasi masih rendah. Hal ini bisa berakibat fatal terhadap perkembangan bisnisnya sendiri. 

Padahal semakin besar perusahaan tersebut akan semakin banyak informasi penting yang perlu dilindungi. 

Selain itu masih banyak perusahaan yang masih kesulitan dalam penerapan teknologi sistem keamanan jaringan. 

Dengan merekrut ahli IT membutuhkan biaya yang tidak murah sehingga sistem keamanan jaringan tidak diterapkan dengan baik sedangkan perusahaan harus mengembangkan bisnisnya.

Karena itulah NETDATA memberikan solusi sistem keamanan jaringan yang tepat bagi Anda. Faktor utama kenapa Anda memilih NETDATA untuk jasa layanan keamanan jaringan seperti berikut ini :

NETDATA menyediakan layanan keamanan jaringan yang komprehensif, terintegrasi, profesional, dan terjangkau sesuai dengan standar perkembangan teknologi saat ini.

  1. NETDATA Memberikan layanan keamanan jaringan sesuai dengan kebutuhan bisnis.
  2. NETDATA menyediakan sistem pengelolaan sistem keamanan jaringan.
  3. NETDATA melakukan pengembangan keamanan jaringan.
  4. NETDATA memberikan layanan yang fleksibel, terpercaya, mudah, dan transparan.

Bagi Anda yang memilki jaringan perusahaan yang rumit pastikan sudah menerapkan sistem keamanan jaringan yang terbaik demi berkembangnya bisnis Anda. NETDATA siap membantu masalah sistem Anda menjadi lebih aman dan juga lebih profesional.

Anda bisa hubungi kami jika ada pertanyaan yang ingin anda sampaikan. Terimakasih banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup