Pentingnya Managed Colocation Service

Managed Colocation Service

Teknologi IT saat ini memang sedang sangat berkembang, dimana Anda yang berkecimpung di bidang IT managed colocation service sudah sangat mungkin cukup mengetahui hosting dan domain.

Namun tidak semua orang mengetahui apa itu Managed Colocation Service?. Saat ini banyak yang belum mengetahui colocation server mungkin Anda sendiri tidak mengetahuinya.

Mayoritas orang hanya mengetahui hosting dan domain yang mana sering juga ditawarkan oleh para penyedia layanan hosting.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa itu colocation server, kelebihan, manfaat, dan juga kapan menggunakannya.

Bagi sebagian besar orang, masih asing tentang colocation service. Padahal, ini adalah salah satu hal penting dalam perusahaan agar bisa memasarkan produk atau entri data pesanan yang sangat memudahkan. Ya, tentunya setiap perusahaan ingin produk atau jasa yang dikelolanya bisa dipasarkan secara baik bukan?

Colocation Server Adalah

Colocation server adalah layanan penyimpanan server di data center penyedia atau penyedia layanan colocation server.

Anda sebagai pengguna layanan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat infrastruktur ruangan data center dan mempekerjakan staff IT untuk mengelolanya.

Sebagai pengguna biasanya Anda hanya menyediakan menyediakan server dan tempat penyimpanan data di serahkan pada penyedia layanan tersebut. 

Managed colocation adalah platform layanan kolokasi dan kedekatan yang memberi pelanggan akses ke semua pusat likuiditas utama secara global di semua kelas aset (ekuitas, derivatif, pendapatan tetap, dan Valas).

Platform ini menyediakan lingkungan terkelola untuk pengiriman data pasar langsung, entri pesanan, server, dan ruang colocation baik sebagai layanan terkelola tunggal atau layanan komponen individual.

Memanfaatkan hubungan WAN tercepat antara pusat-pusat utama, teknologi berkembang biak menjadi yang terbaik, dan proses operasional yang diperkeras selama 20 tahun dalam bisnis, memungkinkan perusahaan perdagangan elektronik untuk berjalan dengan lebih lincah dan kepastian biaya daripada pendekatan tradisional.

Penyedia layanan akan menyediakan tempat server, pendingin, listrik, bandwidth internet, dan keamanan fisik. 

Jadi Anda bisa lebih fokus mengelola bisnis utama Anda tanpa khawatir oleh masalah IT. Ada 2 pilihan tentang manajemen server yakni unmanage colo yang mana Anda mengendalikan atau mengelola server Anda sendiri.

Untuk manange colo masalah teknis server akan diserahkan semua kepada penyedia layanan colocation.

Rekomendasi Pengguna 

Dalam menggunakan colocation server sangat direkomendasikan bagi pengguna sebagai berikut:

  • Pengguna aplikasi atau website yang membutuhkan sumber daya server yang tinggi.
  • Perusahaan dibidang media informasi atau pembuat software yang ingin menekan biaya hosting. 
  • Perusahaan bisnis startup yang membutuhkan dukungan custom build server untuk menjalankan bisnisnya.

Kapan Harus Menggunakan Colocation Server

Kapan harus menggunakan colocation server?, sejujurnya tidak ada waktu yang pasti dalam penggunaan layanan colocation server ini.

Dalam menggunakan colocation server tergantung kebutuhan setiap perusahaan. Berikut adalah hal yang mungkin dapat membantu Anda dalam menggunakan colocation server.

Visitor Website Melimpah

Apabila visitor website Anda sudah semakin melimpah dan sekiranya layanan yang Anda gunakan saat ini tidak cukup menunjang kenaikan trafik website Anda. Maka waktunya yang tepat untuk Anda meningkatkan layanan yang Anda gunakan sebelumnya.

Apabila Anda menggunakan layanan VPS Linux maka bisa meningkatkan dengan menggunakan colocation server atau dedicated server.

Menghemat Dana

Apabila perusahaan Anda ingin memiliki server untuk bisnis sendiri. Namun terkendala dengan biaya yang terbilang cukup mahal untuk membuat ruangan data center beserta isinya.

Maka menggunakan layanan colocation server adalah pilihan yang tepat. Karena dengan memanfaatkan layanan colocation tentu Anda tidak harus menyewa jasa teknisi IT lagi, Membuat ruangan data center, arus listrik, sistem keamanan dengan standar internasional, pendingin ruangan, bandwidth internet dan lain sebagainya.

Website mulai lambat

Jika pengunjung sedang mengakses website Anda semakin banyak maka ada kemungkinan website Anda mulai lambat dalam memuat halaman. Halaman yang lambat ini menyebabkan rasio bounce rate menjadi tinggi dan pengunjung bisa meninggalkan website Anda.

Sehingga pengunjung memiliki pengalaman yang buruk terhadap website Anda dan kemungkinan tidak akan mengunjungi website Anda lagi. Jika pemuatan halaman website mulai lambat kemungkinan besar server Anda sudah tidak mampu menampung visitor lagi.

Maka dari itu dengan menyewa layanan colocation server adalah salah satu pilihan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan untuk memproses visitor yang lebih banyak.

Manfaat Menggunakan Colocation Server

Colocation server adalah sebuah layanan menyewa data center untuk meletakkan server yang Anda miliki. Apa Sih itu data center? Yakni bangunan yang digunakan untuk menyimpan sejumlah server lengkap dengan fasilitas pendukung lainnya. Berikut ini kelebihan menggunakan colocation server.

Hemat Biaya & Waktu

Biaya pengeluaran perusahaan akan semakin hemat dibandingkan Anda membangun data center sendiri karena Anda harus merekrut teknisi IT, listrik, menyediakan ruangan, sistem keamanan dan lain sebagainya. 

Jaminan Keamanan

Soal keamanan server perusahaan yang dititipkan tentu sudah sangat terjamin. Karena biasanya pihak penyedia layanan colocation server akan memberikan sistem keamanan yang tinggi. 

Seperti halnya Colocation Data Center Standar Internasional yang tidak sembarang orang dapat masuk dan dilengkapi kunci akses masing-masing. Dan juga gedung dengan keamanan standar internasional sudah pasti dapat menghindari kebakaran dan berbagai bencana lainnya.  

Meningkatkan Produktivitas

Selain hemat biaya dan juga hemat waktu, Anda juga bisa lebih fokus dalam meningkatkan produktivitas perusahaan Anda. 

Perlindungan Server

Perusahaan yang ingin menitipkan servernya yang tidak perlu repot mengupgrade sistem server. Penyedia layanan colocation server akan bertanggung jawab apabila pelanggan memilih pilihan teknis managed.

Namun apabila pelanggan memilih pilihan teknis unmanaged berarti server sepenuhnya dikelola dan menjadi tanggung jawab pengguna baik itu dalam hal instalasi, manajemen server, dan lain-lain. 

Bantuan Tim Teknis

Sebagai pelanggan Anda tidak perlu lagi merekrut tim ahli IT untuk mengurus server-server Anda. Hal yang berhubungan dengan pengelolaan hingga perawatan server sudah dijamin oleh penyedia layanan colocation server. 

Server non stop

Server non stop atau tetap online 24 jam walaupun tidak sedang Anda gunakan.

Tidak Bergantung Pada Penyedia Web Hosting

Anda tidak lagi bergantung dengan penyedia web hosting karena Anda sudah memiliki server sendiri yang bisa Anda install software apa saja yang Anda butuhkan.

Layanan Colocation Server

Layanan Colocation Server yang sangat bermanfaat dalam bidang usaha yang memang berhubungan dengan IT terutama yang membutuhkan server sendiri. Layanan colocation ini merupakan layanan penyimpanan server Data Center yang ada setiap wilayah.

Colocation Server Jakarta 

Misalnya dalam hal ini NetData merupakan salah satu penyedia layanan Colocation Server yang ada di Jakarta.

Mengapa di NetData? Karena NetData memiliki banyak solusi yang ditawarkan kepada Anda yang ingin memiliki server sendiri namun tetap hemat.

Maka NetData memiliki solusinya dengan menyediakan layanan colocation server yang terbaik di Indonesia.

Colocation Server Indonesia

NetData merupakan perusahaan IT terutama berhubungan dengan layanan jasa manage service seperti colocation server di Indonesia.

Anda bisa mengkonsultasikan kebutuhan perusahaan Anda ke NDS.id sehingga akan mendapatkan solusi terbaik untuk perusahaan Anda. 

Apa Saja Yang Dilakukan Jasa Managed Colocation Service

Teknologi

Managed colocation service berkolaborasi dengan vendor dan klien untuk terus meneliti dan menerapkan teknologi produksi breed mutakhir dan terbaik. Menyediakan platform latensi ultra-rendah khusus dan fleksibilitas untuk menerapkan teknologi terbaru dan terhebat tanpa kendala penguncian vendor perangkat keras.

Jaringan

Opsi mengikuti pendekatan konektivitas yang selalu menarik, membangun jaringan latensi rendah tercepat di pasar. Rute baru dan yang sudah ada dipilih dan diperbarui hanya pada rute tercepat yang tersedia, sangat beragam dengan jalur yang tidak perlu memberikan kepercayaan 100%.

Data center

Managed colocation service melakukan peninjauan dan perluasan kawasan pusat data untuk memastikan menyediakan layanan kolokasi dan kedekatan di setiap pusat likuiditas dan tempat menarik ke pasar.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang pembahasan colocation server dan apa saja kelebihannya. Bagi Anda memilih perusahaan menengah keatas mungkin akan tertarik dengan menggunakan layanan colocation ini. 

Karena biasanya perusahaan dengan kapasitas yang besar justru akan membutuhkan pengembangan di bidang IT khususnya server.

Maka dari itu NetData siap mendukung Anda untuk mencarikan dan memberikan solusi yang tepat bagi perusahaan Anda. Mulai dari rak server yang berkualitas hingga biaya yang hemat akan Anda dapatkan dari pelayanan NDS.id. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup