Pengertian Menyeluruh Tentang Cloud Consultant

Pengertian Menyeluruh Tentang Cloud Consultant

Sekarang ini, teknologi cloud adalah sebuah kemajuan zaman tentang IT yang sangat berguna bagi berbagai organisasi maupun pribadi. Dengan adanya cloud, berbagai hal bisa mempermudah pekerjaan, apalagi saat sekarang ini dimana banyak sekali perusahaan atau organisasi seperti sekolah dan universitas yang memanfaatkan teknologi cloud untuk mempermudah berbagai pekerjaannya.

Cloud juga bisa digunakan untuk machine learning. Inilah yang menjadikan cloud computing adalah terobosan yang sangat bermanfaat bagi banyak orang, baik itu yang masih awam ataupun yang sudah berkecimpung di dunia IT.

Berbicara tentang cloud computing, ada baiknya Anda tahu tentang bagaimana teknologi cloud ini dibuat dan berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi cloud.

Sejarah Cloud Computing

Awalnya sebuah mainframe militer yang dikembangkan pada tahun 1950 untuk menghubungkan terminal komputer melintasi matriks internal, teknologi penyimpanan non-lokal maju dengan cepat setelah mencapai komunitas ilmiah.

Ini adalah pertimbangan penting pada saat komputasi menghabiskan biaya berapa juta dolar dan kebutuhan banyak orang untuk mengakses teknologi menjadi suatu kebutuhan.

Istilah “cloud computing” sendiri diciptakan pada tahun 1996 dalam dokumen internal Compaq. Istilah “cloud” awalnya terkait dengan konsep komputasi terdistribusi, yang menjadi mainstream di General Magic yang melahirkan Apple pada awal 1990-an, bahkan dengan penyebutan sebelumnya dalam karya akademis sebelumnya juga.

Konsep tersebut awalnya dibahas oleh J.C.R. Licklider, direktur pertama Kantor Teknik Pemrosesan Informasi di divisi ARPA Pentagon di tahun 1960-an, menurut Computerworld.

Ide Licklider kemudian merevolusi komputasi ketika, pada tahun 1969, Bob Taylor dan Larry Roberts mengembangkan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Networks) dan, akhirnya, menjadi pendahulu dari apa yang disebut internet.

Beberapa dekade setelah 1970-an melihat perkembangan berbagai Mesin Virtual (VM) seperti yang dibuat oleh raksasa komputer seperti IBM. Telekomunikasi mengikuti dan mulai menawarkan jaringan pribadi virtual (VPN) ke pasar.

Perkembangan Cloud Computing

Cloud computing saat ini sangat populer, tak hanya dari pemain besar software seperti Microsoft dan Google, perusahaan lain bermunculan hanya untuk menyediakan fasilitas berbasis awan sebagai pengganti atau penyempurnaan aplikasi terhadap PC hari ini. Beberapa dari perusahaan berikut adalah Zoho.com, sebuah office suite online, Evernote.com, merupakan sebuah website yang dimaksudkan untuk catatan online, dan RememberTheMilk.com, manajemen tugas online.

Email yang tersedia dalam wujud website email merupakan contoh yang sangat kecil dari teknologi cloud computing. Dengan gunakan fasilitas e mail seperti Gmail dan Yahoo Mail, orang tidak wajib ulang gunakan Outlook atau aplikasi desktop lainnya untuk e mail mereka. Membaca e mail dengan browser amat mungkin dilaksanakan di mana saja sepanjang tersedia koneksi internet.

Microsoft sebagai perusahaan software terbesar saat ini, melansir “Microsoft Office 365” dan “Windows Azzure” sebagai sistem operasi (OS) berbasis komputasi awan yang digadang-gadang dapat menggantikan OS Windows yang tersedia saat ini. Sementara itu Apple melansir “Mobile Me” untuk pengguna Mac yang disinkronisasikan dengan teknologi Cloud Computing.

Sedangkan Google yang sejak 10 tahun. silam mengincar pengembangan teknologi ini terasa mengerahkan para penggunanya dalam penerapan simple cloud computing lewat fasilitas “Google Docs” dimana kami mampu gunakan fasilitas secara online tanpa wajib install program. IBM termasuk sudah meluncurkan product pertamanya di teknologi ini sejak tiga th. silam yang bernama “LotusLive”.

Tidak ketinggalan Hitachi Data System (HDS) sebagai perusahaan data penyimpanan ketiga terbesar di dunia dari Jepang menggarap “Leapdrive.com” sebagai tidak benar satu fasilitas cloud computing berbentuk area penyimpanan yang diminati publik saat ini.

Apa Itu Cloud Computing

Sederhananya, komputasi awan adalah penyampaian layanan komputasi termasuk server, penyimpanan, basis data, jaringan, perangkat lunak, analitik, dan A.I melalui Internet (“cloud”) untuk menawarkan inovasi yang lebih cepat, sumber daya yang fleksibel, dan skala ekonomi.

Anda biasanya hanya membayar untuk layanan cloud yang Anda gunakan, membantu menurunkan biaya pengoperasian, menjalankan infrastruktur dengan lebih efisien, dan menyesuaikan skala sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Ya, salah satu teknologi cloud yang sudah banyak orang menggunakannya adalah cloud storage. Dengan menggunakan inovasi ini, Anda jadi lebih mudah menyimpan berbagai data yang penting milik Anda tanpa adanya kekhawatiran jika memori fisik yang Anda gunakan untuk menyimpan file tersebut tiba-tiba saja rusak.

Selama ada koneksi internet, file yang ada pada cloud storage masih bisa diunduh dengan aman dimanapun dan kapanpun. Sangat menguntungkan bukan?

Keuntungan Cloud Computing

Ada berbagai keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan cloud computing. Diantaranya adalah:

  • Biaya

Cloud computing menghilangkan biaya modal untuk membeli perangkat keras dan perangkat lunak serta menyiapkan dan menjalankan pusat data di tempat — rak server, listrik sepanjang waktu untuk daya dan pendinginan, pakar TI untuk mengelola infrastruktur. Itu bertambah dengan cepat.

  • Kecepatan

Sebagian besar layanan komputasi awan disediakan layanan mandiri dan sesuai permintaan, sehingga sumber daya komputasi dalam jumlah besar pun dapat disediakan dalam hitungan menit, biasanya hanya dengan beberapa klik mouse, memberikan banyak fleksibilitas bagi bisnis dan mengurangi tekanan perencanaan kapasitas.

  • Skala global

Manfaat layanan cloud computing termasuk kemampuan untuk menskalakan secara elastis. Dalam bahasa cloud, itu berarti memberikan sumber daya TI dalam jumlah yang tepat — misalnya, lebih banyak atau lebih sedikit daya komputasi, penyimpanan, bandwidth — tepat saat diperlukan dan dari lokasi geografis yang tepat.

  • Produktivitas

Pusat data di tempat biasanya memerlukan banyak “penyusunan dan penumpukan” —penyiapan perangkat keras, penambalan perangkat lunak, dan tugas manajemen TI lainnya yang memakan waktu. Cloud computing menghilangkan kebutuhan untuk banyak tugas ini, sehingga tim TI dapat menghabiskan waktu untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih penting.

  • Performa

Layanan cloud computing terbesar berjalan di jaringan pusat data aman di seluruh dunia, yang secara teratur ditingkatkan ke perangkat keras komputasi generasi terbaru yang cepat dan efisien. Ini menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan satu pusat data perusahaan, termasuk pengurangan latensi jaringan untuk aplikasi dan skala ekonomi yang lebih besar.

  • Keandalan

Cloud computing membuat pencadangan data, pemulihan bencana, dan kelangsungan bisnis lebih mudah dan lebih murah karena data dapat diduplikasi di beberapa situs redundan di jaringan penyedia cloud.

  • Keamanan

Banyak cloud platform menawarkan serangkaian kebijakan, teknologi, dan kontrol yang memperkuat postur keamanan Anda secara keseluruhan, membantu melindungi data, aplikasi, dan infrastruktur Anda dari potensi ancaman seperti pencurian data atau yang lain-lain yang menyebabkan kerugian pada Anda.

Jenis Cloud Computing

Cloud computing sendiri memiliki berbagai tipe. Tidak semua cloud itu sama dan tidak ada satu jenis cloud computing yang cocok untuk semua orang. Beberapa model, jenis dan layanan yang berbeda telah berkembang untuk membantu menawarkan solusi yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Ada 3 tipe dari cloud computing yang berbeda penggunaan dan juga berbeda pasarnya pula. Diantaranya adalah:

Public Cloud

Yang paling umum digunakan adalah public cloud. Public cloud dimiliki dan dioperasikan oleh penyedia layanan cloud pihak ketiga, yang mengirimkan sumber daya komputasi mereka seperti server dan penyimpanan melalui Internet.

Private Cloud

Untuk perusahaan yang sudah besar dan memiliki berbagai cabang, tipe cloud computing yang satu ini memang sangatlah cocok. Private cloud mengacu pada sumber daya cloud computing yang digunakan secara eksklusif oleh satu bisnis atau organisasi.

Cloud computing secara fisik dapat ditempatkan di pusat data di situs perusahaan. Beberapa perusahaan juga membayar penyedia layanan pihak ketiga untuk menghosting cloud pribadi mereka. Cloud computing adalah salah satu tempat layanan dan infrastruktur dikelola di jaringan pribadi.

Hybrid Cloud

Untuk tipe yang satu ini, sudah jelas bagaimana cara kerjanya. Hybrid cloud menggabungkan public cloud dan private cloud, yang diikat oleh teknologi yang memungkinkan data dan aplikasi dibagikan di antara keduanya.

Dengan memungkinkan data dan aplikasi berpindah antara awan pribadi dan publik, Hybrid cloud memberi bisnis Anda fleksibilitas yang lebih besar, lebih banyak opsi penerapan dan membantu mengoptimalkan infrastruktur, keamanan, dan kepatuhan yang ada.

Berbagai Tipe Cloud Service

Sebagian besar cloud platform terbagi dalam 4 kategori besar. Diantaranya adalah infrastructure as a service (IaaS), platform as a service (PaaS), serverless dan software as a service (SaaS).

IaaS

IaaS merupakan kategori paling dasar dari layanan cloud computing. Dengan IaaS, Anda menyewa infrastruktur TI — server dan mesin virtual (VM), penyimpanan, jaringan, sistem operasi — dari penyedia cloud dengan basis pay-as-you-go.

PaaS

Platform sebagai layanan mengacu pada layanan cloud computing yang menyediakan lingkungan sesuai permintaan untuk mengembangkan, menguji, menyampaikan, dan mengelola aplikasi perangkat lunak. PaaS dirancang untuk memudahkan pengembang membuat web atau aplikasi seluler dengan cepat, tanpa khawatir tentang menyiapkan atau mengelola infrastruktur yang mendasari server, penyimpanan, jaringan, dan basis data yang diperlukan untuk pengembangan.

Serverless Computing

Tumpang tindih dengan PaaS, serverless computing atau komputasi tanpa menggunakan server berfokus pada membangun fungsionalitas aplikasi tanpa menghabiskan waktu terus-menerus mengelola server dan infrastruktur yang diperlukan untuk melakukannya. Cloud platform menangani penyiapan, perencanaan kapasitas, dan manajemen server untuk Anda.

Arsitektur tanpa server sangat dapat diskalakan dan digerakkan oleh peristiwa, hanya menggunakan sumber daya saat fungsi atau pemicu tertentu terjadi.

SaaS

Software as a Service adalah metode untuk mengirimkan aplikasi perangkat lunak melalui Internet, sesuai permintaan dan biasanya dengan basis langganan. Dengan SaaS, penyedia cloud menghosting dan mengelola aplikasi perangkat lunak dan infrastruktur yang mendasarinya serta menangani pemeliharaan apapun, seperti peningkatan perangkat lunak dan penambalan keamanan.

Pengguna terhubung ke aplikasi melalui Internet, biasanya dengan browser web di ponsel, tablet, atau PC mereka.

Kegunaan Cloud Computing

Sekarang ini, mungkin saja Anda menggunakan teknologi cloud. Hanya saja, Anda tidak sadar saja jika ternyata selama ini memang sudah banyak sekali aplikasi atau terobosan-terobosan yang berkaitan dengan media sosial atau berbagai software lain yang digunakan sehari-hari dengan memanfaatkan cloud computing.

Sebenarnya, apa saja kegunaan dari cloud computing?

  • Buat aplikasi cloud-native

Buat, terapkan, dan skalakan aplikasi dengan cepat — web, seluler, dan API. Manfaatkan teknologi dan pendekatan cloud-native, seperti container, Kubernetes, arsitektur layanan mikro, komunikasi berbasis API, dan DevOps.

  • Menguji dan membangun aplikasi

Kurangi biaya dan waktu pengembangan aplikasi dengan menggunakan infrastruktur cloud yang dapat ditingkatkan atau diturunkan skalanya dengan mudah.

  • Simpan, cadangkan, dan pulihkan data

Melindungi data Anda dengan lebih hemat biaya — dan dalam skala besar — ​​dengan mentransfer data Anda melalui Internet ke sistem penyimpanan cloud di luar situs yang dapat diakses dari lokasi mana pun dan perangkat apa pun.

  • Analisis data

Satukan data Anda di seluruh tim, divisi, dan lokasi di cloud. Kemudian gunakan layanan cloud, seperti pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan, untuk mengungkap wawasan untuk keputusan yang lebih tepat.

  • Streaming audio dan video

Terhubung dengan audiens Anda di mana saja, kapan saja, di perangkat apa saja dengan video dan audio definisi tinggi dengan distribusi global.

  • Menanamkan kecerdasan

Gunakan model cerdas untuk membantu melibatkan pelanggan dan memberikan wawasan berharga dari data yang diambil.

  • Kirimkan perangkat lunak sesuai permintaan

Juga dikenal sebagai Software as a Service (SaaS), perangkat lunak atau software yang sesuai permintaan memungkinkan Anda menawarkan versi dan pembaruan perangkat lunak terbaru kepada pelanggan — kapanpun mereka membutuhkan, dimanapun mereka berada.

Apa Cloud Consultant Itu?

Berbicara tentang cloud computing, mungkin Anda sudah tertarik untung memanfaatkannya untuk bisnis Anda. Namun, tidak mudah memang membangun infrastruktur cloud yang baik dan benar agar nantinya bisa digunakan dengan baik.

Jasa yang bisa membantu Anda tersebut adalah cloud consultant. Lalu, apa yang dimaksud dengan jasa cloud consultant?

Cloud consultant mendesain, mengimplementasikan, migrasi, atau memelihara aplikasi cloud, proses, atau sistem komputasi untuk suatu organisasi. Tugas pekerjaan Anda sering kali mencakup pemasangan perangkat lunak dan konfigurasi perangkat keras serta penyesuaian agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tanggung jawab Anda mungkin melibatkan migrasi data atau aplikasi lama. Anda akan membutuhkan keterampilan komunikasi yang sangat baik untuk melatih staf teknis dan non-teknis. Penting untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi cloud dan keamanan cyber terbaru.

Apa Skill Yang Harus Dalam Memilih Cloud Consultant

Cloud consultant perlu memiliki keterampilan layanan pelanggan yang kuat karena tanggung jawab utama mereka adalah memastikan kebutuhan klien mereka terpenuhi. Mereka juga membutuhkan keterampilan analitis karena mereka harus meninjau banyak informasi yang mereka gunakan untuk membuat rekomendasi.

Keterampilan memecahkan masalah penting karena klien mereka mungkin memiliki kebutuhan unik dan memerlukan perangkat lunak atau sistem yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Cloud consultant juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat sehingga mereka dapat mempresentasikan kesimpulan dan alasan mereka secara efektif untuk menggunakan berbagai jenis program atau sistem.

Biasanya juga, para perusahaan atau calon client yang membutuhkan jasa ini juga memerlukan track record dari cloud consultant. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencari cloud consultant. Terutama dalam kepercayaan “Apakah mampu memecahkan masalah yang rumit dan kompleks pada cloud computing?”.

Sertifikasi bisa menjadi salah satu hal yang perlu Anda tanyakan sebelum Anda mempekerjakan cloud consultant.

Sertifikasi tidak selalu diperlukan untuk menjadi konsultan cloud. Namun, pemberi kerja mungkin lebih suka pelamar disertifikasi di platform cloud pilihan mereka, seperti Oracle Cloud, atau di beberapa sistem cloud.

Selain itu, Anda mungkin juga memiliki persyaratan pemrograman komputer tertentu dan mengharapkan pelamar disertifikasi dalam bahasa pemrograman yang berbeda, seperti Java. Sertifikasi Information Technology Infrastructure Library (ITIL) mungkin juga diperlukan atau lebih bisa menjadi point plus.

Apa Fungsi di Dalam Perusahan

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan cloud consultant itu, maka apa fungsi dari cloud consultant bagi perusahaan?

“Cloud Consultant” memang merupakan sebuah ungkapan yang sangat luas, pada dasarnya hanya berarti seseorang yang melakukan aktivitas konsultasi terkait dengan solusi dan teknologi Cloud. Apa yang mungkin mereka lakukan dalam pekerjaan tertentu sangat bervariasi.

Beberapa konsultan mungkin mengkhususkan diri dalam membantu bisnis migrasi sistem mereka saat ini ke cloud. Orang lain mungkin mengkhususkan diri dalam bekerja untuk memilih platform yang paling sesuai dan membantu merancang arsitektur tingkat tinggi. Beberapa mungkin sangat teknis, berfokus pada beban kerja khusus, seperti memindahkan beban kerja IBM z / OS ke AWS.

Ide umumnya adalah cloud consultant membawa keterampilan khusus ke dalam organisasi, biasanya untuk membantu memfasilitasi hasil tertentu selama periode waktu tertentu. Tertarik dengan layanan cloud consultant dari NetData ? Kalian bisa hubungi kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup