Sewa Access Point Indonesia : Apa Itu Jaringan Nirkabel / Wifi?

Sewa Access Point Indonesia : Apa Itu Jaringan Nirkabel / Wifi?

Saat ini, orang suka menggunakan Wi-Fi kapan saja dan di mana saja mereka berada, tetapi apakah Anda benar-benar tahu apa itu jaringan Wi-Fi? Dalam posting ini, saya akan memperkenalkan sesuatu tentang jaringan nirkabel.

Wi-Fi atau jaringan nirkabel vs. jaringan kabel

Jaringan nirkabel memungkinkan perangkat untuk tetap terhubung ke jaringan tetapi berkeliaran tanpa kabel ke kabel apa pun. Jalur akses memperkuat sinyal Wi-Fi, sehingga perangkat dapat jauh dari router tetapi masih terhubung ke jaringan. Saat Anda terhubung ke hotspot Wi-Fi di kafe, hotel, ruang tunggu bandara, atau tempat umum lainnya, Anda terhubung ke jaringan nirkabel bisnis itu.

Jaringan kabel menggunakan kabel untuk menghubungkan perangkat, seperti laptop atau komputer desktop, ke Internet atau jaringan lain. Jaringan kabel memiliki beberapa kelemahan jika dibandingkan dengan jaringan nirkabel. Kerugian terbesar adalah perangkat Anda ditambatkan ke router. Jaringan kabel yang paling umum menggunakan kabel yang terhubung di satu ujung ke port Ethernet pada router jaringan dan di ujung lainnya ke komputer atau perangkat lain.

Sebelumnya dianggap bahwa jaringan kabel lebih cepat dan lebih aman daripada jaringan nirkabel. Tetapi peningkatan terus-menerus terhadap teknologi jaringan nirkabel seperti standar jaringan Wi-Fi 6 telah mengikis perbedaan kecepatan dan keamanan antara jaringan kabel dan nirkabel.

Titik akses nirkabel (WAP) adalah salah satu jaringan nirkabel. Berikut ini beberapa titik akses nirkabel:

Apa manfaat dari jaringan nirkabel?

Bisnis dapat merasakan banyak manfaat dari jaringan nirkabel, termasuk:

* Kenyamanan: Akses sumber daya jaringan Anda dari lokasi mana pun dalam area jangkauan jaringan nirkabel Anda atau dari hotspot Wi-Fi apa pun.

* Mobilitas: Anda tidak terikat dengan meja Anda, karena Anda menggunakan koneksi kabel. Anda dan karyawan Anda dapat online di pertemuan ruang konferensi, misalnya.

* Produktivitas: Akses nirkabel ke Internet dan aplikasi serta sumber daya utama perusahaan Anda membantu staf Anda menyelesaikan pekerjaan dan mendorong kolaborasi.

* Pengaturan mudah: Anda tidak perlu memasang kabel, sehingga pemasangan dapat cepat dan hemat biaya.

* Dapat diperluas: Anda dapat dengan mudah memperluas jaringan nirkabel dengan peralatan yang ada, sedangkan jaringan kabel mungkin memerlukan kabel tambahan.

* Keamanan: Kemajuan dalam jaringan nirkabel memberikan perlindungan keamanan yang kuat.

* Pengurangan biaya: Karena jaringan nirkabel menghilangkan atau mengurangi biaya kabel, biayanya lebih murah untuk beroperasi daripada jaringan kabel.

Bagaimana cara menyebarkan jaringan nirkabel?

Untuk membuat jaringan nirkabel Anda, Anda dapat memilih di antara tiga jenis penyebaran: penyebaran terpusat, penyebaran konvergen, dan penyebaran berbasis cloud. Perlu bantuan untuk mengetahui penyebaran mana yang terbaik untuk bisnis Anda?

  1. Penerapan Terpusat

Jenis paling umum dari sistem jaringan nirkabel, penyebaran terpusat secara tradisional digunakan di kampus-kampus di mana gedung dan jaringan berada dalam jarak dekat. Penempatan ini mengkonsolidasikan jaringan nirkabel, yang membuat peningkatan lebih mudah dan memfasilitasi fungsionalitas nirkabel tingkat lanjut. Pengontrol didasarkan pada tempat dan dipasang di lokasi terpusat.

  1. Penerapan Konvergen

Untuk kampus kecil atau kantor cabang, penyebaran konvergensi menawarkan konsistensi dalam koneksi nirkabel dan kabel. Penyebaran ini menyatu dengan kabel dan nirkabel pada satu perangkat jaringan — sakelar akses — dan menjalankan peran ganda sakelar dan pengendali nirkabel.

  1. Penerapan Berbasis Keras

Sistem ini menggunakan cloud untuk mengelola perangkat jaringan yang digunakan di tempat di berbagai lokasi. Solusinya membutuhkan perangkat Cisco Meraki yang dikelola cloud, yang memberikan visibilitas penuh jaringan melalui dashboard mereka.

Access point ini bisa Anda dapatkan di NetData atau juga Anda bisa sewa access point Indonesia  yang berkualitas dan juga memiliki pelayanana yang profesional juga perawatan yang dilakukan secara berkala demi kelancaran bisnis Anda.

 1 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup