Pembahasan Detail Produk Switch Aruba 2530

Pembahasan Detail Produk Switch Aruba 2530

Switch Aruba 2530 – Memakai switch pada perusahaan memang sangat menguntungkan. Dengan adanya switch, lalu lintas pengiriman data antar device menjadi lebih mudah dan tertata. Dalam dunia IT, mungkin Anda yang ingin membeli switch kerap kali mengalami kebingungan dalam memilih produk dan terkadang ada juga istilah dalam switch yaitu layer. Switch adalah salah satu komponen penting dalam Jaringan Komputer.

Koneksi Jaringan Komputer

Jaringan komputer memang menjadi salah satu hal yang sangat krusial pada mungkin kantor atau instansi lainnya. Jaringan komputer terdiri dari dua atau lebih komputer yang terhubung baik dengan kabel (wired) atau WiFi (nirkabel) dengan tujuan mentransmisikan, bertukar, atau berbagi data dan sumber daya. 

Anda membangun jaringan komputer menggunakan perangkat keras (misalnya, router, switch, access point, dan kabel) dan perangkat lunak (misalnya, sistem operasi atau aplikasi bisnis).

Jaringan Komputer Adalah

Jadi, pada intinya Jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan banyak komputer independen untuk berbagi informasi (data) dan sumber daya. Integrasi komputer dan perangkat lain yang berbeda memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan lebih mudah.

Jaringan komputer adalah kumpulan dari dua atau lebih sistem komputer yang dihubungkan bersama. Koneksi jaringan dapat dibuat menggunakan media kabel atau nirkabel. Perangkat keras dan perangkat lunak digunakan untuk menghubungkan komputer dan peralatan di jaringan apa pun.

Sebuah jaringan komputer terdiri dari berbagai macam node. Server, perangkat keras jaringan, komputer pribadi, dan host tujuan umum atau khusus lainnya semuanya dapat menjadi node dalam jaringan komputer. Nama host dan alamat jaringan digunakan untuk mengidentifikasi mereka.

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer bisa dibedakan menjadi berbagai tipe. Berbagai tipe ini terdiri dari berbagai macam kegunaan. Jadi, bisa dibedakan berdasarkan apakah butuhnya dari jaringan komputer yang akan dibangun.

PAN (Personal Area Network)

Jenis pertama yang akan dibahas adalah PAN. Sebuah PAN melayani satu orang. Misalnya, jika Anda memiliki iPhone dan Mac, kemungkinan besar Anda telah menyiapkan PAN yang membagikan dan menyinkronkan konten pesan teks, email, foto, dan lainnya di kedua perangkat. 

LAN (Local Area Network)

Jika dibedakan dari area yang dicover, LAN adalah salah satunya. LAN adalah jaringan yang mencakup area sekitar 10 kilometer. Misalnya jaringan kampus atau jaringan kantor.

CAN (Campus Area Network)

CAN juga dikenal sebagai jaringan area perusahaan. CAN lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN. CAN melayani situs seperti perguruan tinggi, universitas, dan kampus bisnis.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN masih satu jenis dari LAN. MAN mengacu pada jaringan yang mencakup seluruh kota. Sebagai contoh: coba Anda perhatikan saja jaringan televisi kabel.

WAN (Wide Area Network)

Sesuai dengan namanya, WAN menghubungkan komputer di area yang luas, seperti dari wilayah ke wilayah atau bahkan benua ke benua. Internet adalah salah satu contoh WAN terbesar, menghubungkan miliaran komputer di seluruh dunia.

Internet

Internet sebenarnya adalah jaringan jaringan yang menghubungkan miliaran perangkat digital di seluruh dunia. Protokol standar memungkinkan komunikasi antara perangkat ini. Protokol tersebut termasuk protokol transfer hypertext (‘http’ di depan semua alamat situs web).

VPN (Virtual Private Network)

Yang terakhir adalah VPN. VPN adalah koneksi point-to-point yang aman antara dua titik akhir jaringan (lihat ‘Node’ di bawah). VPN membuat saluran terenkripsi yang menjaga identitas pengguna dan kredensial akses, serta data apa pun yang ditransfer, tidak dapat diakses oleh hacker.

Macam Macam Perangkat Jaringan

Dalam membuat sebuah jaringan komputer, tentunya Anda harus membutuhkan beberapa perangkat agar bisa disebut yang namanya sebuah jaringan. Seperti namanya, jaringan adalah beberapa perangkat yang terhubung secara langsung satu dengan yang lainnya.

Apa saja perangkat yang menjadi komponen pembuat jaringan?

Server 

Server adalah program komputer atau perangkat yang menyediakan layanan ke program komputer lain dan penggunanya, juga dikenal sebagai klien. Di data center, komputer fisik yang menjalankan program server juga sering disebut sebagai server. Mesin itu mungkin merupakan server khusus atau mungkin digunakan untuk tujuan lain.

NIC (Network Interface Card)

Seperti namanya, ini merupakan papan sirkuit elektronik yang dirancang untuk menghubungkan komputer Anda atau perangkat berkemampuan internet lainnya ke jaringan komputer. Selain kartu antarmuka jaringan, NIC juga biasa disebut sebagai pengontrol antarmuka jaringan, adaptor LAN, atau adaptor jaringan.

Kabel Jaringan

Kabel jaringan adalah sebuah kabel yang menghubungkan antar satu hardware dengan hardware lainnya. Berbeda dengan kabel listrik, kabel ini tentunya lebih spesifik karena mengirimkan paket data atau berupa perintah.

Hub dan Switch

Apa itu Switch? Switch adalah perangkat yang menghubungkan perangkat lain dan mengelola komunikasi node-to-node dalam jaringan, memastikan paket data mencapai tujuan akhir mereka.

Sedangkan hub adalah perangkat jaringan paling dasar yang menghubungkan beberapa komputer atau perangkat jaringan lainnya.

Router

Yang mungkin Anda sudah tahu, tentu saja router. Router adalah perangkat fisik atau virtual yang mengirimkan informasi yang terkandung dalam paket data antar jaringan.

Bridge

Selanjutnya adalah bridge. Bridge digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih host atau segmen jaringan bersama-sama. Peran dasar bridge dalam arsitektur jaringan adalah menyimpan dan meneruskan frame antara segmen berbeda yang dihubungkan oleh bridge.

Modem

Perngkat selanjutnya adalah Modem. Adalah perangkat keras yang terhubung ke komputer, jaringan broadband, atau router nirkabel. Modem mengubah informasi antara format analog dan digital secara real time membuat komunikasi jaringan dua arah yang mulus.

Repeater

Perangkat jaringan selanjutnya adalah repeater. Repeater adalah perangkat yang menerima sinyal digital pada media transmisi elektromagnetik atau optik dan meregenerasi sinyal di sepanjang kaki media berikutnya.

Wireless Card

Yang terakhir adalah wireless card. Ini adalah peralatan terminal nirkabel, yang digunakan untuk menjelajahi Internet melalui jaringan koneksi nirkabel di bawah jangkauan nirkabel dari jaringan area lokal nirkabel.

Beberapa Manfaat Jaringan Komputer

Ketika Anda membangun sebuah jaringan komputer, mungkin Anda sudah tahu apa yang menjadi manfaatnya. Contoh simpelnya saja Anda dapat berbagai file dengan mudah antara satu device dengan yang lainnya. Dan contoh saja jaringan seperti internet, manfaatnya tentu adalah mencari berbagai informasi.

Apa saja sebenarnya manfaat jaringan komputer? Berikut ini adalah manfaat jaringan komputer yang perlu Anda kertahui.

Untuk Berbagi Dokumen

Jaringan komputer memungkinkan aksesibilitas yang lebih mudah bagi orang-orang untuk berbagi file mereka, yang sangat membantu mereka menghemat lebih banyak waktu dan tenaga, karena mereka dapat melakukan berbagi file dengan lebih tepat dan efektif.

Untuk Menjaga dan Memanajemen Keamanan Data

Keamanan jaringan komputer melindungi integritas informasi yang terkandung dalam jaringan dan mengontrol siapa yang mengakses informasi tersebut. Kebijakan keamanan jaringan menyeimbangkan kebutuhan untuk menyediakan layanan kepada pengguna dengan kebutuhan untuk mengontrol akses ke informasi.

Memudahkan dalam Berkomunikasi

Jaringan komputer memungkinkan komunikasi untuk setiap bisnis, hiburan, dan tujuan penelitian. Internet, pencarian online, email, berbagi audio dan video, perdagangan online, streaming langsung, dan jejaring sosial semuanya ada karena jaringan komputer.

Menyampaikan Informasi Secara Cepat

Keuntungan dari Anda memiliki jaringan komputer adalah Anda bisa menyampaikan informasi dengan cepat. Contohnya Anda mengirim pesan dengan email, pasti Anda menggunakan jaringan komputer internet untuk mengirimkannya bukan?

Membantu Aktivitas Manusia

Sistem komputer dan Internet telah mengubah interaksi manusia dengan cara yang paling kritis jika dibandingkan dengan sistem teknologi non-komputer yang telah dikembangkan dalam beberapa abad terakhir. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas dengan mudah menggunakan jaringan komputer.

Penjelasan Mengenai IP Address

Dalam jaringan komputer, ada yang namanya IP address. Tentunya dalam menghubungkan antara satu device dengan device yang lain harus ada alamat device agar informasinya bisa ditangkap oleh deive yang menerimanya.

Pengertian IP Address

IP address atau alamat IP adalah rangkaian angka panjang yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan yang menggunakan Protokol Internet sebagai media komunikasi; itu setara dengan dunia digital dari alamat surat yang terkait dengan rumah atau tempat kerja Anda.

Fungsi IP Address

Tujuan dari alamat IP adalah untuk menangani koneksi antara perangkat yang mengirim dan menerima informasi melalui jaringan. Alamat IP secara unik mengidentifikasi setiap perangkat di internet; tanpa satu, tidak ada cara untuk menghubungi mereka.

Cara Kerja IP Address

Cara kerja Internet Protocol adalah bahwa informasi ditransmisikan melalui jaringan dalam potongan-potongan terpisah yang disebut paket; setiap paket sebagian besar terdiri dari data apa pun yang coba dikomunikasikan oleh pengirim, tetapi juga menyertakan header, yang terdiri dari metadata tentang paket itu.

Jenis-Jenis IP Address

IP address bisa dibedakan menjadi berbagai jenis. berikut ini adalah beberapa jenis IP address yang perlu Anda ketahui:

IPv4

Ini adalah versi asli dari alamat IP, yang dikembangkan berdasarkan format biner 32-bit dan berisi 232 alamat, yang cukup pada saat awal pembuatan tetapi agak kurang mengingat peningkatan kemajuan jaringan saat ini.

IPv6

Alamat IPv6 digunakan untuk menunjukkan sumber dan tujuan setiap paket dengan memasukkannya ke dalam header paket. Struktur perutean paket IP ditetapkan dengan menggunakan alamat IP tujuan.

Private IP

Perangkat yang Anda sambungkan ke jaringan internet semuanya terkait dengan alamat IP, termasuk laptop, komputer, smartphone, dll.

Selain itu, dengan kemajuan teknologi yang terkait dengan IoT (internet of things), kebutuhan akan alamat Private IP meningkat secara drastis. Perangkat jaringan (router) perlu mengidentifikasi sistem satu per satu. Maka hanya router yang dapat menghasilkan alamat IP pribadi untuk masing-masing untuk membedakan melalui jaringan.

Public IP

Public IP address bertindak sebagai alamat utama keseluruhan yang berisi semua perangkat jaringan lain yang terkait dengan jaringan. Setiap perangkat dalam jaringan diberikan alamat IP pribadinya.

Alamat IP Dinamis

Ini adalah sub kategori dari public IP. Jenis alamat IP ini adalah yang tidak konsisten dan sering berubah. Mereka ditugaskan oleh ISP dari akumulasi besar alamat IP mereka sesuai dengan kebutuhan klien.

Alamat IP Statis

Lalu adalah alamat IP statis yang masih termasuk sub kategori dari Public IP. Seperti namanya, alamat IP Statis adalah jenis alamat konstan, tidak seperti alamat IP dinamis. Alamat IP yang ditetapkan ke sistem oleh perangkat jaringan tetap konsisten.

Shared IP Address

Shared IP address berarti IP address yang ditetapkan ke situs web atau akun hosting dibagi antara beberapa domain atau situs web. Sebaliknya, IP khusus adalah alamat IP yang ditetapkan hanya untuk satu domain.

Dedicated IP Address

IP khusus atau dedicated IP address adalah alamat protokol internet yang ditetapkan secara eksklusif ke akun Anda oleh layanan seperti VPN atau penyedia hosting. Dedicated IP address adalah alamat protokol internet yang ditetapkan oleh layanan untuk banyak pengguna.

Mungkin layer ini dianggap hanya sebuah fitur saja, namun tentunya ini memiliki fungsi yang sangat penting dan penting juga jika Anda ingin membeli switch.

Seperti jika Anda saat ingin membeli switch Aruba 2530 yang memiliki keterangan switch 2 layer. Apa yang dimaksud dengan switch 2 layer ini?

Istilah Layer 2 diadopsi dari model Open System Interconnect (OSI), yang merupakan model referensi untuk menjelaskan dan mendeskripsikan komunikasi jaringan. Ini adalah proses menggunakan perangkat dan alamat MAC pada LAN untuk mengelompokkan jaringan. Sakelar dan jembatan sebagian besar digunakan untuk switching Layer 2. Mereka membantu memecah domain tabrakan ukuran besar menjadi yang lebih kecil yang terpisah.

Switch Aruba 2530 Layer 2 mirip dengan bridge. Mereka menghubungkan jaringan di layer 2, sebagian besar di sub-lapisan MAC, dan beroperasi sebagai bridge. Itu membangun tabel untuk transfer frame antar sistem.

Switch ethernet Layer 2 lebih cepat dibandingkan dengan router, karena mereka tidak membutuhkan banyak waktu untuk evaluasi pada informasi header lapisan jaringan. Sebagai gantinya, mereka harus melihat alamat frame hardware, yang membantu Anda memutuskan tindakan apa yang perlu diambil seperti meneruskan, membanjiri, atau menjatuhkannya. 

Tentang Produk Switch Aruba 2530

 

1

Gambar Switch diatas adalah gambar switch Aruba 2530. Jika Anda ingin mendapatkan switch dengan layer 2 yang sangat bisa diandalkan, maka jawabannya hanya switch Aruba 2530 series. Mungkin kita bisa membahas salah satu produk Aruba Wireless switch adalah Switch Aruba HP-2530-24G (J9776A).

Switch adalah salah satu switch seri 2530 yang yakni switch layer 2 yang mempunyai 24 RJ-45 ports dan 4 fixed Gigabit Ethernet SFP ports dengan ukuran tinggi 1U. Switch ini mempunyai dua buah flash images yakni primary dan secondary, dimana tiap flashnya bersifat independent dan bisa diisi dengan cara operasi yang berbeda versi.

Cara Dasar Setting Switch Aruba 2530

Sekarang, kita akan membahas bagaimana cara dasar untuk setting switch Aruba 2530. Caranya sangatlah mudah.

Yang pertama kali harus Anda perhatikan adalah dengan menggunakan bantuan kabel console karena secara default, switch ini masih belum memiliki IP address.

Aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah hyperterminal atau putty dengan menggunakan settingan baud rate seperti berikut:

2

Setelah selesai memberikan IP address, hal selanjutnya untuk melakukan configuration dan monitoring switch dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu:

  1. Web Interface (GUI)
  2. Command Line Interface
  3. Simple Network Management Protocol (SNMP v1/v2c/v3) 

Melihat Setting/Konfigurasi

show config — Displays a listing of the current startup-config file

show running-config — Displays a listing of the current running-config file

show config status — Compares the startup-config file to the running-config file

HP-2530-24G # show config

 Startup configuration: 0

 ; J9776A Configuration Editor; Created on release #YA.16.04.0016

 ; Ver #10:19.02.13.98.82.34.61.18.28.f3.84.9c.63.ff.37.27:00

 hostname “HP-2530-24G”

 snmp-server community “public” unrestricted

 vlan 1

    name “DEFAULT_VLAN”

    untagged 1-28

    ip address dhcp-bootp

    exit

 

[swpm_protected custom_msg=”…”]

Reset Konfigurasi

erase startup-config — Reset the startup-config and running-config Files

HP-2530-24G# erase startup-config

 The current configuration will be deleted and the device rebooted.

 Continue (y/n)?

Menambahkan/setting pada IP Address

Secara default pada Switch sudah terdapat VLAN 1 dimana semua port adalah anggota (untagged) dari default VLAN tersebut. Supaya Switch dapat dikonfigurasi melewati Web based atau Telnet, karenanya perlu ditambahkan IP Address ke default VLAN 1 tersebut.

HP-2530-24G# conf

HP-2530-24G# (config)# vlan 1

HP-2530-24G# (vlan-1)# ip address 192.168.0.1/24

Cara Kerja Switch Aruba 2530

Setelah Anda mengehtahui bagaimana cara dasar untuk setting switch Aruba 2530, sekarang bagaimana cara kerja switch yang satu ini?

Switch secara fisik dan virtual, terdiri dari beberapa besar perangkat jaringan di jaringan data modern.

Mereka menyediakan koneksi kabel ke komputer desktop, spot jalan masuk nirkabel, mesin industri dan beberapa perangkat Internet of Things (IoT) seperti sistem entri card.

Mereka menghubungkan komputer yang meng-host mesin virtual (VM) di sentra data, serta server fisik khusus, dan beberapa besar infrastruktur penyimpanan.

Mereka membawa sejumlah besar lalu lintas di jaringan penyedia telekomunikasi. Switch jaringan bisa diaplikasikan dengan sistem berikut:

Edge atau access switches

Seperti namanya, edge switch adalah switch yang terletak di titik pertemuan dua jaringan. Switch ini menghubungkan Local Area Network (LAN) end-user ke Internet Service Provider (ISP). Disebut sebagai node akses atau node layanan, edge switch menghubungkan perangkat klien, seperti laptop, desktop, kamera keamanan, dan titik akses nirkabel ke jaringan Anda. 

Edge switch untuk WAN adalah unit multilayanan yang mendukung berbagai teknologi komunikasi, juga menyediakan layanan yang ditingkatkan seperti dukungan jaringan pribadi virtual, VoIP, dan Quality of Service (QoS). 

Umumnya, smart switch dan bahkan switch yang tidak dikelola adalah opsi yang valid di tepi jaringan Anda. Namun, untuk beberapa aplikasi yang sensitif terhadap waktu henti atau jika keamanan penting, switch terkelola juga dapat digunakan secara merata di edge.

Aggregation atau distribution switches

Aggregation switches biasanya digunakan untuk menghubungkan sejumlah switch ToR ke switch/router inti. Switch inti berada di bagian atas piramida jaringan pusat data cloud dan dapat mencakup Wide Area Network (WAN) ke jaringan operator luar. Karena tautan bandwidth tinggi dan jumlah port yang tinggi dari sakelar ini, desain modular digunakan dengan two step fabric baik dalam topologi star atau fat-tree.

Core switches

Core switches adalah switch berkapasitas tinggi yang umumnya diposisikan di dalam tulang punggung atau inti fisik jaringan. Core switches berfungsi sebagai pintu gerbang ke Wide Area Network atau Internet – switch ini menyediakan titik agregasi akhir untuk jaringan dan memungkinkan beberapa modul agregasi untuk bekerja bersama.

Sesuai dengan namanya, core switches adalah pusat jaringan dan harus memiliki kapasitas yang signifikan untuk menangani beban yang dikirim ke sana. Tidak ada definisi yang tepat tentang seberapa kuat ini, tetapi jelas itu jauh lebih besar daripada switch desktop pada umumnya.

Temukan Produk Switch Aruba Di Netdata

Sangat menarik bukan bagaimana switch dari Aruba ini bekerja dan dengan cara settingnya yang mudah? Oke, sekarang bagaimana Anda bisa mendapatkan produk switch dengan merk Aruba ini di Indonesia? tentunya Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dan dengan berbagai penawaran yang sangat menguntungkan, adalah di NETDATA!

NETDATA adalah salah satu partner resmi dari Aruba Indonesia, ini merupakan sebuah keuntungan untuk Anda jika membeli Aruba switches dengan seri apapun termasuk untuk 2530. 

Anda bisa mendapatkan harga yang sangat terjangkau dengan jaminan bahwa switch dari Aruba tersebut adalah yang asli!

Menguntungkan sekali bukan? Beli switch Aruba 2530 atau berbagai model switch Aruba lainnya bisa Anda dapatkan dengan mudah dan terpercaya di NETDATA!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup