(Power over Ethernet) PoE vs. PoE+ vs. UPoE

PoE vs. PoE+ vs. UPoE

Kamu udah tau PoE dong ya.. tapi udah tau belum ternyata PoE banyak jenisnya? yuk kita bahas! PoE atau Power over Ethernet adalah teknologi jaringan yang memungkinkan kabel ethernet dapat dialiri arus listrik. Sehingga traffic data dan arus listrik dapat berjalan dalam satu kabel ethernet, biasanya terdapat dalam perangkat switch untuk kebutuhan koneksi dan power source access point.

Seiring perkembangan teknologi PoE terbagi ke dalam 3 jenis, yaitu: PoE, PoE+ dan UPoE atau biasa disebut juga PoE++. Perbedaannya terdapat pada angka maksimum power yang dikeluarkan, PoE maksimum power yang dikeluarkan adalah sebesar 15,4 watt, sedangkan PoE+ sebesar 30 watt dan UPoE sebesar 60 watt.

Khusus untuk UPoE, UPoE bukanlah teknologi PoE standar yang dikeluarkan oleh IEEE, melainkan teknologi yang diciptakan oleh Cisco. Dengan menggabungkan dua PoE+ kedalam satu port, sehingga maksimum power yang dikeluarkan mencapai 60 watt.

Kemudahan Instalasi PoE adalah Manfaat Besar: Manfaat utama PoE adalah membuat PD mudah dipasang. Orang yang menginstal produk hanya menemukan lokasi yang tepat untuk perangkat tersebut, mengklik kabel Ethernet ke soket RJ45, dan hanya itu. Daya dan data akan mengalir melalui kabel Ethernet yang sama, jadi tidak perlu mencari stopkontak listrik. Sebagai contoh, pikirkan kamera keamanan – ini biasanya terletak di tempat yang tinggi, bahkan di luar ruangan, di mana outlet AC tidak mungkin berada.

Nilai PoE (Power over Ethernet) Bisa Jauh Lebih Besar daripada Biayanya: Sepintas lalu, menambahkan PoE dapat menambahkan $ 5 hingga $ 10 (untuk 12W) atau $ 10 hingga $ 15 (untuk 24W) ke bill of material (BoM) Anda. Jadi mengambil kamera keamanan kami sebagai contoh, itu bisa berarti bahwa harga jual kamera Ethernet naik dari katakanlah $ 200 menjadi $ 250. Tidak bagus kan? ……. SALAH! Ini akan menjadi $ 50 terbaik yang dihabiskan oleh penginstal. Tetap berpegang pada contoh kamera keamanan kami, jika penginstal ingin meletakkan kamera di tempat yang tidak ada stopkontak AC, mereka harus menelusuri kabel AC ke stopkontak terdekat atau memasang stopkontak di mana kamera akan ditempatkan. Itu harus memenuhi peraturan keselamatan, kode bangunan, dll, atau bahkan memerlukan ahli listrik spesialis, jauh melebihi biaya tambahan kamera.

Nah, sekarang kamu jadi tau kan ternyata PoE itu banyak jenisnya, jangan lupa share info ini jika menurut kamu bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup